PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI : PEMAPARAN PRODUK 2

KELOMPOK 3

KELOMPOK 3

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 13

Assalamu'alaikum teman2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Pemaparan Produk 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Waalaikumsalam Ibu.

Alhamdulillah sehat walafiat 😁

Bismillahirrohmanirrohim

Rodhitubillahirobba wabil islaamidiina wabimuhammadinnabiyyawwarosuula

Robbizidni ilma warzuqni fahma aamiin 🤲



In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101052 NAURAH SALSABILA ANWAR -

Waalaikumussalam wr wb 

Alhamdulillah baik ibu nggih bu

Bismillahirrohmanirrohim

Rodhitubillahirobba wabil islaamidiina wabimuhammadinnabiyyawwarosuula

Robbizidni ilma warzuqni fahma aamiin 

Bismillahirrohmanirrohim (membaca surah pendek)

Naurah Salsabila 2010101052 Hadir ibu

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101028 MILA ARYANI -

Waalaikumsalam baik ibu

Terimakasih

Bismilahirahmanirahim rodzudubillahirobba wabilislamidina wabimuhammadiyawarasula rabbizidniilma warzuqnifahma amin ya rabbal alamin

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Waalaikumussalam Warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah sehat ibu..

Bismillahirrahmanirrahim Radhitu billahi rabba wa bil islamidiina wa bi Muhammadi nabiyyan wa rasuula Rabbi Zidni'ilma warzuqni Fahma Aamiin.

-Membaca surat pendek-

Ngiih ibu baik, terima kasih banyak ibu😊🌻



In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101028 MILA ARYANI -

Izin menanggapi tentang swot pada bisnis kita yaitu mengenai baby shop. Seperti yang sidah kita lihat saat ini, bisnis baby shop sudah banyak bahkan setiap daerah dari yang terpencil sampai yang maju pun sudah banyak baby shop. Nah pastinya pesaing kita banyak ya. Untuk hal itu kita bisa mengatasinya dengan membuat produk yang kita jual membuat tempat baby shop kita semenarik mungkin sehingga pembeli merasa tertarik. Memberikan kesan yang baik akan membuat pembeli kembali ke store kita. 

Terimakasih mohon maaf jika ada salah kata

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101029 DELVIANITA ANGGRAENI BONGGILI -

Saya Deelvianita Anggraeni Bonggili izin menambahkan mengenai analisa SWOT untuk usaha baby shop

1.Strength (Kekuatan)

Pakaian anak yang dijual memiliki kualitas bahan yang baik.

Harga yang ditawarkan terjangkau dan bersaing.

Pakaian anak modis, mengikuti tren, dan lucu.

Pelayanan yang ramah, handal, dan cepat.

Menjual produk kebutuhan anak lainnya, selain baju anak.

2.Weakness (Kelemahan)

Persaingan usaha baju anak yang cukup ketat.

Masih ada beberapa brand baju anak yang belum tersedia.

3.Opportunity (Peluang)

Bisnis dengan prospek yang bagus dan menguntungkan.

Bisnis yang mudah dilakukan dan sangat menarik.

Lokasi usaha yang sangat strategis dan banyak dilalui oleh banyak orang.

Peluang modal kembali dan keuntungan yang cukup besar.

4.Threat (Ancaman)

Lokasi yang strategis bisa menjadi tempat yang bagus untuk usaha sejenis membuka usaha di lokasi yang berdekatan.

Permintaan baju anak cenderung lebih rendah dibandingkan baju untuk dewasa

In reply to 2010101029 DELVIANITA ANGGRAENI BONGGILI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Assalamualaikum mbak Delvi, saya cukup setuju dengan pendapat dari mbak Delvi mengenai "Analisis SWOT untuk usaha baby shop" namun, menurut saya, untuk pakaian Top Brand tidak perlu terlalu di pikirkan mbak, karna masyarakat kelas menengah akan lebih memilih kualitas baju yg terkesan lembut dan hangat untuk si kecil dan juga tidak lupa tergolong murah. 

Karna jikalau kita lebih menyediakan baju yg top brand, nanti bisnis kita tidak akan terlalu diminati oleh kelas menengah mbak 🙏🏼 jadi lebih baik jikalau kita bersaing dengan pembisnis lainnya daru segi kenyamanan pakai dan kenyamanan harga.👍😀

In reply to 2010101022 SURTI PARTININGSIH

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Iya mba betul, saya izin menambahkan nggih.

Besar harapan kami dalam pemasaran setiap produk ini adalah produk yang lokal atau produk² yang diproduksi oleh beberapa daerah, harapan nya adalah untuk membantu bisnis bisnis atau usaha baby store kecil yang membuat aksesoris untuk perlengkapan bayi dari lokal.

Terima kasih😊

In reply to 2010101022 SURTI PARTININGSIH

Re: KELOMPOK 3

by Elika Puspitasari -

ok bagus, nice idenya

anggota kelompok yang lain ditunggu masukkannya

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101031 IRMA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr wb 


Alhamdulillah baik ibu nggih bu


Bismillahirrohmanirrohim


Rodhitubillahirobba wabil islaamidiina wabimuhammadinnabiyyawwarosuula


Robbizidni ilma warzuqni fahma aamiin 


Bismillahirrohmanirrohim (membaca surah pendek)

Irma Rahmawati 2010101031 hadir ibu

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -
Fuji izin menambahkan nggih. Untuk analisis SWOT


S : Kekuatan 

1. Dari produk, kita bukan hanya menjual baju, namun Acsesoris, peralatan mandi, peralatan makan dan minum, stroller baby, kasur bayi, permainan, bedak bayi, minyak wangi, minyak rambut, minyak zaitun, lotion bayi, dan banyak lagi produk yang semua ada di baby shop kami.

2. Produk yang kami ingin hadirkan adalah selain dari produk yang biasa sampai dengan yang lebih unik, lebih bagus, dan lebih beda dari yang lainnya.

3. Sebagian produk yang ingin kami hadirkan adalah beberapa produk lokal yang bisa bersaing di tengah brand-brand lainnya.

W : Kelemahan

Tidak banyak produk yang kami ketahui mengenai yang akan kita jual, sedangkan kita berpikir untuk masa depan baby shop kita adalah produk yang banyak dengan banyak varian harga mulai dari kalangan bawah - menengah - atas.

O : Peluang

1. Ibu-ibu sekarang lebih memperhatikan setiap kebutuhan bayi dengan sangat ingin mengistimewakannya dengan hal yang lucu, tidak membosankan, dls, maka dari itu baby shop banyak didatangi.

2. Dengan adanya varian harga dari bawah-menengah-atas, hal ini akan memungkinkan baby shop ini ini akan dikunjungi dari berbagai kalangan.

3. Dengan adanya produk-produk yang beda dari yang lain, yang unik, dan yang biasa juga ada dan semua ada di baby shop kami, hal ini memungkinkan toko kami menjadi toko pertama yang dikunjungi ketika mencari kebutuhan bayi.

T : Tantangan

1. Banyaknya saingan toko bayi

2. Persepsi masyarakat kalangan menengah ke bawah yang selalu berkunjung ke toko khusus menjual dengan harga menengah ke bawah.

3. Modal yang cukup besar

4. Media partner yang harus banyak

- Kisaran Harga & Price list

Untuk harga, tergantung dari barang nya apa, mungkin untuk stroller, dorongan bayi, kisarannya adalah Ratusan - Jutaan rupiah.

Untuk perlengkapan (Ribuan - Puluhan ribu - Ratusan ribu rupiah)

- Varian Produk 

Untuk produk kita bagi menjadi beberapa batasan umur

(0 -12 bulan) (1-2 tahun) (3-4 tahun) (5 tahun)

* Perlengkapan Baju

* Fashion

* Perlengkapan makan dan minum

* Perlengkapan Mandi

* Perlengkapan Bermain

* Perawatan Bayi

* Perawatan kebersihan peralatan bayi

* Stroller, dorongan, gendongan bayi

* Makanan

* Aksesoris lengkap

* Dan lain-lain


- Merk Dagang

Toko : Baby Shop ( All You Need is Here)

Merk : Untuk merk akan lebih mudah jika disesuaikan dengan varian, seperti

* Baby Shop Fashion (kode : BSF)

* Baby Shop Acsesoris (kode : BSA)

Terima kasih, mohon maaf jika terdapat kekeliruan, 

Untuk teman teman bisa menanggapi nggeh😊🙏