Diskusi Pengantar Biokimia

Kelas B

Kelas B

by 2110101100 SILMI FUJI LESTARI -
Number of replies: 0

SIFAT ENZIM

  • Sifat Katalisator

       Enzim merupakan suatu zat yang bertindak sebagai katalis dalam hidup, mengatur laju di mana reaksi kimia berlangsung tanpa sendirinya diubah dalam proses.


  • Enzim Bekerja Secara spesifik dan Selektif

       Enzim secara spesifik dan selektif Artinya dari enzim spesifik,enzim hanya bekerja sesuai substratnya.

       Enzim disebut memiliki sifat selektif karena bagian enzim hanya akan bekerja pada pasangannya yang tepat dan tidak bisa bekerja dengan pasangan yang bebas.

  • Enzim Bersifat Bolak-Bolik

       Enzim bekerja bolak-balik, artinya enzim tidak menentukan arah reaksi tetapi hanya mempercepat laju reaksi sehingga tercapai keseimbangan.

  • Seperti Protein
       Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik.

  • Enzim Bersifat Termolabil

       Enzim bersifat termolabil yaitu aktivitas enzim yang di pengaruhi oleh suhu. 

  • Hanya Diperlukan Dalam Jumlah Sedikit

       Karena enzim tidak dipilih dalam reaksi yang dikatalisasi dan dapat digunakan berulang-ulang, hanya sedikit sekali enzim untuk mengkatalisasi suatu reaksi.

  • Merupakan Koloid

       Enzim merupakan koloid, artinya enzim tersusun dari beberapa protein yang tergolong koloid.

  • Enzim Mampu Menurunkan Energi Aktivasi

       Enzim melakukan tugas kritis untuk menurunkan energi aktivasi reaksi, jumlah energi yang harus dimasukkan agar reaksi dimulai.

SIFAT KIMIA


1. Sifat Mereduksi 

   Monosakarida dan beberapa disakarida memiliki sifat yang dapat direduksi, terutama dalam suasana basa. Sifat sebagai reduktor ini dapat digunakan untuk keperluan mencari karnivora maupun analisis kuantitatif. Sifat mereduksi ini disebabkan oleh adanya gugus aldehida atau keton bebas dalam karbohidrat.

2. Pembentukan Furfular

   Furfular ad alah   Senyawa organik  siklik  dengan lima  atom  kartu sebagai penyusun utama kerangkanya. Furfural termasuk dalam  sakarida  dan membangkitkan saraf lidah mersakan manis. Karena banyak dipakai dalam industri pangan, kosmetika, dan obat-obatan, senyawa yang terutama diperoleh dari sisa panen pertanian serealia ini menjadi komoditas dagang penting. 

3. Pembentukan Osazon

   Pemanasan karbohidrat yang memiliki gugus aldehida atau keton bersama fenilhidrazin berlebihan akan membentuk hidrazon atao osazon.

4. Pembentukan Ester

   Ester m erupakan suatu senyawa organik dengan sifat-sifat tertentu yang terbentuk melalui penggantian atom hidrogen pada gugus karboksil dengan suatu gugus organik (dilambangkan dengan R'). Senyawa  ester  paling banyak diturunkan dari suatu asam karboksilat dan alkohol.

5. Isomerisasi 

   Isomerisasi adalah proses penataan ulang suatu molekul menjadi molekul baru dengan rumus empiris tetap. Pada umumnya reaksi isomerisasi memiliki energi aktivasi yang tinggi.

6. Pembentukan Glikosida 

   Glikosida dibentuk oleh eliminasi udara antara hidroksil anomerik dari monosakarida siklik dan gugus hidroksil dari senyawa lain.Gugus hidroksil pada karbon anomerik dapat mengalami perubahan orientasi dari posisi. Perubahan ini disebut mutarotasi. 


SIFAT FISIKA

7. Rumus Fischer

   Rumus Fischer adalah senyawa yang termasuk karbohidrat terdapat gugus fungsi, yaitu gugus –OH, gugus aldehida atau gugus keton. 

8. Aktivitas Optik

   Aktivitas optik adalah suatu kemampuan memutar bidang terpolarisasi ketika melewati kristal, zat cair, atau larutan. Senyawa optik aktif akan memunculkan suatu respons berupa perubahan sudut putar polarisasi bila dikenai medan listrik luar (E) [5].

9. Konfigurasi Molekul

   Pengaturan molekul adalah susunan elektron-elektron pada sebuah atom, molekuler, atau struktur fisik lainnya.Sama seperti partikel elementer lainnya, elektron patuh pada hukum mekanika kuantum dan menampilkan sifat-sifat bak-partikel maupun bak-gelombang.

10. Rumus Haworth

     Proyeksi Haworth adalah cara umum menggambarkan struktur lingkar monosakarida dengan perspektif tiga dimensi sederhana.