Pengantar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Phatofisiologi Prodi Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Profesi Bidan Semester III.
Mata kuliah Anatomi memiliki bebas SKS sebesar 3 SKS dengan kode mata kuliah MID3013.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yekti Satriyandari
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk tentang memahami hubungan sistem tubuh manusia dan fungsinya mikrobiologi, parasitologi dan imunologi yang berkaitan dengan sistem kardiovaskuler, pernafasan, persyarafan, pencernaan, persyarafan dan sistem endokrin dan hubungan antar sistem dalam tubuh.
Rencana Pembelajaran Semester ini merupakan salah satu mata kuliah bagi mahasiswa semester III yang harus ditempuh dalam Program studi Pendidikan Profesi Bidan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini terdiri dari 3 sks dengan rincian 2 sks teori dan 1 sks Tutorial.
Untuk mencapai kompetensi pada akhir pembelajaran, maka ada beberapa proses pembelajaran yang akan ditempuh, antara lain 14 kali perkuliahan teori, dan 7 kali Tutorial di kelas kecil, dengan prinsip pembelajaran aktif yang akan ditempuh dalam waktu ±14 minggu. Pengalaman belajar meliputi kuliah teori, tutorial, diskusi, penugasan, praktikum.
Bahan kajian MK Pathofisiologi ini:
1. Konsep dasar pathofisiologi
2. Konsep dasar parasitology
3. Konsep dasar imunilogi
4. Gangguan system tubuh
5. Fisiologi sister reproduksi
6. Konsep dasar mikrobiologi
1. Ketepatan menjelaskan konsep dasar Pathofisiologi dan mekanisme (S13, PP10)
2. Ketepatan memahami konsep mikrologi (S13, PP10)
3. Ketepatan menginterpretasikan Konsep parasitologi (S13, PP10)
4. Ketepatan menguraikan imunologi (S13, PP10)
5. Ketepatan mendiskusikan gangguan sistem tubuh (S13, PP10)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, tugas, kuis, UTS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan dan praktikum.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan dan praktikum.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
- Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
-
1. Case based gangguan system tubuh dengan instrumen penilaian ceklist penilaian
2. Tutorial tentang virology dan portal hypertension dengan instrumen penilaian rubrik tutorial
1. Case-based disorders of the body system with an assessment checklist assessment instrument
2. Tutorial on virology and portal hypertension with a tutorial rubric scoring instrument
50
2.
Hasil Proyek
-
Hasil proyek dalam bentuk Poster yaitu poster eduksi virus virus yang dapat menyerang ibu hamil
Dinilai dengan cek list penilaian yang di upoad ke lensa.unisayogya dalam bentuk pdf
The results of the project are in the form of posters, namely posters for the reduction of viruses that can attack pregnant women
Assessed by checking the assessment list uploaded to lens.unisayogya in pdf form
10
Sub total
60
3.
Kognitif/ Pengetahuan
Tugas
Secara berkelompok mencarai literature terkait virus virus yang sering menginfeksi dalam kasus-kasus kebidanan pada ibu dan anak berdasarkan evidence based terbaru
In groups, search the literature related to viruses that often infect in obstetric cases in mothers and children based on the latest evidence based
10
Kuis
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette (questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id)
10
Ujian Tengah Semester
Soal pilihan ganda (A-E) dalam bentuk vignette (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) in the form of a vignette (questions uploaded at lens.unisayogya.ac.id)
20
Ujian Akhir Semester
Sub total
40
Total
100
1. dr.Nafida Justica Sofiana.,M.Sc, Sp.,PK
2. yekti Satriyandari.,S.ST.,M.Kes (085727366729)
3. Istri Utami, S.ST.,M.Keb (081390846454)
4. Sri Wahtini.,S.SiT.,M.H.Kes (08122780024)
5. Tri Wahyuning Pujiastuti.,S.SiT.,M.Hkes (08156810053)
A. Utama
1. 1. Matinson, Carol. 2005. Phatofisiologi Concept of Alfered Health States.Lippincott : Philadelphia
2. Matinson, Carol. 2005. Phatofisiologi Concept of Alfered Health States.Lippincott : Philadelphia ( CD)
3. Sylvia, Prince A. 1995. Patofisiologi : Konsep Klinis Proses Penyakit. EGC : Jakarta
4. Brashers. 2008. Aplikasi Klinis Patofisiologi: pemeriksaan dan Manajemen. EGC : Jakarta
5. Corwin. 2001. Buku Saku Patofisiologi. EGC : Jakarta
6. Anonim. 2006. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam; Ed. IV. FKUI: Jakarta
7. Manuaba, IBG. 2009. Buku Ajar Patologi Obstetri untuk Mahasiswa Kebidanan. EGC : Jakarta
B. Tambahan
8. Saifuddin, A.K. (2000). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
9. Mochtar, R. (2001). Synopsis Obstetri Fisiologi Patologi. Jilid I, Edisi II. Jakarta : EGC
10. Manuaba, I.B.G. (2001). Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : Depkes RI
11. James, R., & Scott. (2002). Buku Saku Obstetri dan Ginekologi. Jakarta : Widya Medika.
12. Hakimi, M. (1996). Ilmu Kebidanan Patologi dan Fisiologi Persalinan. Jakarta : Yayasan Essensia Medica.
13. Cuningham G.F., MacDonald P.C., Grant N.F. (2001). Preterm Birth In : Williams Obstetrics. Appleton & Lange. 21th edition.
14. Koosnadi, Saputro. 2009. Akupuntur untuk Nyeri dengan Pendekatan Neurosain. Sagung Seto : Jakarta
15. Weiner, dkk. 2000. Buku Saku Neurologi. EGC : Jakarta
16. Wibowo, Samekto. 2001. Farmakologi dalam Neurologi. Salemba Medika : Jakarta
17. Undang Kesehatan Nomor 36
18. Sastro, H. (2002). Ilmu Kebidanan. Edisi 4. Jakarta : YBSBP