Weekly outline

  • SALAM PEMBUKA

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.

    Selamat datang di mata kuliah Asuhan Kebidanan Nifas Prodi Kebidanan Program Profesi dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan,  Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil  Semester VI Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi .

    Mata kuliah Asuhan Kebidanan Nifas memiliki bebas SKS sebesar 5 SKS dengan kode mata kuliah MID6030.

    Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Nuli Nuryanti Zulala


    Berikut Perangkat Pembelajaran Asuhan Kebidanan Nifas

    • DESKRIPSI MATA KULIAH

      Pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Nifas ini akan membekali mahasiswa mengenai Konsep Dasar Masa nifas, Adaptasi Fisik dan Psikologis Ibu Masa Nifas, Pemenuhan Kebutuhan Dasar Ibu Nifas, Asuhan dan Kunjungan Nifas, dan Asuhan Nifas Patologi.

      Pengalaman belajar meliputi kuliah teori, tutorial, praktikum, kuis, tugas dan praktik.

      • BAHAN KAJIAN

        1. Konsep dasar nifas : pengertian dan tujuan asuhan nifas, tahapan masa nifas, kebijakan pemerintah tentang masa nifas, tinjauan islam mengenai masa nifas, model asuhan masa nifas, prinsip asuhan masa nifas
        2. Pemenuhan kebutuhan dasar ibu nifas : kebutuhan gizi, ambulasi, personal hygyiene, istirahat, kontrasepsi masa nifas, senam nifas, kebutuhan seksual ,laktasi dan permasalahaannya,manajemen laktasi, dukungan bidan dalam laktasi
        3. Adaptasi fisik dan psikologis ibu masa nifas : perubahan fisiologi, perubahan fisik, adaptasi perubahan fisik, penilaian kesembuhan luka perineum. Perubahan psikologi, kesiapan menjadi orang tua, perubahan peran, respon ayah dan keluarga, sibling rivalry, bounding attachment, post partum blues, depresi dan psikosa, factor yang mempengaruhi depresi, KIE kehilangan
        4. Asuhan dan kunjungan nifas : asuhan nifas 6 jam – 2 hari, 3-7 hari, 8-28 hari, 29-42 hari, pendokumentasian asuhan kebidanan, nifas dan covid-19, EBM dalam asuhan nifas, farmakologi dalam masa nifas 
        5. Asuhan Nifas Patologi :Deteksi dii penanganan endometriosis, peritonitis, bendungan ASI, infeksi payudara, thrombophlebitis, infeksi luka perineum, deteksi dini perdarahan post partum, deteksi dini pre eklamsi dan eklamsi nifas, asuhan nifas pasca abortus, risk assessment tools
        • STRUKTUR PELAKSANAAN

          Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :

          1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan dan praktikum.
          2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
          3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.

          • PENILAIAN/ASSESSMENT

            Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :

            Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu

            1. Menggunakan referensi yang tersedia.
            2. Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
            3. Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
            4. Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
            5. Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
            6. Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
            Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
            1. Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
            2. Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
            3. Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
            4. Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
            5. Hasil UTS dan UAS.

            Metode Penilaian
            CPMK 1
            CPMK 2
            CPMK 3
            Case Based Learning



            Individual Based Project



            Praktikum



            Tugas



            Kuis



            Ujian Tengah Semester (UTS)



            Ujian Akhir Semester (UAS)




            Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.

            Model Asesmen
            Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan
            A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik
            A-
            3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik
            AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik
            B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik
            B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik
            B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik
            BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik
            C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik
            C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik
            CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik
            D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik
            E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali


            No.

            Basis Evaluasi

            Komponen

            Evaluasi

            Deskripsi

            Description

            Bobot

            (%)

             

            Aktifitas Partisipatif

            CBL

            Diskusi kasus mengenai pemenuhan kebutuhan fisik dan psikologis pada ibu nifas

            Case    discussion regarding the fulfillment of physical and psychological needs in postpartum mothers

            5%

             

             

            Praktikum Skill

            Praktikum di skill lab dengan instrument penilaian berupa ceklis

            Practicum in lab skills with assessment  instrument in the form of chequer

            30%

             

             

             

            Tutorial

            Diskusi tentang scenario yang telah disiapkan melalui tahapan seven jump, instrument penilaian yang digunakan berupa

            penilaian tutorial

            Discussion of the scenario that has been prepared through the seven jump stage, the assessment instrument used in the form of tutorial assessment

            10%

             

            2.

            Hasil Proyek

            Individual Based Project

            Membuat asuhan kebidanan pada ibu nifas pada pasien yang didapatkan di lahan praktik.

            Instrument penilaian yang digunakan berupa instrument penilaian kelengkapan dan ketepatan pemberian asuhan

            kebidanan

            Making obstetric care in nifas mothers in patients obtained in the practice field.

            Assessment instrument used in the form of instrument assessment of completeness and  accuracy of providing midwifery care

            20%

             

             

             

            Sub total

             

            65%

            3

            Kognitif/Pengetahuan

            Tugas

            Membuat media promosi Kesehatan masa nifas

            Create a health promotion media during the postpartum period

            15%

             

             

            Kuis

            Soal pilihan ganda (A-E)

            soal    di         upload          di lensa.unisayogya.ac.id

            Multiple choice (A-E) questions are uploaded on lensa.unisayogya.ac.id

            5 %

             

             

            Ujian Tengah Semester

            Soal pilihan ganda (A-E) soal       di       upload       di

            lensa.unisayogya.ac.id

            Multiple choice (A-E) questions are uploaded on lensa.unisayogya.ac.id

            5%

             

             

            Ujian Akhir Semester

            Soal pilihan ganda (A-E) soal       di       upload       di

            lensa.unisayogya.ac.id

            Multiple choice (A-E) questions are uploaded on lensa.unisayogya.ac.id

            10%

             

             

             

            Sub total

             

            35%

             

             

             

            Total

             

            100%


            • NAMA DOSEN PENGAMPU

              Nama : Dewi Rokhanawati, S.SiT., MPH

              No HP: 081236093816

              Nama : Fatiyaturrahmah, S.ST., M.Kes

              No HP : 08157919722

              Nama : Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes

              No HP : 081911488196

              Nama : Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb

              No HP : 085726967602

              Nama : Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes

              No HP : 085728673138

              Nama : Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb

              No HP : 081325903830

              Nama : Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., MPH

              No HP : 085729500882

              Nama : dr. Ide Pustaka Setiawan, Sp.OG., M.Sc


              • DAFTAR RUJUKAN/REFERENSI

                Daftar Sumber Belajar dan Referensi

                A. Utama

                1.  Sheena Byrom, Grace Edwards, Debra Bick (2010). Essential Midwifery Practice: Postnatal Care

                2. Robin G Jordan, Janet L Engstrom, Julie Marfell, Cindy L Farley (2014). Prenatal and Postnatal Care: A Woman- Centered Approach

                3.  Diane M Fraser (2013). Myles Textbook For Midvives

                4.  WHO (2013). Postnatal Care Of The Mother and Newborn

                5.  WHO (2010). WHO Technical Consultation on Postpartum on Postartum and Postnatal Care

                6.  Kemenkes RI (2019). Panduan Pelayanan Pasca Persalinan Bagi Ibu dan Bayi Baru Lahir

                7.  Kemenkes RI (2014) Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan Di Fasilitas Kesehatan


                 

                 

                8.  Kemenkes RI (2013). Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan

                9.  WHO (2015). Pregnancy, Childbirth, Postparttum and Newborn Care: A Guide For Essential Practice

                10. Permenkes No. 21 Tahun 2021

                B. Tambahan

                1.  Kemenkes RI (2020). Buku KIA

                2.  Kemenkes RI (2020. Pedoman Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas dan Bayi Baru Lahir di Era Pandemi Covid-19

                3.  Karen Kleiman (2009). Therapy and The Postpartum Woman

                4.  Collen m Fitzgerald, Neil A Segal (2015). Musculoskeletal Health in Pregnancy and Postpartum

                C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:

                1.  Evi Wahyuntari (2019). Korelasi Cara Bersalin dengan Depresi Postpartum

                https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/jkk/article/view/995

                2.  Dwi Ernawati (2019). Analisis Kandungan Fe dalam Air Susu Ibu (ASI) pada Ibu Menyusui

                https://jnk.phb.ac.id/index.php/jnk/article/view/381

                 3. Intan Mutiara Putri (2019) Manajemen ASIP (ASI Perah) Mempengaruhi Keberhasilan ASI Ekslusif (Studi Kuantitatif pada Ibu Bekerja di Instansi Pemerintaha Kota Yogyakarata

                https://jurnal.stikesmus.ac.id/index.php/JKebIn/article/view/328/277

                4. Solaikhah Sulistyoningtyas (2020). Uji Instrumen Breastfeeding Attrition Prediction Tool (Bapt) Untuk Deteksi Penyapihan Dini Pada Ibu Nifas Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/501


                • SUB CPMK 1 : Konsep Dasar Nifas dan Nifas dalam Pandangan Islam

                  1. Sub CPMK
                      Ketepatan menjelaskan konsep dasar nifas dan nifas dalam pandangan islam
                      ( C2 A3 P2)

                  2. Bahan Kajian

                      Konsep dasar nifas : pengertian dan tujuan asuhan nifas, tahapan masa nifas,

                      kebijakan pemerintah tentang masa nifas tinjauan islam mengenai masa nifas,

                      model asuhan masa nifas, prinsip asuhan masa nifas


                  3. Platform Yang Digunakan
                      synchonous melalui zoom maupun asynchonous melalui  Lensa Unisa

                  4. Metode Pembelajaran
                      Cooperative Learning dan Problem Based Learning

                  5. Dosen Pengampu
                      Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb

                  6. Aktifitas Pembelajaran
                      2  kali pertemuan kuliah teori @ 2 x 50 menit


                • SUB CPMK 2 : Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masa Nifas, Proses Laktasi dan Manajemen Laktasi

                  1. Sub CPMK
                      Ketepatan menjelaskan dan mempraktikan pemenuhan kebutuhan dasar masa nifas
                      serta proses laktasi dan manajemen laktasi   (C2 A3 P3)

                  2. Bahan Kajian 

                      Pemenuhan kebutuhan dasar ibu nifas : kebutuhan gizi, ambulasi, personal hygyiene,

                      istirahat, kontrasepsi masa nifas, senam nifas, kebutuhan seksual ,laktasi dan

                      permasalahaannya,manajemen laktasi, dukungan bidan dalam laktasi


                  3. Platform Yang Digunakan
                      synchonous melalui zoom maupun asynchonous melalui  Lensa Unisa

                  4. Metode Pembelajaran
                      a) Collaborative Learning
                      b) Case Based Learning
                      c) Tutorial
                      d) Praktikum

                  5. Dosen Pengampu
                      Fathiyaturrohmah, S.ST., M.Kes
                      Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
                      Bd. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes
                    
                  TUTORIAL
                  A1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb B1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
                  A2 Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., MPH B2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb
                  A3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes B3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes
                  A4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes B4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes
                  A5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes B5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes

                  PRAKTIKUM
                  A1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb B1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
                  A2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb B2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb
                  A3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes B3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes
                  A4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes B4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes
                  A5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes B5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes

                  6. Aktifitas Pembelajaran
                      2  kali pertemuan kuliah teori @ 2 x 50 menit
                      1  kali pertemuan kuliah pakar @ 2 x 50 menit
                      4  kali pertemuan praktikum offline (Teknik Menyusui, Pijat Oksitosin, Manajemen ASI
                          Perah,  Penanganan Engorgement)

                • SUB CPMK 3 : Adaptasi Fisiologi, Perubahan Fisik dan Psikologi Masa Nifas

                  1. Sub CPMK
                      Ketepatan menjelaskan dan mempraktikan adaptasi fisiologi, perubahan fisik serta
                      adaptasi psikologis pada masa nifas (C2 A3 P3)    

                  2. Bahan Kajian 

                      Adaptasi fisik dan psikologis ibu masa nifas : perubahan fisiologi, perubahan fisik,

                      adaptasi perubahan fisik, penilaian kesembuhan luka perineum. Perubahan psikologi,

                      kesiapan menjadi orang tua, perubahan peran, respon ayah dan keluarga, sibling rivalry,

                      bounding attachment, post partum blues, depresi dan psikosa, factor yang mempengaruhi

                      depresi, KIE kehilangan 


                  3. Platform Yang Digunakan
                      synchonous melalui zoom maupun asynchonous melalui  Lensa Unisa

                  4. Metode Pembelajaran
                      a) Collaborative Learning
                      b) Cooperative Learning
                      c) Problem Based Learning
                      d) Praktikum

                  5. Dosen Pengampu
                      Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., MPH
                      Dewi Rokhanawati, S.SiT., MPH
                      Bd. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes
                    






















                  PRAKTIKUM
                  A1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb B1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
                  A2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb B2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb
                  A3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes B3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes
                  A4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes B4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes
                  A5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes B5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes

                  6. Aktifitas Pembelajaran
                      3  kali pertemuan kuliah teori @ 2 x 50 menit
                      4  kali pertemuan praktikum offline (Pemeriksaan Fisik Ibu Nifas, Vulva Hygiene, 
                          Penilaian Kesembuhan Luka Perineum , Senam Nifas, Ganti Balutan SC)
                      1  kali pertemuan praktikum online (Kesiapan dan dampak dukungan bagi ibu selama
                          masa nifas)

                • SUB CPMK 4 : Asuhan Kebidanan Nifas, Pendokumentasian, Nifas dan Covid-19

                  1. Sub CPMK
                      Ketepatan menjelaskan dan mempraktikan asuhan kebidanan nifas,
                      pendokumentasian serta asuhan nifas masa pandemi (C2 A3 P3)    


                  2. Bahan Kajian 

                      Asuhan dan kunjungan nifas :

                      asuhan nifas 6 jam – 2 hari, 3-7 hari, 8-28 hari, 29-42 hari, pendokumentasian asuhan

                      kebidanan nifas dan covid-19, EBM dalam asuhan nifas


                  3. Platform Yang Digunakan
                      synchonous melalui zoom maupun asynchonous melalui  Lensa Unisa

                  4. Metode Pembelajaran
                      a) Problem Based Learning
                      b) Cooperative Learning
                      c) Praktikum
                      d) Praktikum Klinik

                  5. Dosen Pengampu
                      Fathiyaturrohmah, S.ST., M.Kes
                      Bd. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes
                    






















                  PRAKTIKUM
                  A1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb B1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
                  A2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb B2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb
                  A3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes B3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes
                  A4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes B4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes
                  A5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes B5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes

                  6. Aktifitas Pembelajaran
                      2  kali pertemuan kuliah teori @ 2 x 50 menit
                      4  kali pertemuan praktikum offline (Redemonstrasi dan Evaluasi Komprehensif)
                      5  kali pertemuan Praktikum online (Dokumentasi Asuhan Kebidadanan, KIE Masa Nifas,
                          Nifas dan Covid-19)
                      Praktikum Klinik di lahan Praktik

                • SUB CPMK 5 : Farmakologi pada Masa Nifas

                  1. Sub CPMK
                       Ketepatan Menjelaskan farmakologi pada masa nifas (C2 A3 P3)  

                  2. Bahan Kajian 

                       Farmakologi dalam masa nifas


                  3. Platform Yang Digunakan
                      synchonous melalui zoom maupun asynchonous melalui  Lensa Unisa

                  4. Metode Pembelajaran
                      a) Contekstual Learning
                     
                  5. Dosen Pengampu
                      dr. Ide Pustaka Setiawan, Sp.OG., M.Sc

                  6. Aktifitas Pembelajaran
                      1  kali pertemuan kuliah teori @ 2 x 50 menit
                    

                   

                • SUB CPMK 6 : Deteksi Dini Komplikasi Masa Nifas dan Asuhan Nifas Patologi

                  1. Sub CPMK
                      Ketepatan menjelaskan deteksi dini komplikasi masa nifas dan asuhan nifas patologi
                      (C2 A3 P3)

                  2. Bahan Kajian 

                      Asuhan Nifas Patologi :

                      Deteksi dii penanganan endometriosis, peritonitis, bendungan ASI, infeksi payudara,

                      thrombophlebitis, infeksi  luka perineum, deteksi dini perdarahan post partum, deteksi dini

                      pre eklamsi dan eklamsi nifas, asuhan nifas pasca abortus, risk assessment tools  


                  3. Platform Yang Digunakan

                      synchonous melalui zoom maupun asynchonous melalui  Lensa Unisa

                  4. Metode Pembelajaran
                      a) Problem Based Learning
                      b) Case Based Discussion
                      c) Tutorial
                      d) Praktikum

                  5. Dosen Pengampu
                      Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., MPH
                      dr. Ide Pustaka Setiawan, Sp.OG., M.Sc
                    
                    
                  TUTORIAL
                  A1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb B1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
                  A2 Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., MPH B2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb
                  A3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes B3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes
                  A4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes B4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes
                  A5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes B5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes

                  PRAKTIKUM
                  A1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb B1 Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb
                  A2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb B2 Nurul Kurniati, S.ST., M.Keb
                  A3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes B3 Sholaikhah Sulistyoningtyas, S.ST., M.Kes
                  A4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes B4 Fathiyaturrahmah, S.ST., M.Kes
                  A5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes B5 Bdn. Fitnaningsih, S.SiT., M.Kes

                  6. Aktifitas Pembelajaran
                      1  kali pertemuan kuliah teori @ 2 x 50 menit
                      1  kali pertemuan kuliah pakar @ 2 x 50 menit
                      2  kali pertemuan praktikum online (Risk Assessment)

                • INDIVIDUAL PROJECT

                  1

                  Judul Tugas

                  :

                  Membuat Dokumentasi Asuhan Kebidanan Nifas

                  2

                  Sub CPMK

                  :

                  Ketepatan menjelaskan dan mempraktikan asuhan kebidanan nifas, pendokumentasian serta asuhan nifas masa pandemi (C2 A3 P3)

                  3

                  Tujuan Tugas

                  :

                  Mahasiswa dapat membuat dokumentasi asuhan kebidanan nifas yang shahih berdasarkan kasus kejadian nyata serta penatalaksanaan yang tepat sesuai kasus

                  4

                  Uraian Tugas

                  :

                   

                   

                  a. Obyek garapan

                  :

                  Membuat dokumentasi asuhan kebidanan nifas selama praktikum klinik

                   

                  b. Yang harus dikerjakan dan

                  Batasan- batasan

                  :

                  Project ini merupakan project individu yang dikerjakan oleh setiap mahasiswa dengan membuat dokumentasi asuhan

                  kebidanan nifas dengan kasus nyata yang didapatkan saat praktikum klinik

                   

                  c. Metode/cara pengerjaan tugas

                   

                  1.   Tugas merupakan tugas individu

                  2.   Penulisan dokumentasi mngikuti format yang sudah ada dengan tulis tangan menggunakan kertas folio

                  3.   Dokumentasi asuhan kebidanan nifas harus mendapatkan tanda tangan preceptor lahan dan diberikan cap basah lahan

                  4.   Dokumentasi asuhan kebidanan nifas harus dikonsulkan ke pembimbing praktikum klinik dan mendapatkan tanda tangan dari pembimbing praktikum klinik

                  5.   Tugas yang telah mendapatkan tanda tangan preceptor dan pembimbing praktikum klinik dapat di upload melalui http://lensa.unisayogya.ac.id

                   

                  d. Deskripsi luaran tugas

                  :

                  Berupa dokumen asuhan kebidanan nifas yang telah ditandatangani oleh preceptor dan pembimbing praktikum klinik dan di upload di http://lensa.unisayogya.ac.id

                   

                  Bahan tugas

                  :

                  1.     Kasus di lahan praktik

                  2.     Kertas folio

                  3.     Pulpen

                   

                  Kriteria dan bobot penilaian

                  :

                  Bobot individual project 20% dari total nilai Table rubrik project

                   

                  Grade

                  Score

                  Kriteria Penilaian

                   

                  Sangat Kurang

                  <21

                  Dokumenasi tidak sesuai acuan, data subyektif dan

                  obyektif tidak tepat, Analisa tidak tepat,


                   

                   

                   

                   

                   

                  penatalaksanaan tidak tepat

                   

                  Kurang

                  21-40

                  Dokumentasi tidak sesuai acuan, data subyektif dan obyektif tepat, analisis tidak tepat,

                  penatalaksanaan tidak tepat

                  Cukup

                  41-60

                  Dokumentasi sesuai acuan, data subyektif dan obyektif tepat, analisiss tidak tepat, penatalaksanaan tidak tepat

                  Baik

                  61-80

                  Dokumentasi sesuai acuan, data subyektif dan obyektif tepat, analisiss tepat, penatalaksanaan tidak tepat

                  Sangat Baik

                  >80

                  Dokumentasi sesuai acuan, data subyektif dan obyektif tepat, analisiss

                  tepat, penatalaksanaan tepat

                  7

                  Jadwal Pelaksanaan

                  :

                  Dikumpulkan di lensa 15 juli 2022


                • TUGAS MATA KULIAH

                  1

                  Judul Tugas

                  :

                  Membuat Media Promosi Kesehatan bagi Ibu Nifas

                  2

                  Sub CPMK

                  :

                  Ketepatan menjelaskan dan mempraktikan asuhan kebidanan nifas, pendokumentasian serta asuhan nifas masa pandemi (C2 A3 P3)

                  3

                  Tujuan Tugas

                  :

                  Mahasiswa dapat membuat media promosi Kesehatan bagi ibu nifas

                  4

                  Uraian Tugas

                  :

                   

                   

                  a. Obyek garapan

                  :

                  Membuat media promosi Kesehatan bagi ibu nifas

                   

                  b. Yang harus dikerjakan dan

                  Batasan- batasan

                  :

                  Tugas ini merupakan tugas individu yang dikerjakan oleh setiap mahasiswa dengan membuat media promosi Kesehatan bagi ibu nifas

                   

                  c. Metode/cara pengerjaan tugas

                   

                  1.   Tugas merupakan tugas individu

                  2.   Media promosi dapat berupa poster, lembar balik, video edukasi dll

                  3.   Media promosi merupakan karya sendiri tidak mengambil karya orang lain, sertakan sumber yang jelas

                  4.   Tugas dapat di upload melalui http://lensa.unisayogya.ac.id

                  5.   Tugas terbaik akan di beri kesempatan untuk mengurus Hak Cipta di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

                   

                  d. Deskripsi luaran tugas

                  :

                  Media promosi Kesehatan bagi ibu nifas dan di upload di http://lensa.unisayogya.ac.id

                  Tugas terbaik akan mendapatkan kesempatan mengurus Hak Cipta di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

                   

                  Bahan tugas

                  :

                  1. Media promosi

                   

                  Kriteria dan bobot penilaian

                  :

                  Bobot individual project 10% dari total nilai Table rubrik project

                   

                  Grade

                  Score

                  Kriteria Penilaian

                   

                  Sangat Kurang

                  <21

                  Media promosi tidak tepat, waktu pengumpulan tugas melebihi waktu 30 hari dari batas waktu yang ditentukan

                  Kurang

                  21-40

                  Media promosi tidak tepat, waktu pengumpulan tugas melebihi waktu 20

                   

                   

                   

                   

                   

                   

                  hari dari batas waktu yang ditentukan

                   

                  Cukup

                  41-60

                  Media promosi tidak tepat, waktu pengumpulan tugas melebihi waktu 10 hari dari batas waktu yang

                  ditentukan

                  Baik

                  61-80

                  Media promosi tepat, waktu pengumpulan tugas tepat waktu

                  Sangat Baik

                  >80

                  Media promosi tepat, waktu pengumpulan tugas lebih awal dari batas waktu yang ditentukan

                  7

                  Jadwal Pelaksanaan

                  :

                  Dikumpulkan di lensa 15 Mei 2022


                • UJIAN TENGAH SEMESTER

                  Assalamualaikum Matahari

                  UTS MK Asuhan Kebidanan Nifas dilaksanakan pada Hari Selasa, 24 Mei 2022 

                  Soal terdiri dari :

                  1. 50 soal MCQ yang dikerjakan pada jam 08.00 - 09.40

                  2. 3 soal Essay yang dikerjakan maksimal jam 23.59

                  Pastikan Kuota Internet Cukup dan Signal Stabil

                  Maan Najah

                  Wassalamualaikum

                • UJIAN AKHIR SEMESTER

                  Assalamualaikum Matahari

                  UAS MK Asuhan Kebidanan Nifas insya Alllah dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Juli 2022 Jam 08.00 - 09.00 WIB

                  Pastikan Signal baik dan Berdoa sebelum mengerjakan

                  Maan Najah

                  Wassalamualaikum

                • PRAKTIKUM KLINIK

                  Silahkan upload laporan yang menjadi target praktikum klinik mata kuliah Asuhan Kebidanan Nifas (Laporan Askeb, Laporan Kasus, dan logbook capaian target ketrampilan)

                • KUIS ASUHAN KEBIDANAN NIFAS