PRAKTIKUM PEMERIKSAAN USG DAN CTG

KELOMPOK A5

KELOMPOK A5

by Suyani Suyani -
Number of replies: 19

Assalamu'alaikum salam semangat semuanya ..

Pada praktikum ini kita mempelajari tentang pemeriksaan USG dan CTG serta belajar menginterpretasikan hasil pemeriksaan serta tindak lanjut dari hasil pemeriksaan, silahkan membaca materi dan cheklist yang ada di panduan praktikum , kemudian silahkan menyaksikan video dibawah ini sebagai tanbahan referensi, setelah itu jika ada yang mau didiskusikan silahkan  berdiskusi di forum kelompok masing-masing, semangat



In reply to Suyani Suyani

Re: KELOMPOK A5

by Deleted user -

Assalamu'alaikum Wr. Wb. kelompok A5
Semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia.. aamiin
Sesuai arahan dari Bu Suyani, untuk gambaran pengoperasian alat CTG
dan USG terilustrasi pada video yang sudah ditautkan pada e-learning.

Setelah menyaksikan video, adakah yang bisa menyimpulkan, apa kegunaan pemeriksaan USG dan CTG? 

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by Deleted user -
In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101062 SULISTYANING NUR INDAHSARI -

Assalamualaikum Ibu, saya Sulistyaning N. Indahsari dengan NIM 2010101062. ijin menyimpulkan, manfaat dari pemeriksaan ctg yaitu dapat mengetahui  bagaimana DJJ saat di pengaruhi kontraksi.

Sedangkan USG banyak kegunaan, terutama dapat mengetahui keadaan dalam rahim ibu dan dapat menentukan prosedur medis.


jadi dapat di simpulkan bahwa kedua alat tersebut bisa mengevaluasi apakah kondisi janin sehat sebelum dan selama persalinan.


terimakasih

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101057 QONI' HIKAYA -

Wa'alaikumsalam wr,wb. Ibu

Izin menjawab pertanyaan ibu

Kegunaan pemeriksaan USG dan CTG 

Jawab:

USG atau ultrasonografi mempunyai banyak kegunaan dalam pengobatan. Mulai dari untuk mengkonfirmasi kehamilan, hingga perkiraan tanggal kelahiran. Selain itu, kegunaan mesin usg adalah untuk mendiagnosis kondisi tertentu, serta membantu dokter untuk menentukan prosedur medis yang tepat.

Sedangkan CTG biasanya baru diperlukan jika ibu hamil mengalami kondisi yang dianggap dapat membahayakan persalinan atau janin, misalnya diabetes, tekanan darah tinggi, dan preeklamsia. Pemeriksaan ini diperlukan untuk menentukan tindakan apa yang mungkin perlu dilakukan untuk membantu proses persalinan.

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101061 LULU HUSNIATUL AISY -

assalamualaikum ibu, saya Lulu Husniatul Aisy 2010101061 izin menyimpulkan penggunaan dan kegunaan dari CTG. jadi, CTG merupakan alat untuk mendeteksi gerakan janin, kontraksi ibu, dan DJJ janin. ctg memiliki 3 alat, yaitu transduser US yang berfungsi sebagai pendeteksi DJJ janin, dan transduser UC sebagai pendeteksi kontraksi pada ibu. lalu, ibu diminta untuk menggenggam dan menekan tombol pada alat yang diberikan kepada ibu pada saat ibu merasakan kontraksi. sekian dari saya, terimakasih ibu

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101052 NAURAH SALSABILA ANWAR -

Assalamualaikum wr wb ibu saya Naurah salsabila izim menjawab bu 

USG adalah Ultrasonigrafi (USG) adalah prosedur pemindaian dengan  menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi.

Ultrasonografi digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari memeriksa kondisi janin, mendeteksi penyakit, sampai membantu dokter dalam tindakan bedah atau pengambilan sampel jaringan  (biopsi).Tujuan  dari pemeriksaan USG adalah untuk memeriksa detak jantung janin,menentukan usia kehamilan dan estimasi waktu lahir,mencari tahu kehamilan kembar, memeriksa kondisi plasenta, uterus, ovarium, dan serviks.

Cardiotocography atau CTG adalah sebuah alat yang digunakan oleh dokter kandungan untuk memantau denyut jantung dan kontraksi rahim saat bayi berada di dalam kandungan. Biasanya, bayi di dalam kandungan memiliki detak jantung antara 110 dan 160 denyut per menit dan meningkat ketika bayi bergerak didalam kandungan.

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101053 LYLAND WILUJENG -

Assalamualaikum wr wb Ibu saya Lyland Wilujeng NIM 2010101053 ijin untuk menyimpulkan apa Kegunaan pemeriksaan USG dan CTG. 

CTG atau Cardiotocography adalah alat yang digunakan untuk memantau aktivitas dan denyut jantung janin (DJJ) , serta kontraksi rahim saat bayi berada di dalam kandungan. dilakukan selama 20 menit. Pemeriksaan CTG biasanya baru diperlukan jika ibu hamil mengalami kondisi yang dianggap dapat membahayakan persalinan atau janin, misalnya diabetes, tekanan darah tinggi, dan preeklamsia.

USG atau ultrasonography adalah pemeriksaan yg digunakan untuk mencitrakan organ dalam dan otot. Memeriksa detak jantung janin, menentukan usia kehamilan dan estimasi waktu lahir juga dapat mencari tahu apakah kehamilan nya termasuk kehamilan kembar atau bukan, memeriksa kondisi plasenta, uterus, ovarium. 

Terima kasih Ibu

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101055 Mandala Rahayu -

Assalamualaikum wr wb

Nama Mandala Rahayu 

Nim 2010101055

izin menyimpulkan

Pemeriksaan ctg digunakan untuk objek kesejahteraan janin, dan DJJ janin.dilakukan selama 20 menit, jika ibu hamil mengalami kondisi yang dianggap dapat membahayakan kehamilan atau janin, misalnya diabetes, tekanan darah, dan preeklamsia.

Ultrasonografi/USG merupakan teknik menampilkan gambar dari kondisi bagian dalam tubuh yang digunakan keperluan, mulai dari memeriksa kondisi janin, mendeteksi penyakit,

Terima kasih.

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101058 WAN TAZKYA AULIA SILVIA ANANDA -

Assalamu'alaikum ibu

Saya Wan Tazkya Aulia Silvia Ananda 2010101058 

Izin menyampaikan kesimpulan dari video untuk kegunaan CTG itu sendiri berfungsi memantau kontraksi rahim ibu, kondisi kesehatan janin dan mengetahui apakah ada permasalahan pada janin selama proses kehamilan periode terakhir hingga persalinan.

Dan Untuk USG berfungsi memonitor DJJ

Terima kasih 🙏

In reply to Deleted user

Re: KELOMPOK A5

by 2010101060 Riski Eka saputri -

Assalamualaikum ibu saya Riski Eka Saputri 

Nim 2010101060 izin menjawab 

Kegunaan pemeriksaan USG adalah USG atau ultrasonografi mempunyai banyak kegunaan dalam pengobatan. Mulai dari untuk mengkonfirmasi kehamilan, hingga perkiraan tanggal kelahiran

Kegunaan CTG Cardiotocography (CTG) merupakan sebuah alat yang digunakan oleh dokter kandungan untuk memantau denyut jantung dan kontraksi rahim saat bayi berada di dalam kandungan.