Diskusi Zat Gizi Protein

Kelas A

Kelas A

by Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb -
Number of replies: 136

Assalamulaikum salam sejahtera untuk kita semua, sebelum perkuliahan dimulai silahkan melanjutkan tadarus Al-quran Surat AL-Lahabdan dan doa belajar ya.

Untuk pertemuan yang ketiga ini kita akan membahas tentang ZAt Gizi Protein , silahkan kalian membaca Materi tantang Zat Gizi Protein yang sudah ada terlebih dahulu ya .

Selanjutnya kita akan mendiskusikan tentang Protein dalam forum ini

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO -
Nama : azahra andini putri

NIM : 2110101048

Assalamualaikum ibu dan teman-teman, saya ingin bertanya kepada Irma,Anggita dan fitri. Berdasarkan PPT yang ibuk berikan bahwasanya Antigen (protein) adalah zat yang berperan untuk melawan bakteri penyakit. Pertanyaan saya, dengan kita melakukan tes swab antigen yang bermacam-macam (ambil darah, lendir hidung dan udara dimulut) manakah yang paling akurat hasilnya dan mengapa? terimakasih

In reply to 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO

Re: Kelas A

by 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH -

mohon ijin saya akan menjawab dari pertanyaan mb andin lebih akurat yang mana lebih akurat yang swab pcr di hidung daripada di ambil darah sebab kalau di hidung virus corona menempel di hidung ataupun tenggorokan bagian dalam saat masuk di bagian tubuh manusia  metode ini swab di pcr hasil akhir benar benar meliht apabila terkena covid apa enggak  sedangkn rapid tessnya positive dia blum tentu karena hanya sempel darah sekian terimakasih 

In reply to 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO

Re: Kelas A

by 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA -

NAMA : ANGGITA P. A

NIM : 2110101049

permisi disini saya akan menjawab pertannyan dri andini

menurut saya lendir hidung dan mulut  (swab test)

  • karena lokasinya adalah tempat berkembangnya virus. mengapa akurat? karena  swab test merupakan satu satunya standart pengujian yg di akui WHO. tes ini bisa mendeteksi dg baik SARS-COV2 di tubuh seseorang . kelemahannya membutuhkan waktu yg lama

 maaf kalo kurang tepat ya terimakasih atas pertanyaannya

In reply to 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO

Re: Kelas A

by 2110101053 FITRIYANTI JAYA -

Mohon izin saya akan menjawab dari pertanyaan mba andin Tentang melakukan tes swab antigen yang bermacam-macam (ambil darah, lendir hidung dan udara dimulut) manakah yang paling akurat hasilnya dan mengapa? menurut saya pertanyaan mba andin hanya untuk memperbedakan saja jadi, Perbedaan swab test atau rapid test adalah dari sampel yang digunakan, dimana swab tes menggunakan lendir dalam hidung sedangkan rapid test menggunakan sampel darah. Rapid test digunakan untuk tes secara skrining sedangkan swab tes digunakan untuk diagnosa pasti terserangnya virus corona sehingga hasilnya lebih akurat. Mohon maaf apabila ada kekurangnnya. Sekian dan terimah kasih🙏

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Assalamualaikum Wr.Wb ibu dan teman-teman izin bertanya 

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

Kelas : A

NIM : 2110101059

Bagaimana cara kerja asam amino dan cara kerja protein jika keduannya sama-sama mempunyai fungsi jelaskan keduanya.

 Pertanyaan saya akan diberikan kepada arum, niken, dan katrin mohon untuk menjawabnya, cukup sekian dan terimakasih Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Kelas A

by 2110101061 ARUM DEA PUSPITASARI -

waalaikumussalam wr. wb

saya Arum Dea Puspitasari (2110101061) mohon ijin menjawab mba dina, cara kerja asam amino yaitu untuk membentuk antibodi untuk menyerang sel asing yang masuk ke dalam tubuh manusia, dan untuk menjaga keseimbangan cairan dan memperbaiki jaringan tubuh.

sedangkan cara kerja proteinnya tidak di jelaskan dalam proses apa, jadi saya akan menjelaskan cara kerja protein dalam proses pencernaan, yaitu protein yang terkandung dalam makanan, nantinya akan diubah oleh enzim protease menjadi bentuk yang lebih kecil, yaitu asam amino. enzim pepsin sebagai salah satu enzim protease yang utama juga akan mengubah protein menjadi ukuran yang lebih kecil lahi, yang disebut sebagai peptida.

sekian mba dina, mohon maaf bila ada kekurangan semoga dimengerti.

wassalamualaikum wr. wb

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Kelas A

by 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA -

Asalamualaikum.wr.wb, baiklah saya Niken Desri Fauzana akan menjawab pertanyaan dari Dina Novitalia Utaminingsih.


Bagaimana cara kerja protein dan asam amino?

Jawaban: Yang pertama adalah protein, seperti yang kita ketahui protein dibuat sendiri oleh tubuh ,namun ada juga yang diperoleh dari luar.cara mendapatkan protein yang tidak diproduksi oleh tubuh adalah makan makanan yang mengandung protein. makanan dengan protein akan dikunyah dan masuk kedalam perut yang mengandung asam kloroda dan enzim pepsin. dalam perut, protein yang masuk ke lambung oleh HCL akan diturunkan atau dinaikkan Ph nya menjadi 1,5-3,5. setelah penurunan Ph , enzim pepsin akan memecah molekul protein yang besar menjadi rantai polipeptida atau asam amino pembentuknya. dari lambung protein akan masuk kedalam usus kecil yang memiliki hormon pencernaan sekretin dan CCK. asam klorida dari lambung menyebabkan makanan bersifat asam, asam dapat menyebabkan usus kecil terluka.oleh karena itu, sekretin dan CCK mendorong pankreas mensekresikan natrium bikarbonat untuk menetralkan sifat asamnya. proses pemecahan protein dalam usus kecil dan menyentuh enterokinase yang menempel di dinding usus, kerja enterokinase seperti alarm bangun untuk para enzim. enterokinase membangunkan enzim tripsin yang tertidur dan mengaktifkannya. enzim tripsin yang tertidur pun juga ikut membangunkan temannya, yaitu enzim kemotripsin.

yang kedua adalah asam amino, asam amino merupakan suatu senyawa yang penting bagi tubuh kita sebagai salah satu molekul pembentuk protein. fungsi asam amino sendiri angat penting bagi tubuh, terutama untuk anak-anak yang sedang didalam masa tumbuh kembang. asam amino didalam tubuh berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung selain itu asam amino juga dapat menjadi nutrisi penting bagi jantung. menjaga keseimbangan enzim dan hormon, membentuk neutotransmitter, membentuk antibodi , menjaga keseimbangan cairan dan memperbaiki cairan dan memperbaiki jaringan tubuh.


sekian jawaban dari saya semoga bisa dimengerti, wasalamualaikum.wr.wb.

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Kelas A

by 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI -
saya katrin septia (2110101062) izin menjawab dri pertanyaan mba dina,

Struktur asam amino secara umum yaitu satu atom C yang mengikat empat gugus diantaranya gugus amina (NH2), gugus karboksil (COOH), atom hidrogen (H), dan satu gugus sisa (R, dari residue) disebut juga gugus atau rantai samping yang membedakan satu asam amino dengan asam amino lainnya .Sedangkan struktur protein adalah susunan tiga dimensi atom-atom dalam molekul protein, yang merupakan rantai asam amino.Struktur protein berkisar dari ukuran puluhan hingga ribuan asam amino. Berdasarkan besarnya, protein termasuk ke dalam nanopartikel (ukuruan 1–100 nm).

sekian mba dina,mohon maaf jika ada kekurangan dalam menjawab pertanyaan.Terimakasih

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum 

Nama : Monika Jumarnis 

NIM : 2110101006

Bagaimana proses terjadinya reaksi millonase ?

Mohon ketersediaan untuk azira, pita dan nabila untuk menjawab yaa

Terima Kasih


In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Kelas A

by 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI -

Waalaikumsalam wr.wb saya Nabila Aulia zwageri izin menjawab pertanyaan Monika Jumarnis 

Pereaksi Millon adalah pereaksi yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan protein terlarut.

Pereaksi Millon dibuat dengan melarutkan logam raksa dalam asam nitrit lalu diencerkan dengan air. Dalam pengujian, gugus fenol yang merupakan substituen asam amino tirosina mengalami reaksi nitrasi, dan hasil reaksi tersebut kemudian bereaksi dengan ion Hg(I) atau Hg(II) dan menghasilkan senyawa kompleks berwujud endapan berwarna merah. Uji Millon tidak spesifik untuk identifikasi protein; karena juga menunjukkan hasil positif untuk senyawa lain yang mengandung gugus fenol. Oleh karena itu, uji biuret atau uji ninhidrin disertakan untuk memastikan keberadaan protein.



In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Kelas A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -


Assalamualaikum wr.wb

Sebelum nya saya pita Aningsih dengan Nim:2110101008 izin menjawab pertanyaan dari mbak Monika tentang Bagaimana proses reksi millon nase?


Pereaksi Millon dibuat dengan melarutkan logam raksa dalam asam nitrit lalu diencerkan dengan udara. Dalam pengujian, gugus fenol yang merupakan substituen asam amino tirosin mengalami reaksi nitrasi, dan hasil reaksi tersebut kemudian bereaksi dengan ion Hg(I) atau Hg(II) dan menghasilkan senyawa kompleks yang terbentuk pada bunga berwarna merah. Uji Millon tidak spesifik untuk mencari protein; karena juga menunjukkan hasil positif untuk senyawa lain yang mengandung gugus fenol. Oleh karena itu, uji biuret atau uji ninhidrin disertakan untuk memastikan keberadaan protein.


Mohon maaf kalau ada kesalahan 🙏🏻 Mohon di koreksi,,,sekian Terimakasih 🙏🏼 


Wassalamu'alaikum wr.wb

In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -
Assalamu'alaikum, sebelumnya saya Azira Syiffa Ramadhani dengan NIM 2110101009 izin menjawab pertanyaan dari mba Monika


Pereaksi Millon adalah pereaksi yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan protein terlarut. Beberapa tetes pereaksi ditambahkan ke larutan uji, yang kemudian dipanaskan dengan perlahan. Endapan coklat kemerahan menunjukkan adanya tirosina dalam protein.[1] Uji ini dikembangkan oleh kimiawan Prancis Auguste Nicolas Eugene Millon (1812-1867). Pereaksi Millon diproses dengan melarutkan logam raksa dalam asam nitrit lalu diencerkan dengan air. Dalam pengujian, gugus fenol yang merupakan substituen asam amino tirosina mengalami reaksi nitrasi, dan hasil reaksi tersebut kemudian bereaksi dengan ion Hg(I) atau Hg(II) dan menghasilkan senyawa kompleks berwujud endapan berwarna merah. Uji Millon tidak spesifik untuk identifikasi protein; karena juga menunjukkan hasil positif untuk senyawa lain yang mengandung gugus fenol.

Sekian dari saya, Terima Kasih

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH -

Assalamu'alaikum wr.wb, izin bertanya

Nama : Ardelia Azmi F
Nim     : 2110101039

Berdasarkan bentuknya, jelaskan ciri protein serabut ( fibrous ) dan berikan contohnya

Pertanyaan ini saya tunjukkan kepada  : Heni, Anisah, Sylvia 

Mohon untuk ketersediaannya menjawab pertanyaan saya, terima kasih





In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Kelas A

by 2110101052 ANISAH -

Izin menjawab Anisah 2110101052 dari pertanyaan ardelia Azmi Faizah 

Ciri ciri protein serabut (fibrous) :

1.) Tidak larut dalam air 

2.) Merupakan molekul serabut panjang dengan rantai polipeptida yang memanjang pada satu sumbu dan tidak berlipat menjadi bentuk globuler.

Contohnya : keratin pada rambut,kolagen pada urat,fibroin pada sutera.

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Kelas A

by 2110101033 SYLVIA PUTRI -

Wa'alaikumussalam

Izin menjawab

Nama : sylvia putri

Nim : 2110101033

Ciri-ciri protein serabut (fibrous) yaitu tidak larut dalam air, dan merupakan molekul serabut panjang dengan rantai polipeptida yang memanjang pada satu sumbu dan tidak berlipat menjadi bentuk globuler. 

Contohnya yakni : keratin pada rambut, kolagen pada urat, fibroin pada sutera.

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Kelas A

by 2110101018 HENI INDRIANI -

Baik terimakasih mba Ardelia untuk pertanyaannya, saya izin menjawab

Karakteristik protein bentuk serabut adalah memiliki daya larut yang rendah, kekuatan mekanis yang tinggi, dan tahan terhadap enzim pencernaan dan contohnya kolagen, keratin, aktin, dan miosin

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101016 CICI PANGESTI DEWI -

Assalamualaikum wr.wb

Nama : Cici Pangesti Dewi

NIM: 2110101016

izin bertanya pada materi denaturasi protein itu ph dan suhu yang tinggi,maka protein globuler akan mengalami perubahan fisik yang dinamakan denaturasi,pertanyaannya faktor apasaja yang mempengaruhi perubahan protein dan apasaja contoh perubahan denaturasi di kehidupan sehari hari?

pertanyaan ini ditunjukan kepada : Dea resita,fitrilia Rahmawati dan Aliffah M A

mohon untuk ketersediaannya menjawab pertanyaan

In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Kelas A

by 2110101014 DEA RESITA -

assalamualaikum wr.wb 

saya Dea Resita 

nim 2110101014

kelas A

izin menjawab pertanyaa dari saudari Cici Pangesti 


Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya denaturasi pada protein antara lain :

1.      Suhu pada lingkungan

2.      pH

3.      tekanan

4.      aliran listrik

5.      adanya campuran bahan kimia

6.      alkohol

7.      agen pereduksi


Denaturasi protein pada daging

     Proses pemanasan dapat mengakibatkan terjadinya denaturasi protein pada daging yang menyebabkan perubahan pada struktur daging yaitu menjadi kering, kandungan air berkurang, dan menjadi kenyal.

     Pemanasan dapat menyebabkan serabut protein daging  menjadi liat oleh karena koagulasi dan penyusutan protein myofibrillar dan jaringan ikat. Proses pemasakan cepat akan membuat daging menjadi liat karena selama pemanasan terjadi denaturasi protein dan denaturasi collagen, yang diikuti dengan penyusutan dan penegangan jaringan ikat, sehingga daging menjadi liat. Peliatan terjadi saat protein mengalami denaturasi pada suhu 50-800C.Perubahan struktur ini tergantung pada waktu pemanasan, suhu, dan jumlah collagen yang ada pada daging. Proses pemasakan yang cukup lama hingga mencapai suhu yang melampaui suhu penyusutan collagen (60-650C), akan membuat daging menjadi empuk karena collagen diubah menjadi gelatin. Proses pengempukan atau collagen terhidrolisa menjadi gelatin terjadi bila suhu pemasakan mencapai lebih dari 750C.


mohon maaf jika ada kesalahan dalam jawaban saya, mohon koreksinya terima kasih wassalammualaikum wr.wb

In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Kelas A

by 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH -
Perkenalkan nama saya Aliffah Musfirotun Azzahroh dengan NIM 2110101020 akan menjawab pertanyaan dari cici

Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya denaturasi pada protein antara lain :

1. Suhu pada lingkungan

2. pH

3. tekanan

4. aliran listrik

5. adanya campuran bahan kimia

6. alkohol

7. agen pereduksi

Denaturasi protein pada telur

     Pemanasan putih telur pada suhu sekitar 60 C-70 C mengakibatkan albumin membuka lipatannya dan menghasilkan suatu endapan berupa zat padat putih. Endapan ini tidak dapat kembali ke bentuk semula. Begitu pula dengan enzim yang dipanaskan pada suhu tinggi. Enzim tersebut menjadi tidak aktif dan tidak dapat berfungsi lagi sebagai biokatalis

Sekian terimakasih


In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Kelas A

by 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam saya Fitrilia Rahmawati dengan Nim 2110101015 dari kelas A, terimakasih atas pertanyaannya, mohon ijin menjawab pertanyaan dari saudari Cici Pangesti, Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya denaturasi pada protein antara lain :

1.      Suhu pada lingkungan

2.      pH

3.      tekanan

4.      aliran listrik

5.      adanya campuran bahan kimia

6.      alkohol

7.      agen pereduksi

Sedangkan contoh perubahan denaturasi protein dalam kehidupan sehari-hari salah satunya yaitu Denaturasi protein pada rambut.

     Protein pada rambut manusia terdiri dari unsur sistin , yaitu senyawa asamamino yang memiliki unsur sulfida , dalam jumlah presentase yang cukup tinggi .Jembatan disulfida -S-S- dari sistin merupakan salah satu faktor utama yangbertanggung jawab atas berbagai bentuk dari rambut kita . Rambut lurus atau keriting dikarenakan keratin mengandung jembatan disulfidayang membuat molekul mampuuntuk mempertahankan bentuk- bentuk tertentu.

Proses rebonding melibatkan proses kimiawi yang mengubah struktur protein dalam rambut. Proses rebonding menghasilkan perubahan permanen pada rambut yang terkena aplikasi. Namun rambut baru yang tumbuh dari akar rambutakan tetap mempunyai bentuk rambut yang asli. Jadi, rebonding bukan pelurusan rambut biasa yang hanya menggunakan perlakuan fisik, tapi juga menggunakan perlakuan kimiawi yang mengubah struktur protein dalam rambut secara permanen. Proses rebonding melalui proses pencatokan yang menggunakan panas. Pemanasan mengakibatkan putusnya ikatan-ikatan penyusun protein, antara lain putusnya ikatan hydrogen.

Sekian dari saya mohon maaf apabila ada kekurangan,mohon dikoreksi terimakasih🙏

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI -

assalamu'alaikum saya Nabila Aulia Zwageri Nim 2110101004

ingin bertanya, apa yang terjadi jika manusia atau hewan tidak memiliki protein

pertanyaan ini di tujukan kepada

1. Frista F

2. Azira Syifa R

3. Aris Fatmala

Terimakasih wassalamu'alaikum wr.wb


In reply to 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI

Re: Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum, saya izin menjawab pertanyaan dari mba Nabila

Protein adalah nutrisi dengan fungsi utama memperbaiki jaringan sel agar bisa bekerja dengan baik. Zat gizi ini ditemukan di seluruh tubuh termasuk tulang, kulit, otot, serta rambut. Bisa dikatakan, sekitar 20% tubuh manusia terbentuk dari protein. Salah satu fungsi paling penting protein yaitu memproduksi enzim dan hormon untuk membantu menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Enzim bekerja dengan menggerakkan reaksi kimia dan hemoglobin yang membawa oksigen ke dalam darah, sedangkan hormon akan menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu, protein juga punya fungsi untuk membangun sel dan jaringan dalam tubuh, meningkatkan sistem imun, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Pada hewan, protein juga berfungsi untuk membantu pembentukan dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Sehingga jika tidak ada protein dalam tubuh manusia dan hewan maka akan terjadi kerusakan sel-sel yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Sekian dari saya, Terima Kasih

In reply to 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI

Re: Kelas A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Waalaikumsalam wr.wb

saya Firsta Fadhlila Putri dengan NIM 2110101060 izin menjawab pertanyaan dari Nabila

Protein merupakan salah satu makronutrien yang sangat penting untuk perbaikan dan pembentukan berbagai jaringan tubuh, selain juga sebagai sumber energi. Bila tubuh kekurangan protein, dapat muncul sejumlah gangguan kesehatan yang efeknya tidak bisa disepelekan.

Kekurangan protein tidak hanya menyebabkan munculnya rasa lapar, lelah, dan lemas, tetapi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Protein merupakan makronutrien yang dibutuhkan untuk membangun, memperbaiki, dan mengatur fungsi berbagai jaringan dan organ tubuh, termasuk otot.

Setidaknya terdapat 10 ribu jenis protein yang berbeda dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Kementerian Kesehatan membagi kebutuhan protein per hari menjadi beberapa kelompok umur yaitu:

  • 0 – 6 bulan: 12 gram
  • 7 – 11 bulan: 18 gram
  • 1 – 3 tahun: 26 gram
  • 4 – 6 tahun: 35 gram
  • 7 – 9 tahun: 49 gram
  • 10 – 12 tahun: 56 gram (laki-laki), 60 gram (perempuan)
  • 13 – 15 tahun: 72 gram (laki-laki), 69 gram (perempuan)
  • 16 – 80 tahun: 62 hingga 65 gram (laki-laki), 56 hingga 59 gram (perempuan)

Sekitar 20% dari tubuh manusia terbentuk dari protein. Karena protein tidak disimpan di dalam tubuh karena itu dibutuhkan asupan protein yang cukup sesuai dengan kebutuhan agar tidak menimbulkan berbagai penyakit.

Sekian pertanyaan yang dapat saya jawab, mohon koreksi bila ada kekeliruan.
In reply to 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI

Re: Kelas A

by 2110101019 ARIS FATMALA -

Assalamualaikum 

Saya ARIS FATMALA ingin menjawab pertanyaan dari NABILA AULIA ZWAGERI 

Assalamualaikum saya aris fatmala ingin menjawab pertanyaan dari Nabila Aulia Zwageri 

Manusi tidak bisa hidup hanya dengan memakan roti terutama karena ia akan mengalami scurvy (penyakit karena kekurangan vitamin c) dalam sebulan.

Protein juga merupakan salah satu makro makronutrien yang sangat penting untuk perbaikan dan pembentukan sebagai energi. Bila tubuh kekurangan protein, dapat muncul sejumlah gangguan kesehatan yang efeknya tidak bisa disepelekan. Kekurangan protein tidak hanya menyebabkan munculnya rasa lapar, lelah, dan lemas, tetapi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh anda menurun.

Sekian jawaban dari saya mohon maaf jika masih ada kekurangan🙏

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum , izin memberikan pertanyaan 

Nama : Azira Syiffa Ramadhani
NIM : 2110101009

seperti yang kita ketahui,dengan cara dihidrolisis oleh asam atau enzim protein akan menghasilkan asam amino. pertanyaannya apa saja manfaat asam amino bagi tubuh manusia ?

saya meminta kesediaan mba Syarah, Amaliah Zidny, dan Afifah untuk menjawab. Terima Kasih

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Kelas A

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Waalaikumsalam wr,wb

Terimakasih mba azira untuk pertanyaannya, saya syarah khairunnisa ramadhani dengan Nim 210101021 izin menjawab

Manfaat asam amino bagi tubuh yaitu:

1. Menjaga kesehatan jantung

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

3. Mengatur keseimbangan enzin dan hormon

4. Mengatur Keseimbangan Cairan dan Perbaiki Jaringan Tubuh

Adapun sumber makan yang dapat kita makan yang mengandung asam amino yaitu :

1. Daging tanpa lemak

2. Telur dan susu

3. Kedelai

4. Ikan Tuna

5. Kacang

Mohon maaf jika masih ada yang kurang, teman teman yang lain bisa membantu untuk menambahkan

Terimakasih🙏

Wassalamualaikum wr,wb

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Nama : Amalia Zidny

NIM   : 2110101023


Terima kasih untuk pertanyaannya Azira, dalam tubuh manusia diperlukan asam amino. Nah manfaat dari asam amino antara lain :

  1. Mencegah kerontokan rambut. Menurut penelitian dari Clinical and Experimental Dermatology, kerontokan rambut cukup erat kaitannya dengan kekurangan zat besi dan asupan lisin yang tidak optimal. Nah, lisin merupakan salah satu dari banyaknya jenis asam amino.
  2. Meningkatkan massa otot. Sebab, otot terbentuk dari protein yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang untuk lemak dalam tubuh.
  3. Menjaga kesehatan jantung. Menurut studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine, National Institutes of Health, asam amino baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, beberapa jenis asam amino diyakini dapat menjadi nutrisi penting untuk menjaga fungsi kardiovaskular. Kekurangan beberapa jenis asam amino dikaitkan dengan disfungi jantung.
  4. Meningkatkan stamina dan daya otot. Manfaat asam amino juga bisa meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati. Alhasil, kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan kian meningkat. Tak hanya itu, ia juga bisa menghindari depresi dan meningkatkan daya ingat

Itulah beberapa manfaat asam amino pada tubuh.

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Kelas A

by 2110101025 AFIFAH ROSIANA -

Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaannya, saya Afifah Rosiana dengan NIM 2110101025 izin menjawab pertanyaannya ya mbak, 

Berikut manfaat asam amino untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut tidak hanya bisa dicegah oleh produk kecantikan saja, lho. Masalah rambut ini juga bisa dicegah dengan asam amino. Ya, salah satu manfaat asam amino adalah mencegah rambut rontok sekaligus menjaga kesehatan kulit dan kuku. Menurut penelitian dari Clinical and Experimental Dermatology, kerontokan rambut cukup erat kaitannya dengan kekurangan zat besi dan asupan lisin yang tidak optimal. Nah, lisin merupakan salah satu dari banyaknya jenis asam amino.

2. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat asam amino juga dapat membuat otot kamu “tersenyum”. Sebab, otot terbentuk dari protein yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang untuk lemak dalam tubuh.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Menurut studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine, National Institutes of Health, asam amino baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, beberapa jenis asam amino diyakini dapat menjadi nutrisi penting untuk menjaga fungsi kardiovaskular. Kekurangan beberapa jenis asam amino dikaitkan dengan disfungsi jantung.

4. Menjaga Keseimbangan Hormon dan Enzim

Kamu harus waspada jika kekurangan asam amino, karena bisa jadi hormon dan enzim dalam tubuhmu jadi kacau, terutama hormon keseimbangan. Manfaat asam amino lainnya adalah untuk melepaskan insulin, sehingga tingkat keseimbangan gula darah terjaga. Sementara itu, hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak dan energi, serta memperkuat tulang dan kolagen.

5. Meningkatkan Stamina dan Daya Ingat

Makanan tinggi asam amino juga bisa menghindarkan kamu dari kelelahan. Di samping itu, manfaat asam amino juga bisa meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati. Alhasil, kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan kian meningkat. Tak hanya itu, ia juga bisa menghindari depresi dan meningkatkan daya ingat.



In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101052 ANISAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Ini pertanyaan saya  mengenai zat gizi makro protein 

Jelaskan atau terangkan bagaimana identifikasi protein atau asam amino ?

Syarah Khairunnisa,Mila,Naura 

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikum 

Saya Mila Novika Sari

2110101050

Saya Izin menjawab pertanyaan dari mbak Annisah 

Asam amino atau asam amino adalah protein yang sudah dipecah melalui proses metabolisme menjadi molekul-molekul kecil. Dengan demikian, sel-sel tubuh akan lebih mudah menggunakan zat ini untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mendukung proses pemulihan hingga pembentukan sel baru.

Asam amino atau asam amino adalah bentuk paling sederhana dari protein. Di dalam tubuh, protein yang Anda peroleh dari berbagai macam makanan, seperti telur, ikan, daging, dan ayam, akan diolah melalui proses pencernaan dan metabolisme.

Pemecahan protein menjadi asam amino dibantu oleh berbagai macam  enzim pencernaan  dalam tubuh, seperti enzim pepsin yang ada di lambung dan enzim tripsin, karboksipeptidase, serta kimotripsin yang dihasilkan oleh pankreas.

 Iya mungkin ini lh jawaban saya atas pertanyaan dri mbak Annisah maaf sebelumnya klau ada kesalahan dri jawaban saya. Terimakasih mbak Annisah

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101025 AFIFAH ROSIANA -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Afifah Rosiana

NIM : 2110101025 

Sebagaimana yang tertera pada PPT mengenai fungsi protein utama. Menurut teman-teman apa yang dimaksud dengan fungsi protein sebagai alat transport? 

Pertanyaan ini saya ajukan untuk rekan amalia, fatma dan intan. 

In reply to 2110101025 AFIFAH ROSIANA

Re: Kelas A

by 2110101019 ARIS FATMALA -

Assalamualaikum 

Saya aris fatmala dari kelas A ingin menjawab pertanyaan dari AFIFAH ROSIANA 

Fungsi protein transport, yaitu mengikat dan membawa atom dan molekul kecil di dalam sel dan ke seluruh tubuh. Misalnya hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengantarkannya ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Contoh lainnya adalah lipoprotein yang membantu transportasi lipid atau lemak dalam tubuh.

Sekian jawaban dari saya terimakasih🙏🙏

In reply to 2110101025 AFIFAH ROSIANA

Re: Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualakum wr.wb.

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023


Terima kasih atas pertanyannya Rekan Afiffah. Protein sebagai alat transport adalah pada hemoglobin, protein berperan mengangkut oksigen dalam eritrosit, sedangkan mioglobin berperan dalam pengangkutan ion besi di dalam plasma darah selanjutnya dibawa ke hati. Nah alat angkut oksigen dalam hemoglobin tersebut yang disebut protein sebagai alat transportasi.

Wasalamualakikum wr.wb.

In reply to 2110101025 AFIFAH ROSIANA

Re: Kelas A

by 2110101024 INTAN LAROIBA KHURIJATI HAJID -

Assalamualaikum


Saya Intan Laroiba (2110101024 ), akan menjawab pertanyaan dari Afifah Rosiana


Fungsi transport protein :

menjadi alat transportasi bagi senyawa kimia untuk melewati aliran darah, serta masuk/keluarnya sel tubuh

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH -

assmualaikum wr wb 

nama : irma misbahul jannah 

nim    : 2110101044

ibu dan temen temen ijin saya mau bertanya  apa dampak mengkomsumsi zat gizi makro yang tidak sesuai ?

kepada mb andin dan mb anggit dan mb mayra silakan yang mau jawab temen-temenku sekalian


In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: Kelas A

by 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO -

waalikumsalam mb irma saya Azahra andini dengan nim 2110101048 ijin menjawab ya dampak dari mengkonsumsi zat gizi makro yang tidak sesuai ialah pada masalah penglihatan akibat kekurangan vitamin A , anemia karna kekurangan zat besi, penyakit gondok karna kekurangan yodium dan penyakit beri-beri akibat kekurangan vitamin B1.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Assallamualaikum,wr,wb

Nama : Tjahya Pramudyaning Sumantri

Nim : 2110101051

mohon maaf saya ingin bertanya ibuk kepada teman saya Andin,Nadila dan Baita.

Dipoweer point tersebut disebutkan bahwa salah satu fungsi protein adalah sebagai biokatalisis,nah pertanyaan saya bagaimana cara kerja enzim sebagai biokatalisis?

sekian terima kasih. 

wassallamualaikum,wr,wb


In reply to 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI

Re: Kelas A

by 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO -

waalaikumsalam mba cahya, saya azahra andini dengan nim 2110101048 ijin menjawab pertanyaan cara kerja enzim sebagai biokatalis. jadi, cara kerja enzim sebagai biokatalis dilakukan melalui percepatan reaksi dengan cara menurunkan energi yang diperlukan untuk berlangsungnya reaksi kimia di dalam sel hidup.

In reply to 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI

Re: Kelas A

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum wr wb.

Nama : Baita Awiktamara Nisa

NIM : 2110101038

Kelas : A

Mohon ízin menjawab pertanyaan dari mbak Tjahya Pramudyaning Sumantri.

Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi mempercepat reaksi kimia dengan menurunkannenergi aktivasi tetapi tidak mengubah reaksi atau tidak mempengaruhi hasil akhir reaksi. Oleh karena itu enzim disebut biokatalisator. Enzim dapat memecah substrat menjadi produk dan dapat pula sebaliknya.

Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI

Re: Kelas A

by 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA -

waalaikumusalam wr.wb

saya Nadila hellena imanda(2110101047),  izin menjawab pertanyaan dari mbak cahya.

Menurut saya cara kerja enzim sebagai biokatalisator yaitu hanya mengubah kecepatan reaksi dengan menurunkan energi aktivasinya.

mohon maaf apabila jawabanya kurang tepat. Terima kasih untuk pertanyaanya ya mbak cahya.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023


Assalamualaikum wr.wb.

Izin bertanya kepada Afifah, Azira . Pada akhir PPT terdapat uji kualitatif lain untuk pembuktian protein. Bisa tolong jelaskan bagaimana metode Lowry?

Terima kasih.

Wassalamualakium wr.wb.

In reply to 2110101023 AMALIA ZIDNY

Re: Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb. sebelumnya perkenalkan saya Azira Syiffa Ramadhani dengan NIM 2110101009 izin menjawab pertanyaan dari mba Amaliah.

Metode Lowry mengkombinasikan pereaksi biuret dengan pereaksi lain (Folin-Ciocalteauphenol) yang bereaksi dengan residu tyrosine dan tryptophan dalam protein. Reaksi ini menghasilkan warna kebiruan yang bisa dibaca di antara 500 – 750 nm, tergantung sensitivitas yang dibutuhkan. Akan muncul puncak kecil di sekitar 500 nm yang dapat digunakan untuk menentukan protein dengan konsentrasi tinggi dan sebuah puncak besar disekitar 750 nm yang dapat digunakan untuk menentukan kadar protein dengan konsentrasi rendah. Metode ini lebih sensitif untuk protein konsentrasi rendah dibanding metode biuret. (Soeharsono, 2006). Metode Lowry merupakan pengembangan dari metode Biuret. Dalam metode ini terlibat 2 reaksi. Awalnya, kompleks Cu(II)-protein akan terbentuk sebagaimana metode biuret, yang dalam suasana alkalis Cu(II) akan tereduksi menjadi Cu(I). Ion Cu+ kemudian akan mereduksi reagen Folin-Ciocalteu, kompleks phosphomolibdat phosphotungstat (phosphomolybdotungstate), menghasilkan heteropoly molybdenum blue akibat reaksi oksidasi gugus aromatik (rantai samping asam amino) terkatalis Cu, yang memberikan warna biru intensif yang dapat dideteksi secara kolorimetri.

Sekian dari saya, wassalamu'alaikum wr.wb

In reply to 2110101023 AMALIA ZIDNY

Re: Kelas A

by 2110101025 AFIFAH ROSIANA -

Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaannya, saya Afifah Rosiana dengan NIM 2110101025 izin menjawab ya mbak. 

Metode Lowry mengkombinasikan pereaksi biuret dengan pereaksi lain (Folin-Ciocalteauphenol) yang bereaksi dengan residu tyrosine dan tryptophan dalam protein. Reaksi ini menghasilkan warna kebiruan yang bisa dibaca di antara 500 – 750 nm, tergantung sensitivitas yang dibutuhkan. Akan muncul puncak kecil di sekitar 500 nm yang dapat digunakan untuk menentukan protein dengan konsentrasi tinggi dan sebuah puncak besar disekitar 750 nm yang dapat digunakan untuk menentukan kadar protein dengan konsentrasi rendah. Metode ini lebih sensitif untuk protein konsentrasi rendah dibanding metode biuret. 

Protein dengan asam fosfotungsat-fosfomolibdad pada suasana alkalis akan memberikan warna biru yang intensitasnya bergantung pada konsentrasi protein yang ditera. Untuk mengetahui banyaknya protein dalam larutan, terlebih dahulu dibuat kurva standar yang melukiskan hubungan antara konsentrasi dan optical dencity (OD).

Biasanya digunakan serum albumin. Larutan Lowry ada dua macam yaitu larutan A yang terdiri dari fosfotungstat-fosfomolibdad (1:1) dan larutan Lowry B yang terdiri dari Na-carbonat 2% dalam NaOH 0,1 N, kupri sulfat dan Na-K-tartat 2%. Cara penentuannya seperti berikut: 1 ml larutan protein ditambah 5 ml Lowry B, digojong dan dibiarkan selama 10 menit. Kemudian ditambah 0,5 ml Lowry A digojong dan dibiarkan 20 menit. Selanjutnya diamati OD-nya.

Metode Lowry merupakan pengembangan dari metode Biuret. Dalam metode ini terlibat 2 reaksi. Awalnya, kompleks Cu(II)-protein akan terbentuk sebagaimana metode biuret, yang dalam suasana alkalis Cu(II) akan tereduksi menjadi Cu(I). Ion Cu+ kemudian akan mereduksi reagen Folin-Ciocalteu, kompleks phosphomolibdat phosphotungstat (phosphomolybdotungstate), menghasilkan heteropoly molybdenum blue akibat reaksi oksidasi gugus aromatik (rantai samping asam amino) terkatalis Cu, yang memberikan warna biru intensif yang dapat dideteksi secara kolorimetri.



In reply to 2110101023 AMALIA ZIDNY

Re: Kelas A

by 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH -

Perkenalkan

Nama :Aliffah Musfirotun Azzahroh

Nim:2110101020

akan menjawab pertanyaan dari Amalia Zidny terkait bagaimana metode lowry

Metode Lowry merupakan pengembangan dari metode Biuret. Dalam metode ini terlibat 2 reaksi. Awalnya, kompleks Cu(II)-protein akan terbentuk sebagaimana metode biuret, yang dalam suasana alkalis Cu(II) akan tereduksi menjadi Cu(I). Ion Cu+ kemudian akan mereduksi reagen Folin-Ciocalteu, kompleks phosphomolibdat phosphotungstat (phosphomolybdotungstate), menghasilkan heteropoly molybdenum blue akibat reaksi oksidasi gugus aromatik (rantai samping asam amino) terkatalis Cu, yang memberikan warna biru intensif yang dapat dideteksi secara kolorimetri.

Sekian terimakasih 🙏

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101028 LEDY SUPRIHATIN -

assalamu'alaikum ibu dan temen temen

NAMA : LEDY SUPRIHATIN 

NIM : 2110101028 

izin bertanya apa yang terjadi jika tubuh kekurangan zat gizi (makro) dan bagaimana cara agar bisa mencukupi protein bagi tubuh kita, kepada dina, lia, okta mohon ketersediaannya untuk menjawab terima kasih 

wassalamu'alaikum 

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Kelas A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

waalaikum salam wr.wb

terima kasih ka ledy

saya DINA BELA SETIAWATI

NIM ; 2110101037

Ijin menjawab


yang terjadi jika tubuh kita kekurangan zat gizi mikro

yang terjadi adalah 

-mudah lapar

-gangguan kognitif

- beberapa bagian tubuh membengkak 

- kehilangan masa otot

- perlemakan hati

- rambut rontok


Dan bagaimana cara kita mencukupi protein bagi tubuh kita

- usahakan makan-makanan sumber protein lebih dulu

- makan beragam sumber protein nabati

- coba konsumsi susu protein

- jadikan keju sebagai cemilan

- ganti sereal dengan makan telur





In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Kelas A

by 2110101034 LIA AGUSMARLINA -
nama : Lia Agusmarlina 

Nim : 2110101034

Assalamu'alaikum saya izin untuk menjawab pertanyaan dari ledy Suprihatin.

kamu terjadi jika tubuh kekurangan zat gizi makro adalah yaitu Gejala kekurangan nutrisi yang paling umum adalah penurunan berat badan, mudah lelah, gusi, dan mulut yang sering mengalami luka, pipi dan mata terlihat cekung, serta mudah merasa kedinginan. Kekurangan nutrisi juga menyebabkan kamu mengalami gangguan pada otot. Hal ini menyebabkan kamu sering mengalami kram otot.

Dan cara mencukupi nya adalah 

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi yang seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yoghurt, jus buah). ... 

asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan.

Terimakasih 🙏

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Kelas A

by 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr.wb
 
NAMA:  Oktaviaana Rahmawati 
NIM    : 2110101046
KELAS: A

Mohon izin menjawab pertanyaan dari Ledy Suprihatin.
Kekurangan zat gizi makro dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Kekurangan asupan makronutrien dapat membuat seseorang mengalami kwashiorkor, marasmus, dan kekurangan energi. Sementara itu, kekurangan mikronutrien mungkin menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih beragam, seperti:
- masalah penglihatan akibat kekurangan vitamin A,
- anemia akibat kekurangan zat besi,
- penyakit gondok akibat kekurangan yodium, serta
- penyakit beri-beri akibat kekurangan vitamin B1.

Cara mencukupi kebutuhan protein bagi tubuh kita:
• Usahakan makan makanan sumber protein lebih dulu.
• Makan beragam sumber protein nabati.
• Jangan lupa makan sumber protein hewani. 
• Coba konsumsi susu protein. 
• Sertakan makanan tinggi protein setiap kali makan. 
• Jadikan keju sebagai camilan. 
• Ganti sereal dengan makan telur.


In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

 

  Mila Novika Sari

   2110101050

assalamualaikum ibu dan teman teman smua 

saya izin bertanya kepada Rike,Baita,Adelia

  Apakah yang dimaksud dengan protein lengkap atau protein yang  bernilai biologik tinggi?



In reply to 2110101050 MILA NOVIKA SARI

Re: Kelas A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam wr.wb 

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043

Saya Rike izin menjawab pertanyaan Novi 



Protein bernilai biologi tinggi, yang lebih lengkap kandungan asam amino esensialnyabiasanya dari golongan hewani, misalnya telur, daging ayam, ikan, susu, dan kerang dalamjumlah yang sesuai anjuran. Asupan protein rendah ini diberikan untuk memperlambatprogresi menuju gagal ginjal untuk pasien gagal ginjal yang belummenjalani hemodialisasecara rutin (Rubeinstein, 2005).Pengaturan keseimbangan yang ada di ginjal di pengaruhi hormon renin angiotensin-aldosteron system (RAAS) dikarenakan hormon ini bekerja di ginjal. Oleh karena itu, ginjalmemainkan peranan penting dalam perubahan jangka panjang pada tekanan darah. Hormon-hormon tersebut bereaksi di ginjal untuk mengkontrol jumlah sodium dan air yang dikeluarkan. Jika terlalu banyak air atau sodium yang tinggal di ginjal, jumlah cairan dalamdarah yang disebut dengan volume darah akan meningkat. Hal ini juga berlaku sebaliknya,jika jumlah cairan yang tinggal di ginjal sedikit maka volume darah akan menurun danmengakibatkan penurunan tekanan darah. Hal ini dapat terjadi jika ginjal sudah mengalamikerusakan (Ramadhan, 2010).

In reply to 2110101050 MILA NOVIKA SARI

Re: Kelas A

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum wr wb. 

Nama : Baita Awiktamara Nisa

NIM : 2110101038

Mohon izin menjawab pertanyaan dari mbak Mila Novika Sari.

Protein merupakan komponen penting di setiap sel tubuh dan terdiri dari 20 asam amino. Sembilan dari 20 asam amino ini disebut asam amino esensial yang harus kita dapatkan dari makanan. Manfaat protein sendiri bagi tubuh antara lain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan tumbuh kembang anak. Protein juga diperlukan dalam jumlah besar oleh tubuh agar sel-selnya dapat bekerja dengan baik. 

Protein bernilai biologi tinggi adalah protein yang memiliki  kandungan asam amino esensialnya lebih lengkap biasanya dari golongan hewani, misalnya telur dan susu.

Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101050 MILA NOVIKA SARI

Re: Kelas A

by 2110101058 PUTRI ADELIA -

waalaikumsallam wr,wb..

nama: putri adelia

nim: 2110101058

ijin menjawab pertanyaan novi


protein biologis tinggi yang lebih lengkap asam amino esensialnya biasanya dari golongan hewani, miasalnya telur, daging ayam,ikan,susu, dan kerang dalam jumlah sesuai anjuran......


sekian jawaban dari saya mohon maaf kalau ada kekurangan ataupun kesalahan.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH -

Assalamualaikum, saya Fauzia Alvian Nurkasanah, NIM 2110101036. Izin bertanya terkait materi zat gizi protein. 

Sebut dan jelaskan struktur protein!

Pertanyaan ini saya tujukan kepada Salma, Bisyarotul Walidah, Maulidya dan Riris. Terima kasih.


In reply to 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH

Re: Kelas A

by 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI -

Nama : Salma Safira Damayanti

NIM 2110101057

ingin menjawab pertanyaan dari Fauzia Alvian


Struktur primer > menggambarkan urutan asam amino penyusunnya, dihubungkan oleh ikatan peptida


Struktur sekunder > menggambarkan bentuk lipatan polipeptida, dihubungkan oleh ikatan hydrogen, ikatan hidrofob, ikatan ion


Struktur tertier > menggambarkan bentuk sesungguhnya dari protein dalam struktur & dimensinya, dihubunngkan ikatan sulfida, ikatan kovalen


Struktur kuartener > struktur yang terdiri dari 2 atau lebih polipeptida

In reply to 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH

Re: Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Waalaikumsalam saya Rizfi Pramesi Lalita Fasya (2110101065) izin menjawab pertanyaan dari mbak Fauzia.


Jadi, struktur protein itu ada 4, yaitu :
1. Struktur Primer, gunanya menggambarkan urutan asam amino penyusun yang dihubungkan oleh ikatan peptida.

2. Struktur Sekunder, gunanya menggambarkan bentuk lipatan polipeptida yang dihubungkan oleh ikatan hidrogen.

3. Struktur Tersier, gunanya menggambarkan bentuk sesungguhnya dari protein dalam struktur dan dimensinya yang dihubungkan ikatan disulfida dan ikatan kovalen.

4. Struktur Kuartener yaitu struktur yang terdiri dari 2 atau lebih polipeptida.


Terimakasih. Wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH

Re: Kelas A

by 2110101064 MAULIDYA PUTERI -

Waalaikumsallam, saya Maulidya Puteri dengan NIM 2110101064. Izin menjawab pertanyaan dari Fauzia Alvian


- Struktur protein primer menggambarkan urutan asam-asam amino yang dibandingkan oleh polipeptida. 

- Struktur protein sekunder menggambarkan substruktur lokal secara teratur dalam rantai utama, bentuk-bentuk lipatan polipida yang dihubungkan oleh hidrogen, hidrofob dan ion.

- Struktur tertier menggambarkan bentuk sesungguhnya dari protein dalam struktur dan dimensinya, dihubungkan ikatan disulfida, ikatan kovalen. Struktur ini dibentuk dari struktur-struktur sekunder yang melipat bersama.

- Struktur kuartener adalah gabungan dari dua atau lebih rantai polipeptida yang beroperasi sebagai satu satuan.

In reply to 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH

Re: Kelas A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

Baik saya Bisyarotul Walidah

Nim :2110101031

Izin menjawab pertanyaan nya Fauzia Alvian yang mana itu ialah terdiri dari struktur primer, struktur sekunder struktur tertier, struktur kuartener

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101041 DWI YANTI -

Assalamu'alaikum wr.wb, saya Dwi Yanti izin bertanya jelaskan kegunaan protein bagi tubuh ?

pertanyaan ini saya tunjukkan kepada julia, salfa, dan afika . mohon ketersediannya untuk menjawab

In reply to 2110101041 DWI YANTI

Re: Kelas A

by 2110101030 JULIA INDAH CAHYANI -

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarakatuh

Baik terima kasih Dwi Yanti atas pertanyaannya, Saya Julia Indah Cahyani izin menjawab,

Seperti yang kita ketahui bahwa protein sendiri hampir berhubungan dengan segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Bagaimana tidak, protein menjadi bagian dari struktur tubuh dan perannya sangat penting, seperti membuat kita bisa bergerak dengan leluasa, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, membekukan darah saat kita terluka, melawan infeksi, mengangkut zat masuk dan keluar dari sel, mengendalikan reaksi kimia, dan membawa pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh lainnya. 

Lalu apa saja kegunaan protein bagi tubuh?

  1. Menjaga kesehatan tulang. Protein memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tulang. Orang yang mengonsumsi banyak protein cenderung menjaga massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia seseorang memiliki risiko terkena gangguang tulang seperti osteoporosis. Selain itu protein juga dapat mengobati tulang yang patah.
  2. Meningkatkan massa dan kekuatan otot. Protein adalah nutrisi yang membangun otot-otot pada tubuh. Maka, dengan kita mengonsumsi protein secara rutin dapat membantu kita untuk mempertahankan massa otot dan meningkatkan kekuatan otot saat melakukan latihan fisik.
  3. Membantu menurunkan berat badan. Protein adalah zat yang dapat membantu kita untuk merasa cepat kenyang dengan sedikit mengonsumsi makanan. Beberapa penelitian memperlihatkan orang yang mengonsumsi lebih banyak protein akan lebih sedikit menambah kalori. 
  4. Meningkatkan metabolisme. 
  5. Menyehatkan kondisi jantung. Dengan cara kita mengganti asupan karbohidrat menjadi protein, maka tubuh kita akan mengurangi kandungan kolesterol jahat pada tubuh yang merupakan penyebab dari obesitas. Hal tersebut dapat membantu kita untuk menjaga kondisi kesehatan jantung.
  6. Menbantu tubuh menyembuhkan luka. Karena protein yang kita konsumsi setalah mengalami cedera atau luka, akan membentuk blok dan membangun jaringan organ pada tubuh kita.


Sekian dari jawaban Saya, 

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

In reply to 2110101041 DWI YANTI

Re: Kelas A

by 2110101022 AFIKA SELMA.S. -

Wa`alaiukumsalam Wr.Wb

Saya Afika Selma.S. (2110101022) izin menjawab pertanyaan dari Dwi Yanti.

Kegunaan protein bagi tubuh yaitu :

  1. Membangun dan memelihara jaringan tubuh
  2. Sebagai pembentuk enzim
  3. Sebagai pembentuk hormon
  4. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
  5. Mengangkut dan menyimpan zat gizi

Sekian jawaban yang dapat saya berikan, Terimakasih.


In reply to 2110101041 DWI YANTI

Re: Kelas A

by 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA -

waalaikumsalam wr.wb Terimakasih pertanyaanya Dwi yanti

 saya Izza syifa wahyu Salfaira

 nim 2110101032 

zin menjawab perntanyaan Dwi yanti 

protein sangat melimpah di dalam tubuh kita,tubuh dapat menghasilkan protein yang banyak yang berasal dari makanan.untuk itu kegunaan protein bagi tubuh adalah : 

1. Menurunkan berat badan 

karena mengonsumsi makanan yang mengandung protein akan memberikan efek kenyang lebih lama.

2. Meningkatkan masa dan kekuatan otot

Mengonsumsi protein dalam jumlah yang tepat dapat menambah massa otot dan meningkatkan kekuatan otot. Oleh karena itu, seorang atlet binaraga atau seseorang yang ingin memperkuat dan memperbesar otot sering mengonsumsi lebih banyak protein dan mengimbanginya dengan latihan angkat beban.

3. Mencegah kerontokan rambut 

keratin adalah jenis protein yang membentuk rambut . karena jika kekurangan protein rambut akan mudah rontok.

4.Menjaga kekuatan tulang

protein dapat menurunkan resiko osteoporosis dan patah tulang

5. Mempercepat pertumbuhan luka

Protein merupakan unsur utama pembentuk jaringan dan organ di tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi lebih banyak protein dapat mempercepat pemulihan luka saat Anda mengalami cedera.



In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -

 Dinda Fatikasari

2110101003

Assalamu'alaikum warahmatullahi waborakatuh

Seperti yang di jelaskan di ppt cara kerja enzim makro pertanyaan saya bagaimana proses pencernaan protein dari mulut hingga keluar 

Yang akan di jawab oleh saudari elivya mohon ketersediaannya 🙏



In reply to 2110101003 DINDA FATIKASARI

Re: Kelas A

by 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY -

Saya Elivya putri melsany

NIM 2110101011


Izin menjawab pertanyaan dari mba dinda bagaimana proses pencernaan dari awal hingga ahir .

Tentu saja awal mula dari proses pencernaan melalui mulut yang berguna untuk mengunyah atau menghaluskan sehingga mudah di cerna , setelah dikunyah makanan tersebut akan melewati tnggorokan yang akan meneruskan ke kerongkongan untuk meremas makanan lalu dii teruskan ke lambung lalu ke usus halus yang membantu mengeluarkan makanan di dalam perut untuk menuju ke usur besar dan ke dubur hingga anus.




In reply to 2110101003 DINDA FATIKASARI

Re: Kelas A

by 2110101058 PUTRI ADELIA -

mohon ijin menjawab mba Dinda..

saya putri adelia dengan nim 2110101058


Makanan akan di kunyah dan masuk kedalam perut yang mengandung asam klorida dan enzim pepsin, dan lansir dari chemistry libre texts dalam perut, protein yang masuk ke lambung pleh hcl akan di turunkan atau di naikan ph menjadi 1,5-3,5. Setelah penurunan Ph, enzim pepsin akan memecah molekul protein yang besar menjadi rantai polipeptida atau aqam amino bentuknya..


sekian jawaban dari saya mohon maaf asal menjawab dan mohon maaf juga kalau salah

In reply to 2110101003 DINDA FATIKASARI

Re: Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr.wb.

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023


Terima kasih atas pertanyaannya Sdr Dinda. Izin menjawab di dalam mulut terdapat prosess pengunyahan makanan dan dibantu oleh enzim amilase dengan menguraikan kadar pati atau amilum dalam makanan menjadi gula sederhana.

Lalu setelah melalui tenggorokan, sampailah ke lembung dibantu dengan pepsin(memecah protein menjadi pepton), asam klorida (membunuh kuman dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin).

Lalu pada hati akan dibantu oleh cairan empedu untuk pencernaan lemak.

Setelah itu menuju usus halus dan usu besar dan pada ahirnya akan ke anus sebagai tempat pembuangan zat sisa.

Wassalamualaikum wr.wb.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101018 HENI INDRIANI -

Assalamu'alaikum wr wb

Saya ingin bertanya berdasarkan di ppt bahwa Proses kimia dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik karena adanya enzim. Pertanyaannya adalah jika kekurangan enzim  apa pengaruhnya pada proses kimia tersebut?

Pertanyaannya saya tujukan kepadan mba Intan Laroiba, mba Areta dan mba Afiffah

In reply to 2110101018 HENI INDRIANI

Re: Kelas A

by 2110101066 ARETA MAURINDHA PRATIWI -

assalamualaikum wr wb. saya Areta maurindha pratiwi nim 2110101066, izin menjawab pertanyaan dari mb Heni


Enzim sangat diperlukan untuk proses metabolisme. Metabolisme adalah reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk menghasilkan energi, termasuk di antaranya pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein. Ketika produksi enzim terganggu, maka proses metabolisme di dalam tubuh pun akan ikut terganggu.


Gangguan metabolisme yang bisa terjadi akibat kekurangan enzim ada berbagai macam, salah satunya adalah gangguan metabolisme yang bersifat keturunan. Orang yang mengalami gangguan ini biasanya akan merasakan gejala berupa nafsu makan berkurang, muntah, sakit kuning (jaundice), sakit perut, berat badan berkurang, kelelahan, gangguan pertumbuhan, kejang, sampai koma. 

wassalamualaikum wrwb.

In reply to 2110101018 HENI INDRIANI

Re: Kelas A

by 2110101025 AFIFAH ROSIANA -

Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaannya, saya Afifah Rosiana dengan NIM 2110101025 izin menjawab ya mbak.

Kekurangan produksi suatu enzim dapat menyebabkan gangguan metabolisme yang berujung pada penyakit-penyakit serius.Karena enzim berperan penting dalam proses metabolisme. Metabolisme meliputi reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk menghasilkan energi, termasuk diantaranya pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein. Ketika produksi atau fungsi enzim terganggu, maka proses metabolisme di dalam tubuh pun terganggu.



In reply to 2110101018 HENI INDRIANI

Re: Kelas A

by 2110101024 INTAN LAROIBA KHURIJATI HAJID -

Assalamualaikum


Saya Intan Laroiba ( 2110101024 ), akan menjawab pertanyaan dari Heni Indriani



Pengaruh terhadap reaksi kimia jika kekurangan enzim :

Enzim sangat diperlukan untuk proses metabolisme, gangguan metabolisme yang terjadi akibat kekurangan enzim, salah satunya yaitu gangguan metabolisme yg bersifat keturunan, biasanya akan bergejala seperti nafsu makan berkurang, muntah, sakit kuning, sakit perut, berat badan berkurang, kelelahan, gangguan pertumbuhan, kejang, sampai koma, gejala tersebut bisa muncul secara bertahap ataupun tiba tiba, tergantung faktor pemicunya misalnya pengaruh obat atau makanan

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum, selamat pagi ibu, disini saya amira exfena izin memberikan pertanyaan kepada afika, tentang : 

"Bagaimana seandainya jika seseorang mempunyai pola makan yang tidak sehat sehingga menyebabkan kekurangan zat atau asupan zat gizi makro yang ia serap tidak seimbang? 

kemudian, teman saya yang bernama afika selma menjawab :

menurut afika, kekurangan asupan makronutrien/zat makro ini dapat membuat seseorang mengalami kwashiorkor, marasmus, dan kekurangan energi. Sementara itu, kekurangan zat makro mungkin menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih beragam, seperti :

Di sisi lain, asupan zat gizi yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Kelebihan karbohidrat dan lemak dapat meningkatkan risiko obesitas atau diabetes tipe 2. Sementara itu, kelebihan vitamin dan mineral mungkin bisa menyebabkan keracunan.

Zat gizi makro dan mikro memiliki peran tersendiri yang sama-sama penting bagi tubuh. Kita dapat mencukupi kebutuhannya dengan tepat melalui Pedoman Gizi Seimbang. Jangan lupa terapkan pola makan yang sehat dan lakukan secara konsisten agar tubuh senantiasa sehat.


In reply to 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA

Re: Kelas A

by 2110101022 AFIKA SELMA.S. -

Wa'alaikumsalam Wr.Wb

Saya Afika Selma.S. (2110101022) izin menjawab pertanyaan dari Amira Exfena Navisa

Menurut saya, kekurangan asupan makronutrien/zat makro ini dapat membuat seseorang mengalami kwashiorkor, marasmus, dan kekurangan energi. Sementara itu, kekurangan zat makro mungkin menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih beragam, seperti :

Di sisi lain, asupan zat gizi yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Kelebihan karbohidrat dan lemak dapat meningkatkan risiko obesitas atau diabetes tipe 2. Sementara itu, kelebihan vitamin dan mineral mungkin bisa menyebabkan keracunan.

Zat gizi makro dan mikro memiliki peran tersendiri yang sama-sama penting bagi tubuh. Kita dapat mencukupi kebutuhannya dengan tepat melalui Pedoman Gizi Seimbang. Jangan lupa terapkan pola makan yang sehat dan lakukan secara konsisten agar tubuh senantiasa sehat.

Sekian jawaban yang dapat saya berikan, Terimakasih.



In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101054 NUR ANNISA AHLA -

Assalamualaikum wr.wb

Nama : Nur Annisa Ahla

Nim : 2110101054

Izin bertanya pada materi identifikasi protein,saya kurang memahami penjelasan yang sudah saya baca.pertanyaannya jelaskan dan sebutkan  identifikasi protein/asam amino?

pertanyaan ini ditunjukkan kepada : Aliya puspita rizwani

Mohon untuk bersedia menjawab pertanyaan saya

In reply to 2110101054 NUR ANNISA AHLA

Re: Kelas A

by 2110101056 ALIYA PUSPITA RIZWANI -

walaikumsallam wr.wb. Saya Aliya Puspita Rizwani nim: 2110101056, izin menjawab pertanyaan dari mba Nur Annisa Ahla


Reaksi Biuret

• Reaksi ini didasarkan pada pembentukan komplek Cu dengan gugus –CO dan –NH dari rantai peptida dalam suasana basa. Dipeptida dan asam-asam amino tidak memberikan uji positif pada reaksi ini.

Reaksi NINHIDRIN, digunakan untuk mendeteksi asam amino secara kuantitatif dalam jumlah kecil. Reaksi ini didasarkan pada pembentukan senyawa antara asam amino yang mempunyai gugus  amino bebas menghasilkan senyawa berwarna ungu. Asam amino prolin menghasilkan senyawa berwarna kuning karena pada molekul ini terjadi substitusi pada gugus  amino. Pada kondisi yang sesuai, intensitas warna yang dihasilkan dapat dipergunakan untuk mengukur konsentrasi asam amino secara kolorimetrik.

Dengan pereaksi 1-fluoro-2,4-dinitrobenzen (FDNB). Di dalam larutan basa encer, FDNB bereaksi dengan asam  amino menghasilkan turunan 2,4 –dinitrofenil, berguna dalam identifikasi masing-masing asam amino.

Reaksi Millonase

• Reaksi ini didasarkan pada terbentuknya warna merah dari garam merkuri tirosin yang ternitrasi.

Reaksi Hopkins-Cole

• Pereaksi Hopkins-Cole mengandung asam glioksilat. Triptofan berkondensasi dengan aldehid dalam suasana asam sulfat membentuk senyawa kompleks.


Sekian dari saya, Terima kasih


In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101027 PUTRI WAHYUNING PANGESTI -

Assalamualaikum wr.wb, izin memberikan pertanyaan.

Nama : putri wahyuning pangesti

Nim : 2110101027


Saya pernah mendengar bahwa jika makanan mengandung protein tinggi, maka kandungan lemaknyapun tinggi... Apakah hal tersebut benar ? Jika iya, jelaskan. Jika tidak , jelaskan !

Pertanyaan ini di tujukan kepada : Suryanti dan Aris fatmala.

Mohon untuk ketersediaannya menjawab pertanyaan.🙏

In reply to 2110101027 PUTRI WAHYUNING PANGESTI

Re: Kelas A

by 2110101019 ARIS FATMALA -

Assalamualaikum 

Saya ARIS FATMALA ingin menjawab pertanyaan dari MBA PUTRI WAHYUNINGSIH PANGESTI

Lemak dibongkar menjadi gliserol. Kemudian, gliserol diubah ke bentuk dihidroaseton fosfat. Selanjutnya, dihidroaseton fosfat diubah menjadi fosfogliseraldehid yang merupakan zat antara pada peristiwa glikolisis dan daur Krebs. Sedangkan jika karbohidrat maupun lemak tidak ada lagi, maka protein dibongkar menjadi asam amino dengan proses hidrolisis. Kemudian, asam amino dioksidasi sehingga dibebaskan energi.

Sekian jawaban dari saya semoga di mengerti ya mba putri🙏

In reply to 2110101027 PUTRI WAHYUNING PANGESTI

Re: Kelas A

by 2110101017 SURYANTI -

asalamualaikum wr wb 

 nama : suryanti

nim: 2110101017

 saya d sini akan menjawab pertanyaan dari putri wahyuningsi pangesti protein tinggi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan .jenis makanan protein ini  juga terbilang muda di peroleh atau andah pun sudah memiliki nya , konsumsi makanan protein tinggi juga membantu anda menjaga berat badan ideal anda tubu dapat memicu pembakaran lemak dan  anda tidak perlu kawatir dega lemak protein tinggi .

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH -

Assalamu'alaikum wr wb

Perkenalkan

Nama : Aliffah Musfirotun Azzahroh

Nim :2110101020


Jelaskan tentang sifat sifat protein?


pertanyaan ini ditunjukkan kepada Amalia,Anisah dan Lidya

In reply to 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH

Re: Kelas A

by 2110101052 ANISAH -

Saya Anisah 2110101052 izin menjawab pertanyaan dari mba Alifah 

Sifat-sifat Protein

  1. Sukar larut dalam air karena ukuran molekulnya yang sangat besar.
  2. Dapat mengalami koagulasi oleh pemanasan dan penambahan asam atau basa.
  3. Bersifat amfoter karena membentuk ion zwitter. Pada titik isoelektriknya, protein mengalami koagulasi sehingga dapat dipisahkan dari pelarutnya.
  4. Dapat mengalami kerusakan (terdenaturasi) akibat pemanasan. Pada denaturasi, protein mengalami kerusakan mulai dari struktur tersier sampai struktur primernya.


In reply to 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH

Re: Kelas A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

Saya Bisyarotul Walidah/2110101031 izin menjawab peta dari Alifah musfirotun azzahroh

 Sifat - sifat Protein


> Sukar larut dalam air karena ukuran molekulnya yang sangat besar.


> Dapat mengalami koagulasi oleh pemanasan dan penambahan asam atau basa


> Protein mempunyai sifat sebagai senyawa amorf, tidak berwarna, mempunyai titik leleh dan titik didih yang tidak tetap, tak larut dalam pelarut organik dan apabila dilarutkan dalam air membentuk suatu larutan koloid.

In reply to 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH

Re: Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr.wb.

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023


Terima kasih atas pertanyaannya Sdr Aliffah M.A. Izin menjawab,

Protein kebanyakan merupakan senyawa yang amorf, tidak berwarna, tidak mempunyai titik cair atau titik didih yang tertentu dan bila dilarutkan dalam air akan memberikan larutan koloidal (Sastrohamidjojo, 2009).

Protein sangat cenderung mengalami beberapa bentuk perubahan yang dinyatakan sebagai denaturasi. Denaturasi adalah terbukanya lipatan alamiah struktur protein, proses denaturasi mengubah bentuk dan lipatan tapi tidak merusak ikatan peptida yang terdapat antara asam amino dalam struktur primer (Martoharsono, 1988.)

Wassalamualaikum wr.wb.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam wr.wb

Saya Rike Yulianti (2110101043) izin menjawab pertanyaan Mila Novika sari

Protein bernilai biologi tinggi, yang lebih lengkap kandungan asam amino esensialnyabiasanya dari golongan hewani, misalnya telur, daging ayam, ikan, susu, dan kerang dalamjumlah yang sesuai anjuran. Asupan protein rendah ini diberikan untuk memperlambatprogresi menuju gagal ginjal untuk pasien gagal ginjal yang belummenjalani hemodialisasecara rutin.Pengaturan keseimbangan yang ada di ginjal di pengaruhi hormon renin angiotensin-aldosteron system (RAAS) dikarenakan hormon ini bekerja di ginjal. Oleh karena itu, ginjalmemainkan peranan penting dalam perubahan jangka panjang pada tekanan darah. Hormon-hormon tersebut bereaksi di ginjal untuk mengkontrol jumlah sodium dan air yang dikeluarkan. Jika terlalu banyak air atau sodium yang tinggal di ginjal, jumlah cairan dalamdarah yang disebut dengan volume darah akan meningkat. Hal ini juga berlaku sebaliknya,jika jumlah cairan yang tinggal di ginjal sedikit maka volume darah akan menurun danmengakibatkan penurunan tekanan darah. Hal ini dapat terjadi jika ginjal sudah mengalamikerusakan.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Assalamualaikum wr.wb

Ibu dan temen-temen saya izin bertanya

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043


saya izin bertanya, micin klo dikonsumsi tiap hari itu baik ga buat kesehatan? Karnakan di setiap makanan pasti ada micin nya.


Pertanyaan saya akan di berikan kepada baita, Novi, dan tjahya. Mohon untuk menjawab pertanyaannya, cukup sekian pertanyaan dari saya .

Wassalamualaikum wr.wb

In reply to 2110101043 RIKE YULIANTI

Re: Kelas A

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum wr wb.

Nama : Baita Awiktamara Nisa

 NIM  : 2110101038

Mohon izin menjawab pertanyaan dari mbak Rike Yulianti

Monosodium glutamat (MSG) atau micin adalah penambah rasa yang biasanya ditambahkan ke makanan. MSG yang juga dikenal sebagai sebagai penyedap rasa biasanya digunakan di rumah tangga maupun industri. 

Penggunaan sedikit dan tidak dilakukan secara terus menerus memang tidak menimbulkan efek negatif. Namun akan merasakan akibat buruk apabila menggunakannya setiap saat dan terus menerus seperti sakit kepala, tekanan darah, mual, obesitas, keringat berlebih, bahkan dapat menyebabkan kemandulan.

Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101043 RIKE YULIANTI

Re: Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikum

Saya Mila Novika Sari 

2110101050

Saya Izin menjawab pertanyaan dari mbak Rike

Mengenai Micin, Micin memang bisa membuat cita rasa makanan yang kita konsumsi menjadi lebih gurih dan enak. Meski begitu, kita perlu membatasi konsumsinya, karena bila dikonsumsi berlebihan, micin dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Seperti halnya garam dan merica, penggunaan micin atau  MSG ( monosodium glutamate )  sebagai penyedap rasa makanan sebenarnya aman-aman saja. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi micin lebih dari 1,7 gram per hari agar efek samping atau dampak buruk dari konsumsi micin bisa dihindari.

Mkin cukup sekian yah mbak Rike jawaban saya atas pertanyaan mbak nya. Maaf jika masih ada kekurangan dri jawaban saya, Terima kasih

In reply to 2110101043 RIKE YULIANTI

Re: Kelas A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Assallamuallaikum,wr,wb

Nama : Tjahya Pramudyaning Sumantri

Nim : 2110101051

saya izin menjawab pertanyaan teman saya Rike Yulianti 🙏🏻

penggunaan micin secara berlebihan itu dapat menimbulkan berbagai dampak negatif,antaranya 

1. kerusakan sel saraf seper alzheimer dan stroke

2. asma

3. obesitas

4. hipertensi

5. kerusakan ginjal

namun micin juga dapat memberikan dampak positive salah satunya bagi mereka yang memiliki penyakit gastritis atrofik kronik, micin membantu meningkatkan produksi cairan lambung. Gastritis atrofik terjadi saat antibodi menyerang lapisan lambung sehingga, lapisan lambung menjadi tipis dan kehilangan sebagian atau seluruh sel penghasil asam dan enzim.

sekian jawaban dari saya dan mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan,terima kasih

wassallamualaikum,wr,wb

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Assalamu'alaikum wr.wb

Saya Firsta Fadhlila Putri dengan NIM 2110101060 izin bertanya dalam PPT bagian struktur protein terdapat struktur tertier, menggambarkan bentuk sesungguhnya dari protein dalam struktur dan dimensinya, dihubungkan ikatan disulfida, ikatan kovalen. Pertanyaan saya apa yang dimaksud dengan ikatan disulfida dan ikatan kovalen itu?

Pertanyaan ini saya tujukan untuk teman saya Indana, Jasmin  mohon ketersediaannya untuk menjawab. Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr.wb

In reply to 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI

Re: Kelas A

by 2110101002 JASMIN LINADI YULIA PUTRI -

Nama : Jasmin linadi yulia putri 

Nim    : 2110101002 

Kelas  : A1 


Saya akan menjawab pertanyaan yang telah di tanyakan oleh firsta 

Jawaban saya, suatu disulfida merujuk pada gugus fungsional dengan struktur R−S−S−R′. Ikatan ini disebut pula ikatan-SS atau terkadang disebut sebagai suatu jembatan disulfida dan biasanya berasal dari penggabungan dua gugus tiol. Dalam biologi, jembatan disulfida yang terbentuk antara gugus tiol dalam dua residu sistein merupakan komponen penting dalam struktur sekunder dan tersier pada protein. Hubungan ini disebut sebagai persulfida, analog dengan peroksidanya(R−O−O−R′), tetapi istilah ini jarang digunakan, kecuali bila merujuk pada hidrodisulfida (senyawa R−S−S−H).[1]

Ikatan kovalen dibagi menjadi dua, yaitu ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen nonpolar. Ikatan kovalen polar terjadi jika salah satu atom yang berikatan mempunyai elektronegativitas yang jauh lebih besar daripada yang lain. Ikatan kovalen nonpolar terjadi jika kedua atom berikatan mempunyai afinitas elektron yang sama.[4]





In reply to 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI

Re: Kelas A

by 2110101063 INDANA SUROYA -

Assalamualaikum wr.wb


Nama :indana suroya

Nim:2110101063

Izin menjawab pertanyaan dari firsta fadhlila putri


Ikatan disulfida adalah gugus pengikat silang yang di hasilkan dari vulkanisasi dari karet.


Ikatan kovalen adalah sejenis ikatan kimia yang memiliki karakteristik berupa pasangan elektron yang saling terbagi di antara atom atom yang berikatan.



In reply to 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI

Re: Kelas A

by 2110101063 INDANA SUROYA -

Assalamualaikum wr.wb


Nama :indana suroya

Nim:2110101063

Izin menjawab pertanyaan dari firsta fadhlila putri


Ikatan disulfida adalah gugus pengikat silang yang di hasilkan dari vulkanisasi dari karet.


Ikatan kovalen adalah sejenis ikatan kimia yang memiliki karakteristik berupa pasangan elektron yang saling terbagi di antara atom atom yang berikatan.



In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101042 SUCI WULANDARI -

Assalamualaikum wr.wb.

Saya ingin bertanya kepada monica, shafirda , rhani. 

Apa fungsi zat gizi makro bagi tubuh kita, serta jelaskan dan sebutkan sumber makanan yang ada pada zat gizi makro mineral serta akibat dan kelebihannya?

In reply to 2110101042 SUCI WULANDARI

Re: Kelas A Monica dwi putri nim 2110101029

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Assalamualaikum ibuk 

Maaf buk izin menjawab pertanyaan suci wulandari 

Nama Monica dwi putri

Nim 2110101029

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas  enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin (baik yang larut air maupun larut lemak) dan mineral. Mineral dibagi menjadi dua kelompok yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebanyak minimal 100 mg per hari (contoh: kalsium, fosfor), sedangkan mikromineral (trace elements) adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg per hari (contoh: seng, besi).  Adapula mikromineral dibutuhkan dalam jumlah hanya beberapa mikrogram per hari,  seperti cuprum dan molibdenum. Mikronutrien diperoleh dari luar tubuh seperti dari makanan atau suplemen, karena tubuh tidak mampu memproduksinya dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Meskipun hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, mikronutrien sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko terserang penyakit menular, kematian akibat diare, campak, malaria dan paru-paru. Kondisi tersebut merupakan bagian dari 10 penyebab utama kematian di dunia saat ini. WHO mencatat bahwa lebih dari 2000 juta penduduk di dunia menderita kekurangan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, yodium, besi dan seng.


Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan zat gizi mikro adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Hal ini disebabkan karena mereka membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok lainnnya. Di samping itu, kelompok ini juga sangat mudah mengalami akibat yang merugikan dari kekurangan zat gizi mikro. Bagi ibu hamil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian ibu saat melahirkan, melahirkan bayi berat badan kurang (low birth weight) Bagi ibu menyusui, status zat gizi mikronya akan menentukan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang disusuinya,  terutama pada usia 6 bulan pertama setelah bayi lahir. Sedangkan bagi anak-anak kecil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit menular dan dapat menyebabkan gangguan fisik dan perkembangan mental anak.

In reply to 2110101042 SUCI WULANDARI

Re: Kelas A

by 2110101005 RHANI ROSALINA -

Assalammualaikum wr.wb 

Saya RHANI ROSALINA Dengan NIM 2110101005 Izin menjawab pertanyaan Dari SUCI WULANDARI Dengan soal apa fungsi zat gizi makro bagi tubuh kita, serta jelaskan dan sebutkan sumber makanan yang ada pasa zat gizi makro mineral serta akibat dan kelebihannya 


Zat gizi makro adalah zat yang diperlukan tubuh dengan jumlah besar, yaitu dalam satuan gram/orang/hari. Zat gizi makro merupakan nutrisi yang menyediakan kalori atau energi dan dibutuhkan dalam jumlah besar untuk menjaga fungsi tubuh dan menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Seperti contoh :  

1. Karbohidrat

2. Protein

3. Lemak 

4. Vitamin 

5. Mineral 


Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil, fungsi zat mikro tidak bisa kita abaikan. Sekecil apapun jumlahnya, akan tetap menimbulkan masalah serius jika kita tidak mengonsumsinya secara cukup. 

In reply to 2110101042 SUCI WULANDARI

Re: Kelas A

by 2110101001 SHAFIRDA INAYATI -

Assalamualikum wr.wb


Saya SHAFIRDA INAYATI Dengan Nim 2110101001 izin menjawab Pertanyaan Dari SUCI WULANDARI Dengan soal Apa fungsi zat gizi makro bagi tubuh kita, serta jelaskan dan sebutkan sumber makanan yang ada pada zat gizi makro mineral serta akibat dan kelebihannya?


Zat gizi makro adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Kelompok yang disebut juga dengan makronutrien ini terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiganya menyediakan energi agar dapat beraktivitas dan menjalankan fungsinya.zat makro adalah zat yang di butuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar seperti contoh:                                                               

 1.Karbohidrat.                                                                      

 2.Protein. 

3.Lemak                                                                         

 contoh makanan yang mengandung zat makro antara lain:     

1.Nasi (mengandung karbohidrat).                                              

2.Susu (mengandung protein).                                         

3.Kacang²an (mengandung lemak).                                  

Di sisi lain, asupan zat gizi yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Kelebihan karbohidrat dan lemak dapat meningkatkan risiko obesitas atau diabetes tipe 2. Sementara itu, kelebihan vitamin dan mineral mungkin bisa menyebabkan keracunan. Zat gizi makro dan mikro memiliki peran tersendiri yang sama-sama penting bagi tubuh. Anda dapat mencukupi kebutuhannya dengan tepat melalui Pedoman Gizi Seimbang. Terapkan pola makan yang sehat dan lakukan secara konsisten agar tubuh senantiasa sehat.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY -

Aslamualaikum, izin memberikan pertanyaan kepada mba dinda..


Seperti ya g kita ketahui dari ppt tersebut bahwa protein sangat dibutuhkan oleh manusia,tentu saja kita bisa mendapatkan protein dari makanan , minuman dan lainya...

Pertanyaan nya bagaiman kita mampu mengidentifikasi adanyaa protein dalam makanan tersebut atau kandungan protein dari apapun yang kita konsumsi..?

Sekian terimakasih mba dinda.

In reply to 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY

Re: Kelas A

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -

Waalaikumsalam disini saya akan menjawab pertanyaan dari mba elivya

Cara Mengidentifikasi protein pada makanan yang kita konsumsi, kita dapat menguji atau menguji apakah makanan tersebut mengandung protein atau tidak dengan cara:

- Uji xantoprotein, 

uji xantoprotein dapat digunakan untuk menguji atau mengidentifikasi 

adanya senyawa protein karena uji xantoprotein dapat menunjukan adanya senyawa 

asam amino yang memiliki cincin benzene seperti fenilalanin, tirosin, dan tripofan. 

Langkah pengujianya adalah solusi yang diduga mengandung senyawa protein 

ditambahkan larutan asam nitrat sehingga terbentuk endapan berwarna putih. 

Jika larutan tersebut mengandung protein maka endapat putih tersebut apabila 

di[anaskan akan berubah menjadi warna kuning. 

- Uji biuret, 

uji biuret ini dapt digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan peptida dalam 

suatu senyawa sehingga uji biuret dapat dipakai untuk menunjukan adanya senyawa 

protein. Langkah pengujian yang dapat dilakukan adalah solusi dari sampel yang terlupakan 

mengandung protein yang ditetesi dengan larutan NaOH kemudian diberi beberapa tetes 

larutan CuSO4 encer. Jika larutan berubah menjadi arna unggu maka solusi 

tersebut mengandung protein. 

- Uji millon, Uji millon dapat digunakan untuk menguji atau mengidentifikasi adanya 

senyawa protein yang memiliki gugus fenol seperti tiroksin. Pereaksi juta terdiri dari 

larutan merkuro dan merkuri nitrat dalam asam nitrat.adanya protein dalam sempel dapat 

diketauhi apabila dalam sampel terdapat pada permukaan putih dan apabila pada permukaan putih itu akan menjadih merah 

- Uji belerang, uji belerang dapat digunakan untuk menguji atau mendeteksi keberadaan 

senyawa protein karena dapat menunjukan asam amino memiliki gugus belerang seperti 

sistin dan metionin. Langkah pengujianya adalah larutan sampel ditambahkan NaOH pekat 

kemudian terpesona. Selanjutnya keda;am larutan yang ditambahkan pula larutan timbale asetat. 

Kapan ;larutan mengandung sasam amino yang memiliki gugus belerang maka warna 

solusi atau endapat berwarna hitam. Yaiti senyawa timbale sulfida (PbS)

Maaf bila ada kekurangan atau kesalahan kata 🙏

Wassalamu'alaikum warahmatullahi waborakatuh

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA -
Nama : Anggita Putri A

Nim : 2110101049

Izin memberikan pertannyaan kepada mba Riris,Pita aningsih,tjahya.

Apa fungsi zat gizi makro bagi tubuh kita ? jelaskan !

terimakasih 

In reply to 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA

Re: Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum saya disini Rizfi Pramesi Lalita Fasya (2110101065) izin menjawab pertanyaan dari Anggita.


Zat gizi makro terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein.

1. Karbohidrat berfungsi menyediakan energi bagi tubuh. Namun, zat gizi ini juga berperan dalam proses pembentukan energi dan cadangannya.

2. Lemak berfungsi melindungi organ-organ vital, menjadi insulator (penghantar panas) yang mempertahankan panas tubuh, serta melarutkan dan membawa vitamin larut lemak.

3. Protein berfungsi untuk menjalankan metabolisme tubuh, menghasilkan hormon dan enzim, serta menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh.


Terimakasih. Wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA

Re: Kelas A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -


Assalamualaikum wr. wb

Terimakasih untuk pertanyaannya Anggita,,saya pita Aningsih dengan Nim :2110101008 izin menjawab pertanyaan mbak Anggita mengenai  fungsi zat gizi makro bagi tubuh kita..


Zat gizi makro adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Kelompok yang disebut juga dengan makronutrien ini terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiganya menyediakan energi agar dapat beraktivitas dan menjalankan fungsionalitas.

   Makronutrien diukur dalam satuan gram, misalnya gram karbohidrat, lemak, atau protein. Karbohidrat dan protein sebanyak 1 gram masing-masing menyediakan energi sebesar 4 kkal (kalori), sedangkan 1 gram lemak menyumbangkan 9 kkal.

  Fungsi Zat Gizi Makro : 

1. Karbohidrat

   berfungsi menyediakan energi bagi tubuh. Namun zat gizi ini juga berperan dalam proses pembentukan energi dan cadangannya. Dengan menyimpan cadangan, tubuh tidak perlu mengambil energi dari pembakaran lemak atau protein.

2. lemak

 Setelah karbohidrat habis, tubuh akan membakar lemak untuk memperoleh energi. Lemak ini juga melindungi organ-organ vital, menjadi insulator (penghantar panas) yang mempertahankan panas tubuh, serta melarutkan dan membawa vitamin larut lemak.

3. Protein 

  merupakan zat gizi makro yang menyusun berbagai jaringan tubuh. Anda juga membutuhkan zat gizi ini untuk menjalankan metabolisme tubuh, menghasilkan hormon dan enzim, serta menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.


Sekian dari saya,,,mohon maaf kalau ada kesalahan,,mohon dikoreksi🙏

Wassalamu'alaikum wr.wb





In reply to 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA

Re: Kelas A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -
assallamualaikum,wr,wb

Nama : Tjahya pramudyaning sumantri

Nim : 2110101051

saya izin menjawab pertanyaan dari teman saya Anggita 🙏🏻

Zat gizi makro itu terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak.

Berikut adalah penjelasan dan fungsinya bagi tubuh

1. Protein
Protein menyediakan blok bangunan tubuh. Sel, dari tulang ke kulit ke rambut, mengandung protein.  Zat gizi makro ini dibutuhkan untuk pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan tubuh. Semua hormon, antibodi, dan zat penting lainnya tersusun dari protein. Protein tidak digunakan sebagai bahan bakar tubuh kecuali jika diperlukan.Contoh sumber protein (hewani dan nabati) antara lain susu, daging, tempe, telur, ikan

2. Karbohidrat
Karbohidrat diperlukan sebgai bahan bakar tubuh, terutama sistem saraf pusat dan otak serta memberikan perlindungan terhadap penyakit. Kebutuhan karbohidrat mencakup 45 hingga 65 persen dari total kalori harian. Dengan kata lain, karbohidrat merupakan penghasil utama energy bagi tubuh. Sumber karbohidrat antara lain beras, gandum, ubi, singkong, sagu serta jagung.

3. Lemak
Lemak menghasilkan energi bagi tubuh. Terdiri dari lemak hewani dan nabati, zat gizi makro inimembantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, sumber asam lemak esensial (Omega 3, DHA, EPA)

Menurut Harvard Medical School, lemak mendukung banyak fungsi tubuh seperti penyerapan vitamin dan mineral, pembekuan darah, sel pembangun, dan pergerakan otot. Memang lemak tinggi kalori, namun kalori ini merupakan sumber energi penting bagi tubuh.

sekian jawaban dari saya dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan 🙏🏻

wassallamualaikum,wr,wb

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A Monica dwi putri nim 2110101029

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Assalamualaikum ibuk

Maaf buk izin menjawab pertanyaan suci wulandari 

Nama Monica dwi putri

Nim 2110101029

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas  enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin (baik yang larut air maupun larut lemak) dan mineral. Mineral dibagi menjadi dua kelompok yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebanyak minimal 100 mg per hari (contoh: kalsium, fosfor), sedangkan mikromineral (trace elements) adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg per hari (contoh: seng, besi).  Adapula mikromineral dibutuhkan dalam jumlah hanya beberapa mikrogram per hari,  seperti cuprum dan molibdenum. Mikronutrien diperoleh dari luar tubuh seperti dari makanan atau suplemen, karena tubuh tidak mampu memproduksinya dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Meskipun hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, mikronutrien sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko terserang penyakit menular, kematian akibat diare, campak, malaria dan paru-paru. Kondisi tersebut merupakan bagian dari 10 penyebab utama kematian di dunia saat ini. WHO mencatat bahwa lebih dari 2000 juta penduduk di dunia menderita kekurangan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, yodium, besi dan seng.


Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan zat gizi mikro adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Hal ini disebabkan karena mereka membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok lainnnya. Di samping itu, kelompok ini juga sangat mudah mengalami akibat yang merugikan dari kekurangan zat gizi mikro. Bagi ibu hamil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian ibu saat melahirkan, melahirkan bayi berat badan kurang (low birth weight) Bagi ibu menyusui, status zat gizi mikronya akan menentukan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang disusuinya,  terutama pada usia 6 bulan pertama setelah bayi lahir. Sedangkan bagi anak-anak kecil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit menular dan dapat menyebabkan gangguan fisik dan perkembangan mental anak.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A Monica dwi putri nim 2110101029

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Assalamualaikum ibuk

Maaf buk izin menjawab pertanyaan suci wulandari 

Nama Monica dwi putri

Nim 2110101029

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas  enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin (baik yang larut air maupun larut lemak) dan mineral. Mineral dibagi menjadi dua kelompok yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebanyak minimal 100 mg per hari (contoh: kalsium, fosfor), sedangkan mikromineral (trace elements) adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg per hari (contoh: seng, besi).  Adapula mikromineral dibutuhkan dalam jumlah hanya beberapa mikrogram per hari,  seperti cuprum dan molibdenum. Mikronutrien diperoleh dari luar tubuh seperti dari makanan atau suplemen, karena tubuh tidak mampu memproduksinya dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Meskipun hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, mikronutrien sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko terserang penyakit menular, kematian akibat diare, campak, malaria dan paru-paru. Kondisi tersebut merupakan bagian dari 10 penyebab utama kematian di dunia saat ini. WHO mencatat bahwa lebih dari 2000 juta penduduk di dunia menderita kekurangan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, yodium, besi dan seng.


Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan zat gizi mikro adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Hal ini disebabkan karena mereka membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok lainnnya. Di samping itu, kelompok ini juga sangat mudah mengalami akibat yang merugikan dari kekurangan zat gizi mikro. Bagi ibu hamil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian ibu saat melahirkan, melahirkan bayi berat badan kurang (low birth weight) Bagi ibu menyusui, status zat gizi mikronya akan menentukan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang disusuinya,  terutama pada usia 6 bulan pertama setelah bayi lahir. Sedangkan bagi anak-anak kecil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit menular dan dapat menyebabkan gangguan fisik dan perkembangan mental anak.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A Monica dwi putri nim 2110101029

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Assalamualaikum ibuk

Maaf buk izin menjawab pertanyaan suci wulandari 

Nama Monica dwi putri

Nim 2110101029

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas  enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin (baik yang larut air maupun larut lemak) dan mineral. Mineral dibagi menjadi dua kelompok yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebanyak minimal 100 mg per hari (contoh: kalsium, fosfor), sedangkan mikromineral (trace elements) adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg per hari (contoh: seng, besi).  Adapula mikromineral dibutuhkan dalam jumlah hanya beberapa mikrogram per hari,  seperti cuprum dan molibdenum. Mikronutrien diperoleh dari luar tubuh seperti dari makanan atau suplemen, karena tubuh tidak mampu memproduksinya dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Meskipun hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, mikronutrien sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko terserang penyakit menular, kematian akibat diare, campak, malaria dan paru-paru. Kondisi tersebut merupakan bagian dari 10 penyebab utama kematian di dunia saat ini. WHO mencatat bahwa lebih dari 2000 juta penduduk di dunia menderita kekurangan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, yodium, besi dan seng.


Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan zat gizi mikro adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Hal ini disebabkan karena mereka membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok lainnnya. Di samping itu, kelompok ini juga sangat mudah mengalami akibat yang merugikan dari kekurangan zat gizi mikro. Bagi ibu hamil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian ibu saat melahirkan, melahirkan bayi berat badan kurang (low birth weight) Bagi ibu menyusui, status zat gizi mikronya akan menentukan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang disusuinya,  terutama pada usia 6 bulan pertama setelah bayi lahir. Sedangkan bagi anak-anak kecil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit menular dan dapat menyebabkan gangguan fisik dan perkembangan mental anak.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A Monica dwi putri nim 2110101029

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Assalamualaikum ibuk

Maaf buk izin menjawab pertanyaan suci wulandari 

Nama Monica dwi putri

Nim 2110101029

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas  enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin (baik yang larut air maupun larut lemak) dan mineral. Mineral dibagi menjadi dua kelompok yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebanyak minimal 100 mg per hari (contoh: kalsium, fosfor), sedangkan mikromineral (trace elements) adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg per hari (contoh: seng, besi).  Adapula mikromineral dibutuhkan dalam jumlah hanya beberapa mikrogram per hari,  seperti cuprum dan molibdenum. Mikronutrien diperoleh dari luar tubuh seperti dari makanan atau suplemen, karena tubuh tidak mampu memproduksinya dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Meskipun hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, mikronutrien sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko terserang penyakit menular, kematian akibat diare, campak, malaria dan paru-paru. Kondisi tersebut merupakan bagian dari 10 penyebab utama kematian di dunia saat ini. WHO mencatat bahwa lebih dari 2000 juta penduduk di dunia menderita kekurangan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, yodium, besi dan seng.


Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan zat gizi mikro adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Hal ini disebabkan karena mereka membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok lainnnya. Di samping itu, kelompok ini juga sangat mudah mengalami akibat yang merugikan dari kekurangan zat gizi mikro. Bagi ibu hamil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian ibu saat melahirkan, melahirkan bayi berat badan kurang (low birth weight) Bagi ibu menyusui, status zat gizi mikronya akan menentukan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang disusuinya,  terutama pada usia 6 bulan pertama setelah bayi lahir. Sedangkan bagi anak-anak kecil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit menular dan dapat menyebabkan gangguan fisik dan perkembangan mental anak.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A Monica dwi putri nim 2110101029

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Assalamualaikum ibuk

Maaf buk izin menjawab pertanyaan suci wulandari 

Nama Monica dwi putri

Nim 2110101029

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas  enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin (baik yang larut air maupun larut lemak) dan mineral. Mineral dibagi menjadi dua kelompok yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebanyak minimal 100 mg per hari (contoh: kalsium, fosfor), sedangkan mikromineral (trace elements) adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg per hari (contoh: seng, besi).  Adapula mikromineral dibutuhkan dalam jumlah hanya beberapa mikrogram per hari,  seperti cuprum dan molibdenum. Mikronutrien diperoleh dari luar tubuh seperti dari makanan atau suplemen, karena tubuh tidak mampu memproduksinya dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.


Meskipun hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, mikronutrien sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko terserang penyakit menular, kematian akibat diare, campak, malaria dan paru-paru. Kondisi tersebut merupakan bagian dari 10 penyebab utama kematian di dunia saat ini. WHO mencatat bahwa lebih dari 2000 juta penduduk di dunia menderita kekurangan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, yodium, besi dan seng.


Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan zat gizi mikro adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Hal ini disebabkan karena mereka membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok lainnnya. Di samping itu, kelompok ini juga sangat mudah mengalami akibat yang merugikan dari kekurangan zat gizi mikro. Bagi ibu hamil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian ibu saat melahirkan, melahirkan bayi berat badan kurang (low birth weight) Bagi ibu menyusui, status zat gizi mikronya akan menentukan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang disusuinya,  terutama pada usia 6 bulan pertama setelah bayi lahir. Sedangkan bagi anak-anak kecil, kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit menular dan dapat menyebabkan gangguan fisik dan perkembangan mental anak.

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum wr wb.

Nama : Baita Awiktamara Nisa

NIM : 2110101038

Kelas : A

Mohon izin memberi pertanyaan untuk Rike, Adelia, Novi.

Apakah kita perlu minum suplemen? Dan bagaimana cara kita mencukupi kebutuhan gizi mikro tanpa minum suplemen?

Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.


In reply to 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA

Re: Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikum

Saya Mila Novika Sari

2110101050

SSaya izin menjawab atas pertanyaan dari mbak Baita

Dari Hasil penelitian yang dilakukan pada 38 ribu wanita yang berusia di atas 50 tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa konsumsi suplementasi zat besi dapat meningkatkan risiko kematian pada kelompok tersebut. Dari hasil penelitian tersebut, bukan berarti suplementasi zat besi atau mineral lainnya memiliki dampak buruk bagi tubuh. Namun, tubuh yang sehat sebenarnya hanya memerlukan zat besi dari makanan, dan jika kita sudah mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, maka ini sudah memenuhi kebutuhan dalam sehari.

Jika kita sering mengkonsumsi makanan sehat, yaitu rendah lemak, garam, maupun gula, tinggi serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, maka kita tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen atau pil vitamin apapun. Namun, orang yang mengalami beberapa kondisi fisiologis atau penyakit khusus, mungkin malah membutuhkan suplementasi untuk mendukung gizinya.

Mngkin itu saja yah mbak Baita jawaban saya mohon maaf jika ada kekurangan nya Terima kasih

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam wr.wb

Saya Rike Yulianti (2110101043) izin menjawab pertanyaan mbak baita

Suplemen dapat membantu Anda memastikan telah terpenuhinya kebutuhan tubuh akan nutrien-nutrien penting yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Yang perlu diingat, suplemen bukan ditujukan sebagai pengganti obat-obatan atau prosedur medis lain dalam mengobati maupun mencegah suatu penyakit.

1. Mengonsumsi 4 Sehat 5 Sempurn4.

2.mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi ilustrasi makanan sehat

3.tambahkab asupan biji-bijian dan kacang-kacangan

4. Makan dalam Porsi yang Sesuai

5. Minum Air Putih yang Cukup

6. Makan Tiga Kali Sehari

7. Batasi Konsumsi Makanan Manis, Asin, atau Berlemak

8. Buat Perubahan Menu Makan Secara Bertahap

9. Jangan Lupakan Olahraga yang Rutin

In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum, melanjutkan diskusi antara kami, saya amira exfena dengan afika selma. 

afika memberikan saya pertanyaan seputar "Apa saja contoh makanan berprotein yang baik untuk masa pertumbuhan anak?."

kemudian,  saya (amira exfena) izin menjawab pertanyaan afika, jadi disini saya menyebutkan ada 7 makanan berprotein yang PENTING untuk diberikan pada sang anak demi menunjang masa pertumbuhan mereka, yaitu :

  1. Ikan, terutama tuna dan salmon merupakan sumber protein yang paling baik. Oleh karena itu, konsumsi ikan sangat dianjurkan pada anak-anak.
  2. Ayam, adalah salah satu sumber protein hewani. Dada ayam mengandung protein lebih tinggi, karena bagian ini mengandung lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan bagian lainnya. Tekstur yang lembut dan tidak bertulang membuat dada ayam sumber protein yang mudah diolah untuk makanan anak.
  3. Daging (daging yang tidak berlemak), daging sapi atau kambing juga merupakan sumber protein yang baik. Sama seperti daging ayam, bagian yang tidak berlemak memiliki ratio jumlah protein per kalori yang lebih tinggi. Untuk anak, lebih mudah untuk melahapnya jika disajikan dalam bentuk daging cincang.
  4. Tahu, meskipun berasal dari tumbuhan, tahu yang terbuat dari bahan dasar kedelai mengandung protein yang cukup tinggi. Harganya yang terjangkau menjadikan tahu sebagai alternaif sumber protein utama sehari-hari. Tekstur yang lembut menjadikannya salah satu sumber protein nabati favorit untuk anak.
  5. Kacang-kacangan, sama seperti kedelai, kacang-kacangan jenis lainnya juga banyak mengandung protein. Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi serat. Tekstur renyahnya bisa menjadi variasi di tengah tekstur sumber protein lain yang cenderung terlalu lunak atau terlalu keras.
  6. Telur, sebanyak 35 persen kandungan nutrisi pada telur adalah protein. Selain mengandung protein tinggi, telur juga mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan. Rasa gurih telur hamper selalu dapat diterima lidah anak.
  7. Susu, susu sapi dan produknya juga merupakan salah satu sumber protein. Produk susu yang masih mengandung protein cukup tinggi antara lain yoghurt dan keju. Semakin dini anak mengenal susu dan keju, semakin mudah menawarkannya kepada mereka, semakin tinggi asupan protein yang dapat diterima. 
Asupan protein ini penting karena protein mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang anak, melalui perannya sebagai zat pembangun. Ini juga sekaligus berarti bahwa ia memiliki fungsi untuk memperbaiki sel yang rusak. Selain itu, ia juga berperan penting dalam proses metabolisme melalui pembentukan enzim dan hormon di dalam tubuh.
In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by 2110101022 AFIKA SELMA.S. -

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Saya Afika Selma.S. (2110101022) izin bertanya kepada Aliffah Musfirotun Azzahroh, Amira Exfena Navisa, dan Afifah.

Pertanyaan : Contoh makanan berprotein yang baik untuk masa pertumbuhan anak!

In reply to 2110101022 AFIKA SELMA.S.

Re: Kelas A

by 2110101020 ALIFFAH MUSFIROTUN AZZAHROH -
perkenalkan

Nama : Aliffah Musfirotun Azzahroh

Nim :2110101020

akan menjawab pertanyaan dari Afika Selma

contoh makanan berprotein yang baik untuk masa pertumbuhan anak yaitu

1. telur

2. Dada ayam 

3. susu dan produknya

4. kacang-kacangan

5. Tahu

Sekian terimakasih 🙏

In reply to 2110101022 AFIKA SELMA.S.

Re: Kelas A

by 2110101025 AFIFAH ROSIANA -

Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaannya, saya Afifah Rosiana dengan NIM 2110101025 izin menjawab ya mbak. 

Berikut contoh makanan yang mengandung protein baik untuk pertumbuhan anak. 1. Telur 

Tingginya kandungan protein di dalam telur sudah tidak diragukan lagi. Hampir sebanyak 35 persen kandungan nutrisi dalam telur adalah protein. Selain itu, telur dikenal sebagai salah satu makanan yang bergizi lengkap karena juga mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang berguna untuk kesehatan mata dan nutrisi otak.

2. Dada Ayam

Selain telur, ayam juga dikenal sebagai salah satu makanan protein tinggi untuk anak yang sangat baik. Dada ayam mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan bagian ayam lainnya, karena bagian ini mengandung lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan bagian lainnya..

3. Daging (Tanpa Lemak)

Tidak hanya ayam saja, jenis daging lainnya, seperti sapi atau kambing juga merupakan makanan tinggi protein yang baik untuk anak. Sama seperti ayam, bagian daging yang tidak berlemak adalah bagian yang memiliki jumlah protein yang lebih tinggi. 

4. Ikan Tuna

Ikan, terutama ikan tuna merupakan makanan tinggi protein yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Ikan tuna memiliki lemak dan kalori yang rendah, sehingga sebagian besar kandungan di dalamnya adalah protein. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

5. Tahu 

Makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai ini mengandung protein yang cukup tinggi. Tahu juga cocok disajikan untuk anak-anak karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih.

6. Kacang Almond 

Kadar protein yang terdapat dalam kacang almond sebanyak 6 gram per 1 ons. Selain itu, kacang almond juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Teksturnya yang renyah bisa memberikan variasi di tengah makanan sumber protein lainnya yang kebanyakan terlalu lembut.



In reply to Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb

Re: Kelas A

by Intan Mutiara Putri., S.ST., M.Keb -

Alhamdulilah luar biasa ya untuk semoga dengan metode ini akan menambah motivasi kalian dalam perkuliahan melalui lensa unisa yogya ya ,semakin lancar ya .

Rangkuman dari kuliah hari ini mengenai protein ya tetang pengertian,fungsi,struktur/susunan dan golongannya sesuai dengan tujuan pembelajaran kita. 

Untuk minggu depan selanjutnya teori biokimia akan diberikan oleh Bu Titin Ariyani selama 3kali pertemuan ya . 

Pesan ibu tetep semangat belajar online sampai ketemu diperkuliahan offline ya 

Wassalamualaikum