Topic outline

  • Profil Mata Kuliah

    A.     FOTO PJ MK

     

     

    B.     SALAM PEMBUKA

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.

    Selamat datang di mata kuliah Bisnis Pengantar jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.

    Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc

     

    C.     DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah  ini merupakan mata kuliah yang diberikan guna dapat memberikan mahasiswa pemahaman mengenai apa dan bagaimana konsep dasar manajemen pemasaran, memahami pasar dan konsumen, merancang dan memahami strategi pemasaran serta bauran pemasaran terintegrasi, memahami produk barang serta jasa, memahami komunikasi pemasaran terintegrasi, mengetahui perluasan konsep pemasaran melalui globalisasi. Pada akhirnya seluruh teori tersebut dapat diketahui pengaruhnya dalam kesuksesan sebuah perusahaan dalam melakukan pemasaran melalui diskusi kasus, sehingga diharapakan bisa menambah pengetahuan mahasiswa yang sekaligus dapat menjadi bekal dalam memasuki dan menghadapi dunia kerja.

     

    D.     BAHAN KAJIAN

     

    E.      CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

    1.      Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pemasaran, mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan, memahami lingkungan pemasaran, mengelola informasi pemasaran,  memahami pasar konsumen (pasar konsumen dan perilaku pembelian, pasar bisnis dan perilaku pembelian bisnis), merancang strategi pemasaran dan bauran pemasaran ( menciptakan nilai bagi pasar sasaran melalui STP), memahami; produk, jasa, strategi penentuan merek, pengembangan produk baru, strategi siklus hidup produk, penetapan harga produk,

    2.      Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep pemasaran kedalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai praktisi maupun ketika menghadapi dunia kerja

     

    F.      PETA PEMBELAJARAN

     

    G.     STRUKTUR PELAKSANAAN

    Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :

    1.      Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan segala bentuk keaktifan di dalam kelas. 

    2.      Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan.

    3.      Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.

     

    H.      ASSESMENT 

    NO

    HURUF

    SKOR

    BOBOT

    KUALITATIF

    1.

    A

    80-100

    4.00

    Pujian (Sangat Baik)

    2.

    A-

    77-79

    3.75

    Lebih dari Baik

    3.

    AB

    75-76

    3.50

    Lebih dari Baik

    4.

    B+

    73-74

    3.25

    Lebih dari Baik

    5.

    B

    70-72

    3.00

    Baik

    6.

    B-

    66-69

    2.75

    Lebih dari Cukup

    7.

    BC

    63-65

    2.50

    Lebih dari Cukup

    8.

    C+

    59-62

    2.25

    Lebih dari Cukup

    9.

    C

    55-58

    2.00

    Cukup

    10.

    C-

    51-54

    1.75

    Hampir Cukup

    11.

    CD

    48-50

    1.50

    Hampir Cukup

    12.

    D

    41-47

    1.00

    Kurang

    13

    E

    ≤ 40

    0.00

    Sangat Kurang

     

    I.        DOSEN PENGAMPU

    Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc

    Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si

     

    J.        DAFTAR RUJUKAN

    1.      Manajemen Pemasaran. Fandi Tjiptono. 2015. UPP STIM YKPN : Yogyakarta

    2.      Manajemen Pemasaran, Philip Kotler, edisi 14

    3.      Kasus Pemasaran, Drs. Gunawan Adisaputro, M.B.A. UPP STIM YKPN : Yogyakarta

  • Teori 4 : Lingkungan Pemasaran

  • Teori 5 : Mengelola Informasi Pemasaran

  • Teori 10 : Menciptakan Nilai Bagi Pelanggan (STP)

  • Teori 19 :Periklanan dan Hubungan Masyarakat

  • Teori 24 : Pasar Global

  • Ujian Akhir Semester (UTS)

  • Ujian Akhir Semester (UAS)