Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Saya Friescha Friecillia Martin (2010101040) Izin menjawab no. 4 nggih Ibu
4. Bagaimana rencana pemasaran secara online?
1.) Mulai dari akun sosial media pribadi
Social media menjadi salah satu tools yang paling efektif untuk memasarkan produk. Karena, jumlah pengguna dan waktu penggunaan sosial media sangatlah besar di Indonesia. Langkah awal memasarkan produk melalui media sosial bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media pribadi, dengan tujuan menjangkau orang-orang terdekat untuk mencoba produk yang kami jual sehingga kami juga bisa meminta feedback dari mereka perihal kekurangan dan kelebihan dari produk jualan kami.
2.) Mengamati produk-produk yang ada di internet
Mungkin, banyak toko online yang menawarkan produk serupa dengan produk jualan kami. kita bisa amati kompetitor bisnis kita itu untuk mengambil beberapa hal dari mereka, seperti cara mereka mengambil foto produk, menulis judul produk dan menulis deskripsi produk. Dari hasil pengamatan, dapat dijadikan acuan untuk memasarkan produk sesuai kebutuhan pasar. Jangan lupa gunakan standar kualitas konten lebih tinggi dari mereka supaya produk milik kita lebih unggul!
3.) Meminta teman untuk memberikan testimoni melalui media sosial
Langkah ini sangat penting ketika kita baru memulai memasarkan produk secara online, baik melalui media sosial, website dan juga marketplace. Karena, perihal trust atau kepercayaan adalah perhatian utama dalam keputusan pembelian konsumen, terlebih pada sebuah brand baru. Minta teman-temanmu untuk memberikan testimonial di media sosial, baik melalui feed atau story dengan mention dan tag akun jualanmu serta menuliskan alamat website mu. Kemudian simpan postingan mereka sebagai kumpulan testimonial. Harapannya, konsumen baru lebih percaya pada tokomu, sekaligus mendapatkan beberapa penjualan dari followers media sosial temanmu.
4.) Rencana pemasaran secara online melalui akun media sosial seperti Instagram
Dalam menjalankan komunikasi
pemasaran, tentu perusahaan harus memiliki
strategi supaya segala rencana yang
ditentukan sebelumnya dapat tercapai. Pemasaran melalui instagram ini
memang sedang marak dikalangan pelaku
bisnis di Indonesia. Banyaknya akun di
instagram yang memasarkan mulai dari
barang, jasa, sampai dengan kuliner menjadi
bukti bahwa pemasaran melalui media sosial
menjadi pilihan para pelaku bisnis untuk
memasarkan dan menarik calon
konsumen. Dengan memanfaatkan fitur-fitur
yang disediakan instagram, pemasar dapat
dengan mudah mengelola akun sesuai
dengan yang mereka inginkan. Mereka
beramai-ramai mempromosikan
produk mereka melalui akun
instagram masing-masing.
5.) Pelaksanaan pemanfaatan Instagram
sebagai media komunikasi pemasaran digital adalah
dengan melakukan aktivitas social media
maintenance yang memanfaatkan fitur foto
dan video, comment untuk berinteraksi,
caption untuk pesan, dan location, hashtag,
tagging serta Instagram ada untuk membantu
penyebaran informasi. Sedangkan aktivitas
social media endorsement dilakukan dengan
cara mengendorse artis ataupun selebgram supaya meningkatkan
follower dan jumlah like pada produk kami.
6.) Pemasaran efektif dengan menggunakan brosur dan logo bisnis
Brosur merupakan sebuah aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk memasarkan suatu produk. Brosur biasanya berisi berbagai informasi yang diperlukan oleh konsumen untuk mencari tahu tentang produk perusahaan tersebut. Berikut kriteria brosur agar terlihat menarik :
- Berisi pesan informasi yang sangat detail
- Pesan ajakan yang menarik perhatian pembeli
- Didesain semenarik mungkin
- Memiliki resolusi tinggi
- Memiliki sistem distribusi sendiri sehingga dibedakan dari media promosi lain
Perusahaan dapat meningkatkan jangkauan audiens dengan mudah dengan memiliki logo perusahaan yang baik, dan identitas visual terkait merek lainnya. Merek dan logo perusahaan bisnis harus dimasukkan dalam strategi pemasaran perusahaan.Setiap produk yang memiliki logo atau identitas lain dari perusahaan yang dicetak di atasnya dengan motif untuk mempromosikan merek berada di bawah kategori barang dagangan bermerek. Jadi, pemasar dan pengusaha menggunakan produk berkualitas tinggi untuk mempromosikan bisnis mereka. Merchandising merek adalah tentang merancang logo perusahaan yang otentik serta identitas merek. Kemudian, perusahaan memasukkan logo dan visual lainnya pada barang dagangan yang sering digunakan pelanggan.
Sekian jawaban dari Saya, apabila terdapat kekurangan dalam menjawab bisa untuk ditambahkan,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh