PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI STRATEGI PEMASARAN 2

KELOMPOK 9

KELOMPOK 9

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 10

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Strategi Pemasaran 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101041 NURUL'AIN BARANI -

Wa'alaikumsalam wr.wb.

Alhamdulillah baik Ibu😊

Bismillahirrahmanirrahim

Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahman Aamiin.

In reply to 2010101041 NURUL'AIN BARANI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101038 SRI KINANTI -

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Saya sri kinanti 2010101038 izin menjawab no 5.

Pertanyaan : apakah dalam waktu tertentu akan dibagikan kupon belanja atau belanja dengan sistem point ?

Sesuai dengan bisnis yang kami buka dan yang ingin kami jalani kami akan memberi kepada pelanggan atau pembeli kupon belanja atau sistem poit pada waktu tertentu misalnya pada saat akhir tahun, atau ulang tahun bisnis yang kami buka atau merayakan sebuah keuntungan yang kami dapatkan (sedekah ).

Mungkin hanya ini pendapat saya .

Terimakasih

Wassalmu'alaikum Wr. Wb

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -
Saya Lelianita Ratna Candra Dewi 2010101037 ijin berpendapat terkait dengan point pertama : 


  1. Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan  pelanggan untuk memastikan calon konsumen.

Sebelum menentukan produk yang akan kami pasarkan, tentunya kami akan melakukan riset pemasaran terlebih dahulu. Ada 2 metode riset pemasaran yang kami lakukan, yang pertama kami melakukan survei secara langsung kepada rekan-rekan terdekat terkait tanggapan mereka terhadap produk masker organik. Sebagian besar menanggapi bahwa mereka kerap melakukan perawatan kulit menggunakan masker organik, selain dinilai nyaman dikulit, menurut mereka masker organik mudah digunakan dan diaplikasikan diwajah. Yang kedua, meninandak lanjuti hal tersebut, kelompok kami melakukan diskusi dan riset di berbagai platform perbelanjaan terkait bahan, harga, dan peminat masker organik. Hasil riset kami menunjukkan bahwa masker organik lebih banyak mendapatkan minat dari para remaja, dinilai dari segi efisiensi bahan dan manfaat yang didapatkan sangat besar. Banyak testimoni dan antusias yang tinggi dari pelanggan salah satu merek masker organik ternama, membuat kita yakin untuk memilih produk ini.

Silahkan untuk teman-teman yang lain untuk menambahkan jawaban saya bila masih ada yang kurang. Terima kasih.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101038 SRI KINANTI -

Wa'alaikumussalam baik ibu.

Bissmillahirrohmanirrohim.

Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahman Aamiin

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -
Ijin berpendapat lagi mengenai topik yang ketiga, 

3. Bagaimana rancangan pemasaran secara offline?

Kemarin kami sepakat untuk membuka gerai offline di dekat kampus UNISA. Menurut kami tempat tersebut cukup strategis karena bisa dijangkau oleh siapapun dan cukup mudah untuk dicari dari segi lokasi. Kami berencana untuk menyewa ruko sebagai tempat penjualan kami.

Berikut ini, salah satu contoh design interior dan eksterior yang kami pilih untuk toko kami.

Attachment IMG_20211213_083810.jpg
Attachment IMG_20211213_083901.jpg
Attachment IMG_20211213_083925.jpg
In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya Friescha Friecillia Martin (2010101040) Izin menjawab no. 4 nggih Ibu

4. Bagaimana rencana pemasaran secara online?

1.) Mulai dari akun sosial media pribadi

Social media menjadi salah satu tools yang paling efektif untuk memasarkan produk. Karena, jumlah pengguna dan waktu penggunaan sosial media sangatlah besar di Indonesia. Langkah awal memasarkan produk melalui media sosial bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media pribadi, dengan tujuan menjangkau orang-orang terdekat untuk mencoba produk yang kami jual sehingga kami juga bisa meminta feedback dari mereka perihal kekurangan dan kelebihan dari produk jualan kami.

2.) Mengamati produk-produk yang ada di internet

Mungkin, banyak toko online yang menawarkan produk serupa dengan produk jualan kami. kita bisa amati kompetitor bisnis kita itu untuk mengambil beberapa hal dari mereka, seperti cara mereka mengambil foto produk, menulis judul produk dan menulis deskripsi produk. Dari hasil pengamatan, dapat dijadikan acuan untuk memasarkan produk sesuai kebutuhan pasar. Jangan lupa gunakan standar kualitas konten lebih tinggi dari mereka supaya produk milik kita lebih unggul! 

3.) Meminta teman untuk memberikan testimoni melalui media sosial

Langkah ini sangat penting ketika kita baru memulai memasarkan produk secara online, baik melalui media sosial, website dan juga marketplace. Karena, perihal trust atau kepercayaan adalah perhatian utama dalam keputusan pembelian konsumen, terlebih pada sebuah brand baru. Minta teman-temanmu untuk memberikan testimonial di media sosial, baik melalui feed atau story dengan mention dan tag akun jualanmu serta menuliskan alamat website mu. Kemudian simpan postingan mereka sebagai kumpulan testimonial. Harapannya, konsumen baru lebih percaya pada tokomu, sekaligus mendapatkan beberapa penjualan dari followers media sosial temanmu.

4.) Rencana pemasaran secara online melalui akun media sosial seperti Instagram

Dalam menjalankan komunikasi pemasaran, tentu perusahaan harus memiliki strategi supaya segala rencana yang ditentukan sebelumnya dapat tercapai. Pemasaran melalui instagram ini memang sedang marak dikalangan pelaku bisnis di Indonesia. Banyaknya akun di instagram yang memasarkan mulai dari barang, jasa, sampai dengan kuliner menjadi bukti bahwa pemasaran melalui media sosial menjadi pilihan para pelaku bisnis untuk memasarkan dan menarik calon konsumen. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan instagram, pemasar dapat dengan mudah mengelola akun sesuai dengan yang mereka inginkan. Mereka beramai-ramai mempromosikan produk mereka melalui akun instagram masing-masing.

5.) Pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital adalah dengan melakukan aktivitas social media maintenance yang memanfaatkan fitur foto dan video, comment untuk berinteraksi, caption untuk pesan, dan location, hashtag, tagging serta Instagram ada untuk membantu penyebaran informasi. Sedangkan aktivitas social media endorsement dilakukan dengan cara mengendorse artis ataupun selebgram supaya meningkatkan follower dan jumlah like pada produk kami.

6.) Pemasaran efektif dengan menggunakan brosur dan logo bisnis

Brosur merupakan sebuah aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk memasarkan suatu produk. Brosur biasanya berisi berbagai informasi yang diperlukan oleh konsumen untuk mencari tahu tentang produk perusahaan tersebut. Berikut kriteria brosur agar terlihat menarik :

  1. Berisi pesan informasi yang sangat detail
  2. Pesan ajakan yang menarik perhatian pembeli
  3. Didesain semenarik mungkin
  4. Memiliki resolusi tinggi
  5. Memiliki sistem distribusi sendiri sehingga dibedakan dari media promosi lain

Perusahaan dapat meningkatkan jangkauan audiens dengan mudah dengan memiliki logo perusahaan yang baik, dan identitas visual terkait merek lainnya.  Merek dan logo perusahaan  bisnis harus dimasukkan dalam strategi pemasaran perusahaan.Setiap produk yang memiliki logo atau identitas lain dari perusahaan yang dicetak di atasnya dengan motif untuk mempromosikan merek berada di bawah kategori barang dagangan bermerek. Jadi, pemasar dan pengusaha menggunakan produk berkualitas tinggi untuk mempromosikan bisnis mereka. Merchandising merek adalah tentang merancang logo perusahaan yang otentik serta identitas merek. Kemudian, perusahaan memasukkan logo dan visual lainnya pada barang dagangan yang sering digunakan pelanggan.


Sekian jawaban dari Saya, apabila terdapat kekurangan dalam menjawab bisa untuk ditambahkan,

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101039 BELLA FEBRI ANA -
Jawaban no 8

1. Memiliki atau meningkatkan kendali 

2. Mencoba memiliki atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok.

3. Mencoba memiliki atau meningkatkan kendali atas para pesaing.

4. Mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk yang sudah ada sekarang melalui usaha pemasaran yang lebih gencar.

5. Memperkenalkan produk atau jasa yang sudah ada ke wilayah geografi baru.

6. Mencoba meningkatkan penjualan dengan memperbaiki produk atau jasa yang sudah ada atau mengembangkan yang baru

7. Menambah produk atau jasa baru, tetapi masih terkait.

8. Menambah produk atau jasa baru, yang tidak terkait, untuk

para pelanggan baru

9. Menambah produk atau jasa baru, tidak terkait untuk

pelanggan yang sudah ada

10. Merestrukturisasi dengan cara mengurangi biaya dan aset

agar bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan

11. Menjual suatu divisi atau bagian dari suatu organisasi 

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101041 NURUL'AIN BARANI -

Assalamualaikum Ibu, saya Nurul 'Ain Barani (2010101041) ijin berpendapat Mengenai point ke 2, Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?


Dalam Strategi pemasaran kami, akan kami gunakan sistem reseller dan drophip dikarenakan ada keuntungan dari sistem tersebut diantaranya yaitu. Margin yang lebih besar, Bisa menjangkau pelanggan lebih luas, dapat meningkatkan jumlah produksi dan meningkatkan angka penjualan, Menghemat biaya produksi dan kami juga bisa membangun komunitas untuk memperkenalkan produk kami.

Mungkin itu saja dari saya, Terima kasih🙏🏻