Diskusi Pengantar Biokimia

Kelas A

Re: Kelas A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -
Number of replies: 0

Assalamualaikum wr.wb

Ini tugas saya buk, Materi Tentang Sifat Sifat Enzim..
Nama: Pita Aningsih
Nim: 2110101008

1. Enzim sebagai Katalisator
Cara kerja enzim adalah dengan membentuk senyawa-substrat enzim, kemudian menghasilkan suatu produk tanpa mengubah senyawa enzim itu sendiri, setelah terbentuk maka enzim akan melepaskan diri untuk membentuk senyawa baru dengan substrat yang lain

2. Enzim bekerja secara spesifik dan selektif
  Enzim bekerja secara spesifik maksudnya adalah hanya bekerja pada suatu substrat tertentu, artinya satu enzim satu substrat, tidak bisa satu enzim utk semua substrat.
  Enzim disebut memiliki sifat selektif karena bagian enzim hanya akan bekerja pada pasangannya yang tepat dan tidak bisa bekerja dengan pasangan yang bebas. Selain itu, enzim selektif terhadap lingkungan kerja.
 
3. Enzim bersifat bolak balik (reversible)
Artinya enzim tidak menentukan arah reaksi tetapi hanya mempercepat laju reaksi sehingga tercapai keseimbangan.

4. Enzim merupakan protein
Enzim memiliki sifat seperti protein, antara lain bekerja pada suhu optimal, umumnya suhu kamar. Enzim akan kehilangan aktivitasnya karena pH yang terlalu asam atau basa kuat, dan pelarut organik. Panas yang terlalu tinggi akan membuat enzim terdenaturasi sehingga tidak dapat bekerja seperti yang dijelaskan.

5. Enzim bersifat termolabil
yaitu aktivitas enzim yang di pengaruhi oleh suhu. jika suhu rendah ,maka kerja enzim akan semakin lambat.jika suhu semakin tinggi maka enzim kerja akan semakin cepat.

6. Enzim di Perlukan Dalam Jumlah Sedikit
Karena fungsinya sebagai KATALISATOR , maka enzim tidak diperlukan dalam jumlah yang banyak karena 1 molekul saja bisa bekerja berkali-kali selama enzim tersebut tidak mengalami kerusakan.

7. Enzim merupakan koloid Artinya
tersusun dari beberapa protein yang tergolong koloid. Enzim hanya diperlukan dalam jumlah yang tidak banyak , artinya enzim hanya sebagai katalisator yang tidak ikut bereaksi.

8. Enzim menurunkan energi aktivasi 
Yaitu energi yang harus dimasukkan agar jumlah reaksi dimulai. bekerja dengan mengikat reaktan dan menahannya sedemikian rupa sehingga proses ikatan ikatan kimia dan terjadinya lebih mudah.

Sekian dari saya,,mohon maaf kalau ada kesalahan, mohon dikoreksi🙏🏻

Wassalamu'alaikum wr.wb