PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI STRATEGI PEMASARAN 2

KELOMPOK 3

KELOMPOK 3

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 18

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Strategi Pemasaran 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. ibu.. selamat pagi..

Nggih Ibu, baik...

Bismillahirrahmanirrahim Radhitu billahi rabba wa bil islamidiina wa bi Muhammadi nabiyyan wa rasuula Rabbi Zidni'ilma warzuqni Fahma Aamiin...

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Mari teman-teman semua, kita berdiskusi..šŸ˜Š

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

  1. Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen ?
  2. Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?
  3. Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior)
  4. Bagaimana rencana pemasaran secara online? (akankah menggunakan social media (shopee, tokopedia, instagram, facebook), blog), mungkin perlu menyiapkan video promosi (skenario, siapa yang merekam dan menyunting video), rancangan brosur, logo bisnis, apakah akan ada endorsement influencer juga?
  5. Apakah dalam jangka waktu tertentu akan dibagikan kupon belanja atau belanja dengan sistem point?
  6. Bagaimana rencana kelompok untuk membuat konten yang relevan dan menarik untuk mendukung social media marketing? (topik yang menarik dan berbeda setiap produk, sesuaikan tujuan promosi, sesuaikan kebutuhan target konsumen, kapan waktu posting yang tepat)
  7. Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?
  8. Bagaimana cara kelompok mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan?

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101028 MILA ARYANI -

Ijin menjawab no 5, jawabannya iya. Kita bisa melakukan kupon belanja kepada para pembeli yang nantinya akan lebih menarik dan memberi kepuasan tersendiri kepada pembeli

Terimakasih


In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101027 TEMA WIDIAWATI -

Waalikumsalam ijin menjawab ya mba fujiĀ 

1. Kita melakukan riset pasar dengan cara menilai serta mengamati para konsumen membutuhkan apa, sasaran kita bukan hanya ibu-ibu yg sudah mempunyai anak tapi sasaran konsumen kita adalah semua, maka dari itu untuk riset pasarnya kita mengamati serta menilai barang-barang apa yang sangat dibutuhkan para pelanggan.Ā 

2. Untuk sistem reseller kami ada karna kami tidak berfokus pada penjualan toko saja, melainkan kami juga menjual di e-commerce seperti shopee, tokopedia,lazada dan kami juga menjualnya melalui sosial media misalnya tiktok dan InstagramĀ Ā 

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101028 MILA ARYANI -

Ijin menjawab no 2, untuk sistem reseller itu sendiri ada ya. Bagi siapa saja yang berminat bisa menghubungi kami. Karna kita bisa membantu ekonomi orang lain. Aplagi pada masa pandemi ini betapa susahnya mencari uang.Ā 

Terima kasih

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101031 IRMA RAHMAWATI -

Izin menjawab nomor 8Ā 

ada 4 tahapan dalam strategi pemasaran

Konsistensi : Sasaran dan kebijakan saling konsisten.

Kesesuaian : Mudah menyesuaikan terhadap perubahan lingkungan.

Keunggulan : Memberikan keunggulan kompetitif.

Kelayakan : liburan dengan sumber daya yang ada.

In reply to 2010101031 IRMA RAHMAWATI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101031 IRMA RAHMAWATI -

Pengembangan dari jawaban nomor 8


1. Konsistensi

Apakah operasi bisnis internal (misal: pembelian, operasi, pemasaran, penjualan dan pelayanan) dan proses alokasi sumber daya konsisten satu sama lain? Apakah operasi bisnis internal konsisten dengan sasaran bisnis dan ekonomi pasar?

2. Kesesuaian

Untuk menemukan strategi sekarang dengan lingkungan pasarnya, anda harus bertanyaā€¦


Mengapa bisnis berada dalam bentuk sekarang?


Siapa dan di mana pelanggan dan calon pelanggan kita?

Berapa pelanggan yang ada?

Adakah kendala penyesuaian bisnis?

Apa kekuatan ekonomi pokok yang bekerja di pasar kita?

Bagaimana unit bisnis menciptakan nilai ekonomis, misalnya apa pedoman nilai ciptaannya?

Apa pemicu keinginan konsumen untuk membayar?

Apa pemicu biaya?

Apa perbedaan pelanggan segmen yang kita layani dan apa pemicu manfaat dan biaya dalam tiap segmen?

Aktivitas mana yang menciptakan uang untuk bisnis?

Kesesuaian adalah penting, tetapi sering terlewatkan karena perusahaan secara umum fokus pada kompetitor kunci mereka. Ancaman terhadap cara melakukan bisnis yang sudah ditetapkan sering datang dari luar lingkaran dekat pesaing bisnis tersebut.

3. Keunggulan

Untuk menilai apakah suatu strategi bisnis mengarah ke suatu keunggulan kompetitif, Anda harus bertanya ā€¦


Apakah bisnis menciptakan nilai ekonomis yang lebih dari pada pesaingnya di pasar yang dilayaninya?


Posisi biaya relatif terhadap pesaing.

Posisi diferensiasi relatif terhadap pesaing.

Untuk menilai apakah keunggulan kompetitif unit bisnis mungkin tetap berlaku dari waktu ke waktu, anda harus bertanya ā€¦


Apakah bisnis memiliki kemampuan yang berbeda dan tak dapat ditiru?

ā€“ Kemampuan: kelompok aktivitas yang bisnis lakukan sangat istimewa.


Apakah bisnis memiliki sumberdaya yang berbeda dan tak dapat ditiru?

ā€“ Sumber daya: langka, aset spesifik perusahaan (mis: merek dagang, hak paten, pengetahuan organisasional yang tertanam, hak kekayaan merek).


Apakah strategi bisnis mengeksploitasi kemampuan dan sumber dayanya untuk mencapai posisi pasar yang menguntungkan dan dapat dipertahankan?

ā€“ Keunggulan posisi: posisi pasar yang akan sangat mahal untuk memperolehnya dan para pesaing yang terhalang untuk mencoba mencapai posisi yang sama seperti mereka.

4. Kelayakan

Strategi harus tidak memanfaatkan sumber daya yang ada pada unit bisnis.


Untuk menemukan, anda harus bertanya ā€¦

Apakah bisnis memiliki akses ke sumber daya finansial yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitasnya?

Apakah bisnis memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah untuk menjalankan strategi?

Dapat para manajer dalam bisnis mengintegrasikan dan mengaktifkan aktivitas-aktivitas yang berlainan yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi?

Adakah strategi yang menantang dan mendorong personil dalam organisasi?

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Untuk no.4, selain menggunakan pemasaran secara offline (Foster, leaflet) kami juga akan menggunakan media online seperti shoppe, Facebook, Instagram, dan media online lainnya. Namun, untuk endorsement influencer sendiriĀ  sepertinya kami akan berdiskusi dulu mengenai hal tsb, dan jikalau memang kami akan melakukan endorsement influencer, kami tentunya akan mencari influencer yang sedang hamil dan Tentunya Influencer yang sudah memiliki anak.

Untuk logo bisnisnya sendiri, salah satu anggota kami yaitu mbak Fuji kemarin sudah membuat logo untuk bisnis kami yang kami beri nama baby shop šŸ˜ŠšŸ‘¶

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101029 DELVIANITA ANGGRAENI BONGGILI -

saya izin berpendapat mba fuji

7.Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?

Dalam dunia bisnis, keberadaan pesaing atau kompetitor merupakan keniscayaan. Artinya, jika hendak terjun ke dunia bisnis, maka pastinya akan mendapati satu, dua atau lebih pesaing. Pesaing bisa didefinisikan sebagai pengusaha lain yang menawarkan produk berupa barang atau jasa yang sama dengan produk yang kita tawarkan kepada konsumen.Jika pesaing tidak bisa dikendalikan, maka bisnis Anda bisa saja hancur.sehingga cara kita mengetahui strategi pemasarang dari pihak kompetitor adalah dengan melakukan analisisĀ laju pesaing dalam dunia bisnis seperti :

Kelengkapan mutu, desain serta bentuk produk pesaing,Harga yang ditawarkan, pesaing Lokasi cabang atau saluran distribusi yang dimiliki oleh pesaing, Promosi yang dijalankan oleh pesaing, Bagaimana perencana kegiatan kompetitor ke depan.


setelah itu lakukan analisa pesaing seperti :

  • Pesaing bisa diidentifikasikan untuk mengetahui jumlahnya serta jenisnya termasuk juga kekuatan dan kekurangan semua pesaing
  • Setelah Anda berhasil mengidentifikasi pesaing, saatnya Anda menentukan sasaran pesaing Anda contohnya pesaing dekat(perusahaan yang memiliki produk yang sama persis atau sejenis dengan produk Anda) ataupun jauh perusahaan yang memiliki produk yang hampir mirip dengan produk yang Anda tawarkan


8.Bagaimana cara kelompok mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan?

ada 4 cara melakukan evaluasi strategi secara efektif yaitu:

Konsistensi contoh: pemasaran, penjualan, dan pelayanan,Ā 

KesesuaianĀ  yaitu dengan menyiapkan beberapa pertanyaan mengenai kesesuain stratergi dan lingkungan pasarnya contoh : siapa dan di mana pelanggan dan potensial pelanggan Anda?
Adakah kendala dalam penyesuaian usaha Anda?
Apa yang menjadi kekuatan ekonomi pokok yang bekerja di pasar usaha Anda?
Apa pemicu kesediaan konsumen untuk membayar?
Apa perbedaan segmen pelanggan yang Anda layani dan apa pemicu manfaat dan biaya dalam tiap segmen?
Aktivitas mana yang menciptakan uang untuk usaha Anda?


Keunggulan yaitu Sebuah strategi yang baik harus mampu menciptakan suatu keunggulan kompetitif. Jika sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif, maka perusahaan tersebut akan selalu menangkap sebagian nilai ekonomis yang diciptakan. Untuk menilai apakah suatu strategi bisnis mengarah ke suatu keunggulan kompetitif

Kelayakan,melihat apakah usaha bisnis kita sudah memiliki akses ke sumber daya finansialĀ  yang dibutuhkan,dan apakah usaha bisnis kita sudah dapat menyelesaikan masalah untuk menjalankan strategi.



In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

1. Menganalisa daerah toko dengan pelanggan yang memungkinkan datang dari berbagai kalangan, lingkungan keberadaan toko juga akan sangat berpengaruh untuk memastikan calon konsumen, kemudian analisa pula berapa toko dengan penjualan produk yang sama.

2. Ya Ada, kami berharap jika toko sudah mulai besar, ingin ada reseller karena kami juga berjualan secara online. Agar usaha terus berkembang, sepertinya menggunakan reseller adalah salah satu cara yang efektif.

3. Gambaran toko dibuat senyaman mungkin, dan berada di lingkungan atau wilayah dan daerah strategis seperti di samping jalan yang terlihat jelas ketika orang-orang lewat. Design toko sendiri diharapkan warna warna pastel dan cerah agar terlihat lebih elegan dan rapih, harapannya pula adalah adanya tempat bermain untuk anak-anak dengan space yang agak kecil.

4. Ya, betul. Untuk pemasaran secara online yaitu melalui Instagram, WhatsApp, Facebook, dan e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Shoppe, Blibli, DLS. Ya. Tentu saja untuk media nya kami menggunakan media poster, video, video review dan unboxing, dan videoĀ² yang kita buat lainnya untuk sebagai media promosi.

5. Ya, terkhusus lagi misalnya untuk promo akhir tahun, awal bulan, DLS. Dan setiap pembeli akan diberikan kupon dengan point. Semakin banyak jumlah poin semakin banyak hadiah yang bisa didapatkan.

6. Media promosi misalnya yang kami gunakan adalah poster, poster dibuat semenarik mungkin dan jelas untuk tujuan nya. Contoh lain video, kami membuat video yang cinematic dan keren serta membuat highlights pada setiap produk. Waktu posting kami sesuaikan dengan kebutuhan dan waktu terbanyak para calon konsumen membuka sosial media nya. Kami juga akan membuat link toko yang dijadikan sebagai sorotan dan bio semua akun sosial media yang kami gunakan.

7. Menganalisa harga barang, merk produk serta konsumen kompetitor, menganalisa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor.

8. Membuat rangkaian catatan di awal, laku pada saat evaluasi, dievaluasi poin per point. Evaluasi akan dilakukan setiap akhir Minggu.

Terima kasih banyak Ibu, dan teman-teman. Itu saja yang dapat Fuji tambahkan šŸ™šŸ˜Š


In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Logo toko dan contoh media poster promosi :

Makna logo :

- Warna : Warna-warna dominan dengan warna coklat yang menunjukkan dengan kehangatan dan kenyamanan. Warna cokelat yang dipadukan dengan warna merah muda menunjukkan adanya kenetralan untuk perempuan dan laki-laki).

- Gambar bayi laki-laki dan perempuan : Menunjukkan bahwa toko ini diperkhususkan untuk segala kebutuhan bayi.

- Tulisan ā€œKiyowo Baby Shopā€ : Kiyowo berasal dari bahasa korea yang artinya imut atau lucu, hal ini melambangkan sifat pada bayi yang terkesan imut dan lucu. Istilah kiyowo juga menjadi istilah yang trend pada zaman sekarang.

- Tulisan ā€œAll You Need Is Hereā€ : Menunjukkan bahwa semua kebutuhan bayi dapat ditemukan di toko baby shop kami.

- Gambar Dot Bayi, Baju, Sepatu, Stroller : Menunjukkan bahwa toko kami menyediakan semua perlengkapan bayi.

Attachment 20211204_232527_0000.png
Attachment Screenshot_20211205-081219.png
Attachment Screenshot_20211213-084116.png
In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101052 NAURAH SALSABILA ANWAR -

Waalaikumussalam wr wb baik ibu

Bismillahirrohmanirrohim

Rodhitubillahirobba Sabil islaamidiia Wabimuhammadinnabiyyawwarosuula

Robbi zidnii ilma warzuqni fahma Aamiin

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101052 NAURAH SALSABILA ANWAR -

Assalamualaikum Wr Wb ibu izin menjawab nggih bu pertanyaan nomor 7

Cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor adalah:

1.Memperkuat brand,dengan memperkuat brand memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan jangka panjang,dan dengan memperkuat nama brand pula bisnis kita akan semakin dikenal oelh banyak orang sehingga tertanam kuat di kepala konsumen dan menarik perhatian mereka untuk membeli profuk tersebut.

2.Mengetahui kompetitor atau pesaing bisnis.

Mengetahui kompetitor bisnis berararti memperdalam apa kelebihan dan kekurangan mereka sehingga kita dapat menyempurnakan dalam penjualan produk sendiri dan tidak terjatuh dalam kesalahan yang sama.

3.Aktif berpromosi

Dengan aktif berpromosi dapat meningkatakn penguatan brand dan nilai produk kita dimara konsumen, semakin sering promosi maka semakin sering juga mendapatkan keuntungan karena pembeli akan terus bertambah.

4.Mengenali kebiasaan konsumenĀ 

Dengan mempelajari kebiasaan konsumen bearti secrsa tidak langsung kita merangkul mereka lebih erat sehingga merasa lebih loyal dan nyaman dalam membeli produk kita,sehingga service yg baik tersebut dapat terus diingat oleh konsumen sehingga mereka merasa nyaman untuk membeli kembali produk yang kita jual.

5.Menggunakan marketing via internet

Internet membuka pintu yang lebar dalam berinovasi dan zaman sekarang adalah masa dimana masyarakat lebih melekd alam menggunakan teknologi sehingga promosi di internet merupakan salah satu jalan dan cara yang baik untuk mengetahui strategi bisnis dari kompetitor kita secara mendalam.


Sekian terimakasih