Diskusi Pengantar Biokimia

kelas B Sifat Enzim

kelas B Sifat Enzim

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -
Number of replies: 0

Iis Wahyuningsih-2110101075

Sifat enzim

-          Sebagai katalisator, enzim merupakan katalis yang dapat mengubah laju reaksi tanpa ikut bereaksi.

 

-          Enzim bekerja secara spesifik dan selektif, setiap enzim memiliki sisi aktif yang sesuai hanya dengan satu jenis substrat. Artinya setiap enzim hanya dapat bekerja pada satu substrat yang cocok dengan sisi aktifnya.

 

 

-          Enzim bersifat bolak balik, enzim tidak mempengaruhi arah reaksi, sehingga dapat bekerja dua arah (bolak-balik). Artinya enzim dapat menguraikan substrat menjadi senyawa sederhana dan sebaliknya enzim juga dapat menyusun senyawa-senyawa menjadi tertentu.

 

-          Seperti protein, yaitu sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, seperti suhu, pH, konsentrasi substrat. Jika lingkungannya tidak sesuai maka enzim akan rusak atau tidak dapat bekerja dengan baik.

 

 

-          Enzim bersifat termolabil, aktivitas enzim dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, kerja enzim akan lambat. Semakin tinggi suhu reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat, tetapi jika suhu terlalu tinggi, enzim akan mengalami denaturasi.

 

-          Hanya diperlukan dalam jumlah sedikit, reaksi enzimatis dan metabolisme hanya membutuhkan sedikit enzim untuk setiap kali reaksi.

 

-          Merupakan koloid, memiliki permukaan antar pertikel yang sangat besar sehingga bidang aktivitasnya juga besar.

 

 

-          Enzim mampu menurunkan energi aktivitas, suatu reaksi kiia dapat terjadi jika molekul yang terlibat memiliki cukuo energi internal untuk membawa ke puncak bukit energi menuju bentuk reaktik yang disebut tahap transisi