Pengantar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Anatomi Prodi Kebidanan Program Profesi dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil Semester I Prodi Kebidanan Program Profesi dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi .
Mata kuliah Anatomi memiliki bebas SKS sebesar 4 SKS dengan kode mata kuliah MID1002.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nuli Nuryanti Zulala
Setelah mempelajari dan menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
CPMK 1
Mahasiswa mampu menunjukan anatomi sistem gerak tubuh dengan tepat (S16 PP12)
CPMK 2
Mahasiswa mampu menunjukan anatomi sistem kardiovaskuler, respirasi, hematologi dan imunologi dengan tepat (S16 PP12)
CPMK 3
Mahasiswa mampu menunjukan anatomi system reproduksi dan metabolisme dengan tepat (S16 PP12)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, tugas, kuis, UTS, dan UAS
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan dan praktikum.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan dan praktikum.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
- Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Metode Penilaian
CPMK 1
CPMK 2
CPMK 3
Team based Project/Case based learning
Praktikum
v
v
v
Tugas
v
v
v
Ujian Tengah Semester (UTS)
v
v
Ujian Akhir Semester (UAS)
v
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
1. Praktikum Skill
2. Praktikum skill di laboratorium dengan instrumen penilaian ceklist
50 %
2.
Hasil Proyek
-
-
Sub total
50 %
3.
Kognitif/ Pengetahuan
1. Pembuatan gambar anatomi panggul dan fetal skull
2. Pembuatan gambar anatomi cardio dan peredaran darah
3. Pembuatan gambar anatomi reproduksi maskulina dan feminina
4. Menggambar dan menunjukan anatomi panggul dan fetal skull dengan benar
5. Menggambar dan menunjukan anatomi cardio dan peredaran darah dengan benar
6. Menggambar dan menunjukan anatomi reproduksi feminine dan maskulina dengan benar
10 %
Kuis
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
10 %
Ujian Tengah Semester
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
15 %
Ujian Akhir Semester
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
15 %
Sub total
50 %
Total
100 %
1. Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
2. Anjarwati, S.SiT., M.P.H
3. Nidatul Khofiah, S.Keb., Bd., M.P.H
4. Suyani, S.ST., M.Keb
5. Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb
6. dr. Nafida Justica Sofiana, M.Sc., Sp. PK
7. Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb
8. Andri Nur Sholikhah, S.ST., M.Kes
9. Ellyda Rizki Wijhati, S.ST., M.Keb
10. Pratika Wahyuhidaya, S.Keb., Bd., M.Keb
Dosen Pengampu Praktikum
A1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb B1 Pratika Wahyuhidaya, S.Keb., Bd., M.Keb A2 Ellyda Rizki Wijhati, S.ST., M.Keb B2 Ellyda Rizki Wijhati, S.ST., M.Keb A3 Suyani, S.ST., M.Keb B3 Suyani, S.ST., M.Keb A4 Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb B4 Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb A5 Andri Nur Sholikhah, S.ST., M.Kes B5 Andri Nur Sholikhah, S.ST., M.Kes Lets Enjoy With Anatomi