PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI STRATEGI PEMASARAN 2

KELOMPOK 11

KELOMPOK 11

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 18

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Strategi Pemasaran 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

Waalaikumussalam ibu

Bismillahirrahmanirrahim radhitubillahi robba wabi islamidiina wabimihammadinna biyya warasulla Rabbi dzidni ilma wardzukni Fahma Aamiin.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

1. Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen ?

In reply to 2010101014 DEWI YANTI

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

Kami melakukan riset pemasaran dengan metode survei dan observasi untuk memastikan calon konsumen . Riset pemasaran yang kami lakukan adalah riset yang menggambarkan potret kebiasaan dan perilaku konsumen serta harapan dan keluhan mereka terhadap produk. Jadi kami men-survei dan mengobservasi lokasi yang akan kami jadikan tempat mendirikan bisnis, dengan melihat sumber daya manusianya apakah sesuai dengan strategis dan target pemasaran. Kemudian melihat kondisi pasar, apakah lokasi tersebut sudah ada produk yang sama seperti yang kami tawarkan, maka kami kan menciptakan inovasi dan kreasi lain agar costumer kami bisa merasakan sensasi yang berbedawalaupun produk yang ditawarkan sama.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

2. Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?

In reply to 2010101014 DEWI YANTI

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -
Mungkin tidak, karena produk kami tidak memungkinkan untuk dilakukansistem reseller dan drophip, karena produk kami tidak bisa bertahan dalam waktu cukup lama.





In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

3.Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior)

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

4. Bagaimana rencana pemasaran secara online? (akankah menggunakan social media (shopee, tokopedia, instagram, facebook), blog), mungkin perlu menyiapkan video promosi (skenario, siapa yang merekam dan menyunting video), rancangan brosur, logo bisnis, apakah akan ada endorsement influencer juga?

In reply to 2010101014 DEWI YANTI

Re: KELOMPOK 11

by 2010101032 FITRIANI MANAN PUTRI GE'E -

Bismillahirrahmanirrahim....

Untuk cara pemasarannya sendiri untuk saat ini cukup melalui sosial media seperti Instagram, WhatsApp, dan menawarkan kepada sahabat dan keluarga terdekat saja, kemudian bisa juga dengan pembuatan video pendek mengenai profil singkat dari produk yg akan kami jual yg akan kami share di sosial media masing-masing 

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

5.Apakah dalam jangka waktu tertentu akan dibagikan kupon belanja atau belanja dengan sistem point?

In reply to 2010101014 DEWI YANTI

Re: KELOMPOK 11

by 2010101047 NOFI NURWIDYANINGSIH -

Untuk grand openingnya kami akan membagikan kupon disc 30% dan untuk pembelian diatas 5 kami akan memberikan satu pilihan menu gratis.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

6. Bagaimana rencana kelompok untuk membuat konten yang relevan dan menarik untuk mendukung social media marketing? (topik yang menarik dan berbeda setiap produk, sesuaikan tujuan promosi, sesuaikan kebutuhan target konsumen, kapan waktu posting yang tepat)

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101014 DEWI YANTI -

7.Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?

In reply to 2010101014 DEWI YANTI

Re: KELOMPOK 11

by 2010101047 NOFI NURWIDYANINGSIH -

Untuk mengetahui strategi pihak kompetitor kami akan melakukan riset pasar tentang : 

  • Kelengkapan mutu, desain serta bentuk produk pesaing
  • Harga yang ditawarkan pesaing
  • Lokasi cabang atau saluran distribusi yang dimiliki oleh pesaing
  • Promosi yang dijalankan oleh pesaing
  • Bagaimana pencana kegiatan kompetitor ke depan

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101047 NOFI NURWIDYANINGSIH -

Waalaikumussalam ibu

Bismillahirrahmanirrahim radhitubillahi robba wabi islamidiina wabimihammadinna biyya warasulla Rabbi dzidni ilma wardzukni Fahma Aamiin.


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101076 HAMINUR SALAMPESSY -

Waalaikumussalam ibu


Bismillahirrahmanirrahim radhitubillahi robba wabi islamidiina wabimihammadinna biyya warasulla Rabbi dzidni ilma wardzukni Fahma Aamiin

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 11

by 2010101059 AMALINA INKHA SURYANI -

Waalaikumssalam ibu 


Bismillahirrahmanirrahim radhitubillahi robba wabi islamidiina wabimihammadinna biyya warasulla Rabbi dzidni ilma wardzukni Fahma Aamiin.