E-Learning Pertemuan 1 Teknik Reportase Investigasi - 18 Oktober 2019, 08.00-10.00. WIB - Drs. Subagio, M.A.

Penyampaian Materi PPT

Penyampaian Materi PPT

by Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali -
Number of replies: 1

Materi 1

Dalam jurnalisme investigasi, seorang wartawan dituntut untuk dapat memberikan berita yang benar. Dalam islam -artinya tabligh (menyampaikan kebenaran). Mengapa Investigasi ?. Invesitgasi adalah tatanan pemberitaan yang menuntut kedalam isi berita, berdasarkan pada fakta dan data (evidance based) dan bukan merupakan kejadian sekali jadi. Artinya bahwa investigasi merupakan bagian penting dari proses panjang suatu pemberitaan.

materi 2

Dalam manajemen reportase - dikenal dengan dua tahapan dua tahap. Tahapan ini adalah bagaimana mengumpulkan fakta yang dibarengi dengan data dan studi literatur, disini biasanya teknik untuk menentukan masalah, arah dan reportase yang diambil berdasarkan isu yang berkembang. Isu diartikan sebagai sebuah konflik yang muncul dan tenggelam. Dikarenakan konflik tersebut membutuhkan fase yang panjang - maka perlunya penelusuran lebih dalam untuk mengungkapnya. Tahap kedua adalah tahap dimana harus turun ke lapangan untuk konfirmasi dan cross-chek data yang terjadi di lapangan yang terkadang sangat berbeda dengan yang ada di literatur.

materi 3

Memilih sasaran investigasi tidak selamanya harus berbau kontroversial, bisa jadi topik yang bersifat human interest menjadi topik yang menggiurkan untuk di investigasi, atau topik-topik yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak. Perhatikan materi diatas, adanya suatu konsep yang keliru dan harus dibenahi merupakan nyawa dari proses panjang investigasi.

materi 4

Pada umumnya - teknik reportase ini menjadi panduan dasar bagi wartawan untuk dapat melakukan investigasi. Investigasi selalu membutuhkan data pendukung untuk menangkap common-sense yang terjadi dilapangan. Oleh karenanya studi literatur mutlak harus dilakukan.

Materi 5

Berikut adalah teknik rpeortase yang biasa digunakan. Tidak jarang seorang wartawan atau penulis menggunakan dua teknik untuk menciptakan karya jurnalistik yang bagus seperti penggabungan antara feature dan jurnalisme investigasimateri 5

Berikut merupakan tahapan-tahapan yang ada dalam teknik reportase investigasi - mohon dipahami dan diperhatikan ya. Setelah mendapatkan tentang langkah-langkah teknik reportase investigasi - kita akan mulai diskusinya untuk teknik reportase investigasi di forum diskusi


Semangat