Pengantar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Farmakologi Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Semester IV. Mata kuliah Farmakologi memiliki beban SKS sebesar 2 SKS dengan kode mata kuliah MID4022, yang terdiri dari 1.5 SKS Teori dan 0.5 SKS Praktikum.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Elika Puspitasari, S.ST., M.Keb., C.MBST., CF-AY
Mahasiswa akan belajar tentang farmakologi, yang meliputi konsep dasar, prinsip dan ruang lingkup farmakologi, macam-macam obat, perundang-undangan obat, farmakodinamik dan farmakokinetika. Mempelajari jenis-jenis Uterotonika, obat anti perdarahan, analgetik, obat jamur, diuretika, antibiotika, obat anemia, obat anastesi, obat pre dan eklampsia, antipiretika, vitamin, mineral, anti konvulsi, anti hipertensi, obat imunologi, terapi komplementer. Memahami aspek legal obat , patient safety, etika pemberian obat, Pengelolaan Obat Kebidanan (pertimbangan farmakologi dalam pemberian terapi intravena, intramuuskular, intrakutan, oral, rektal), perhitungan dosis obat, peresepan obat kebidanan serta efek samping obat. Pengalaman belajar meliputi kuliah teori kelas besar, kuliah e-learning, praktikum dan penugasan .Modul ini diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan semester IV.
- Memahami konsep farmakologi
- Memahami obat dalam pelayanan kebidanan
- Memahami pengelolaan obat kebidanan dan peresepan
Menghormati martabat dan hak hak asasi perempuan termasuk menghargai prempuan sebagai makhluk biopsikososial spiritual (S2)
2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN
a. Menguasai konsep teoritis manajemen dan kepemimpinan secara umum (PP13)
b. Menguasai konsep teoritis penelitian dan evidence based practice dalam praktik kebidanan (PP14)
3. CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM
Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU2)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi melalui kuliah tatap muka, E-Learning, praktikum, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan tatap muka, E-Learning, dan praktikum.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan tatap muka, E-Learning, dan praktikum.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
- Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi
Description
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
1. Case Based Learning
2. Praktikum
1. Case Based Learning teori dengan materi terapi komplementer dan praktikum terkait penatalaksaanaan terkait terapi komplementer dalam pelayanan kebidanan
2. Praktikum dengan instrument penilaian rubrik
1. Case Based Learning theory with complementary therapy material and practicum related to management related to complementary therapy in midwifery services
2. Practicum with rubric assessment instrument
20
20
2.
Hasil Proyek
Team base project (TBP)
Membuat video promotif & preventif terkait prosedur pemberian obat
Create promotive & preventive videos related to drug administration procedures
10
Sub total
50
3.
Kognitif/ Pengetahuan
Tugas
Membuat poster terkait obat-obatan dalam pelayanan kebidanan, diupload di http://lensa.unisayogya.ac.id
Create posters related to drugs in midwifery services, uploaded at http://lensa.unisayogya.ac.id
10
Kuis
Soal pilihan ganda (A-E) sebanyak 30 soal dalam bentuk vignette, pada 2 topik kuliah teori, soal diupload di http://lensa.unisayogya.ac.id
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette, on 2 theoretical lecture topics,
questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id
10
Ujian Tengah Semester
Penilaian CPMK 1 & 2
Soal pilihan ganda (A-E) sebanyak 60 soal dalam bentuk vignette, soal diupload di http://lensa.unisayogya.ac.id
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette, questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id
15
Ujian Akhir Semester
Penilaian CPMK 2 & 3
Soal pilihan ganda (A-E) sebanyak 40 soal dalam bentuk vignette (soal diupload di http://lensa.unisayogya.ac.id
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette, questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id
15
Sub total
50
Total
100
1 Elika Puspitasari, S.ST., M.Keb0877 3825 48642 Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb
0812 8151 57253 Arif Yusuf Wicaksana, M.Sc., Apt
0856 4392 22804 apt. Arini Fadhilah, M.Si0853 2639 47045
6Enny Fitriahadi, S.ST., M.Kes0856 4393 7577Dita Kristiana, S.ST., MH.Kes0856 4352 56551. Dipiro, T.J., wells, G.B, Schwinghammer, T.L. danDipiro C.V., 2012, Pharmacotherapy Handbook Eight Edition, The McGraw-Hill Companies, New York.
2. Goodman & Gilman, 2012, Dasar Farmakologi Terapi, Edisi 10, Editor Joel. G. Hardman & Lee E. Limbird, Konsultan Editor Alfred Goodman Gilman, Diterjemahkan oleh Tim Alih Bahasa Sekolah Farmasi ITB, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta
3. Katzung, B.G., Masters, S.B. danTrevor, A.J., 2014, Farmakologi Dasar & Klinik, Vol.2,Edisi 12,Editor Bahasa Indonesia Ricky Soeharsono et al., Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.
4. Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 874 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penggunaan Antibiotik,Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
5. Master Index of Medical Specialites, 2016, Imunos dan Imbost, Terdapat di: http://www.mims.com/indonesia/drug/info/imunos dan imbost.html
6. MIMS, 2010, MIMS Indonesia Petunjuk Konsultasi, Edisi 9, Halaman 194 & 2002, Jakarta, Media Data Indonesia.
7. Syamsudin. 2011. Buku Ajar Farmakologi Efek Samping Obat. Salemba Medika. Jakarta.
8. Mentri kesehatan RI. 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan. Jakarta
9. Neal MJ. 2006. At a glance : Farmakologi Medis. Edisi 5. Erlangga. Jakarta.
10. Nugroho A E. 2012. Farmakologi (Obat – obat Penting dalam Pembelajaran Ilmu Farmasi dan Dunia Kesehatan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
11. Joel G Hardman, Lee E Limbird. 2012. Dasar Farmakologi
12. Briggs, Gerald G. 2018. Drugs In Pregnancy and Lactation Eight Edition : A Reference Guide to Fetal and Neonatal Risk
13. Sue Jordan. 2002. Pharmacology for Midwives