Topic outline
ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS TA 2020/2021
A. VISI KEILMUAN PRODI
Prodi DIII Kebidanan yang berfokus pada pemberian asuhan kebidanan holistic berpusat pada perempuan (woman centered care) sepanang siklus kehidupan (remaja , pra konsepsi, hamil, bersalin, nifas, masa antara, perimenopause, bayi baru lahir, bayi dan balita )denan unggulan pelayanan kebidanan komunitas untuk meningkatkan kesejahteraaan ibu dan anak dalam upaya mewujudkan SDG’s.
B. MISI PRODI
1. Menyelenggarakn pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kebidanan yang berbasis nilai-nilai Islam untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
2. Mengembangkan pemikiran Islam berkemajuan yang berwawasan kesehatan.
3. Mengembangkan program kebidanan komunitas berbasis nilai-nilai islam
C. KEUNGGULAN
Menjadi Program Studi Kebidanan Jenjang Diploma III dengan keunggulan kebidanan komunitas
D. TUJUAN PENDIDIKAN PRODI
Menghasilkan lulusan D III Kebidanan yang mampu :
1. Mengembangkan pendidikan bidan profesional yang berakhlak mulia.
2. Menerapkan nilai-nilai Islam, konsep dan prinsip serta keilmuan dan keterampilan yang mendasari profesionalisme bidan dalam memberikan asuhan dan pelayanan kebidanan.
3. Melaksanakan asuhan kebidanan secara profesional dan Islami pada perempuan dalam siklus kehidupannya (masa konsepsi, neonatus, bayi dan anak balita remaja, pra pernikahan, kehamilan, persalinan, nifas, klimakterium, menopouse dan masa antara) di semua tatanan pelayanan kesehatan di institusi dan komunitas
4. Mengembangkan sikap profesional dan Islami dalam praktik kebidanan dengan menjalin kerjasama lintas sektoral dan dengan tim tenaga kesehatan (inter professional colaboration).
5. Mengembangkan pelayanan kebidanan dengan prinsip holistic care dan budaya setempat yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam, dengan melakukan upaya promosi dan prevensi kesehatan ibu dan anak dan kesehatan reproduksiIslam menganjurkan kepada setiap penganutnya, untuk menjaga kesehatan. Sebab, tidak akan sempurna ilmu dan amal seseorang muslim, selama ia sakit. Dalam akhlaq Islam, sehat termasuk dalam empat macam nikmat yang menjadi kata kunci penentu (wasa' il) bahagia tidaknya seseorang. Keutamaan Jiwa (fadha'il an-nafs) terletak pada iman dan khusnul khuluk (akhlaqul kharimah). Keutamaan badan (fadha'il al-badan) terletak pada kesehatan fisik dan segenap bagiannya. Keutamaan penyerta bagi badan (an-ni'am, al-munthifah bi al-badan) terletak pada harta, ketekunan, keseriusan, juga keahlian (sandang, pangan dan papan)
Faktor pendukung lain yang sejenis, seperti, faktor hidayah, petunjuk dan bantuan dari Allah disamping tentunya dukungan usaha dari manusia tentunya (adaptasi dari Imam Ibnu Qudammah, Mukhtasar Minhaj Al-Qashidin, Ta'liq Wa Takluij). Dari ‘Abdullah bin ‘Amr RA, ia mendengar Rasullullah SAW banyak membaca do’a:
“Ya Allah hamba memohon kehadiratMu kesehatan yang prima, kehormatan diri, sifat amanah dan budi pekerti yang baik, serta perasaan yang ridho terhadap qodarâ€
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menyelenggarakan Program Pendidikan D III Kebidanan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Kebidanan yang profesional, sehingga dilaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran (teori di kelas), seminar, praktek laboratorium dan praktek kilinik kebidanan.
Mata kuliah Kebidanan Komunitas ini memberikan kemampuan untuk melaksanakan praktek kebidanan secara komperhensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, ketrampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di kominitas yang meliputi pokok - pokok bahasan konsep, prinsip dasar dan strategi pelayanan kebidanan komunitas, manajerial asuhan kebidanan di komunitas, pengelolaan program KIA/KB di wilayah kerja, pengerakkan dan meningkatkan peran serta masyarakat di komunitas untuk memwujudkan desa siaga Qoryah Thoyibah dan mewujudkan keluarga sakinah di tingkat keluarga. Sumber dalil yang dapat dijadikan dasar, diantaranya adalah dalam QS Al' Araf ayat 96, yang artinya:
“Jikalau sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa pastilah kami akan menumpahkan berkah kepada mereka dari langit dan dari bumiâ€
QS An Nahl ayat 112, yang artinya:
“Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tentram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduknya) mengingkari nikmat-nikmat Allah, karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuatModul ini berisi tentang keterampilan dalam memberikan asuhan kebidanan komunitas meliputi ; konsep-konsep/ilmu, sikap dan keterampilan, perilaku profesional serta hasil evidence based dalam praktik komunitas secara detail sesuai kebutuhan pada asuhan kebidanan pada komunitas menggunakan pendekatan manajemen kebidanan serta pendokumentasiannya dikaitkan dengan nilai nilai dari sudut pandang Islam serta komunitas terintegrasi.
Modul ini diperuntukkan bagi mahasiswa D3 Kebidanan semester IV. Penguasaan modul ini penting untuk melaksanakan praktik komunitas yang akan dilaksanakan di semester V. Pemahaman modul Asuhan Kebidanan V(Komunitas) penting untuk pelaksanaan Praktik Kebidanan Komunitas. Modul ini memberikan pengalaman belajar sebanyak 7 sks dengan rincian: 3 SKS Teori (21 X 2 Jam), 1 SKS Tutorial: 2 skenario (6 X 2 jam), dan 2 SKS praktikum (14 X 2 X 2 jam= 56 jam).
1. Memahami peran dan fungsi bidan dalam mencapai SDG’s (S6,PP13)
2. Memahami konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat dalam praktik pelayanan kebidanan.(S6,PP12)
3. Menguasai langkah-langkah manajemen kebidanan komunitas (S7, KU5)
4. Memahami epidemiologi kesehatan (S6, PP3)
5. Mampu melakukan pengumpulan data kebidanna komunitas, pengolahan data, perumusan masaah, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kebidanan komunitas (S6, KU6)
6. Menguasai konsep promosi kesehatan ( S7, KU7)
7. Menganalisis model-model perjalanan penyakit/masalah kesehatan (S6, PP9)
8. Memahami PWS KIA dan PWS Kartini (S6, KK8)
9. Mampu melaksanakan posyandu (S7, KK9)
10. Menguasai konsep pemberdayaan masyarakat (S7, KK9)
11. Memahami standar asuhana kebidanan di komunitas (S7, KK7)
12. Memahaami konsep DSQT (S6, KK10)
13. Memaahami JKN (S6, KU2)
14. Memahami Audit Maaternal Neonatal (KS6, KU6)
- Teori
- Praktikum
- Tutorial
- Praktek di komunitas (pendampingan)
1. Praktik keterampilan di skills lab
Aktivitas ini merupakan aktivitas pembelajaran dalam rangka memahami sesuatu informasi secara mantap. Mahasiswa diberi kesempatan untuk praktik menggunakan teori dengan cara simulasi di laboratorium.
2. Diskusi Kelompok
Diskusi ini dilakukan dengan peserta seluruh mahasiswa dalam kelompok tiap kelas. Tujuan aktivitas pembelajaran ini ialah untuk memberikan pengalaman belajar menganalisis suatu kasus pada kehamilan serta asuhan kebidanan serta dokumentasi dalam metode Subjektif, Objektif, Asesmen dan Plan (SOAP).
3. Seminar
Seminar dilaksanakan setelah mahasiswa mendiskusikan topik ataupun kasus pada pertemuan sebelumnya dilaksanakan di tiap kelompok dengan dosen kelompok prakt
4. Penugasan
Penugasan dilaksanakan pada materi yang diperlukan pembahasan lebih mendalam dengan harapan mahasiswa memiliki waktu lebih banyak dengan belajar mandiri melalui berbagai referensi.
5. Tutorial
Dalam diskusi kelompok, mahasiswa diminta memecahkan masalah yang terdapat pada skenario yaitu dengan mengikuti metode “Seven Jumpsâ€, terdiri dari 7 langkah pemecahan masalah yaitu :
Step 1 : Clarifying unfamiliar terms
Mengklarifikasi istilah atau konsep ; istilah-istilah dalam skenario yang belum jelas atau yang menyebabkan banyak interpretasi ditulis dan diklarifikasi terlebih dahulu.
Step 2 : Problem definition
Masalah yang ada dalam skenario diidentifikasi dan dirumuskan dengan jelas (bisa dalam bentuk pertanyaan)
Step 3 : Brainstorming
Pada langkah ini setiap anggota kelompok melakukan brainstorming mengemukakan penjelasan tentative terhadap permasalahan yang sudah dirumuskan di step 2 dengan menggunkan pre-exiting knowledge
Step 4 : Analyzing the problem
Mahasiswa memberikan penjelasan secara sistematis terhadap jawaban pada step 3, bisa juga dengan saling menghubungkan antar konsep, klasifikasikan jawaban atas pertanyaan, menarik kesimpulan dari masalah yang sudah dianalisis pada step 3.
Step 5 :Formulating learning issues
Menetapkan tujuan belajar (learning objective) ; informasi yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan dirumuskan dan disusun secara sistematis sebagai tujuan belajar
Step 6 : Self Study
Mengumpulkan informasi tambahan dengan belajar mandiri ;kegiatan mengumpulkan informasi tambahan dilakukan dengan mengakses informasi dari internet, jurnal, perpustakaan, kuliah, dan konsultasi pakar.
Step 7 : Reporting
Mensintesis atau menguji informasi baru; mensintesis, mengevaluasi dan menguji informasi baru hasil belajar setiap anggota kelompok.
1. Tujuan Modul
Setelah mempelajari modul ini mahasiswa diharapkan mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan komunitas secara komprehensif
2. Karakteristik Mahasiswa
Modul ini diperuntukkan bagi mahasiswa mahasiswa semester IV reguler (lulusan SMA sederajat)
3. Sasaran Pembelajaran
Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang peran dan fungsi bidan dalam mencapai SDG’s, konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat dalam praktik pelayanan kebidanan, manajemen kebidanan komunitas, epidemiologi dalam mengidentifikasi masalah kebidanan komunitas, pengumpulan data kebidanna komunitas, pengolahan data, perumusan masaah, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kebidanan komunitas, promosi kesehatan, perjalanan penyakit/masalah kesehatan, epidemiologi kesehatan, PWS KIA dan PWS Kartini, posyandu, pemberdayaan masyarakat, standar asuhan kebidanan di komunitas, DSQT, JKN, memahami Audit Maaternal Neonatal.
4. Tugas
1) Tugas Pembimbing/ Dosen
2) Membimbing mahasiswa praktikum
3) Membimbing mahasiswa dalam kegiatan tutorial
4) Menjelaskan mahasiswa terkait materi praktikum
5) Menjelaskan mahasiswa terkait proses tutorial
6) Memberikan nilai praktikum
7) Memberikan nilai tutorial
8) Memberikan nilai UTS dan UAS
9) Mengoreksi soal UTS dan UAS yang telah dikerjakan oleh mahasiswa
10)Mengoreksi tugas yang dikumpulkan mahasiswa
11)Memberikan nilai penugasan
12)Memantau kehadiran mahasiswa dalam kegiatan praktikum
13)Memantau kehadiran mahasiswa dalam kegiatan tutorial
14)Memantau kehadiran mahasiswa dalam kuliah teori dan kuliah pakar
15)Tugas Mahasiswa
16)Mahasiswa hadir dalam kegiatan praktikum dan tutorial 100%.
17)Mahasiswa hadir dalam kegiatan kuliah teori minimal 70%
18)Mahasiswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan dosen pembimbing
19)Mahasiswa mengisi daftar kehadiran dalam kegiatan praktikum, tutorial, kuliah pakar dan kuliah teori.
20)Mahasiswa mengikuti ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
5. Tata Tertib
1) Mahasiswa wajib hadir 100% dalam kegiatan praktikum.
2) Mahasiswa wajib hadir minimal 75% dalam kegiatan kuliah teori.
3) Mahasiswa wajib mengumpulakan tugas ke dosen pembimbing
1. Berisi rincian komponen penilaian :
1) Penilaian teori
2) Penelian praktikum
3) Penilaian tugas
4) Sistematika Nilai
Hasil penilaian dinyatakan secara absolute maupun secara huruf untuk menggambarkan mutu, didasarkan pada perolehan nilai mahasiswa
NO
HURUF
SKOR
BOBOT
KUALITATIF
1
A
80-100
4.00
Pujian (sangat baik)
2
A-
77-79
3.75
Lebih dari baik
3
AB
75-76
3.50
4
B+
73-74
3.25
5
B
70-72
3.00
Baik
6
B-
66-69
2.75
Lebih dari cukup
7
BC
63-65
2.5
8
C+
59-62
2.25
9
C
55-58
2.00
Cukup
10
C-
51-54
1.75
Hampir cukup
11
CD
48-50
1.50
12
D
41-47
1.00
Kurang
13
E
≤40
0.00
Sangat kurang
1. Program SDG’s
2. Kesehatan Masyarakat
3. Bidan di komunitas
4. Pelaksanaan bidan di komunitas
5. Pengumpulan data komunitas
6. Desiminasi hasil data
7. Penyuluhan
8. Epidemiologi
9. Dokumentasi PWS KIA
10. Dokumentasi PWS Kartini
11. Promosi Kesehatan
12. Posyandu
13. Pemberdayaan masyarakat
14. Home visite
15. Program unggulan
16. Fasilitas kesehatan
17. Audit maternal perinatal
TEORI ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS
Pengampu : Ismarwati, S.ST., S.KM., M.P.H
Capaian Pembelajaran : Menguasai konsep SDg’s (C2,A1, P2)
DOSEN PENGAMPU : HERLIN FITRIANI KURNIAWATI; ; S.Si.T.,M.Kes
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Kemampuan dalam melakukan pengumpulan data komunitas (C4,A2,P2)
DOSEN PENGAMPU : ISMARWATI, S.ST., S.KM., M.P.H
CAPAIAN Pembelajaran : Kemampuan menguasai manajemen kebidanan komunitas (C2,A1,P2)
DOSEN PENGAMPU : HERLIN FITRIANI KURNIAWATI; ; S.Si.T.,M.Kes
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Kemampuan dalam melakukan promosi kesehatan(C2,A1,P2)
DOSEN PENGANPU : ELLYDA RIZKI WIJHATI; 00; S.ST., M.Keb
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Kemampuan dalam melakukan promosi kesehatan (C2,A1,P1)
Presensi dilakukan berdasarkan mahasiswa yang melakukan:
1.like, subcribe, dan view
2. coment mahasiswa di youtube dengan format: NIM_Nama Mahasiswa
3. Penjelasan Kuliah dapat diakses di: Askeb Kebidanan Komunitas_Satuan Acara Penyuluhan - YouTube
4. Setelah menyimak penjelasan materi silahkan kerjakan quiz
5. Diskusi tanya jawab dapat dilakukan di forum chat
6. Terimakasih
KULIAH KE-14 : Pelayanan Kebidanan di era new normal : Ellyda Rizki Wijhati, S.ST., M.Keb.
Assalamualaikum calon bidan hebat semua
marilah kita memulai kuliah kita pagi ini dengan membaca basmallah
dilanjurkan dengan membaca al kahfi 1-5 secara oice note.a
selanjutnya silahkan simak penjelasan saya terkait "Pelayanan Kebidanan di Era New Normal"
https://www.youtube.com/watch?v=TnQAyoIriVw
mahasiswa wajib like dan komen dengan format: nim_nama mahasiswa
pertanyaan disampaikan melalui forum diskusi:
peraturan diskusi (mahasiswa tidak diperkenankan hanya menyapa/ menjawab salam saja, namun harus bertanya/ menjawab pertanyaan temannya)
Wassalamualaikum
KULIAH PAKAR : KETAHANAN KELUARGA : DWI ERNAWATI, S.ST., M.KEB.
- Kerjakan dengan membaca bismillah terlebih dahulu
UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TA 2020/2021
Program Studi : DIII KEBIDANAN
Mata Kuliah : ASKEB KOMUNITAS
Semester/Kelas : IV/A
Hari/ Tanggal : RABU/14 APRIL 2021
Koordinator : DWI ERNAWATI
Dosen Penguji : 1. DR. Ismarwati, S.ST., S.KM.,M.P.H
2. DR. Sulistyaningsih, S.KM., MH.Kes.
3. Dhesi Ari Astuti, S.SiT., M.Kes.
4. Ellyda Rizki Wijhati, S.ST., M.Keb
Kuliah ke-19 (Ellyda Rizki Wijhati.,S.ST.,M.Keb)
Assalamualaikum calon bidan hebat
berikut merupakan rujukan untuk materi PWS KIA, beserta latihan soal untuk Penyusunan grafik dan interpretasi PWS KIA dan penyusunan rencana tindak lanjut. Silahkan menyimak video berikut, untuk penejlasan lebih detail anda bisa mendownload buku panduan PWS-KIA disini.
TEORI PWS KIA-Season 2 - YouTube
berikut akan saya lampirkan contoh soalnya
untuk panduan PWS KIA dapat diakses di
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiUvd6zzPfwAhUBOisKHYdMCzEQFjABegQIAhAD&url=https%3A%2F%2Fpuskespemda.net%2Fdownload%2Fpedoman-pws-kia-kemenkes-2010%2F&usg=AOvVaw0c8ems_9SzsbVzugqCmAYA
Pertanyaan dan diksuisi dilakukan dikolom diksusi, setiap mahasiswa wajib bertanya/ menjawab pertanyaan temannya
salam sukses
Wassalamualaikum
KULIAH KE-21 PROTOKOL KESEHATAN KELUARGA
Assalamualaikum calon bidan hebat
Berikut merupakan rujukan untuk materi kuliah protokol kesehatan keluarga. Berikut link youtube kuliah teori pada hari ini. Setelah melihat video tersebut, silahkan kerjakan Quis yang ada di forum ini.
https://youtu.be/LbgEqBoYnXU
Bismillah
Silahkan kerjakan quiz ini dengan sebaik baiknya
KULIAH TEORI PENGKAJIAN PIS PK
Assallamualaikum wr.wb.
Semua calon bidan hebat, berikut link youtube terkait dengan pengkajian form PIS PK
https://youtu.be/3U_QeTQbf_A
Seteleh mendengarkan teori pengkajian Form PIS PK, silahkan untuk mengerjakan Quiz
Assalamualaikum wr.wb.
Buatlah diagram dari hasil pengkajian PHBSKS Berikut ini.
Diagram boleh di gambar dengan tangan kemudian di wanai, boleh digambar dengan bantual aplikasi.
SOAL UAS ASKEB KOMUNITAS TA 2020/2021
- 1. Mulai dengan membaca bismillah
2. Kerjakan dengan teliti
3. Setiap mahasiswa hanya diberikan 1 kesempatan untuk mengerjakan