Berikut adalah narasi terkait dengan topik diskusi pada sesi kali ini, harap dibaca dengan seksama and enjoy the class....
Re: Lingkungan Pemasaran
Lingkungan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran sebuah perusahaan. Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut berupa kekuatan dan ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan.
2010601006/ wulandari
perusahaan harus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat flesikbel yang bersifat kompleks dan terus berubah ubah.dengan mempelajari lingkungan,perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
maaf jika kurang tepat bu🙏🏻
Re: Lingkungan Pemasaran
berdasarkan materi yang sudah saya baca, lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran karena merupakan suatu kekuatan yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan transasksi bisnis secara efektif.
Re: Lingkungan Pemasaran
Apakah maksud dari transaksi bisnis disini? dan contohnya seperti apa?
Re: Lingkungan Pemasaran
transaksi bisnis ini bisa dibilang transaksi keuangan mungkin bu, dimana ketika perusahaan melakukan transaksi bisnis maka ada perubahaan posisi keuangan. contohnya seperti penjualan barang atau jasa kepada konsumen, biaya iklan untun memasarkan produk, dll
Re: Lingkungan Pemasaran
Assalamualaikum bu saya sindi lupita sari 2010601017
Izin menanggapi untuk pertnyaan mengapa lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran karena didalamnya terdapat unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Re: Lingkungan Pemasaran
Unsurnya apa saja? dan mengapa unsur tersebut dapat mempengaruhi?
Re: Lingkungan Pemasaran
Jika kita lihat pengertian lingkungan pemasaran seperti itu, maka lingkungan sangat berpengaruh terhadap pemasaran, karena pemasaran suatu produk akan berhasil jika kita telah menguasai dan mengerti lingkungan dari suatu perusahaan.
Re: Lingkungan Pemasaran
Apakah ketika perusahaan atau organisasi tidak mengusai lingkunga perusahaannya makan perusahaan tersebut tidak akan berhasil dalam memenangkan hati konsumen?
Re: Lingkungan Pemasaran
menurut saya tidak juga bu, misal ketika suatu perusahaan sudah memiliki loyalitas dari para customer, walaupun perusahaan ini kurang menguasai lingkungan pemasarannya tetapi akan tetap dapat melakukan transaksi bisnisnya walaupun tidak efektif
Re: Lingkungan Pemasaran
Izin menjawab
ketika organisasi tidak menguasai lingkungan atau memasarkan produk tidak pada marketnya menurut saya akan sangat tidak efektif dan membuang waktu. karena market blm tentu membutuhkan produk yang kita tawarkan.
Re: Lingkungan Pemasaran
Tidak menutup kemungkinan juga apabila perusahaan / organisasi tersebut tidak menguasai lingkunganya ,karena nanti bisa juga menggunakan pendekatan kepada konsumen agar bisa menjadi lebih tertarik,
Re: Lingkungan Pemasaran
Izin bertanya, apakah ada komponen dan faktor untuk keberhasilan di dalam lingkungan internal yang sangat penting dalam bisnis?
izin menanggapi pertanyaan tubagus,
Faktor internal yang memengarui lingkungan bisnis meliputi citra bisnis atau perusahaan, sistem kepegawaian yang digunakan, hubungan dan relasi bisnis antar sesama karyawan, strategi pemasaran yang digunakan, serta kualitas dan tujuan dari bisnis yang dijalankan.
Terima kasih🙏🏻
izin menanggapi pertanyaan dari tubagus
Analisis internal memungkinkan perusahaan untuk menentukan posisi biaya mereka dibandingkan dengan pesaing. Posisi biaya penting bagi perusahaan dalam menarik dan mengeksploitasi setiap peluang bisnis baru
terimakasih, mohon maaf bila kurang tepat 🙏
Re: Lingkungan Pemasaran
Menurut saya, Lingkungan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran (marketing) sebuah perusahaan. Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut berupa kekuatan dan ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Apabila semua hal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bisa membantu perusahaan untuk meraih tujuannya.Lingkungan pemasaran sifatnya tidak stabil, namun sebaliknya, justru sangat mudah berubah-ubah. Oleh sebab itu, dibutuhkan manajemen yang handal dan strategi perusahaan yang mampu beradaptasi dengan berbagai macam kondisi. Perusahaan harus mengamati tren, dinamika pasar, dan apa pun yang terjadi di dalam serta luar perusahaan, sehingga kondisi internal tidak goyah dan tetap fokus pada goal-nya.
Re: Lingkungan Pemasaran
Apakah kondisi internal saja yang perlu diperhatikan kestabilannya? kemudian bagaimana dengan kondisi eksternal?
Re: Lingkungan Pemasaran
Kondisi eksternal juga harus diperhatikan, yang berkaitan dengan pemasarannya. Contoh kondisi alam.
Di indonesia hanya ada 2 musim, panas dan hujan, tidak ada musim salju. Sehingga di Indonesia jarang yang menjual pakaian yang dipakai di musim salju.
Re: Lingkungan Pemasaran
Niken Septi Trisnawati izin menanggapi Lingkungan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran (marketing) sebuah perusahaan. Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut berupa kekuatan dan ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan. lingkungan sangat berpengaruh terhadap pemasaran, karena pemasaran suatu produk akan berhasil jika kita telah menguasai dan mengerti lingkungan dari suatu perusahaan.
Re: Lingkungan Pemasaran
Pemasar harus memahami kondisi lingkungan untuk menjalankan strategi pemasarannya. Lingkungan pemasara berperan penting dalam menentukan kesuksesan. Maka untuk menjadi pemasar yang handal harus mengetahui benar mengenai lingkungan pemasaran itu sendiri.
Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus-menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan pemasaran, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Sri Utami
Nim : 2010601021
izin menjawab :
Pemasar harus memahami kondisi lingkungan untuk menjalankan strategi pemasarannya. Lingkungan sekitar berperan penting dalam menentukan kesuksesannya. Maka untuk menjadi pemasar yang handal harus mengetahui benar mengenai lingkungan pemasaran itu sendiri.
Lingkungan pemasaran merupakan pelaku-pelaku (aktor) dan kekuatan-kekuatan yang berada di luar fungsi manajemen perusahaan yang akan mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan membina transaksi yang berhasil dengan para pelanggan sasarannya. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus-menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk menghadapi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran telah memperhitungkan
kelompok-kelompok lain diperusahaan-perusahaan kelompok seperti, manajemen
puncak, keuangan, riset, dan pengembangan pembelian manufaktur dan
akuntansi.Manajer harus mengambil keputusan sesuai dengan rencana yang
dibuat manajemen puncak dan pemasaran harus disetujui oleh manajemen puncak
sebelum diimplementasikan.
Departemen Litbang berfokus pada masalah merancang produk yang aman dan
menarik. pembelian mengenai perlengkapan dan bahan baku,
sedangkan manufaktur bertanggung jawab menghasilkan produk dengan mutu dan
jumlah yang diinginkan. Akuntansi harus mengukur hasil penjualan dan biaya
seberapa jauh usaha mereka mencapai tujuan.Intinya semua departemen harus
khusus pelanggan
Re: Lingkungan Pemasaran
Syaza Mutia Kamila (2010601044)
Lingkungan pemasaran merupakan lingkungan yang menentukan pangsa pasar dari kegiatan bisnis dan jual beli sehingga adanya lingkungan pemasaran akan mempermudah suatu usaha untuk berjalan sehingga memudahkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan karena target penjualan sesuai dengan lingkungan yang dituju yang benar-benar membutuhkan barang atau jasa tersebut.
Tentunya lingkungan pemasaran ini menjadi hal yang penting dalam sebuah bisnis karena akan mempercepat jalannya usaha dan mempermudah perusahaan untuk mengerti di mana tempat terbaik untuk mereka menjual barang atau jasa yang dimiliki.
Contoh perusahaan yang mampu mengidentifikasi lingkungan pasarnya adalah salah satunya platform belajar zenius yang mana platform belajar zenius ini memiliki target yang jelas yaitu pelajar dalam rentang jenjang pendidikan SMP hingga SMA dan perusahaan ini benar-benar mau memfasilitasi kebutuhan sesuai dengan lingkungannya.
Kemudian yaitu sosis kanzler yang mana promosi yang dilakukan oleh perusahaan sosis kanzler ini ditujukan untuk food vlogger food konten kreator dan influencer yang memiliki potensi untuk mempengaruhi dalam bidang kuliner sehingga lingkungan pasar yang mereka bisa cakup itu sesuai dengan target dari barang yang mereka miliki miliki.
izin menjawab, menurut saya mengapa lingkungan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran (marketing) dalam sebuah perusahaan, karena di dalamnya terdapat unsur-unsur berupa kekuatan ataupun ancaman, jika unsur tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bisa membantu perusahaan untuk meraih tujuannya.
Re: Lingkungan Pemasaran
Lingkungan Pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran karena lingkungan pemasaran merupakan kombinasi dari faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi kemampuan pemasaran dan produksi perusahaan untuk membangun hubungan dan melayani pelanggannya. Sejatinya, jika lingkungan ini tidak ada atau kurang maka tidak akan terjadinya proses produksi. Efeknya tidak akan ada output dari perusahaan itu, dan tidak ada penjualan sehingga kita tidak dapat memuaskan pelanggan yang ada.
Menurut saya contoh perusahaan yang mampu memahami lingkungan pasarannya adalah perusahaan Sido Muncul karena terbukti perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang berawal dari industri rumahan,dan kini mereka berkembang menjadi perusahaan yang banyak dikenal masyarakat dan juga perusahaan tersebut sekarang ini bisa menyentuh pasar ASEAN.
Sebelum nya saya Alex saputra izin menanggapi buk,
Mengapa lingkungan pemasaran menjadi bagian sangat penting dalam pemasaran,?karena menurut saya sebelum melakukan sebuah pemasaran kita terlebih dahulu mengetahui lingkungan pemasaran yg kita tuju dan jika sesuai maka pemesaran kita akan sukses ,
Contoh perusahaan yang bisa memahami lingkungan seperti pabrik es di daerah gurun pasir ,pabrik jaket tebal di daerah kutub Utara
Mungkin seperti itu buk, mohon maaf kalo kurang tepat buk🙏
Re: Lingkungan Pemasaran
Sore ibu, saya niluh dgn nim 2010601009,
ijin memberikan tanggapan,
Vivo atau Vivo Technology Co. Ltd. adalah
sebuah perusahaan elektronika asal Dongguan,
Guangdong, Tiongkok. Perusahaan ini adalah
anak dari BBK Electronics. Dikomandoi oleh
Shen Wei, perusahaan ini memproduksi ponsel
pintar, perangkat sandang, dan layanan
berbasis digital. berhasil memasarkan produknya dengan baik di indonesia, Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma mengatakan pada kuartal ketiga, fokus perusahaan adalah mempertahankan kepercayaan konsumen, serta meningkatkan pangsa pasar, di antaranya dengan memenuhi permintaan domestik dan mendukung regulasi pemerintah, termasuk dalam hal percepatan implementasi 5G di Tanah Air. Bahkan secara umum pada 2021 ini Vivo juga akan terus meningkatkan jangkauan kepada konsumen melalui kegiatan promosi serta aktivasi penjualan baik secara daring melalui e-commerce partner maupun toko luring.
Lalu pertannyaan saya adalah, trik atau strategi apa sekiranya yg di gunakan perusahaan ini untuk tetap tumbuh dan mampu bersaing di kalangan handphone lainnya, seperti oppo atau bahkan produk iPhone yg makin hari makin marak di kalangan masyarahat? mengapa vivo selalu bisa menghadirkan produk2 terbaru yg bahkan bisa disebut bisa bersaing dengan dgn produk mahal namun mereka dapat menjual hp vivo dgn harga yg cukup terjangkau? bisa di bantu ibu atau teman2 sekalian?
terimakasih
Bagaimana hubungan antara Harga, Promosi dan Distribusi dengan Produk?
Yultonik (2010601015)
Mengapa lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran?
Lingkungan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran (marketing) sebuah perusahaan. Mengapa demikian? Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. adanya Unsur-unsur tersebut yaitu berupa kekuatan dan ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan.
Sebagai contoh :
Perusahaan harus mengamati tren, dinamika pasar, dan apa pun yang terjadi di dalam serta luar perusahaan, sehingga kondisi internal tidak goyah dan tetap fokus pada goal-nya.
Re: Lingkungan Pemasaran
Assalamualaikum iZin menanggapi bu
mengapa lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran, ? menurut yang saya baca Sebab di dalam lingkungan pemasaran terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain.Lingkungan pemasaran terdiri dari semua pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan transaksi secara efektif dengan targetnya.
Re: Lingkungan Pemasaran
Assalamu’alaikum saya Mutia Dwicahyani izin menanggapi bu. Lingkungan pemasaran menjadi faktor penting penentu kesuksesan pemasaran suatu bisnis atau perusahaan. Sebab didalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan usur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut berupa kekuatan dan ancaman baik darin internal maupun eksternsl perusahaan.
Re: Lingkungan Pemasaran
Menurut saya, supaya untuk memaksimalkan suatu aktivitas, lingkungan akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh. kondisi suatu lingkungan akan menjadi parameter dalam sebuah keadaan lain untuk bisa disesuaikan dengan kondisi yang sudah diharapkan.
perusahaan yang mungkin yang berkaitan dengan akutansi perusahaan contohnya accuture online bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan menantau laporan keuangan bisnis secara mudah dan real time
Re: Lingkungan Pemasaran
Ayo ayo dibaca dulu narasi topik nya
Re: Lingkungan Pemasaran
Izin menjawab bu,
Lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran karena perubahan yang terjadi di dalam suatu lingkungan akan terjadi secara terus menerus dimana suatu perusahaan harus paham betul perubahan yang sedang terjadi untuk memasarkan produknya. perusahaan yang tidak melakukan pengamatan secara berkala dan susah beradaptasi dengan lingkungan pemasaran akan kesulitan untuk menyamakan keinginan, kebutuhan, dan apa yang ramai di pasaran dengan hasil produknya.
Re: Lingkungan Pemasaran
menurut saya, lingkungan pemasaran adalah hal yang penting demi keberlangsungan pemasaran suatu perusahaan. karena, di dalam lingkungan pemasaran terdapat beberapa alasan dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi bahkan saling berkaitan. lingkungan pemasaran mestinya harus dipahami oleh pelaku(pemasar), karena hal itulah yang menjadi bahan pertimbangan dan strategi baru dalam proses pemasaran suatu barang maupun jasa.
Re: Lingkungan Pemasaran
Lingkungan pemasaran sangat penting bagi pemasaran karena apabila kita memasarkan produk sesuai market maka transaksi pemasaran akan terjadi dengan maksimal dan efisien.
Salah satu perusahaan yang paham akan lingkungan pemasaran contohnya Salim Group. Salim Grup menciptakan beberapa PT dibawah naungannya, yaitu ada Indomart, IndoGrosir, superindo.
Disitu sudah cukup jelas tingkatan yang ada, Misal orang yang membutuhkan perbelanjaan dengan cepat akan berbelanja di Indomaret, lalu bagi pedagang2 akan berbelanja di indogrosir yang terkenal akan harga grosir lebih rendah, dan superindo bagi orang2 yang akan berbelanja bulanan. Salim grup menciptakan ini semua agar masyarakat mampu berbelanja di toko indo sesuai dengan kebutuhannya.
Re: Lingkungan Pemasaran
Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan adalah untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan, untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen, dan untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang. maka dari itu dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Re: Lingkungan Pemasaran
Nama: Hasanuddin Anggi Saputra
Nim:2010601018
Izin menanggapi, berbicara mengenai lingkungan pasar berarti Mengenai suatu kondisi daerah tempat perusahaan tersebut ada untuk menentukan apakah produk yang dimiliki cocok di daerah tersebut atau tidak dan juga Lingkungan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran (marketing) sebuah perusahaan. Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Unsur-unsur tersebut berupa kekuatan dan ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Apabila semua hal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bisa membantu perusahaan untuk meraih tujuannya.
Lingkungan pemasaran sifatnya tidak stabil, namun sebaliknya, justru sangat mudah berubah-ubah. Oleh sebab itu, dibutuhkan manajemen yang handal dan strategi perusahaan yang mampu beradaptasi dengan berbagai macam kondisi.
Perusahaan harus mengamati tren, dinamika pasar, dan apa pun yang terjadi di dalam serta luar perusahaan, sehingga kondisi internal tidak goyah dan tetap fokus pada goal-nya.
Pertanyaan saya apakah lingkungan pemasaran dilihat dari lingkungan sekitar atau bisa dilihat dari trend sesui zaman nya ?
Re: Lingkungan Pemasaran
Menurut pendapat saya, lingkungan pemasaran merupakan faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis atau perusahaan dalam pemasaran. Dikarenakan dalam pemasaran terdapat berbagai jenis pelaku dan unsur yang saling mempengaruhi. Unsur-unsur tersebut bisa berupa kekuatan dan ancaman dari dalam maupun luar perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Dari lingkungan pemasaran tersebut dapat mendukung berjalannya suatu kegiatan pemasaran atau bisnis.
Re: Lingkungan Pemasaran
Pengertian dari lingkungan pemasaran sendiri adalah para pelaku dan berbagai kekuatan yang berada diluar pemasaran yang mampu mempengaruhi kemampuan usaha atas suatu perusahaan dalam meraih tujuannya.
Dari pengertian diatas bisa saya simpulkan bahwasannya lingkungan pemasaran ini sangat berpengaruh atas perusahaan dalam meraih tujuannya ( bisa menaikan penjualan dan lain-lain). maka dari itu sebelum memulai pemasaran harusnya memperhatikan aspek-aspek lingkungan pemasaran. Agar pemasaran yang merupakan bagian terpenting dari bisnis ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan.
Re: Lingkungan Pemasaran
Nama : Anafiah Rumuar
Nim : 2010601056
Lingkungan pemasaran menjadi bagian penting karena merupakan faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran. Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. faktor-faktor di luar kendali pemasar tetapi sangat mempengaruhi proses pemasaran.
Re: Lingkungan Pemasaran
izin menjawab mohon maaf jika kurang tepat, Lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran karena, Lingkungan pemasaran merupakan komponen kekuatan-kekuatan diluar aspek pemasaran yang dapat mempengaruhi kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan.
Mungkin perusahaan yang mampu memahami lingkungan pemasaran contohnya Gojek yang memahami lingkungan dan memahamu bahwa kedepannya akan ada permintaan besar untuk transportasi online. Dengan memahami dan mengenali lingkungan di tahap awal, maka gojek bisa mendapatkan keuntungan sebagai penggerak utama penyedia transportasi online yang mampu membantu masyarakat dalam mendapatkan ojek atau ada layanan lain pada fitur gojek.
assalamulaikum ibu, izin menanggapi mengapa lingkungan pemasaran menajdi sangat penting dalam pamasaran, menurut saya hal ini sangat penting demi menjaga eksistensi sebuah perusahaan. dimana jika perusahaan mampu membaca kondisi yang sedang terjadi, maka perusahaan tersebut mampu mempertahankan pangsa pasarnya. karena Lingkungan pemasaran ini meliputi lingkungan ekonomi, politik, hukum, sosial kultur dan informasi dan teknologi, maka untuk mampu mempertahankan pangsa pasar sebuah perusahaan adalah dengan mampu membaca lingkungan pemasaran.
Re: Lingkungan Pemasaran
Lingkungan pasar menjadi bagian penting dalam pemasaran, karena lingkungan pemasaran merupakan faktor-faktor di luar kendali pemasar tetapi sangat mempengaruhi proses pemasaran, sehingga transaksi bisnis berjalan efektif.
Contoh perusahaan yang mampu memahami lingkungan pemasarannya, sehingga mampu mempertahankan pangsa pasarnya adalah perusahaan yang menggunakan bahan dasar karet.
Lingkungan yang dekat dengan bahan dasar tersebut, lingkungan ini menyangkut lingkungan fisik dan sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai input oleh pemasar atau yang dipengaruhi oleh aktivitas pemasaran.
Re: Lingkungan Pemasaran
Pada dasarnya, lingkungan pemasaran dijadikan faktor penentu kesuksesan pemasaran sebuah bisnis atau perusahaan. Karena di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur yang saling mempengaruhi. Unsur-unsur tersebut bisa berupa kekuatan dan ancaman dari dalam maupun luar perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Sebab salah satu unsur penting dalam suatu proses pemasaran adalah lingkungan. Karena untuk memaksimalkan suatu aktivitas, lingkungan akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh. Kondisi suatu lingkungan akan menjadi parameter dalam sebuah keadaan lain untuk bisa disesuaikan dengan kondisi yang sudah diharapkan, sehingga potensi yang sudah ada bisa dimaksimalkan dan diserap untuk memenuhi tujuan tertentu.salah satu perusahaan yang mampu memahami lingkungan pemasarannya sehingga mampu mempertahankan pangsa pasarnya dapat kita lihat pada perusahaan toyota avanza misalnya.
Nim : 2010601026
Ijin menanggapi pertanyaan ibu
Dengan mempelajari lingkungan pemasaran, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Re: Lingkungan Pemasaran
salah satu contoh perusahaan yang mampu mempertahankan pangsa pasarnya, yaitu PT Indofood yang memproduksi mie instan Indomie. misalnya walau politik kacau, ekonomi yang terombang-ambing, di tengah-tengah demografi, budaya, dll, Indomie tetaplah barang yang sangat laris dan dijadikan/dianggap makanan instan terjangkau, bahkan trend sampai diluar negeri.
Re: Lingkungan Pemasaran
Lingkungan pemasaran menjadi sangat penting karena membantu memahami lingkungan (situasi) pemasaran dan bisnis secara aktual, sangat berperan dalam mengoptimalkan segala aktivitas dalam pemasaran dan bisnis itu sendiri.
2. perusahaan yang menurut saya memperhatikan lingkungan pasarnya yaitu unilever mungkin ibu.
Re: Lingkungan Pemasaran
Assalamualaikum bu saya salsabila nailunnuha 2010601022,, izin menanggapi ,,
pada dasarnya lingkungan pemasaran menjadi peran terpenting dalam pemasaran karena pemasaran suatu produk akan berhasil jika kita menguasai dan memahamai lingkungan dari suatu perusahaan, lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. manfaat dalam mempelajari lingkungan pemasaran, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
terimakasih.
Re: Lingkungan Pemasaran
Izin menanggapi,
Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut berupa kekuatan dan ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan
Lingkungan pemasaran menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran (marketing) sebuah perusahaan. Sebab di dalamnya terdapat berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain.
misal kemampuan daya beli masyarakat mempengaruhi penetapan harga untuk masakan katering anda, tetapi distribusi pendapatan juga mempengaruhi. Sekalipun pendapatan perkapita Indonesia rendah tetapi distribusi pendapatan tidak merata, oleh karena itu ada produk mewahmasih dapat dikonsumsi oleh sejumlah konsumen
Re: Lingkungan Pemasaran
Izin menjawab,
Menurut saya, lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran. Karena dapat mempengaruhi perusahaan dalam memasarkan suatu produk dengan menyesuaikan lingkungan sekitar, agar produk yang dipasarkan bisa sesuai dengan permintaan pasar.
Contoh perusahaan yang mampu memahami lingkungan pemasarannya, misalnya shopee. Target pasar Shopee adalah perempuan. Hal ini karena pengguna e- commerce di Indonesia didominasi oleh perempuan, terutama perempuan usia muda. Shopee fokus kepada kebutuhan-kebutuhan perempuan seperti produk kecantikan dan fashion.
Seiring perkembangan saat ini, shopee merambah ke dunia kuliner. Dengan mengeluarkan shopeefood, agar menarik minat konsumen shopee memberikan banyak voucher diskon makanan.
Saya Marpi Astria 2010601039 izin menanggapi ibu,
Lingkungan dan pemasaran itu adalah dua hal yang saling berhubungan, hal ini akan terintegrasi dengan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh kelompok atau individu. Jadi lingkungan itu merupakan kondisi disekitar yang memiliki keunikan, perbedaan karakteristik, potensi, ancaman dan manfaat yang berbeda-beda dimana kondisi tersebut akan melahirkan timbal balik yang sesuai dengan apa yang terjadi.
Sedangkan Pemasaran adalah kombinasi kegiatan yang saling berkaitan guna mendapatkan informasi perihal kebutuhan konsumen dengan adanya penciptaan, pertukaran dan penawaran produk ataupun jasa yang memiliki nilai serta untuk mengembalikan kegiatan produksi, pelayanan, penyaluran hingga keperluan konsumen bisa terpenuhi dengan baik pada suatu keuntungan tertentu. jadi lingkungan pemasaran itu bisa disimpulkan para pelaku dan berbagai kekuatan yang berada diluar maupun didalam pemasaran yang mampu mempengaruhi kemampuan usaha atau suatu perusahaan dalam meraih tujuannya.
Seperti halnya kita bersosialisasi tertentu akan dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal kita bergaul baik dan buruknya, nah lingkungan pemasaran pun bersifat demikian akan mempengaruhi usaha kita baik itu menguntungkan atau merugikan.
Jadi, lingkungan pemasaran itu sangatlah penting dalam pemasaran.
perusahaan-perusahaan yang menurut saya mampu memahami lingkungan pemasarannya dan mempertahankan pangsa pasarnya yaitu indofood, unilever, shopee
Re: Lingkungan Pemasaran
Menurut saya perusahaan yang bisa menjaga lingkungan pemasarannya dan mempertahankan pangsa pasarnya adalah FMCG INDUSTRI. FMCG industri atau Fast Moving Consumer Goods adalah perusahaan yang produknya kita temui sehari-hari mulai kita bangun tidur hingga tidur lagi. Contoh perusahaannya bisa unilever dan juga paragon. Karena produknya kita temui sehari hari artinya produk tersebut pasti dibutuhkan oleh konsumennya. Walaupun ada pandemi dan misal kesulitan ekonomi pun barang tersebut pasti tetap dibeli oleh konsumennya.
Re: Lingkungan Pemasaran
Lingkungan pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.
Izin menjawab,
Mengapa lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran? Pemasar harus memahami kondisi lingkungan untuk menjalankan strategi pemasarannya. Lingkungan sekitar berperan penting dalam menentukan kesuksesannya. Maka untuk menjadi pemasar yang handal harus mengetahui benar mengenai lingkungan pemasaran itu sendiri.
Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Adapun perusahaan yang menurut saya mampu memahami lingkungan pemasarannya sehingga mampu mempertahankan pangsa pasarnya yaitu perusahaan Apple. Mengapa demikian?
Salah satu strategi yang dilakukan oleh Apple yaitu dengan hadirnya media sosial, pelanggan memiliki banyak cara untuk mengekspresikan opini mereka untuk produk-produk suatu perusahaan.
Apple menyadari pentingnya hal itu dengan mengarahkan pengembangan produk sesuai dengan keinginan pelanggan.
Apple juga selalu update dan menjaga komunikasi dengan para pengguna produknya. Setiap meluncurkan produk terbarunya maka akan diadakan seminar dan gathering untuk para pelanggannya.
Dengan begitu, terbukti bahwa Apple memang mengenal setiap pelanggannya dengan baik.
Walaupun produk Apple terbilang cukup mahal namun produk-produknya seperti iPod, iPhone dan MacBook sudah jelas selalu terjual seperti payung di musim hujan.
Ditambah pula kemampuan untuk berinovasi Apple yang luar biasa menjadi salah satu alasan Apple menjadi pemimpin di bidang industri.
1. Mengapa lingkungan pemasaran menjadi sangat penting dalam pemasaran
Jawab : karena dalam marketing sebuah perusahaan terdapat berbagai macam pelaku dan unsur yang saling berpengaruh satu sama lain
2. Mengenai perusahaan-perusahaan yang memahami pentingnya lingkungan pemasaran
Jawab : perusahaan yang berasil memahami pentingnya melakukan secara terus menerus tentang dinamika lingkungan dan selalu beradaptasi dengan perubahan tersebut,setiap perubahan lingkungan dapat diidentifikasi sejak dini dan secara dini pula dapat melakukan langkah yang tepat sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerja terus menerus.
Re: Lingkungan Pemasaran
Saya Nida Izin menanggapi
Ling pemasaran mjd faktor penentu kesuksesan aktivitas pemasaran sebuah perusahaan. Sebab di dalamnya tdpt berbagai macam pelaku dan unsur-unsur yang saling menpengaruhi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut berupa kekuatan dan ancaman, baik berasal dari dalam maupun luar perusahaan
Re: Lingkungan Pemasaran
Andres Dwi Alfianto 2010601053
Salah satu unsur penting dalam suatu proses pemasaran adalah lingkungan pemasaran. Karena untuk memaksimalkan suatu aktivitas, lingkungan pemasaran akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh. Kondisi suatu lingkungan pemasaran akan menjadi parameter dalam sebuah keadaan lain untuk bisa disesuaikan dengan kondisi yang sudah diharapkan, sehingga potensi yang sudah ada bisa dimaksimalkan dan diserap untuk memenuhi tujuan tertentu.
Re: Lingkungan Pemasaran
Lanang Hadyan Arfiero Ayogya 2010601001
mengapa lingkungan pemasaran menjadi bagian penting dalam pemasaran?