General
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah keluarga berencana Prodi Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Profesi Bidan Semester VI.
Mata kuliah Keluarga Berencana memiliki bebas SKS sebesar 4 SKS dengan kode mata kuliah MID6032.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yekti Satriyandari
Melalui Mata Pelayanan Keluarga Berencana ini mahasiswa di harapkan mampu untuk menerapkan, menganalisis dan memberikan pelayanan KB dengan pokok bahasan yang meliputi : konsep kependudukan dan Pelayanan KB, konseling dan penapisan awal, pemberian pelayanan KB, peanganan efeksamping dan komplikasi pelayanan KB, serta dokumentasi pelayanan KB, maka ada beberapa proses pembelajran yang akan ditempuh, diantaranya kuliah teori, Team Based Learning (TBL), CBL perkuliahan, pembelajran materi dan diskusi kelompok.
1. Konsep KB dan Kependudukan
2. Perkembangan KB di Indonesia
3. Program KIE Dalam Pelayanan KB
4. Pelayanan Kontrasepsi Dengan Berbagai Metode Sederhana
5. Pelayanan Kontrasepsi Dengan Berbagai Metode Modern
6. Cara Penanggulangan Akseptor Bermasalah
7. Dokumentasi Pelayanan KB
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, tugas, kuis, UTS dan UAS
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan dan praktikum.
2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
1. Menggunakan referensi yang tersedia.
2. Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
3. Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
4. Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
5. Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
6. Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
1. Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
2. Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
3. Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
4. Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
5. Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen
Nilai Huruf
Konversi Angka
Arti Nilai
Keterangan
A
4.00
Sangat Istimewa
Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik
A-
3.75
Istimewa
Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik
AB
3.50
Sangat Baik
Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik
B+
3.25
Baik
Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik
B
3.00
Cukup Baik
Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik
B-
2.75
Kurang Cukup
Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik
BC
2.50
Kurang
Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik
C
2.00
Sangat Kurang
Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik
C-
1.75
Sangat Kurang Sekali
Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik
CD
1.50
Buruk
Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik
D
1.00
Buruk Sekali
Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik
E
0.00
Tidak Ada Nilai
Hampir tidak ada interaksi sama sekali
· Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
1. Cased Based Learning
2. Praktikum Skill
3. Praktikum Kliik
Cased Based Learning pada pembelajaran teori dan praktikum dengan instrument penilaian rubrik
Praktikum di Skill Lab dengan instrument penilaian berupa ceklis
Prakikum Klinik dengan instrument penilaian ceklis
Case based learning theory and practicum with instrument in the rubric
Prakticum in lab skills with assessment instrument in the form of chequer
Practice in the clinic with a skill ceklist
5%
40%
10%
2.
Hasil Proyek
Tim based project
Hasil proyek dalam bentuk Poster yaitu poster media promosi kesehatan untuk KIE psikososial dan spiritual KB
Dinilai dengan cek list penilaian yang di upoad ke lensa.unisayogya dalam bentuk pdf
The results of the project
in the form of posters, namely health promotion media posters for IEC psychosocial and spiritual family planning
Assessed by checking the assessment list uploaded to lens.unisayogya in pdf form
5 %
Sub total
60 %
Kuis
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette (questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id)
10 %
Ujian Tengah Semester
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette (questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id)
15%
Ujian Akhir Semester
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette (questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id)
15%
Sub total
40%
Total
100 %
Yekti Satriyandari.,S.ST.,M.Kes
Luluk Rosida.,S.ST.,M.KM
Dra.Umu Hani EN.,M.Kes
Dr.Dhesi Ari Astuti.,S.SiT.,M.Kes
Fitnaningsih EN.,S.ST.,M.Kes
Esitra Herfanda.,S.STM.Keb
Ellyda Wijhati.,S.ST.,M.Keb
Fayakun Nur Rohamh.,S.ST.,M.PH
Pratika Wahyu Hidaya.,S.ST.,M.Keb
Elika Puspitasari.,S.ST.,M.keb
Sri Wahtini.,S.SiT.,M.H.Kes
Utama
1. Biran Affandi, George Ardiaansz. (2009). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi
2. McVeigh Enda, Guilebaud. (2013) . Oxford Handbook of Reproductive Medicine and Family Planning
3. Hermanto Tri Joewono. (2010). Pelayanan Keluarga Berencana
4. Arum DNS., Sujiyati, 2009, Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini, Nuha Offset, Jogjakarta
5. Benson RC, Pernoll ML, 2012, Buku Saku Obstetri dan Ginekologi, EGC, Jakarta
6. Fariadi Ruslan, 2019, Komplikasi Fatwa Tarjih Seputar Kesehatan Medis, Suara Muhammadiyah, Yogyakarta
7. Greenstein B, Wood D; 201; At a Glance Sistem Endokrin; EMS, Jakarta
B. Tambahan
8. Saifuddin, A.K. (2000). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : Yayasan Bina
9. Handayani Sri, 2010, Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana, Pustaka Rihana, Yogyakarta
10. Handayani, Sih rini, Mulyati, Triwik Sri; 2017, Dokumentasi Kebidanan; PPSDM Kemenkes, Jakarta
11. JNPK-KR, Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi, 2014
12. Manuaba, Ida Bagus Gede; 2012; Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana, EGC,Jakarta
13. Paulsen F., Waschke J, 2017, Sobotta Atlas Anatomi Manusia, EGC, Jakart
14. Yuhedi & Kurniawati. (2013). Buku Ajar Kependudukan dan Pelayanan KB. Jakarta. EGC
Wildan, Moh, Hidayat, AAA.; 2013; Dokumentasi Kebidanan, Salemba Medika, Jakarta
15.
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
1. Yekti Satriyandari. 2019. The Effect Of Hormonal Contraception On Female Sexual Dysfunction : A Systematic Literature Review
2. Yekti Satriyandari. 2020.A Systematic Literature Review–Sex Workers’ Experience on Contraceptive Access
3. Yekti Satriyandari. 2021.The Use Contaceptives in Comercial Sex Workers in Yogyakarta