MODEL ASESMEN
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
1. Menggunakan referensi yang tersedia.
2. Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
3. Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
4. Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
5. Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
6. Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
1. Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
2. Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
3. Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
4. Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
5. Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen |
|||
Nilai Huruf |
Konversi Angka |
Arti Nilai |
Keterangan |
A |
4.00 |
Sangat Istimewa |
Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik |
A- |
3.75 |
Istimewa |
Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik |
AB |
3.50 |
Sangat Baik |
Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik |
B+ |
3.25 |
Baik |
Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik |
B |
3.00 |
Cukup Baik |
Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik |
B- |
2.75 |
Kurang Cukup |
Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik |
BC |
2.50 |
Kurang |
Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik |
C |
2.00 |
Sangat Kurang |
Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik |
C- |
1.75 |
Sangat Kurang Sekali |
Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik |
CD |
1.50 |
Buruk |
Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik |
D |
1.00 |
Buruk Sekali |
Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik |
E |
0.00 |
Tidak Ada Nilai |
Hampir tidak ada interaksi sama sekali |