PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI STRATEGI PEMASARAN 2

KELOMPOK 1

KELOMPOK 1

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 8

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Strategi Pemasaran 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 1

by 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI -

Assalamualaikum temen-temen

Jadi seperti yang sudah dicantumkan ibu, kita bakal membahas tentang

  1. Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen ?
  2. Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?
  3. Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior)
  4. Bagaimana rencana pemasaran secara online? (akankah menggunakan social media (shopee, tokopedia, instagram, facebook), blog), mungkin perlu menyiapkan video promosi (skenario, siapa yang merekam dan menyunting video), rancangan brosur, logo bisnis, apakah akan ada endorsement influencer juga?
  5. Apakah dalam jangka waktu tertentu akan dibagikan kupon belanja atau belanja dengan sistem point?
  6. Bagaimana rencana kelompok untuk membuat konten yang relevan dan menarik untuk mendukung social media marketing? (topik yang menarik dan berbeda setiap produk, sesuaikan tujuan promosi, sesuaikan kebutuhan target konsumen, kapan waktu posting yang tepat)
  7. Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?
  8. Bagaimana cara kelompok mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan?

In reply to 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI

Re: KELOMPOK 1

by 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI -

Untuk pertanyaan nomor 1 yaitu Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen ?

Pada pembahasan sebelumnya sudah kita dapatkan untuk riset pasar kita adalah 

a. mengevaluasi setiap produk yang di buat agar baik ditangan konsumen.

b. Memahami apa kebutuhan konsumen, apakah produk kita memenuhi kriteria konsumen atau belum
c. Melihat setiap pembuatan produk 
d. menggunakan metode riset gruop yaitu mulai mengenalkan produk, setelah nantinya banyak yang sudah mengetahui produk kita, kita akan melakukan metode selanjutnya yaitu survai dan memberi proposal serta brosur produk.

Dan untuk memastikan calon konsumen, kita akan mencoba   memberikan penawaran kepada bagian staff peneriman suplai alat kesehatan di berbagai rumah sakit dengan proposal serta brosur, dan jika pihak rumah sakit setuju untuk menggunakan produk kita maka akan kita memulai mendistribusikan.


In reply to 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI

Re: KELOMPOK 1

by 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI -

Nah untuk pertanyaan nomor 2 yaitu Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?

Menurut temen-temen sebaiknya bagaimana? Karna usaha kita juga masih tergolong baru, apakah kedepannya akan ada sistem seperti itu?

In reply to 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI

Re: KELOMPOK 1

by 2010101064 RATIKA JULIANSIH -
Assalamualaikum wr.wb

Saya izin berpendapat ya mba aisya terkait pertanyaan nomor 2.

Menurut saya ada baiknya juga kita menetapkan sistem resseller maupun dropship untuk bisnis kita kedepannya,karena kehadiran sistem ini itu nantinya bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dibandingkan hanya memasarkan produk sendiri,selain itu bisa juga menghemat biaya promosi, karena pemasar nantinya membantu mempromosikan produk Anda dengan strategi yang mereka miliki. 

Mungkin itu saja pendapat dari saya

Terimakasih 🙏🏻

In reply to 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI

Re: KELOMPOK 1

by 2010101009 MIFTA ARSYA HARSENDI -
Untuk nomer 5

Kupon belanja bisa di gunakan ketika memiliki batas pembelian minimum seperti pembelian 200 ribu mendapat kupon belanja 10% yang bisa di gunakan belanja lain hari, dan untuk sistem point sendiri juga akan di berikan minimum belanja tertentu juga tetapi point itu harus di kumpulkan dalam batas tertentu sekali belanja mendapat satu pint dan jika point tersebut sudah mencukupi menurut kalian apakah mau di beri diskon atau gift?

In reply to 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI

Re: KELOMPOK 1

by 2010101046 NATASYA RISKYA APRILIANTI -

Assalamualaikum wr wb saya Natasya Riskya Aprilianti 2010101046 izin berpendapat 

3. Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior)


Tentunya kami akan menggerai lokasi yang strategis dan mudah di akses dari segi kendaraan apa pun dan gambaran rencana kemungkinan untuk disain nya kita menggunakan disain yang moderen dengan beberapa di tambahkan barang barang yang astetik

In reply to 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI

Re: KELOMPOK 1

by 2010101046 NATASYA RISKYA APRILIANTI -

Assalamualaikum wr wb saya Natasya Riskya Aprilianti 2010101046 izin berpendapat 

Bagaimana rencana pemasaran secara online? (akankah menggunakan social media (shopee, tokopedia, instagram, facebook), blog), mungkin perlu menyiapkan video promosi (skenario, siapa yang merekam dan menyunting video), rancangan brosur, logo bisnis, apakah akan ada endorsement influencer juga?


selain menggunakan pemasaran secara offline (Foster, leaflet) kami juga akan menggunakan media online seperti shoppe, Facebook, Instagram, dan media online lainnya. Namun, untuk endorsement influencer sendiri  sepertinya kami akan berdiskusi dulu mengenai hal tsb. Dan untuk logo bisnisnya sebagai berikut :

Attachment EE88D51C-C11B-4F3C-905F-B04425188B58.jpeg
In reply to 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI

Re: KELOMPOK 1

by 2010101046 NATASYA RISKYA APRILIANTI -

Izin berpendapat 

Bagaimana cara kelompok mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan?


cara mengevaluasi strategi pemasaran yang dimana Hasil evaluasi marketing atau pemasaran, harus dapat meningkatkan kinerja dari aktivitas penjualan di masa depan. yang dimana mengidentifikasi peluang dan juga masalah agar dapat dimasukkan ke dalam evaluasi strategi marketing atau pemasaran. Perubahan besar dalam fokus usaha seperti membuat produk baru, atau masuk ke target pasar baru, atau mengakuisisi pangsa pasar kompetitor, akan memerlukan evaluasi strategi marketing atau pemasaran yang cukup detail. Hal ini tidak hanya akan mengidentifikasi peluang usaha,, tetapi juga dapat mengungkapkan beberapa blindspots yang berpotensi menjadi penyebab tidak tercapainya target pemasaran usaha