PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI STRATEGI PEMASARAN 2

KELOMPOK 5

KELOMPOK 5

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 16

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Strategi Pemasaran 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA -

Bagaimana rancangan pemasaran secara online?

Untuk kelompok kami pemasaran secara online menggunakan media sosial seperti instragram, Facebook, WA, Shoopie, Toko pedia, bisa juga menggunakan video agar lebih menarik pembeli.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA -

Apakah dalam jangka waktu tertentu akan dibagikan kupon belanja atau belanja dengan sistem point? 

Ya insya Allah kelompok kami akan membagikan kupon belanja dengan syarat minimal belanja 50rb
Untuk sistem point berlaku untuk pengguna shopiee

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA -

Bagaimana rencana kelompok untuk membuat konten yang relevan dan menarik untuk mendukung social media marketing?
Dengan cara membuat nama produk yang menarik dan berbeda dengan produk lain, review yang sangat menggiurkan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya, untuk waktu posting setiap hari jam 12.00 dan jam 18.00

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101024 Diyas Indah Pakerti -

Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen ?


Bisnis yang baik harus melalui riset pemasaran. Sebab, dengan riset tersebut, Anda bisa mengetahui target pasar dan mengukur seberapa banyak angka penjualan yang bisa Anda dapatkan.

Riset pemasaran adalah suatu kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran yang hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemecahan masalah ataupun dalam pengambilan keputusan tertentu.

Adapun langkah-langkah dlm melakukan riset pemasaran, yaitu:

1. Merumuskan masalah

2. Menentukan desain riset

3. Merancang metode pengumpulan data

4. Mengambul sampel dan mengumpulkan data

5. Melakukan analisis dan interpretasi data


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101024 Diyas Indah Pakerti -

Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?

- untuk saat ini kelompok kamu belom ada sistem reseler maupun drophip

Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior)

- menentukan lokasi yang strategis dan kami membuat logo atau kemasan yang menarik agar menarik minat pelanggan 

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101062 SULISTYANING NUR INDAHSARI -

  1. Bagaimana cara kelompok mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan?



Konsistensi

Strategi tidak boleh saling bertentangan antara sasaran dan kebijakan.
Untuk mengevaluasi konsistensi dari strategi, harus bertanya.


 Kesesuaian

Strategi harus menyesuaikan dan mengadaptasikan bisnis terhadap lingkungannya (baik lingkungan pasarnya maupun lingkungan non-pasarnya yang lebih luas).


Keunggulan

Suatu strategi yang baik harus mampu menciptakan dan berkelanjutan dari suatu keunggulan kompetitif. Sebuah perusahaan dengan keunggulan kompetitif akan selalu menangkap sebagian nilai ekonomis yang ia ciptakan.

Untuk menilai apakah suatu strategi bisnis mengarah ke suatu keunggulan kompetitif.


kelayakan

Strategi harus tidak melemahkan sumber daya yang ada pada unit bisnis.

  • Untuk mengevaluasi kelayakan, anda harus bertanya …
  • Apakah bisnis mempunyai akses ke sumber daya finansial yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitasnya?
  • Apakah bisnis mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah untuk menjalankan strategi?
  • Dapatkah para manajer dalam bisnis mengintegrasikan dan mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas yang berlainan yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi?
  • Adakah strategi yang menantang dan mendorong personil dalam organisasi?


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101036 DWI ARIYANTI -

Bagaimana cara kelompok mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan?

1.kesesuaian 

Strategi harus menyesuaikan dan mengadaptasikan bisnis terhadap lingkungannya (baik lingkungan pasarnya maupun lingkungan non-pasarnya yang lebih luas).

2.Keunggulan

3.konsistensi

4.kelayakan 




In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 5

by 2010101036 DWI ARIYANTI -

Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?

AMATI PASAR DAN KENALI PESAING ANDA

Dalam menghadapi KOMPETITOR, terlebih dulu lihatlah potensi pasar yang ada. Cari tau siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi.  Dengan mengetahui siapa pesaing Anda, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara menghadapinya. Perubahan minat dan kebutuhan para konsumen, tentunya menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan.


CIPTAKAN PRODUK YANG BERBEDA

Inovasi sangat penting. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada dipasaran, maka produk Anda memiliki nilai lebih dimata konsumen. Produk yang unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk Anda, dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.


TONJOLKAN KEUNGGULAN PRODUK ANDA

Dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima selama ini maka  Anda dapat menawarkan produk kepada konsumen, sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda, akan semakin meningkat.


PELAJARI KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PESAING

Dengan mengetahui  ilustrasi menghadapi persaingan pasar kelebihan apa yang dimiliki pesaing Anda, dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing Anda, atau berikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing Anda. Sebab dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki pesaing, maka peluang Anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.


MEMPERTAHANKAN KEKUATAN PRODUK

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda, ada baiknya bila Anda mempertahankan kekuatan produk yang Anda miliki untuk menjaga loyalitas para konsumen. Kunci inilah yang mengantarkan produk Pepsodent sampai hari ini berhasil menguasai pasar dan menjadi salah satu merek pasta gigi yang banyak dipilih para konsumen.


TAWARKAN HARGA BERSAING

Memberikan harga yang bersaing, bukan berarti Anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Strategi ini bisa Anda lakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing Anda menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya Anda bisa menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”.


PROMOSIKAN PRODUK ANDA

Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha, karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Lihat saja event diskon besar-besaran sepatu dan sandal merk crocs, yang tahun 2010 ini berhasil membuat salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta penuh antrian konsumen.


BERANI AMBIL RESIKO

Untuk menarik minat konsumen, banyak pelaku usaha yang mengambil tantangan besar untuk meningkatkan daya saing bisnisnya. Strategi ini bisa dijalankan para konsumen dengan menawarkan inovasi-inovasi baru yang belum pernah ditemui para konsumen. Misalnya saja seperti memproduksi barang atau jasa unik yang belum ada di pasaran, atau bisa juga mengadakan event promosi besar-besaran yang melibatkan para konsumen