PRAKTIKUM ANATOMI SYSTEM SYARAF

B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by nuli nuryanti zulala -
Number of replies: 40

mari diskusi disini

In reply to nuli nuryanti zulala

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by pratika wahyuhidaya -

Assalamualaikum 

Selamat pagi semoga dalam keadaan sehat wal afiat

Sebelum memulai praktikum pada pagi hari ini kita berdoa dan membaca surat pendek terlebih dahulu

In reply to pratika wahyuhidaya

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101078 SABILLA RATU CETRIN -
Assalamualaikum ibu saya Sabilla Ratu Cetrun izin bertanya ibu Bagaimana cara mengetahui seseorang terkena syaraf terjepit? dan bagaimana mengatasi ketika syaraf terjepit itu kambuh sampai menyebabkan kejang ibu?
In reply to 2110101078 SABILLA RATU CETRIN

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by KHOTIM NUR KHASANAH -

saya khotim nur khasanah, izin menjawab pertanyaan Sabilla ibu mohon maaf apabila terdapat kesalahan mohon maaf

rasa nyeri di punggung bawah yang menjalar ke pinggul, bokong, tungkai, hingga jari kaki, yaitu di sepanjang jalur saraf skiatik (sciatic nerve). Saraf skiatik merupakan saraf terpanjang di tubuh yang berawal dari saraf tulang belakang dan bercabang hingga ke kaki.   

cara mengatasi saraf kejepit:

Fisioterapi

Pemberian obat

Suntikan kortikosteroid

Operasi

sekian terimakasih
In reply to pratika wahyuhidaya

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb.

Saya putri Wafa Norashila Dewi Nim 2110101069 izin bertanya Bu. Ketika ada seorang yg mengalami lumpuh, penyebabnya itu ada kaitannya dengan saraf tidak bu?

Terimakasih bu

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya. 

Iya benar adanya hubungan saraf, kondisi lumpuh karena gangguan pada saraf yang berperan dalam mengatur gerakan otot tubuh. Paralisis membuat anggota tubuh tidak bisa digerakkan. Kondisi ini paling sering dialami oleh penderita stroke atau orang yang mengalami cedera saraf tulang belakang. Terimakasih 🙏

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101070 REGITA RIZQIANA RIFANINGTYAS CHABIB -

WAALAIKUMSALAM WARAHMATULLAH, izin menjawab pertanyaan dar putri

menurut pemahaman saya benar sekali bahwasanya kelumpuhan itu ada hubungannya dengan kerusakan pada syaraf, ketika salah satu bagian dari sistem syaraf rusak, maka sinyal pemicu ke otot dari otak tidak akan sampai sehingga menyebabkan kelumpuhan.

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -
waalaikumsalam.

izin menjawab pertanyaan dari putri wafa

Ada. sama halnya seperti paralisis. paralisis adalah kondisi lumpuh karena gangguan pada saraf yang berperan dalam mengatur gerakan otot tubuh. Paralisis membuat anggota tubuh tidak bisa digerakkan. Kondisi ini paling sering dialami oleh penderita stroke atau orang yang mengalami cedera saraf tulang belakang.



In reply to pratika wahyuhidaya

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101073 ANJELI SAURI -

Assalamu'alaikum bu, Saya Anjeli Sauri_2110101073 Izin bertanya bu, apa yang di maksudh dengan syaraf terjepit, dan apa yang menjadi penyebab syaraf terjepit?

Terima Kasih bu

In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya. 

Saraf kejepit atau penyakit hernia nukleus pulposus (HNP) adalah penyakit yang terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. HNP juga dikenal dengan istilah 'saraf terjepit'.

Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah :

1. Terluka.

2. Postur tubuh yang tidak baik dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan saraf.

3. Rematik atau arthritis pergelangan tangan.

4. Stres dari pekerjaan yang berulang-ulang.

5. Aktivitas olahraga yang rentan cedera.

6. Berat badan yang berlebihan juga menekan saraf. Terimakasih 🙏










In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101079 AFRI BUDI SETYAENI -

Saya Afri budi setyaeni(2110101079) izin menjawab pertanyaan mba Anjeli. 

Menurut pendapat saya, penyakit hernia nukleus pulposus (HNP) adalah penyakit yang terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. HNP juga dikenal dengan istilah ‘saraf terjepit’. Penyebabnya, memiliki keluarga dengan riwayat saraf kejepit. Memiliki berat badan berlebih. Mengangkat beban berat dengan posisi dan tumpuan yang salah. Melakukan gerakan menunduk dan berputar secara mendadak atau berulang. Memiliki kebiasaan merokok. 

In reply to pratika wahyuhidaya

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

assalamualaikum, bu izin bertanya.

penderita epilepsi apakah ada ketergangguan pada sistem syaraf nya? sebenarnya apa penyebab elilepsi itu? dan adakan cara penanganannya? jika ada, mohon jelaskan🙏

In reply to pratika wahyuhidaya

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

assalamualaikum, bu izin bertanya lg. seseorang yg terkena cerebral palsy kan ada gangguan pada syaraf nya, dan biasanya itu sejak dalam kandungan. lalu apa yang harus dilakukan ibu saat mengandung supaya janinnya terhindar dari cerebral palsy? terus kalo orang yang sudah terkena cerebral palsy, apakah bisa sembuh?, misalnya dengan metode terapi mungkin🙏

In reply to 2110101067 MELLYNDA FORTIUS

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Saya putri Wafa Norashila Dewi Nim 2110101069 izin menjawab, cara ibu untuk menghindari cerebral palsy yaitu:

1. Melakukan perawatan selama kehamilan

Kondisi kehamilan yang bermasalah seperti stres yang dialami sang ibu atau kelahiran prematur menjadi salah satu penyebab munculnya cerebral palsy pada anak.

Jadi, melakukan perawatan selama kehamilan sangat diperlukan agar anak bisa terlahir dengan normal serta terhindar dari cerebral palsy

2. Melakukan tes darah sebelum menikah

Hal ini harus dilakukan karena beberapa kasus cerebral palsy yang terjadi disebabkan karena ketidakcocokan antara RH ibu dan bayi sehingga darah ibu mengeluarkan anti bodi yang menyerang bayinya sendiri. Untuk itu melakukan tes darah sebelum menikah bisa menjadi salah satu cara mencegah ketidakcocokan RH yang bisa mengakibatkan munculnya cerebral palsy.

3. Melakukan imunisasi

Imunisasi diberikan pada ibu yang diketahui memiliki RH yang tidak cocok dengan bayinya selama kehamilan pertama. Pemberian imunisasi ini bertujuan agar pada kehamilan kedua tidak terjadi lagi masalah yang bisa menyebabkan munculnya cerebral palsy.

4. Menghindari taksoplamosis

Wanita yang berencana hamil atau sedang hamil sangat dianjurkan untuk menghindari toksoplasmosis sebagai salah satu cara mencegah cerebral palsy. Toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dibawa dalam kotoran kucing maupun daging yang dimasak kurang matang. Menghindari toksoplasmosis bisa kamu lakukan dengan tidak mengkonsumsi daging babi, maupun daging hewan lain yang tidak dimasak secara matang serta menghindari kontak dengan kotoran kucing.

5. Memperhatikan masa perkembangan anak

Beberapa kasus cerebral palsy terjadi selama masa perkembangan seperti cedera kepala parah, kecelakaan, tenggelam, dll. Untuk itu para orang tua sudah seharusnya selalu memperhatikan masa perkembangan anak. Apalagi selama masa perkembangan, anak pasti selalu aktif bergerak dan mencoba berbagai hal baru. Selain itu menggunakan piranti untuk keselamatan anak seperti helm saat anak bersepeda juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara mencegah kecelakaan yang bisa menyebabkan cerebral palsy.

6. Mewaspadai bayi kuning

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bayi kuning terjadi akibat bilirubin yang berlebih pada darah yang belum bisa disaring sempurna oleh hati bayi. Walaupun beberapa kasus bayi kuning tidaklah berbahaya, namun bayi yang terlahir kuning tetap harus diwaspadai serta segera dilakukan pengobatan karena bayi kuning yang parah bisa menjadi penyebab munculnya cerebral palsy.

Berbagai cara mencegah cerebral palsy di atas, bisa kamu jadikan sebagai tambahan pengetahuan serta kewaspadaan kamu untuk membantu mencegah cerebral palsy. Walaupun sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat mengobati cerebral palsy, namun ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengobati cerebral palsy, yakni dengan pembedahan dan terapi

Seseorang yang sudah terkena cerebral palsy tidak bisa disembuhkan alias akan berlangsung seumur hidup, tapi kondisi ini juga tidak akan memburuk. Kebanyakan anak yang mengidap cerebral palsy dalam tahap ringan, masih bisa menjalani aktivitasnya dengan normal. Namun, ada juga pengidap yang mengalami gejala yang lebih parah.

Terimakasih dan mohon maaf jika ada kesalahan

In reply to nuli nuryanti zulala

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum wr wb 

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 B1 izin bertanya ibu ttg penyakit Parkinson, penyakit itu kan penyebabnya karena kekurangan neurotransmitter dopanmin pada Basal ganglia. Nah pertanyaannya Bu jika semakin lama tidak diobati apakah bisa mengakibatkan kematian atau tidak ibu ? Terimakasih 🙏

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

waalaikumsalam.

izin menjawab pertanyaan dari syifa


Sampai saat ini parkinson sendiri tidak secara langsung menyebabkan kematian. Tetapi seseorang yang menderita parkinson mungkin mengalami hal di bawah ini yang dapat berakibat pada kematian :

*Kehilangan keseimbangan pada penderita parkinson dapat menyebabkan trauma kepala yang berat saat terjatuh

* Penderita parkinson yang mengalami kesulitan menelan mungkin saja dapat tersedak oleh makanan sehingga makanan dapat masuk ke paru-paru dan mengakibatkan kematian

*Seseorang penderita parkinson dengan ruang gerak yang terbatas menyebabkan kesehatannya menjadi menurun dan rentan terhadap penyakit

*Seseorang penderita parkinson yang merasa hidupnya telah membebani orang lain dapat berpikiran untuk mengakhiri hidupnya sendiri

# Jadi kematian pada penderita parkinson bukan langsung disebabkan oleh penyakit parkinson, tetapi oleh sebab lain. Hingga kini belum ditemukan obat-obatan untuk mengobati parkinson. Obat-obatan yang tersedia saat ini hanya meredakan gejala dan agar penderita dapat beraktivitas seperti biasa. Penderita harus mulai mencoba hidup dengan parkinson seperti :

*Tetap melakukan olahraga secara rutin

*Rutin meminum obat sesuai anjuran dokter

*Kurangi stress

*Tetap berinteraksi seperti biasa

*Temui dokter bila mengalami halusinasi atau gejala mental lainnya

*Minta dukungan dari keluarga dan teman-teman

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101073 ANJELI SAURI -

Assalamu'alaikum, Saya Anjeli Sauri_2110101073 izin menjawab pertanyaan syifa bu, 

Sampai saat ini parkinson sendiri tidak secara langsung menyebabkan kematian. Tetapi seseorang yang menderita parkinson mungkin mengalami hal di bawah ini yang dapat berakibat pada kematian :

Kehilangan keseimbangan pada penderita parkinson dapat menyebabkan trauma kepala yang berat saat terjatuh

Penderita parkinson yang mengalami kesulitan menelan mungkin saja dapat tersedak oleh makanan sehingga makanan dapat masuk ke paru-paru dan mengakibatkan kematian

Seseorang penderita parkinson dengan ruang gerak yang terbatas menyebabkan kesehatannya menjadi menurun dan rentan terhadap penyakit

Seseorang penderita parkinson yang merasa hidupnya telah membebani orang lain dapat berpikiran untuk mengakhiri hidupnya sendiri.


Terima Kasih, Mohon  maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam jawaban saya.

In reply to nuli nuryanti zulala

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by KHOTIM NUR KHASANAH -

perkenalkan nama saya Khotim Nur Khasanah, izin bertanya ibu apakah sering merasa kesemutan itu ada keterkaitannya dengan syaraf ibu, Terimakasih


In reply to KHOTIM NUR KHASANAH

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Iya benar, Kesemutan yang terjadi sementara disebabkan oleh tekanan pada saraf atau terhambatnya sirkulasi darah. Kondisi tersebut bisa terjadi ketika menekuk kaki terlalu lama, misalnya saat duduk bersila, atau ketika tidur dengan tangan tertindih.

Terimakasih 🙏

In reply to KHOTIM NUR KHASANAH

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -
Saya putri Wafa Norashila Dewi mohon izin menjawab,

Iya ada kaitannya dengan sistem syaraf. Kesemutan yang terjadi sementara disebabkan oleh tekanan pada saraf atau terhambatnya sirkulasi darah. Kondisi tersebut bisa terjadi ketika menekuk kaki terlalu lama, misalnya saat duduk bersila, atau ketika tidur dengan tangan tertindih.

Terimakasih dan mohon maaf jika ada kesalahan

In reply to KHOTIM NUR KHASANAH

Re: B1 ANATOMI SISTEM SYARAF

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

izin menjawab pertanyaan dari khotim.

kesemutan ada kaitannya dengan syaraf atau tida?

ada. kesemutan yang terjadi sementara disebabkan oleh tekanan pada syaraf atau terhambatnya sirkulasi darah. Kondisi tersebut bisa terjadi ketika menekuk kaki terlalu lama, misalnya saat duduk bersila, atau ketika tidur dengan tangan tertindih.

maaf jika salah🙏