GIZI DALAM KESEHATAN REPRODUKSI
SALAM PEMBUKA
Ririn Wahyu Hidayati, S.ST., M.K.M (Koordinator Mata Kuliah)
(Hp: +6285643339959)
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah GIZI DALAM KESEHATAN REPRODUKSI Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang menempuh semester IV di Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi.Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengenai konsep gizi, nutrisi, penilaian status gizi, dan permasalahan gizi. Untuk kegiatan pembelajaran berupa kuliah teori, praktikum dan seminar. Bebas SKS yang harus ditempuh sebesar 3 SKS, dengan rincian 1,5 SKS Teori, Seminar 0,5 SKS, Praktikum 0,5 SKS, dan 0,5 SKS Praktik Klinik. Kode mata kuliah MID4021.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat, tetap semangat dan jaga Kesehatan!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengenai konsep gizi, nutrisi, penilaian status gizi, dan permasalahan gizi. Untuk kegiatan pembelajaran berupa kuliah teori, praktikum, praktik klinik dan seminar
- Konsep Gizi dalam Kesehatan Reproduksi (BK 82)
- Pemenuhan Nutrisi untuk Kesehatan Reproduksi (BK 83)
- Penilaian Status Gizi (BK 84)
- Permasalahan Gizi
Kesehatan Reproduksi dan Penanganannya (BK85)
- CPMK 1. Mampu menerapkan kajian tentang lingkup Gizi Kesehatan Reproduksi dalam Asuhan Kebidanan dengan baik dan benar (S3, PP6, KK 8)
- CPMK 2. Mampu mengidentifikasi
Permasalahan Gizi Kesehatan Reproduksi dalam Asuhan Kebidanan dengan baik
dan benar (S3, PP6, KK8)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan perkuliaan Teori Praktikum dan Seminar sesuai materi yang disiapkan
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi tugas masing-masing serta mengerjakan kuis yang diberikan oleh dosen dalam proses pembelajaran.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti evaluasi pembelajaran melaui Ujian Tengah Semeser dan Ujian Akhir Semester.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi dalan Bahasa Indonesia
Deskripsi dalan Bahasa Inggris
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
1.Praktikum sklill
CBL (case based learning)
2.Seminar
3.Praktikumklinik
ü Keaktifan dan peran serta mahasiswa dalam melaksanakan Praktikum skill di laboratorium dengan instrumen penilaian ceklist ketrampilan
ü Case based learning pada pembelajaran praktikum dan seminar dengan instrumen penilaian rubrik
ü Keaktifan mahasiswa dalam mempresentasikan, diskusi dan tanya jawab dalam kegiatan seminar. Instrumen penilaian mengunakan rubrik penilaian seminar.
ü Keaktifan dan peran serta mahasiswa dalam melaksanakan Praktikum klinik dengan instrumen penilaian ceklist ketrampilan
ü The activeness and participation of students in carrying out skills practicums in the laboratory using a skills checklist assessment instrument
ü Case based learning on practicum learning and seminars with rubric assessment instruments
ü Student activity in presenting, discussing and asking questions in seminar activities. The assessment instrument uses a seminar assessment rubric.
ü The activeness and participation of students in carrying out clinical practicums with a skills checklist assessment instrument
5
5
10
2.
Hasil Proyek
Team Base Project
Individual base project
ü Hasil akhir dari praktikum sklill lab menyusun menu (menu utama dan snack) ibu hamil normal TM 1, 2 dan 3 dalam bentuk booklet. Instrumen penilaian yang digunakan adalah rubrik penilian dan peer review
ü Hasil akhir praktikum klinik di lahan. Produk akhir dari projek ini adalah Laporan Worksheet dan media promosi (poster/video/ booklet). Instrumen penilaian yang digunakan adalah rubrik penilian Praktik klinik dan peer review
ü The final result of the skill lab practicum is compiling menus (main menu and snacks) for normal pregnant women TM 1, 2 and 3 in the form of booklets. The assessment instrument used is an assessment rubric and peer review
ü The final products of this project are Worksheet Reports and health promotion media (posters/videos/booklets). The assessment instrument used is a clinical practice assessment rubric and peer review
15
35
Sub total
70
Tugas
Melakukan konseling gizi pada ibu hamil/menyusui/anak dan pra sekolah/ remaja dengan masalah Gizi Kesehatan Reproduksi
Nutritional counseling for pregnant/breastfeeding/children and pre-school/adolescents with reproductive health nutrition problems
5
Kuis
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
5
UTS
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
10
UAS
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
10
Sub total
30
Total
100
Nama
:
Ririn Wahyu Hidayati, S.ST., M.K.M
NIP
:
8901221111142
NIDN
:
522018903
Email
:
HP
:
6285643339959
Nama
:
NURUL MAHMUDAH, S.ST., M.Keb
NIP
:
8805021111143
NIDN
:
502058802
Email
:
nurulmahmudah@unisayogya.ac.id
HP
:
6281903717152
Nama
:
Tri Wahyuning, MH.Kes
NIP
:
5704230610190
NIDN
:
523045701
Email
:
HP
:
8156810053
Nama
:
Sri Ratnaningsih
NIP
:
NIDN
:
Email
:
HP
:
081802662184
Nama
:
Enny Fitriahadi
NIP
:
NIDN
:
Email
:
HP
:
085643937577
Nama
:
Fathiyatur Rohmah, S.ST., M.Kes
NIP
:
7303271104111
NIDN
:
527037303
Email
:
HP
:
8157919722
Nama
:
Faurina Risca Fauzia, S.Gz., MPH
NIP
:
NIDN
:
0519108602
Email
:
HP
:
85643832089
Nama
:
Dittasari Putriana, S.Gz., M.Gz
NIP
:
NIDN
:
Email
:
HP
:
8164236981
DAFTAR RUJUKAN
A. Utama
1. Paath, EF,et al.2014. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Jakart:EGC
2. Brown, JE.2010. Nutrition during Pregnancy. Nutrition Through The Life Cycle. Thomson Wadsworth. USA
3. Achadi, EL.2011. Gizi dan Kesehatan Reproduksi . Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat, FKM UI. “Gizi dan Kesehatan Masyarakatâ€. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
B. Tambahan
1. Almatsier, S, Soetardjo, S, Soekarti M. 2011.Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : Gramedia
2. Douglas C Heimburger, Jamy d ard. 2006. Handbook Of clinical Nutrition
3. Gordon M Wardiaw. 2011. Contemporary Nutrition
4. L Katheleen Mahan, Janice L Raymond. 2017. Food and The Nutrition Care Process
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
1. Nidatul Khofiyah. Hubungan antara status gizi dan pola asuh gizi dengan perkembangan anak usia 6-24 bulan. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia Vol 3 No 1 tahun 2019
2. Nidatul Khofiyah. Determinan Gizi Ganda Malnutrisi Pada Rumah Tangga di Kabupaten Sleman
"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa-apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan......(QS Al Baqarah (29 . 168)
Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan (QS Al Anam:141)
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan (QS Al Araf:31).
Dari ayat-ayat di atas, dapat disimak bahwa Allah menyuruh manusia memakan apa saja di dunia ini yang diciptakanNya, sepanjang batas-batas yang halal dan baik (thayibah). Selain ayat-ayat di atas banyak lagi ayat dalam Al Qur´an yang berisi suruhan atau perintah agar manusia berhati-hati dalam memilih makanan, dapat memisahkan mana yang halal (dibolehkan) dan mana yang haram (tidak diijinkan). Selain itu, manusia hendaknya tidak berlebih-lebihan dalam makan.