Forum Diskusi Lingkungan Pemasaran

Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI -
Number of replies: 43

Nokia merupakan merek telepon genggam yang memiliki pangsa pesar cukup besar dan berjaya sekita tahun 90an sampai 2000an. Kejayaan Nokia tersebar di seluruh pasar dunia, termasuk pasar Indonesia. Namun, kejayaan merek telepon genggam tersebut tidak abadi, seiring perkembangan zaman merek besar yang mampu meraih 90persen minat pasar konsumen tersebut goyah, yang lama kelamaan tenggelam. Paparkan pendapat teman-teman faktor apakah yang menjadi menyebabkan merek nokia tersebut redup sampai dapat dikatakan tidak ada peminatnya lagi saat ini. Kaitkan pendapat teman-teman dengan materi lingkungan pemasaran kali ini. Pada forum ini juga saya sisipkan video narasi terkait dengan perjalanan Nokia sebagai informasi pendukung yang dapat dijadikan bahan diskusi,  serta kaitkan materi dari video tersebut dengan materi kali ini.


Berikut adalah file video nya:


Enjoy the class, yuhuwww

Best regards,


Era Agustina

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601044 SYAZA MUTIA KAMILA -

Syaza Mutia Kamila (2010601044)


Hal yang membuat perusahaan Nokia akhirnya tutup gerai salah satunya adalah karena perusahaan Nokia cenderung tidak mau berinovasi dan memiliki ketakutan untuk menerima challenge yang ada dalam lingkungan pasar nya yang mana lingkungan pasar dalam keadaan ini adalah mendorong suatu perusahaan untuk bisa bersaing menciptakan teknologi yang lebih mutakhir yang lebih maju lagi dalam teknologi handphone sedangkan perusahaan Nokia menutup diri dan cenderung tidak berani untuk berinovasi dibandingkan dengan usaha-usaha HP lainnya.

Di sisi lain pimpinan dari Nokia pun menutup diri dari saran saran dan masukan karyawannya dan lingkungan pasarnya nah dari hal tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa lingkungan pasar dan lingkungan pemasaran tentu memiliki peran yang sangat penting dalam jalannya perusahaan karena dengan adanya lingkungan pasar tersebut akan mendorong kemajuan bagi sebuah perusahaan untuk terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601038 NIKEN SEPTI TRISNAWATI -

Niken Septi Trisnawati 2010601038 

Yang menjadi penyebab merek nokia redup sampai dapat dikatakan tidak ada peminatnya lagi adalah target penyelenggaraan pemasaranya yang sudah ingin berkembang lebih maju tidak hanya monoton, bisa di katakan nokia hanya bisa mengupgrade hardware saja namun untuk software masih itu itu saja, dan setelah itu ada merk baru yang lebih unggul seperti iPhone atau xiomi yang unggul dengan software dan hardware yang lebih bagus dan canggih,  karena nokia hanya fokus mengubah penampilan saja sehingga di tinggal dengan merk yang lain. Sehingga nokia mengalami kemunduran karena tidak mengikuti perkembangan zaman

In reply to 2010601038 NIKEN SEPTI TRISNAWATI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601030 YOVIE AULIA AHMAD -
Izin bertanya,apakah dari kasus itu nokia bisa meng eksiskan kembali produk mereka yang setelah kian lama tersaingi ? Lalu bagaimana caranya agar perusahaan tersebut dapat bangkit kembali..
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601037 AOLA AUFIYATU ANNAJAH -

Izin menjawab bu,

Ada banyak faktor yang menyebabkan merek nokia redup. Dalam lingkungan pemasaran mikro, nokia tidak peka dengan perubahan yang terjadi dari kebutuhan konsumen dan keadaan para pesaing. Kurangnya ahli software tidak membuatnya sadar untuk mengupdate produknya seperti yang dibutuhkan para konsumen yakni smartphone user friendly yang compatible dengan berbagai aplikasi yang dibutuhkan. Begitu juga dengan lingkungan makro. lingkungan yang terus mnerus mengalami perubahan tentunya membutuhkan suatu teknologi yang juga berkembang untuk mendukung berbagai kegiatan melalui smartphone dimana hal ini tidak dilakukan oleh nokia karena mereka merasa puas dengan apa yang sudah terjadi.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601047 MEISYA EGIDHEA PUTRI -

Izin menjawab,

Menurut saya, nokia menganggap dirinya "terkuat" dibandingkan merek ponsel lainnya. Nokia menolak untuk mengubah desain perangkatnya sehingga OS yang mereka punya ketinggalan zaman. Contoh pada tahun 2007 ketika iPhone diluncurkan, Nokia tidak menyadari perubahan dan masih “bangga” dengan E-seriesnya. Berbeda dengan Samsung yang mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi di pasar dengan mengeluarkan series galaxy dengan sistem OS menggunakan android.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601003 ISTANUROAINI HABIBAH -

Izin menanggapi.

Brand Nokia menjadi redup karena ke egoisan mereka yang sangat mengunggulkan OS yang mereka miliki meskipun pada saat itu Android menjadi pendatang yang sangat di gandrungi masyarakat. Disisi lain, android memiliki banyak keunggulan yang belum di miliki oleh Nokia pada saat itu, sehingga masyarakat merespon dengan cepat dan nyaman dengan Android yang diberikan oleh melalui brand brand lainnya.  hal tsb membuat Nokia semakin tertinggal dan market mulai tergiring ke semua brand yang menggunakan sistem google dan android sehingga Nokia di anggap kuno.


Hal tersebut terus berlanjut hingga saat ini, meskipun saat ini nokia sudah mulai mengikuti keinginan pasar, namun hal tsb menurut saya terlambat, karena pasar sudah nyaman dengan brand2 baru yang menurut masyarakat lebih trendi, update dan memudahkan masyarakat.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601045 DANISA SABRIL NURANI -

salah satu faktor penyebab kegagalan nokia adalah kurangnya inovasi. nokia cenderung memproduksi barang yang itu itu saja, sekalipun ada perubahan produk baik spesifikasi maupun bentuk fisik hp, tetapi tidak dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. hal ini tentu berkaitan dengan lingkungan pemasaran, terutama di lingkungan teknologi. Lingkungan ini mencerminkan faktor- faktor yang menciptakan teknologi baru, produk baru, dan peluang pasar baru. Sedangkan nokia, hanya stuck disitu situ saja. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601032 AJENG AMELIA -

Ajeng amelia (2010601032)

Menurut saya 

Penyebab terjadinya nokia tutup dikarenakan tidak adanya inovasi perubahan dan tidak adanya survey mengenai pasaran handphone yang sedang di minati oleh konsumen .Di tambah lagi Nokia terlambat dalam mengikuti zaman. Ketertinggalan tersebut membuat Nokia makin lama makin meredup. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601018 HASANUDDIN ANGGI SAPUTRA -

Menurut saya, Perusahaan besar seperti Nokia pada saat dahulu sangat lah besar dan memiliki pengaruh yang kuat di pasaran dunia saat itu sehingga menjadi kan mereka yakin dengan teknologi yang dimiliki saat itu dan stack tidak mau berinovasi untuk kedepannya mereka sudah 90% mencakup pasaran dunia. Tentu, ada banyak faktor yang cukup kompleks. Namun, beberapa hal yang perlu menjadi dasar yaitu tiga hal utama dari faktor internal perusahaan, yakni kualitas teknologi yang kalah dari Apple saat itu, arogansi jajaran manajer, dan lemahnya visi perusahaan. Menurut saya ketiga hal ini yang diabaikan oleh Nokia saat itu dan juga Disisi lain, para eksekutif Nokia takut mengakui mutu sebenarnya sistem operasi Symbian yang dijalankan perangkat Nokia saat itu. Mereka khawatir jika mengakui hal tersebut, para investor, pemasok, dan terutama penggunanya, meninggalkan Nokia.

Tapi mereka sadar, butuh waktu cukup lama untuk membangun sistem operasi yang bisa menyamai atau melampaui kualitas iOS buatan Apple. Di waktu yang sama, para manajer kelas atas mengintimidasi manajer level menengah, menuding mereka kurang ambisius untuk mencapai target. Lingkungan pasar yang selalu berkembang melalui trend dan zaman yang seharusnya menjadi pusat perhatian setiap perusahaan untuk menjual dan mempertahankan produk mereka hingga selalu di terima oleh masyarakat, terus berinovasi dan jangan jumawa jika sudah menjadi perusahaan yang besar tetap melakukan riset apa yang selalu di butuhkan oleh konsumen nantinya.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601041 NANDA KISTI SETYOWATI -

Faktor apa yang menyebabkan merek nokia tersebut redup dan kaitkan dengan materi lingkungan pemasaran kali in:

Hal yang menyebabkan merk Nokia menjadi redup salah satunya adalah tidak memperhatikan kebutuhan konsumen Nokia semakin meredup karena mereka terlambat untuk membuat sistem operasi symbian menjadi open source. Mereka melakukannya ketika Android sudah hadir dan diterima dengan baik oleh konsumen. Mereka selalu puas dengan apa yang sudah mereka kerjakan. Tidak melakukan inovasi artinya tidak mampu menyelamatkan perusahaan dari ketergantungan pada usaha perangkat keras. Mereka puas dengan keberhasilan yang sudah dimiliki dan gagal dalam merencanakan perkembangan yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. serta tidak mendengarkan masukan. Padahal Masukan atau saran amatlah dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena perusahaan tidak bisa menilai kinerja diri sendiri secara efektif dan subjektif.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601040 AINUN LAHASA PUTRI -
Nokia saat ini memiliki kualitas yang kalah dengan pesaingnya. Tetapi, tidak bohong kalau Nokia adalah hanphone yang tahan banting. Namun tahan banting bukan satu-satunya yang diperlukan pasar. Nokia kurang memiliki inovasi saat brand-brand telepon genggam lainnya mulai naik melesat mengambil posisi pasar lebih luas. Melihat brand seperti Apple atau Samsung hingga saat ini memiliki fitur-fitur lebih canggih dan mampu memenuhi keinginan pasar. Saat handphone lainnya meningkatkan inovasi keren, Nokia mulai tertinggal jauh dan hilang kendali dalam mempertahankan perhatian pasar. Menurut saya, Nokia mungkin arogan (mohon maaf). Seperti masih menganggap dirinya akan kekal saat itu, padahal persaingan itu nyata hingga saat ini bisa dilihat siapa yang memimpin pasar handphone.
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601039 MARPI ASTRIA -

Saya Marpi Astria 2010601039 izin menanggapi ibu,

Faktor merek Nokia redup karena perusahaan mereka tidak mengikuti trend-trend yang sedang terjadi sehingga ketinggalan zaman. Seperti contohnya pada tahun 2010 perusahaan-perusahaan lain seperti merek Samsung, Sony, LG dsb memilih Android untuk bersaing dengan iPhone dan BlackBerry disamping itu, merek nokia malah mengeluarkan seri ponsel terbaru yaitu seri 5630 yang merupakan ponsel Xpress music pertama yang memiliki keyboard Qwerty lengkap. Tetapi seri ponsel tersebut tidak terkenal.

Nokia yang egois dan tidak mau mengakui Android adalah OS masa depan. Sehingga Nokia dengan android baru saja masuk akhir-akhir ini ketika pasar Indonesia sudah ada Xiaomi, Oppo, Vivo, Lenovo dan Samsung yang sudah terkenal, Jadi Nokia terbelakangkan dan redup.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601005 GRESSIDA HARIRUL ASFURIN -
Menurut saya, faktor yang menjadi penyebab merek nokia tersebut redup sampai dapat dikatakan tidak ada peminatnya lagi saat ini dikarenakan merek Nokia secara model dan fasilitas sudah jauh tertinggal oleh merek merek lain. Perusahaan Nokia cenderung tidak mau berinovasi dibandingna merek Handphone lainnya.

Nokia tidak mencipkan Model dan fasilitas yang mengikuti trend pasar saat ini padahal lingkungan pasar sangat ketat dalam bersaing menciptakan model trend handphone yang baru kekinian serta memiliki kualitas yang jauh lebih memanjakan konsumen, hal ini pula yang menjadikan konsumen kurang meminati merek ini lagi. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601023 SANDA AULIA PUTRI -

mungkin ada banyak faktor yang cukup kompleks, salah satunya kualitas teknologi yang dari merk handphone lainnya terutama Iphone serta lemahnya perusahaan nokia tersebut. Dalam segi pemasaran juga pastinya kurang menarik lagi hal ini bisa dilihat dari segi spesifik bentuk nokia. mungkin teknologi ini juga gagal untuk melakukan inovasi dan mereka terlalu lama tidur ibaratnya seperti itu, bersama kesuksesan yang mereka raih di masa lalu. Kemudian ketika masa modern merubah segalanya, Nokia sudah terlambat untuk menyadari bahwa perusahaan sudah terlalu lama diam, meremehkan perusahaan kecil yang sekarang kemudian merajai industri.

Perlu kita ketahui pemasaran di zaman sekarang sangat membutuhkan planing dan kecerdasan yang sangat kuat dalam memasarkan bisnisnya.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601007 IRMA PUSPITA ANGNESSIANTI -

Irma Puspita Angnessianti 2010601007

Ada banyak elemen penyebab redup nya nokia. Tapi, beberapa peneliti menyorot tiga hal utama dari faktor internal perusahaan, yaitu: 

-Kualitas teknologi yang kalah dari Apple

-Arogansi jajaran manajer

-Lemahnya visi perusahaan

lalu ada beberapa faktor internal lainnya yang menyebabkan bangkrut nya nokia yaitu Lingkungan kerja yang kurang sehat, Manager kurang kompeten, Tidak ada prospek untuk masa depan, dan Kegagalan windows phone

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601025 BETA MEITY NURISA -

salah satu alasan mengapa Nokia mengalami kekalahan di pasar adalah karena kebutuhan konsumen yang semakin meningkat namun Nokia tidak melakukan inovasi baru atau tidak melakukan upgrade terhadap software yang ada dalam ponsel tersebut, padahal hal tersebut sangat penting karena dengan begitu para pesaing akan mudah masuk dalam pasar dan memenangkan pasar karena pesaing telah melihat dan membaca  lingkungan pasar yaitu kebutuhan gadget oleh konsumen meningkat begitu pula dengan fitur fitur yang seharusnya di suguhkan, meskipun kini Nokia berusaha masuk kembali dengan upgrade yang sama atau mungkin bahkan memberikan kelebihan dalam ponselnya, nama Nokia tetap kalah karena mindset orang orang Nokia adalah produk ponsel jadul. apalagi para pesaing yang saat ini menguasai pasar seperti Xiaomi, Iphone, Oppo,Vivo,dll semakin gencar dalam memberikan upgrade terhadap produk mereka.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601008 WAHYU NUR HIDAYAT -

Menurut saya faktor utama perusahaan nokia redup adalah keenganan untuk perubahan drastis.dalam hal ini perusahaan Nokia sangat enggan untuk melakukan inovasi terhadap barang produksi nya,hal tersebut membuat perusahaan nokia kehilangan pangsa pasarnya karena banyaknya perusahaan lain yang muncul di lingkungan pasar mereka dengan mengeluarkan produk yang lebih canggih dan juga lebih disukai oleh konsumen .

Selain itu,faktor yang membuat perusahaan nokia semakin redup adalah perusahaan nokia melupakan konsumennya yang meminta adanya inovasi baru dalam software produk mereka.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601010 VERAWATI -
Menurut saya faktor yang menyebabkan merek Nokia redup yaitu faktor yang pertama mereka tidak fokus pada compatibility aplikasi mereka. Justru yang dilakukan malah merancang sebuah handphone yang tidak bisa memainkan game yang biasa dimainkan. Alhasil konsumen pun tidak mau memilih mereka. Ini sama saja tidak memperhatikan kebutuhan konsumen yang artinya seperti membuat peti mati sendiri. Smartphone Nokia yang mempunyai platform Symbian dianggap gagal dan tidak diterima di pasaran karena tidak menarik perhatian konsumen yang ingin mendapatkan smartphone yang user friendly dan compatible dengan berbagai aplikasi yang mereka butuhkan. 

Kemudian faktor selanjutnya yaitu, Tidak melakukan inovasi. Mereka puas dengan keberhasilan yang sudah dimiliki dan gagal dalam merencanakan perkembangan selanjutnya yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Sebuah pepatah mengatakan inovasi atau mati. Memang begitulah adanya, Jika tidak melakukan inovasi maka akan tetap diam di tempat kemudian lama lama menjadi mati.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601055 OKTAFANI ANNISA PUTRI -

Ada yang menyebutkan bahwa Nokia terlena sehingga gagal untuk melakukan inovasi dan mereka terlena bersama kesuksesan yang mereka raih di masa lalu. Kemudian ketika masa modern merubah segalanya, Nokia sudah terlambat untuk menyadari bahwa perusahaan sudah terlalu lama diam. Mereka juga terlambat untuk membuat sistem operasi symbian menjadi open source. Mereka melakukannya ketika Android sudah hadir dan diterima dengan baik oleh konsumen. Pergerakan yang terlalu lambat membuat Nokia perlahan-lahan ditinggalkan konsumen setianya.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601004 SARI RENITA -

 Sari Renita (2010601004)

menurut saya Nokia ini terlalu percaya bahwa mereka dapat bersaing seperti dulu bahwa dia bisa menjadi yang nomer 1, mereka sudah menyesuaikan dengan brand lain tetapi minat konsumen tetap tidak memilih nokia, mungkin Nokia ini hanya membuat HP yang bentuk luar sama dengan android lain atau yang sedang ngetrend tetapi lupa melihat fitur apa saja yang paling di butuhkan oleh konsumennya. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601051 RATIKA DELLA INDIANA -

Mengenal brand Nokia yang kini sudah tidak terdengar lagi namanya di pasaran. Ada yang menyebutkan bahwa Nokia terlena sehingga gagal untuk melakukan inovasi dan mereka terlalu lama tidur bersama kesuksesan yang mereka raih di masa lalu. Kemudian ketika masa modern merubah segalanya, Nokia sudah terlambat untuk menyadari bahwa perusahaan sudah terlalu lama diam, meremehkan perusahaan kecil yang sekarang kemudian merajai industri.

faktornya,

-Terlalu sempit dalam mendefinisikan perusahaan mereka

Perusahaan Nokia berasal dan berkembang di sebuah desa kecil yang ada di Finlandia. Nokia awalnya hanya sebuah perusahaan kertas yang kemudian berkembang menjadi perusahaan elekteonik di tahun 1960-an.

-Bergerak terlalu lambat

Operasi sistem symbian merupakan sistem operasi yang berbayar dan tertutup untuk perubahan.

-Melupakan konsumen

Kondisi Nokia yang kekurangan tenaga ahli dalam hal software tidak menjadikan mereka sadar.

-Budaya inovasi gagal dikembangkan

Artinya Nokia tidak bisa merasa ada yang kurang. Mereka selalu puas dengan apa yang sudah mereka kerjakan. 

-Tidak mendengarkan masukan

Masukan atau saran amatlah dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena perusahaan tidak bisa menilai kinerja diri sendiri secara efektif dan subjektif.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601051 RATIKA DELLA INDIANA -

Mengenal brand Nokia yang kini sudah tidak terdengar lagi namanya di pasaran. Ada yang menyebutkan bahwa Nokia terlena sehingga gagal untuk melakukan inovasi dan mereka terlalu lama tidur bersama kesuksesan yang mereka raih di masa lalu. Kemudian ketika masa modern merubah segalanya, Nokia sudah terlambat untuk menyadari bahwa perusahaan sudah terlalu lama diam, meremehkan perusahaan kecil yang sekarang kemudian merajai industri.

faktornya,

-Terlalu sempit dalam mendefinisikan perusahaan mereka

Perusahaan Nokia berasal dan berkembang di sebuah desa kecil yang ada di Finlandia. Nokia awalnya hanya sebuah perusahaan kertas yang kemudian berkembang menjadi perusahaan elekteonik di tahun 1960-an.

-Bergerak terlalu lambat

Operasi sistem symbian merupakan sistem operasi yang berbayar dan tertutup untuk perubahan.

-Melupakan konsumen

Kondisi Nokia yang kekurangan tenaga ahli dalam hal software tidak menjadikan mereka sadar.

-Budaya inovasi gagal dikembangkan

Artinya Nokia tidak bisa merasa ada yang kurang. Mereka selalu puas dengan apa yang sudah mereka kerjakan. 

-Tidak mendengarkan masukan

Masukan atau saran amatlah dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena perusahaan tidak bisa menilai kinerja diri sendiri secara efektif dan subjektif.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601056 ANAFIAH RUMUAR -

Faktor yang menyebabkan merek Nokia tersebut redup sampai dapat dikatakan tidak ada peminatnya karena faktor internal perusahaan yakni kualitas teknologi yang kalah dari android, Apple. Selain itu, karena terlalu percaya bahwa merek Nokia kuat dari pada merek lainnya dan kurangnya inovasi  

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601006 WULANDARI -

wulandari 2010601006

persaingan pasar nokia yang sudah sangat jauh ketinggalan dari perkembangan pasar modern sekarang karena ada bnyak faktor yang cukup kompleks,nokia tidak bisa bersaing dengan perusahaan hanphone lain nya yang sudah lebih dulu berkembang,


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601024 TUBAGUS MAULANA -

Menurut saya, Nokia tidak bisa merasa ada yang kurang. Mereka selalu puas dengan apa yang sudah mereka kerjakan. Tidak melakukan inovasi artinya tidak mampu menyelamatkan perusahaan dari ketergantungan pada usaha bidang hardware. Mereka puas dengan keberhasilan yang sudah dimiliki dan gagal dalam merencanakan perkembangan selanjutnya yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Dalam hal ini Nokia gagal berinovasi dan juga sangat tidak mau mendengarkan saran dan kemauan dari konsumen. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601013 MELAN -

Faktor faktor yang membuat merek nokia tidak ada peminatnya lagi :

1.Kepuasan

Sebagai pemimpin pasar selama lebih dari satu dekade, Nokia tidak benar-benar merencanakan masa depan karena kelihatannya sedikit puas dengan produknya. Ketika Apple meluncurkan iPhone pada tahun 2007, ponsel sentuh pertama, Nokia masih menggunakan E-series ketika definisi smartphone telah mengalami perubahan yang luar biasa. Itu paling tidak diharapkan dari pionir di pasar smartphone.

2.Tidak mendengarkan masukan

Masukan atau saran amatlah dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena perusahaan tidak bisa menilai kinerja diri sendiri secara efektif dan subjektif. Jika menilai diri sendiri biasanya yang dinilai adalah hal yang positifnya saja sedangkan yang negatifnya dibiarkan dan tidak ditindak lanjuti lagi. Padahal itulah yang harus diperbaiki. Perusahaan harus terbuka dengan saran dan kritik yang membangun dengan tujuan untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik lagi dan mendapatkan posisi yang baik di masa mendatang.

3.Perubahan Kemitraan

Nokia hanya bergantung pada Symbian hingga akhirnya menjalin kemitraan dengan Microsoft. Tapi pergeseran ke Windows dianggap agak terlambat karena pada saat itu Apple dan Samsung telah menetapkan dominasi mereka. Ruang sistem operasi hampir ditempati oleh Android dan iOS sehingga tidak banyak berperan untuk Windows.

4. Merek  nokia  tidak  melakukan  inovasi  seiring perkembangan zaman. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601021 SRIUTAMI -

Alasan Kegagalan Nokia Setelah Dominasi Pasar Ponsel Dunia


1. Perlawanan Terhadap Evolusi Smartphone

Nokia gagal memanfaatkan dorongan teknologi Android, ketika produsen ponsel lain sibuk memperbaiki dan mengerjakan smartphone mereka, Nokia tetap bertahan pada pendiriannya. Samsung segera meluncurkan rangkaian ponsel berbasis Android yang hemat biaya dan ramah pengguna. Kesalahpahaman ini adalah awal dari kejatuhannya, karena Nokia tidak pernah menganggap Android sebagai kemajuan dan tidak mau mengadopsi sistem operasi Android. Nokia memperkenalkan sistem operasi Symbian-nya, dan sudah terlambat saat Apple dan Samsung telah memperkuat posisi mereka, ini adalah alasan terbesar di balik kejatuhan Nokia.


2. Kesepakatan Dengan Microsoft

Alasan lain kegagalan Nokia adalah kesepakatan yang tidak tepat waktu dengan Microsoft.Perusahaan tersebut menjual dirinya ke Microsoft pada saat raksasa perangkat lunak itu penuh dengan kerugian.Penjualan Nokia meneriakkan ketidakmampuan pembuat ponsel untuk bertahan hidup dengan sendirinya.Pada saat yang sama, Apple dan Samsung membuat langkah signifikan dalam inovasi dan perkembangan teknis.Akuisisi Microsoft atas Nokia dianggap sebagai salah satu kesalahan terbesar dan tidak membuahkan hasil bagi kedua belah pihak.


3. Strategi Pemasaran Nokia yang Gagal

Umumnya, sebuah startup gagal karena strategi pemasaran yang buruk dan hal yang sama terjadi dengan Nokia.


Perusahaan mengikuti strategi umbrella branding yang gagal dengan mencoba mengikuti Apple adalah perusahaan pertama yang menerapkan model umbrella branding dengan iPhone sebagai andalannya

Nokia memutuskan untuk membuat beberapa inovasi perangkat keras dan perangkat lunak yang menarik.Namun, ini dirilis oleh saingan Nokia dan tidak memiliki keunikan dalam melakukan strategi pemasaran dan distribusi.


4. Bergerak Terlalu Lambat Dengan Industri


Nokia tidak pernah mengikuti perubahan teknologi dan tren, memulai kemajuan teknis untuk menghindari risiko yang terkait dengan menawarkan inovasi di pasar telepon genggam.


5. Terlalu Melebih-lebihkan Kekuatan Sendiri


Nokia dinilai menilai mereknya lebih tinggi dari yang dapat dipercaya oleh perusahaan bahkan setelah peluncuran smartphone yang terlambat, orang masih akan berbondong-bondong ke toko dan membeli ponsel buatan Nokia.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601052 INTAN YUNITA ALDAYANTI PUTRI -

Terdapat berbagai bahasan mengenai alasan mengapa Nokia gagal setelah menikmati dominasi yang tak tertandingi di segmen ponsel selama beberapa tahun. Raksasaelekomunikasi Nokia terkenal dengan perangkat keras dan daya tahan baterai produknya. Selama bertahun-tahun, kepuasan pengguna ponsel Nokia telah diakui secara global dengan perusahaan pertama yang meluncurkan telepon berkemampuan internet pertama pada tahun 1996.


Alasan Kegagalan Nokia Setelah Dominasi Pasar Ponsel Dunia


1. Perlawanan Terhadap Evolusi Smartphone

Nokia gagal memanfaatkan dorongan teknologi Android, ketika produsen ponsel lain sibuk memperbaiki dan mengerjakan smartphone mereka, Nokia tetap bertahan pada pendiriannya. Samsung segera meluncurkan rangkaian ponsel berbasis Android yang hemat biaya dan ramah pengguna. Kesalahpahaman ini adalah awal dari kejatuhannya, karena Nokia tidak pernah menganggap Android sebagai kemajuan dan tidak mau mengadopsi sistem operasi Android. Nokia memperkenalkan sistem operasi Symbian-nya, dan sudah terlambat saat Apple dan Samsung telah memperkuat posisi mereka, ini adalah alasan terbesar di balik kejatuhan Nokia.


2. Kesepakatan Dengan Microsoft

Alasan lain kegagalan Nokia adalah kesepakatan yang tidak tepat waktu dengan Microsoft.Perusahaan tersebut menjual dirinya ke Microsoft pada saat raksasa perangkat lunak itu penuh dengan kerugian.Penjualan Nokia meneriakkan ketidakmampuan pembuat ponsel untuk bertahan hidup dengan sendirinya.Pada saat yang sama, Apple dan Samsung membuat langkah signifikan dalam inovasi dan perkembangan teknis.Akuisisi Microsoft atas Nokia dianggap sebagai salah satu kesalahan terbesar dan tidak membuahkan hasil bagi kedua belah pihak.


3. Strategi Pemasaran Nokia yang Gagal

Umumnya, sebuah startup gagal karena strategi pemasaran yang buruk dan hal yang sama terjadi dengan Nokia. Perusahaan mengikuti strategi umbrella branding yang gagal dengan mencoba mengikuti Apple adalah perusahaan pertama yang menerapkan model umbrella branding dengan iPhone sebagai andalannya. Nokia memutuskan untuk membuat beberapa inovasi perangkat keras dan perangkat lunak yang menarik.Namun, ini sudah dirilis oleh saingan Nokia dan tidak memiliki keunikan dalam kegagalan melakukan strategi pemasaran dan distribusi.


4. Bergerak Terlalu Lambat Dengan Industri

Nokia tidak pernah mengikuti perubahan teknologi dan tren, awalnya perusahaan mengabaikan kemajuan teknis untuk menghindari risiko yang terkait dengan membawa inovasi di pasar telepon genggam.


5. Terlalu Melebih-lebihkan Kekuatan Sendiri

Nokia dinilai melebih-lebihkan nilai mereknya dengan perusahaan percaya bahwa bahkan setelah peluncuran smartphone yang terlambat, orang masih akan berbondong-bondong ke toko dan membeli ponsel buatan Nokia.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601043 UMI HIDAYATUN -

Dikatakan banyak faktor pula yang mempengaruhi kebangkrutan dari Nokia dan salah satunya adalah keangkuhan dari pemiliknya.

Menilai bahwa Nokia telah berkuasa selama 14 tahun sehingga tak mungkin ada pihak yang menyainginya.

Ditambah lagi dengan market share yang sangat besar sehingga mereka pun tak merencanakan apapun mengenai perkembangan dari gadget yang justru membuat mereka langsung ditinggalkan begitu saja ketika masyarakat menerima kemudahan Android serta Apple yang dianggap bonafit.


Selain itu, Nokia juga Melupakan Konsumen

Kondisi Nokia yang kekurangan tenaga ahli dalam hal software tidak menjadikan mereka sadar.

Mereka pun tidak fokus pada compatibility aplikasi mereka.

Justru yang dilakukan malah merancang sebuah handphone yang tidak bisa memainkan game yang biasa dimainkan.

Ini sama saja tidak memperhatikan kebutuhan konsumen yang artinya seperti membuat peti mati sendiri.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601015 YULTONIK -

Yultonik 2010601015

Faktor yang membuat Nokia bangkrut salah satunya dari pemimpin Nokia itu sendiri. Dimana pemimpin disebut cukup tempramental dan membuat manajer level menengah ketakutan. Sehingga mereka takut melaporkan keadaan yang sebenarnya terjadi pada Nokia, karena ancaman pemecatan.  Terutama tentang laporan penjualan yang gagal memenuhi target.

Salah satu blunder yang pernah dibuat adalah, para petinggi Nokia memutuskan untuk mengalokasikan sumber daya untuk mengembangkan perangkat ponsel baru, untuk memenuhi permintaan pasar dalam jangka pendek. Mereka justru tidak memanfaatkannya untuk mencapai target jangka panjang, seperti mengembangkan sistem operasi baru.

faktor yang paling populer adalaha Nokia gagal berinovasi.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601020 MUTIA DWICAHYANI -

Assalamu’alaikum saya Mutia Dwicahyani izin menanggapi buk,  faktor penyebab merek nokia saat ini redup sampai dapat dikatakan tidak ada peminatnya lagi adalah kurangnya inovasi perubahan atau bisa dikatakan kalah saing dengan perusahaan merek lain (ketertinggalan dalam mengikuti zaman). Lingkungan yang terus menerus mengalami perubahan dan dituntut dalam hal kepuasan pelanggan dimana hal itu tidak dilakukan oleh merek nokia sehingga penjualan merek nokia menurun.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by Tenri Indriaty Sukma TENRI INDRIATY SUKMA -

Nokia adalah produsen telepon pertama yang berhasil meluncurkan banyak ponsel di eranya. Kegagalan terbesar Nokia adalah keengganan untuk menerima perubahan drastis.

Nokia tidak benar-benar merencanakan masa depan karena kelihatannya sedikit puas dengan produknya. Ketika Apple meluncurkan iPhone pada tahun 2007, ponsel sentuh pertama, Nokia masih menggunakan E-series ketika definisi smartphone telah mengalami perubahan yang luar biasa.

Manajer atas Nokia disebut kurang kompeten dalam urusan teknis, sehingga  memengaruhi cara mereka menilai kualitas teknologi buatan mereka dalam menetapkan target dan keputusan.

Jika saja Nokia bisa mengatasi permasalahan persaingan global yang menimpanya, mungkin perusahaan tersebut akan tetap berkiprah hingga sekarang. Dan Nokia tidak perlu bangkrut hingga harus memberhentikan pemasaran nokia tersebut. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601017 SINDI LUPITA SARI -

Assalamualaikum bu izin menanggapai 

Beberapa penyebab redupnya nokia dikalangan masyarakat yaitu salah satunya tidak adanya kepuasan dari konsumen terhadap produk tersebut dan nokia juga gagal dalam ajang bersaing dengan produk lainnya yang membuat nokia lama kelamaan menjadi tidak diminati oleh masyarakat.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601026 RIANTI -

Rianti (2010601026)

Penyebab Kegagalan Perusahaan Nokia yaitu : 

-Kurangnya penguasaan dua bidang sekaligus yaitu hardware design dan software. 

-Terlena dengan keberhasilan sebagai pemimpin perusahaan ponsel

 -Nokia sangat lamban merespon pergerakan para kompetitornya. Nokia beserta kompetitor beratnya,yaitu Samsung dan Apple -Nokia tidak melakukan kolaborasi dengan perusahaan lain yang memiliki kepentingan yang sama untuk saling melengkapi, baik untuk menciptakan produk maupun membentuk standar baru dalam pasar.

-Absennya produk yang popular terlalu lama, sehingga menurunkan pamor Nokia dan tergantikan oleh pesaingnya. 

- Nokia terlalu fokus mengembangkan symbian tanpa memberikan inovasi yang berarti. Ketika makin banyak pengguna ponsel menyukai sistem operasi iOS dan Android, 

Dikarenakan faktor tersebut yang membuat banyak konsumen lebih tertarik kepada produk lain yang lebih canggih dan lebih memadai dalam segala hal. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601022 SALSABILA NAILUNNUHA -

menurut saya ada beberapa faktor  kegagalan nokia dalam menguasai pasar ,  yaitu:

1. bergerak terlalu lambat,  Operasi sistem symbian merupakan sistem operasi yang berbayar dan tertutup untuk perubahan. Inilah yang membuat Nokia kemudian semakin meredup karena mereka terlambat untuk membuat sistem operasi symbian menjadi open source. Mereka melakukannya ketika Android sudah hadir dan diterima dengan baik oleh konsumen.  Pergerakan yang terlalu lambat membuat Nokia perlahan-lahan ditinggalkan konsumen setianya.

2. melupakan konsumen ,  Kondisi Nokia yang kekurangan tenaga ahli dalam hal software tidak menjadikan mereka sada,  Mereka pun tidak fokus pada compatibility aplikasi mereka. Justru yang dilakukan malah merancang sebuah handphone yang tidak bisa memainkan game yang biasa dimainkan. Alhasil konsumen pun tidak mau memilih mereka.

3. inovasi yang gagal dikembangkan, Artinya Nokia tidak pernah merasa ada yang kurang. Mereka selalu puas dengan apa yang sudah mereka kerjakan.

Mereka puas dengan keberhasilan yang sudah dimiliki dan gagal dalam merencanakan perkembangan selanjutnya yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

4. tidak mendengarkan masukan , Masukan atau saran amatlah dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena perusahaan tidak bisa menilai kinerja diri sendiri secara efektif dan subjektif. Jika menilai diri sendiri biasanya yang dinilai adalah hal yang positifnya saja sedangkan yang negatifnya dibiarkan dan tidak ditindak lanjuti lagi.

Padahal itulah yang harus diperbaiki. Perusahaan harus terbuka dengan saran dan kritik yang membangun dengan tujuan untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik lagi dan mendapatkan posisi yang baik di masa mendatang.


 
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601058 NIDA SALSABILA -

menurut saya. faktor yang menjadi penyebab merk Nokia tersebut redup sampai dapat dikatakan tidak ada peminatnya karena merk Nokia secara mobil dan fasilitas sudah jauh Tertinggal oleh merek-merek lain

 perusahaan Nokia cenderung tidak mau berinovasi dibandingkan merek-merek lain.

 Nokia tidak mau menciptakan modal atau fasilitas yang mengikuti tren pada masa kini. Alhasil pengguna berpindah ke hp lain.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601002 CITRA ONY SAGITA -

Menurut saya yang menyebabkan nokia redup dan tidak ada peminatnya lagi saat ini padahal pernah berjaya di eranya adalah karena beberapa faktor. Pertama, mereka mengalokasikan sumber daya untuk mengembangkan perangkat ponsel baru, untuk memenuhi permintaan pasar dalam jangka pendek.Mereka justru tidak memanfaatkannya untuk mencapai target jangka panjang, seperti mengembangkan sistem operasi baru.

Kedua kurang berinovasi, nokia tidak bisa menyesuaikan perkembangan zaman. Disaat produk lain seperti samsung dan apple berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan software dan hardware yang berkualitas dan menarik, sedangkan nokia tidak memiliki beberapa teknologi dasar yang penting untuk mendorong penjualannya.

Ketiga, Nokia mencoba berkolaborasi dengan microsoft tetapi sudah terlambat karena samsung dan apple sudah mendominasi pasar saat itu. Jadi sangat sulit untuk menyainginya.

Keempat, Saat ini pengguna smartphone mengenal nokia sebagai handphone jadul, jadi mereka tidak tertarik lagi untuk membeli produk tersebut.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601057 ELIS SUJIMAH -

Yang menyebabkan nokia semakin redup hingga tutup menurut saya adalah karena nokia tidak bisa mendalami apa yang menjadi permintaan konsumen yang ada di pasar. Semakin kesini maka kebutuhan manusia akan lebih berkembang, sedangkan nokia tidak pernah berinovasi dengan produknya. Merek lain mampu menyaingi nokia karena mereka lebih mengembangkan produk mereka seiring berjalannya waktu. Mereka mampu memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, sehingga mereka mampu berkembang. Walaupun sekarang nokia berusaha keras untuk berkembang namun mereka tetap sulit untuk menembus pasar karena produk yang lain sudh melekat di benak konsumen.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601050 NUR KHADIJAH -

saya setuju dengan pendapat teman-teman semua, bahwa Nokia saat itu tidak peka dengan perubahan. mungkin karena mereka yang terlalu percaya diri bahwa mereka bisa mempertahankan pangsa pasarnya dengan keunggulan produk yang mereka anggap sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen. padahal mereka saat itu tidak menyadari bahwa konsumen menyukai hal baru yang lebih inovatif. dan setealh konsumen di hidangkan dengan Android dan kemudian IOS yang lebih modern, tentu saja konsumen akan memalingkan kepala dari Nokia. dan bisa kita lihat saat ini bahwa Nokia kembali dengan tampilan yang lebih memukau dariproduk mereka sebelumnya, tapi mereka akan sulit memasuki pasar, khususnya Indonesia. kenapa? karena mereka sudah terlanjur tertinggal jauh, dan perhatian Konsumen lebih terfokus kepada merek selain Nokia. sebenarnya Nokia adalah merek yang saat ini masih melekat di hati konsumen, namun konsumen memilih untuk meninggalkan merek tersebut karena faktor sosial dan perkembangan zaman. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601053 ANDRES DWI ALFIANTO -

Andres Dwi Alfianto 2010601053


1. Lambatnya Inovasi

     Kala itu pada tahun 2007, tepat saat peluncuran iPhone, dan pada tahun 2008 Android pertama kali diperkenalkan. Nokia juga mengembangkan 2 sistem operasi miliknya, yaitu MeeGo dan Symbian.


     Namun saat pengembangan, 2 sistem operasi ini mengalami banyak kesalahan management dan kurangnya dukungan dari manufaktur lain. Hingga akhirnya membuat MeeGo dan Symbian kalah saing dengan IOS dan Android.


2. Keputusan Yang Kurang Tepat

     Pada tahun 2011, setelah kedua sistem operasi Nokia tadi meredup, Nokia justru memilih Windows Phone untuk dijadikan sistem produknya. Keputusan ini dirasa kurang tepat karena kala itu, pengembang aplikasi untuk Windows Phone sangat jarang, dan aplikasi-aplikasi jadi sangat sedikit, membuat Nokia dan Windows Phone masuk jurang.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601049 OLINDA PARAMITA -

Izin menjawab mohon maaf jika kurang tepat, kemumgkinan penyebabnya faktor internal perusahaan, yakni kualitas teknologi yang kalah dari Apple, arogansi jajaran manajer, dan lemahnya visi perusahaan.

Di sisi lain, para pengelola Nokia yang takut mengakui mutu sebenarnya sistem operasi yang dijalankan perangkat Nokia saat itu. Mereka khawatir jika mengakui hal tersebut, para investor, pemasok, dan terutama penggunanya, meninggalkan Nokia. Tetapi juga harus di sadari, butuh waktu cukup lama untuk membangun sistem operasi yang bisa menyamai atau melampaui kualitas iOS buatan Apple.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601012 KASIL SRI INDRIANI -

Selain menarik dan elegan, produk Nokia juga relatif memiliki tingkat keawetan yang bagus. Artinya ponselnya tahan banting sehingga bisa digunakan dalam waktu relatif lama.


Mengingat dinamika pasar yang makin tinggi, Nokia kini juga memperkenalkan ragam produk yang menyasar pada kebutuhan gaya hidup, misal ponsel music, ponse khusus untuk chating, ataupun ponsel yang memiliki mutu kamera yang bagus.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Mempelajari Lingkungan Pemasaran dari Kasus Nokia

by 2010601001 LANANG HADYAN ARFIERO AYOGYA -

Lanang Hadyan Arfiero Ayogya

mungkin ada banyak faktor yang cukup kompleks, salah satunya kualitas teknologi yang dari merk handphone lainnya terutama Iphone serta lemahnya perusahaan nokia tersebut. Dalam segi pemasaran juga pastinya kurang menarik lagi hal ini bisa dilihat dari segi spesifik bentuk nokia. mungkin teknologi ini juga gagal untuk melakukan inovasi dan mereka terlalu lama tidur ibaratnya seperti itu, bersama kesuksesan yang mereka raih di masa lalu. Kemudian ketika masa modern merubah segalanya, Nokia sudah terlambat untuk menyadari bahwa perusahaan sudah terlalu lama diam, meremehkan perusahaan kecil yang sekarang kemudian merajai industri.

Perlu kita ketahui pemasaran di zaman sekarang sangat membutuhkan planing dan kecerdasan yang sangat kuat dalam memasarkan bisnisnya.