Pengembangan dari jawaban nomor 8
1. Konsistensi
Apakah operasi bisnis internal (misal: pembelian, operasi, pemasaran, penjualan dan pelayanan) dan proses alokasi sumber daya konsisten satu sama lain? Apakah operasi bisnis internal konsisten dengan sasaran bisnis dan ekonomi pasar?
2. Kesesuaian
Untuk menemukan strategi sekarang dengan lingkungan pasarnya, anda harus bertanyaā¦
Mengapa bisnis berada dalam bentuk sekarang?
Siapa dan di mana pelanggan dan calon pelanggan kita?
Berapa pelanggan yang ada?
Adakah kendala penyesuaian bisnis?
Apa kekuatan ekonomi pokok yang bekerja di pasar kita?
Bagaimana unit bisnis menciptakan nilai ekonomis, misalnya apa pedoman nilai ciptaannya?
Apa pemicu keinginan konsumen untuk membayar?
Apa pemicu biaya?
Apa perbedaan pelanggan segmen yang kita layani dan apa pemicu manfaat dan biaya dalam tiap segmen?
Aktivitas mana yang menciptakan uang untuk bisnis?
Kesesuaian adalah penting, tetapi sering terlewatkan karena perusahaan secara umum fokus pada kompetitor kunci mereka. Ancaman terhadap cara melakukan bisnis yang sudah ditetapkan sering datang dari luar lingkaran dekat pesaing bisnis tersebut.
3. Keunggulan
Untuk menilai apakah suatu strategi bisnis mengarah ke suatu keunggulan kompetitif, Anda harus bertanya ā¦
Apakah bisnis menciptakan nilai ekonomis yang lebih dari pada pesaingnya di pasar yang dilayaninya?
Posisi biaya relatif terhadap pesaing.
Posisi diferensiasi relatif terhadap pesaing.
Untuk menilai apakah keunggulan kompetitif unit bisnis mungkin tetap berlaku dari waktu ke waktu, anda harus bertanya ā¦
Apakah bisnis memiliki kemampuan yang berbeda dan tak dapat ditiru?
ā Kemampuan: kelompok aktivitas yang bisnis lakukan sangat istimewa.
Apakah bisnis memiliki sumberdaya yang berbeda dan tak dapat ditiru?
ā Sumber daya: langka, aset spesifik perusahaan (mis: merek dagang, hak paten, pengetahuan organisasional yang tertanam, hak kekayaan merek).
Apakah strategi bisnis mengeksploitasi kemampuan dan sumber dayanya untuk mencapai posisi pasar yang menguntungkan dan dapat dipertahankan?
ā Keunggulan posisi: posisi pasar yang akan sangat mahal untuk memperolehnya dan para pesaing yang terhalang untuk mencoba mencapai posisi yang sama seperti mereka.
4. Kelayakan
Strategi harus tidak memanfaatkan sumber daya yang ada pada unit bisnis.
Untuk menemukan, anda harus bertanya ā¦
Apakah bisnis memiliki akses ke sumber daya finansial yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitasnya?
Apakah bisnis memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah untuk menjalankan strategi?
Dapat para manajer dalam bisnis mengintegrasikan dan mengaktifkan aktivitas-aktivitas yang berlainan yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi?
Adakah strategi yang menantang dan mendorong personil dalam organisasi?