PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI STRATEGI PEMASARAN 2

KELOMPOK 7

KELOMPOK 7

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 13

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Strategi Pemasaran 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 7

by 2010101005 MILA DEWI SUSANTI -

Ini pertanyaan yang akan di diskusikannya ya teman-teman

  1. Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen ?
  2. Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?
  3. Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior)
  4. Bagaimana rencana pemasaran secara online? (akankah menggunakan social media (shopee, tokopedia, instagram, facebook), blog), mungkin perlu menyiapkan video promosi (skenario, siapa yang merekam dan menyunting video), rancangan brosur, logo bisnis, apakah akan ada endorsement influencer juga?
  5. Apakah dalam jangka waktu tertentu akan dibagikan kupon belanja atau belanja dengan sistem point?
  6. Bagaimana rencana kelompok untuk membuat konten yang relevan dan menarik untuk mendukung social media marketing? (topik yang menarik dan berbeda setiap produk, sesuaikan tujuan promosi, sesuaikan kebutuhan target konsumen, kapan waktu posting yang tepat)
  7. Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?
  8. Bagaimana cara kelompok mengevaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan?

In reply to 2010101005 MILA DEWI SUSANTI

Re: KELOMPOK 7

by 2010101034 YULISA WIDIA WULAN DARI -

Assalamualaikum saya yulisa Widia wulandari nim 2010101034 izin menjawab

3.Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior)

Tentunya kami akan menggerai lokasi yang strategis dan mudah di akses dari segi kendaraan apa pun dan gambaran rencana kemungkinan untuk disain nya kita menggunakan disain yang moderen dengan beberapa di tambahkan barang barang yang astetik 


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 7

by 2010101001 ELLA APRILLYANA -

Assalamualaikum saya Ella Aprillyana 2010101001 izin menyampaikan pendapat mengenai Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen ?

Menurut saya Sebelum menentukan produk yang akan kami pasarkan, tentunya kami memplaaning untuk  melakukan riset pemasaran terlebih dahulu. Ada 2 metode riset pemasaran yang kami lakukan, yang pertama kami melakukan survei secara langsung kepada rekan-rekan terdekat terkait tanggapan mereka terhadap produk makanan cemilan dari bahan dasar organic ini Sebagian besar menanggapi bahwa mereka setuju jika makanan cemilan  baiknya menggunakan bahan bahan yang alami non kimiawi. menurut mereka cemilan organik lebih aman menyehatkan. Meninandak lanjuti hal tersebut, kelompok juga melakukan diskusi dan riset di berbagai platform perbelanjaan terkait bahan, harga, dan peminatcemilan organic . Hasil riset kami menunjukkan bahwa cemilan organik lebih  banyak mendapatkan minat dari para masyarakat tentunya anak anak anak, bahkan peminat  Yang sedang menjalankan program dietnya tetapiakan tetap bisa makan makanan cemilan, sebab produk kami produk yang mengedepankan lowfat and healthy food. Dan dinilai dari  segi efisiensi bahan dan manfaat yang didapatkan sangat besar bahkan disisi lain kita dapat membantu UMKM para petani ubi jalar. Banyak testimoni dan antusias yang tinggi dari pelanggan salah satu produk makanan cemilan kami yang best seller, dan hal tersebut membuat kita yakin untuk memilih produk ini. Sehingga dengan strategi tersebutlah kita dapat mengetahui dan memastikan calon konsumen. Terimakasi😊🙏🏻

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 7

by 2010101005 MILA DEWI SUSANTI -

Saya Mila Dewi Susanti 2010101005, izin menyampaikan pendapat mengenai pertanyaan no2 

 2. Apakah akan ada sistem reseller dan drophip?

Tentu kami akan mengguanakan sistem reseller dan dropship, karena menggunakan sistem tesebut mempermudah kita dalam pemasaran produk serta membantu kita dalam mencapai target jualan


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 7

by 2010101002 APRILIANA ANDIN -

Assalamualaikum saya Apriliana andin Nim 2010101002 ijin berpendapat mengenai poin no 5.Apakah dalam jangka waktu tertentu akan dibagikan kupon belanja atau belanja dengan sistem point?

Bagaimana kalau kita mengadakan kupon poin belanja, Sistem poin jadi setiap Jumat dapet kupon pain 1 kalo udah dpt 20 dapet gratis sweet stick pottatos

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 7

by 2010101001 ELLA APRILLYANA -

Assalamualaikum saya Ella Aprillyana 2010101001 izin menyampaikan pendapat mengenai Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?

Menurut saya dengan adanya Strategi pemasaran seperti kita harus mengenali kompetitor terlebih dahulu yakni dengan jadilah konsumen bayangan. Menjadi konsumen bayangan adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam mengetahui pergerakan pesaing bisnis , bookmark website atau media promosi pesaing , follow sosial media kompetitor. Bangun forum bisnis dan mengetahui kunci situasi fluktuatif pemasaran adalah solusi.

Dan disisi lain, sangat penting juga mengetahui strategi bersaing supaya inovasi bisnis bisa unggul dari kompetitor yakni dengan menggunakan Daftar Isi, mengenali Konsumen, Tunjukkan Diferensiasi, Terus Berinovasi, Memperkuat Brand, Meningkatkan Kehadiran berbagai situs atau media Online, Perluas Jangkauan Pasar, dan yang terakhi Mencari Mitra. Terimakasih😊🙏🏻