Profil Mata Kuliah E-Learning Jurnalistik Investigasi
Dalam mata kuliah ini
mahasiswa akan mendapatkan materi yang meliputi pengertian, fungsi dan jenis artikel; pedoman artikel;
bahasa dan tanda baca; eksplorasi ide dan gagasan; teknik penulisan; penulisan
feature, resensi dan karya jurnalistik investigasi
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH
Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan materi yang meliputi pengertian, fungsi dan jenis artikel; pedoman artikel investigasi; bahasa dan tanda baca; eksplorasi ide dan gagasan; teknik penulisan; penulisan feature, resensi dan investigasi reportase.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S3, S6, S7, S10.
(S3) Menginternalisasi nilai norma, dan etika akademik; (S6) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S7) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S10) Menunjukkansikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mendiri.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PP8
(PP8) Memahami kaidah, prinsip, dan teknik (penulisan artikel jurnalistik investigasi) manejemen komunikasi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK4
Mampu membuat pasar dan media komunikasi di bidang komunikasi sosial dan kesehatan;
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, fungsi dan jenis artikel (KUI )
2. Mahasiswa mampu merumuskan pedoman penulisan artikel dan opini (KUI,S7)
3. Mahasiswa mampu menerapkan gaya bahasa dan tanda baca penulisan artikel dan opini (KU1, KK1)
4. Mahasiswa mampu mengeksplorasi ide dan gagasan dalam penulisan artikel dan opini.
5. Mahasiswa mampu membuat karya jurnalistik investigasi bidang sosial dan kesehatan (PP1, KK1, S2, S8)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahj dengan penilaian sebagai berikut :
Penilaian Akhir No. Kegiatan Yang DInilai Nilai Persen 1. UTS dan UAS 50 2. Tugas 20 3. Praktikum 30 Jumlah 100 Selamat untuk mengerjakan Pra Tes. Dikerjakan dalam waktu 30 menit untuk beberapa soal dibawah ini :
- Buatlah sebuah esai tentang diri sendiri. Ketentuan penulisan: Panjang minimal 1 halaman A4, dengan marjin standar, spasi 1,5, ukuran huruf 11, jenis huruf TR.
Selamat mengerjakan!- Buatlah sebuah esai tentang diri sendiri. Ketentuan penulisan: Panjang minimal 1 halaman A4, dengan marjin standar, spasi 1,5, ukuran huruf 11, jenis huruf TR.
Dosen 1 Nama : Drs. Subagio, M.A. NIP : 5907281706245 NIDN : 0028075903 Email : subagiomw@unisayogya.ac.id HP : 085100472145 Untuk Bahan ajar dan Rencana Pembelajaran Semester Kuliah Jurnalisme Investigasi dapat diunduh:
1. Bahan ajar kuliah Jurnalistik Investigasi untuk kuliah e-learning
2. RPS Jurnalisme Investigasi