Forum Muhasabah

Forum Muhasabah

Forum Muhasabah

by Yekti Satriyandari Satriyandari -
Number of replies: 27

Setelah saudara mendirikan sholat tahajud, bagamna perasaan saudara saat ini? Apak selanjutnya yang akan audara lakukan dengan sholat tahajud setelah ini?

Sata, dua kalimat yang saudara tuliskan di forum dapat mewakili perasaan saudara!


In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505068 RAODHA J. SALIM -

Yang saya rasakan setelahmelakukan sholat tahajud yaitu saya merasakan tenang, dan setelah melakukan sholat tahajud mengaji dan menenggu sholat subuh.

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505078 INES NURHAFIFA SALEH -

Perasaan saya melakukan sholat tahajud, saya  merasa peransaan menjadi tenang. Pikiran saya menjadi fresh, dan berzikir kepada allah

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505074 SUGENG HADI SUSILO -

izin menjawab ibu ...setelah saya selesai melakukan sholat tahajud pagi ini hati menjadi lebih tenang dan semoga saya bisa istiqomah dalam menjalankan sholat tahajud

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505066 FITRIANI -

Ketika kita bangun untuk melakukan sholat tahajud di 1/3 malam, maka kita akan merasakan pikiran jernih serta kembali segar. Pada saat itu adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran sehingga perasaan pun merasa lebih tenang.

Dan selanjutnya yang dilakukan Tadarusan sambil menunggu waktu sholat shubuh


In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505072 MASRURI NAZID FADLI -

Yang saya rasakan adalah adanya ketenangan dan merasa damai, yang akan saya laksanakan adalah jika terbangun di sepertiga malam mengupayakan untuk melaksanakan sholat tahajud

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505071 DODO PEBIOLA -

Setelah melaksanakan sholat tahajud hati saya merasakan tenang, tenteram dan damai. Setelah sholat tahajud saya membaca AL-qur’an sambil menunggu sholat subuh

In reply to 1710505071 DODO PEBIOLA

Re: Forum Muhasabah

by 1710505071 DODO PEBIOLA -

1. Siapakan  5 kalimatreflektif yang maknanyatentang

-Keimanankeyakinankepada ( percaya bahwa allah 1 dan nabi muhammad adalah utusan allah swt, dan taat beribada kepads allah )

-Keinsyafanataupertaubatan (bagaimana cara kita memohon ampun kepada atas tindakan yang kita lakukan sama allah. Dengan cara beristigafar dan sholat toubat. 

-Kesyukuran (bersyukur itu selalu senantiasa menerima sesuatu dengan rasa senang, tidak merasa terbebani.

-Istiqomah ( selalu taat beribadah kepada allah swt, dalam mengerjakan kebaikan, menunaikan sholat. Melaksanakan perintahnya dan menjaukan setiap larangannya.

-Sabar (sabar maknanya sangat luas,bisa sabar dalam menghadapi cobaan, tidak mengeluh,

-Doa dll

-Kalimatboleh kata-kata mutiaraataupuisireflektif (Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya." (Al Baqarah: 286)

2. Susunlah rencanauntukmemperbaikidiri,apasaja yang akan di lakukan

Memperbaiki bagaimana cara bersikap yang lebih baik 

Memperbaiki diri, ibadah kepada allah, menjauhi larangannya, berusaha menjadi yang lebih baik darli pada yang sebelumnya

3. Buatlah daftarmimpi yang ingindicapaidanbagaimanacaramencapainya,termasukbagaimanacaramendekatkandiripada Allah agar mimpitercapai..

Menyelesaikan pendidikan dengan baik. Cara mencapinya terus belajar dan berdoa kepada allah swt agar dimudahkan jalannya.

4.Peserta melaksanakan sholat lail pada pukul 03.00

 

 


In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505069 ISTIGHFARIN NURRAHMI -

Selesai mendirikan shalat tahajud yang dirasakan adalah perasaan hati menjadi tenang, damai dan tentram, setelah shalat tahajud perbanyak dzikir, berdoa dan menunggu waktu shalat subuh. 

In reply to 1710505069 ISTIGHFARIN NURRAHMI

Re: Forum Muhasabah

by 1710505069 ISTIGHFARIN NURRAHMI -
Jawaban :

1. Keimanan keyakinan kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaannya, lalu di akui dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan di dunia nyata. Bersyukurlah selalu kepada Allah SWT sebagaimana Orang yang ikhlas dan pandai bersyukur akan selalu mendapat jalan keluar dari setiap masalah. Bersabar merupakan kunci paling utama dalam setiap ujian dan cobaan yang menimpa, ketika bangkit dan terjatuh tetaplah Istiqomah selalu mengingat Allah SWT dan selalu Berdoa agar semua urusan kita dimudahkan oleh Allah SWT, selalu bertaubat memohon ampunan kepada Allah karena kadang kita tidak sadar telah melakukan perbuatan dosa.

2. Susunan rencana untuk memperbaiki diri saya dan yang akan saya lakukan adalah :
  •  Akan selalu membiasakan kebiasaan yang baik dalam diri saya
  •  Akan selalu berusaha dengan keras dan ikhlas serta bersyukur terhadap pencapaian dalam diri saya
  • Mencoba untuk selalu istiqomah dalam melaksanakan setiap usaha saya memperbaiki diri. 
3. Daftar Mimpi Cara Pencapaian Cara mendekatkan diri kepada ALLAH

 1. Melaksanakan umroh bersama kedua orang tua:   Menabung sedikit demi sedikit dan selalu berdo’a kepada ALLAH Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjauhi segala larangan-NYA.
 2. Membahagiakan kedua orang tua :   Selalu berusaha untuk membahagiakan mereka dari hal kecil Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjahui segala larangan-NYA.
 3. Menjadi orang yang bermanfaat untuk sekitar :  Membiasakan diri selalu membantu orang lain sebisa dan semampu kita Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjahui segala larangan-NYA.

 4. Peserta melaksanakan solat lail pada pukul 03.00

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505063 AYU RAHAYU -

Setelah saya melaksanakan solat tahajud saya merasa tenang jiwa dan raga dan setelah solat tahajud saya membaca dzikir dan membaca al-quran

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505070 RIDWAN ISMAIL -

Setelah saya melakukan sholat di sepertiga malam (1/3) atau sholat tahajjud, saya merasakan banyak perubahan dalam diri saya pribadi yang meliputi: hati saya semakin tentram, merasa tenang, tidak gelisah dan seluruh beban saya itu rasanya dimudahkan dan saya semakin dekat dengan Allah SWT. sebagaimana dalam firman Allah yang berbunyi barang siapa yang bangun di sepertiga malam untuk menunaikan sholat tahajjud maka seluruh aktivitasnya dipermudahkan dan alhamdulillah itu yang saya rasakan sampai saat ini. kemudian doa di sepertiga malam itu diijabah oleh Allah swt karena pada malam terakhir Allah langsung turun melihat hamba-hambanya yang bersujud dan mengangkat tangannya.

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by Alifatun Ni'mah -

setelah melakukan tahajud saya merasa sholat tahajud benar benar salah satu waktu yang cocok untuk kita berdoa kepada allah untuk kita mencurahkan apa yang sedang kita rasakan kepada allah, karena selain suasana yang sepi sehingga kita bisa lebih tenang dan khusyuk dalam sholat tetapi juga sholat tahajud memang dianjurkan, semoga kami terutama saya bisa istiqomah dalam menjalankN sholat lail, aamiin

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505075 AFLA MUZAKKA -

1. Iman merupakan permasalahan terpenting seorang muslim, sebab iman menentukan nasib seorang didunia dan akherat. 

Menyadari artinya keinsyafan, taubat adalah menyadari kesalahan dan memperbaiki kesalahan dengan memohon ampun kepada Allah 

Bersyukur atas apapun yang terjadi atas kehendakNya, agar Allah memberikan rahmat.

Keimanan sangat penting dalam menuju keistiqomahan 

Sabar dalam menghadapi segala ujian yang diberikan Allah 

2. - Terus berkumpul dengan orang orang yg sholeh

- Membaca Al qur'an serta makna nya

- Membaca kisah kisah Nabi dan para sahabat

- berdoa agar Allah memantapkan hati dan iman dalam menuju keistiqomahan

3. Mimpi saya adalah menjadi orang yang selalu berguna untuk orang lain dan Menaikkan Haji kedua orang tua saya

Cara yang saya lakukan 

1. Sholat tahajud 

2. Sholat fardhu dengan tepat waktu

2. Terus bekerja keras

3. Memohon kepada Allah agar dilancarkan segala mimpi saya

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505070 RIDWAN ISMAIL -

  1. Setelah saya melakukan sholat di sepertiga malam (1/3) atau sholat tahajjud, saya merasakan banyak perubahan dalam diri saya pribadi yang meliputi: hati saya semakin tentram, merasa tenang, tidak gelisah dan seluruh beban saya itu rasanya dimudahkan dan saya semakin dekat dengan Allah SWT. sebagaimana dalam firman Allah yang berbunyi barang siapa yang bangun di sepertiga malam untuk menunaikan sholat tahajjud maka seluruh aktivitasnya dipermudahkan dan alhamdulillah itu yang saya rasakan sampai saat ini. kemudian doa di sepertiga malam itu diijabah oleh Allah swt karena pada malam terakhir Allah langsung turun melihat hamba-hambanya yang bersujud dan mengangkat tangannya.



In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505074 SUGENG HADI SUSILO -

1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

·         -Keimanankeyakinankepada Allah

·         -Keinsyafanataupertaubatan

·         -Kesyukuran

·         -Istiqomah

·         -Sabar

·         -Doadll

·         -Kalimat boleh kata-kata  mutiara atau puisi reflektif

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

4.Peserta melaksanakan sola tlail pada pukul 03.00

 

Jawaban :

1.      Salah satu bentuk KEIMANAN KEYAKINAN KEPADA ALLAH yakin bahwa Allah Maha Segalanya termasuk memberi kita Rizki.   BERSYUKUR pada Allah SWT bisa kita renungkan agar hidup lebih tenang dan banyak sekali nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT yang bahkan tidak bisa dihitung satu per satu. Kita harus BERSABAR ketika menghadapi ujian dan cobaan dan selalu berusaha ISTIQOMAH dalam beribadah dan beramal Sholeh menjadi kunci kesuksesan, dan BERDOALAH supaya langkah2 kita dimudahkan oleh Allah dan kita akan diberi kekuatan untuk menjalani kehidupan.  kita tidak boleh lupa selalu beristifar dan selalu BERTAUBAT memohon ampun kepada Allah karena kadang kita tidak sadar telah melakukan perbuatan dosa.

2.      Susunan rencana untuk memperbaiki diri saya dan yang akan saya lakukan adalah :

 

-          Saya akan memaksakan diri saya untuk selalu membiasakan kebiasaan yang baik.

-          Mencari kawan-kawan yang dapat terus mendorong saya untuk selalu taat kepada ALLAH.

-          Mencoba untuk selalu istiqomah dalam melaksanakan setiap usaha saya memperbaiki diri.

3.       

Daftar Mimpi

Cara Pencapaian

Cara mendekatkan diri kepada ALLAH

1.      Melaksanakan umroh bersama kedua orang tua

Menabung sedikit demi sedikit dan diimbangi dengan do’a kepada ALLAH

Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjahui segala larangan-NYA.

2.      Memiliki keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah

Selalu belajar terkaitan cara mencapai keluarga sakinah mawadah warohmah

Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjahui segala larangan-NYA.

3.      Menjadi orang yang mampu membantu orang banyak

Membiasakan diri untuk selalu membantu orang lain sebisa dan semampu kita

Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjahui segala larangan-NYA.

 

4.      Alhamdulillah telah saya laksanakan

 


In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505080 ANISA PUTRI PUSPITASARI -

yang saya rasakan setelah malaksanakan shalat tahujud adalah hati menjadi damai dan jiwa menjadi tenang dalam menjalani kehidupan sehari hari 

In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505070 RIDWAN ISMAIL -

1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

·         -Keimanan keyakinan kepada Allah

·         -Keinsyafan atau pertaubatan

·         -Kesyukuran

·         -Istiqomah

·         -Sabar

·         -Doa dll

·         -Kalimat boleh kata-kata mutiara atau puisi reflektif

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri,apa saja yang akan di lakukan?

3. Buatlah daftar mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya,termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimp itercapai..

4.Peserta melaksanakan solat lail pada pukul 03.00

 

 

 

Jawaban :

1. Salah satu bentuk KEIMANAN KEYAKINAN KEPADA ALLAH yakin bahwa Allah Maha Segalanya termasuk memberi kita Rizki. Dan  BERSYUKUR pada Allah SWT bisa kita renungkan agar hidup lebih tenang. Banyak sekali nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT yang bahkan tidak bisa dihitung satu per satu. BERSABAR ketika menghadapi ujian dan cobaan dan selalu berusaha ISTIQOMAH dalam beribadah dan beramal Sholeh menjadi kunci kesuksesan, dan BERDOALAH supaya langkah2 kita dimudahkan oleh Allah dan kita akan diberi kekuatan untuk menjalani kehidupan. Dan kita tidak boleh lupa selalu beristifar dan selalu BERTAUBAT memohon ampun kepada Allah karena kadang kita tidak sadar telah melakukan perbuatan dosa.

2. Susunan rencana untuk memperbaiki diri dengan melakukan cara yaitu:

   -Saya akan membiasakan untuk selalu memperbaiki diri sendiri dengan tidak melakukan kesalahan yang sama

   -Saya akan berusaha untuk membedakan mana yang baik dan buruk kemudian senantiasa menerima kritikan dari teman-teman karena itu adalah salah satu cara untuk memperbaiki diri yang lebih baik

  - Berusaha mencari teman yang selalu memotivasi untuk melakukan kebaikan

  - Berusaha mencari sahabat yang dekat dengan Allah karena dengan itu bisa mengarahkan kita biar dekat dengan Allah SWT.

3.

Daftar Mimpi

Cara Mencapainya

Cara mendekatkan kepada ALLAH

Ingin lulus tepat waktu

Bersungguh-sungguh dalam mengerjakannnya dan membuat schedule

Menjalankan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya

Ingin membahagiakan orang tua

Selalu bersemangat dan jangan pernah putus asa meskipun harus melewati beberapa rintangan

Menjalankan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya

Ingin mengumrohkan orang tua saya

Selalu meminta petunjuk atau jalan terbaik kepada Allah. Kemudian selalu meminta kemudahan kepada Allah semoga urusan nya bisa berjalan dengan lancar dan tetap bersabar serta istiqomah

Menjalankan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya

 

 

4. Sholat Lail

 


In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505078 INES NURHAFIFA SALEH -

1. Siapakan  5 kalimatreflektif yang maknanyatentang

·         -Keimanan keyakinan kepada ( percaya bahwa allah itu esa dan nabi muhammad adalah utusan allah swt, dan taat beribada kepada allah )

·         -Keinsyafanataupertaubatan (bagaimana cara kita memohon ampun kepada atas tindakan yang kita lakukan sama allah. Dengan cara beristigafar dan sholat toubat.

·         -Kesyukuran (bersyukur itu selalu senantiasa menerima sesuatu dengan rasa senang, tidak merasa terbebani.

·         -Istiqomah ( selalu taat beribadah kepada allah swt, dalam mengerjakan kebaikan, menunaikan sholat. Melaksanakan perintahnya dan menjaukan setiap larangannya.

·         -Sabar (sabar maknanya sangat luas,bisa sabar dalam menghadapi cobaan, tidak mengeluh.

2. Susunlah rencanauntukmemperbaikidiri,apasaja yang akan di lakukan

·           Memperbaiki bagaimana cara bersikap yang lebih baik

·           Memperbaiki diri, ibadah kepada allah, menjauhi larangannya, berusaha menjadi yang lebih baik dari pada yang sebelumnya.

3. daftarmimpi 

·      Menyelesaikan pendidikan dengan baik dan menjadi orang berguna dilingkungan sekitar. Cara mencapinya terus belajar dan berdoa kepada allah swt agar dimudahkan jalannya, bersedah, beribadah kepada allah dan selalu taat kepadanya





In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505080 ANISA PUTRI PUSPITASARI -

1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

·         -Keimanankeyakinankepada Allah

·         -Keinsyafanataupertaubatan

·         -Kesyukuran

·         -Istiqomah

·         -Sabar

·         -Doadll

·         -Kalimat boleh kata -kata  mutiara atau puisi reflektif

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan dilakukan ?

3. Buatlah PT mimpi Yang Ingin dicapai Dan bagaimana Cara mencapainya, termasuk bagaimana Cara mendekatkan Diri PADA Allah agar mimpi tercapai ..

4 .Peserta melaksanakan sola tlail PADA Pukul 0 3.00

JAWABAN 

1.      Iman kepada allah menambah keyakinan karena kita tahu bahwa allah lah yang menciptakan segala sesuatunya, dan membuat kita masih hidup sampai sekarang, jadi kita harus lebih yakin dan bersyukur kepada Allah SWT.

2.      Sunanan rencana untuk memperbaiki diri

·         Lebih mencintai diri sendiri

·         Selalu berfikir dan bertindak positif

·         Mampu mengendalikan amarah dan iri hati

1.      Daftar Mimpi Yang ingin dicapai

Daftar Mimpi

Cara Pencapaian

Cara mendekatkan diri kepada ALLAH

1.      Membagiakan kedua orang tua

Selalu bersemangat dan jangan putus asa dalam melewati rintangan.

Doing perintah dan menjauhi larangan-NYA.

2.      Dapat membantu sesama

Sebisa mungkin sesama manusia ketika kita mampu dan bisa  

Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjahui segala larangan-NYA.

3.      Memberangkatkan orang tua umroh

Berusaha dan berdoa

Selalu melaksanakan perintah-NYA dan menjahui segala larangan-NYA.

 


 



In reply to Yekti Satriyandari Satriyandari

Re: Forum Muhasabah

by 1710505063 AYU RAHAYU -
jawaban:
1. keimanan keyakinan kepada allah yakni
bahwa Allah Maha Segala termasuk dalam menciptakan kita,  BERSYUKUR kepada Allah apa yang telah diberikan selama ini kepada kita semua, BERSABAR dalam menghadapi cobaan seberat apapun dan selalu berusaha ISTIQOMAH dalam beribadah dan beramal soleh, BERDOALAH supaya langkah-langkah kita dimudahkan oleh Allah, dan yang terakhir BERTAUBAT memohon ampun kepada Allah atas apa yang telah kita lakukan.
2. Terimalah Segala Kenyataan Saat ini ,Tentukan apa yang harus dirubah ,Jadilah pemaaf Lakukan sesuatu yang tidak di sukai, Cintailah diri sendiri, Berusahalah mengendalikan kemarahan dan iri hati Memaafkan orang lain, Cari tokoh panutan, Cari orang yang memaksa berkembang

3. 

Daftar Impian

Cara Mencapainya

Cara mendekatkan kepada Allah

Lulus tepat waktu

bersungguh-sungguh dalam menata schedulu dan mengerjakannya

menjalankan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya

Ingin menjadi orang sukses dunia dan akhirat

selalu bersemangat dan jangan pantang menyerah

menjalankan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya

Ingin membahagiakan kedua orang tua

selalu meminta petunjuk kepada Allah dan selalu berlapang dada

menjalankan perintah-nya dan menjauhi larangan-nya


4. sudah melaksanakan solat lail