TUGAS TEORI 1

KELOMPOK A2

KELOMPOK A2

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 16

Jawaban langsung diketik pada forum yang disediakan

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101019 HANISA -
Izin menjawab nggeh ibu🙏🏻

  1. healthychildren.org

Situs ini terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam makanan, dan informasi kesehatan untuk tingkatan usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.

  1. consumermedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang pasien gunakan. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.

  1. National Institute on Aging

Pemerintah Amerika Serikat mempunyai situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat meriset informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan cardiovascular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis.

  1. knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi untuk konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan menguji pengetahuannya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan acetaminophen pada anak-anak, seperti tingkaatn dosis sesuai usia. Konsumen dan apoteker juga dapt memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.

2. untuk saya sendiri pernah mengonsumsi obat tradisional seperti tolak angin yang dimana obat ini tergolong obat herbal terbatas, saya mengonsumsi tolak angin karena adanya gejala kembung, mual, sakit perut, pusing, meriang, dan tenggorokan kering. Baik diminum saat perjalan jauh, kecapaian dan kurang tidur. Untuk memelihara/menjaga daya tahan tubuh.

3.obat yang tergolong psikotropika

psikotropika dibagi menjadi empat golongan, yaitu: 

1. Psikotropika golongan satu merupakan obat-obatan dengan daya adiktif, yang memiliki potensi tinggi menyebabkan kecanduan.  Selain itu, obat-obatan psikotropika golongan ini masuk dalam obat terlarang yang penyalahgunaannya bisa dikenakan sanksi hukum. Psikotropika golongan satu contohnya adalah ekstasi, STP, dan LSD. 

2. psikotropika golongan dua merupakan obat-obatan yang memiliki risiko ketergantungan di bawah psikotropika golongan satu. Obat yang masuk dalam golongan ini biasa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit, sehingga jika penggunaan psikotropika golongan dua tidak sesuai dengan resep dokter dapat menimbulkan kecanduan. Psikotropika golongan dua contohnya adalah sabu, amfetamin, ritalin, dan metilfenidat.

3. psikotropika golongan tiga merupakan obat-obatan dengan daya adiktif sedang dan umumnya digunakan untuk penelitian dan pengobatan. Psikotropika golongan tiga contohnya adalah pentobarbital, flunitrazepam, buprenorsina, dan lumibal.

4. Psikotropika golongan empat merupakan obat-obatan dengan daya adiktif ringan yang biasanya digunakan untuk pengobatan. Psikotropika golongan empat contohnya adalah diazepam, nitrazepam, lexotan, pil koplo, obat penenang, dan obat tidur.


2. Narkotika  adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman maupun bukan dari tanaman baik itu sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran,  mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, (UU RI No 22 / 1997). Narkotika terdiri dari tiga golongan, yaitu :

Golongan I             : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu   pengetahuan dan      tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin

Golongan II           : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau     dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin

Golongan III          : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak    dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein

sekian dari saya Terima kasih🤍🙏🏻



In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101024 Diyas Indah Pakerti -

Asalamualaikum ibu saya Diyas indah pakerti 2010101024 izin mengumpulkan tugas teori 1

1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat obat an !

Jawab : http://healthychildren.org/http://consumermedsafety.org/, National Institute on Aging, http://knowyourdose.org/

 

2. Apakah anda pernah mengkosumsi obat tradisional ?biasanya untuk keluhan apa ? secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami.

          Jawab : pernah, biasanya untuk keluhan diare, Ada penelitian pada hewan yang menyebut bahwa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji bisa membantu meredakan gejala diare. Selain itu, daun jambu biji juga disebut bisa mempercepat pemulihan setelah infeksi virus penyebab diare.

3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab : A. Obat narkotika adalah obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan.

Contoh : Morfin, Petidin


Golongan Narkotika

Golongan I             : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu   pengetahuan dan      tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin


Golongan II           : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau     dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin


Golongan III          : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak    dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein




B. Obat psikotropika adalah obat keras baik alamiah maupun sintetis bukan narkotik, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.


Golongan Psikotropika

Golongan I        : yaitu psikotropika yang di pergunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan   dan tidak dipergunakan untuk terapi dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh: Extasi


Golongan II      : yaitu psikotropika yang dipergunakakn untuk pengobatan dan dapat digunakan     sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh : Amphetamine


Golongan III     : yaitu psikotropika yang digunakan sebagai obat dan banyak digunakan sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketrgantungan sedang, contoh : Phenobarbital


Golongan IV     : yaitu psikotropika yang dipergunakan sebagai pengobatan dan   dan banyak dipergunakan untuk terapi serta digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memilikisindroma ketergantungan ringan, contoh : Diazepem, Nitrazepam

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya Intan Choiril Meita Amanda (2010101020) 

Izin menjawab soal tugas teori 1 

1. website yang dapat membantu pencarian keamanan obat2an!

1. healthychildren.org

Situs terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam, dan informasi kesehatan untuk tingkat usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.

2. Consumermedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang digunakan pasien. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.

3. Institut Nasional Penuaan

Pemerintah Amerika Serikat memiliki situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat memperoleh informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan kardiovaskular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis. Terdapat banyak pula sumber yang dapat dipesan atau diunduh.

4. knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan memberikan edukasi kepada konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen yang terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan mengujinya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan asetaminofen pada anak-anak, seperti dosis sesuai usia.Konsumen dan apoteker juga dapat memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.

2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? biasanya untuk keluhan apa? Secara ilmiah, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna penyembuhan keluhan yang dialami

Pernah, contohnya seperti wedhang jahe. Jahe adalah salah satujenis tanaman obat yang sudah tidak asing lagi. Apalagi, terdapat kandungan gingerol yang merupakan zat antiradang dan antioksidan tinggi. Beberapa manfaat jahe  untuk kesehatan tubuh adalah membantu mengatasi sakit perut, mual, muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, nyeri haid, hingga meredakan rematik dan osteoarthritis .Walaupun tergolong aman, sebaiknya tidak mengonsumsinya lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh setiap harinya.Mengonsumsi jahe secara berlebihan berisiko meningkatkan berbagai efek samping, seperti perut kembung, sakit perut, heartburn, hingga iritasi pada mulut.

3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Narkotika dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

Narkotika Golongan I: Adalah Narkotika yang paling berbahaya. Karena daya adiktifnya paling tinggi. Golongan ini digunakan unutk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Heroin, ganja, kokain, morfin, dan opium.

Narkotika Golongan II: Adalah Narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Benzetidin, petidin dan betametadol

Narkotika Golongan III: Adalah Narkotika yang memiliki daya adiktif yang ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah kodein dan turunannya.

Psikotropika dibagi menjadi empat golongan, yaitu :

Psikotropika Golongan I: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.

Psikotropika Golongan II: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.

Psikotropika Golongan III: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina

Psikotropika Golongan IV: Merupakan psikotropika yang memiliki daya adiktif ringan dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Nitrazepam (BK, modadon, dumolid) dan diazepam.

Terima kasih🙏


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Assalamu'alaikum wr..wb.. izin menjawab pertanyaan mengenai:

1. Website yang dapat membantu searching keamanan mengenai obat-obatan

Jawab: untuk mencari informasi-informasi mengenai keamanan dalam mengkonsumsi obat-obatan,saya biasa melakukan searching di:

https://www.alodokter.com

https://www.gooddoctor.co.id

https://hellosehat.com

biasanya 3 website tersebut saya gunakan dalam mencari informasi mengenai obat-obatan.padawebsitetersebut telah menyediakan informasi mengenai indikasi,kontra indikasi,manfaat,dan dosis mengenai obat yang akan saya konsumsi.

2. Saya pernah dan bisa dibilang tidak cukup sering dalam mengkonsumsi obat tradisionalkarena biasanya saya mengkonsumsi obat tradisional bukan karena ada keluhan, namun,lebih tepatnya karena saya ingin mencegah suatu keluhan, seperti bau mulut, dan baubadan. Saya biasa menggunakan obat daun sirih kumur, dan dari obat yang tergolongtradisionaltersebut,sayarasadapatmengatasidanmencegahkeluhan- keluhanyangsayaalami.


3. Obat golongan psikotropika dan narkotika yang saya telah saya pelajari dari satu aplikasi yaitu:

Fentanil (narkotika), diazepam (psikotropika), dan Tramadol (narkotika). 3 obat tersebut memang tergolong obat anti nyeri namun juga tergolong dalam obat psikotropika dan narkotika. 

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101023 HANA SAKTI SETYANINGSIH -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya Hanna Sakti Setyaningsih  Nim 2010101023


Izin menjawab soal tugas teori 1

 

1. website yang dapat membantu pencarian keamanan obat2an!

Jawab :

 1. healthychildren.Situs terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam, dan informasi kesehatan untuk tingkat usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.

2. Consumermedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang digunakan pasien. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.

3. Institut Nasional Penuaan

Pemerintah Amerika Serikat memiliki situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat memperoleh informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan kardiovaskular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis. Terdapat banyak pula sumber yang dapat dipesan atau diunduh.

4. knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan memberikan edukasi kepada konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen yang terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan mengujinya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan asetaminofen pada anak-anak, seperti dosis sesuai usia.Konsumen dan apoteker juga dapat memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.

2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? biasanya untuk keluhan apa? Secara ilmiah, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna penyembuhan keluhan yang dialami

Jawab :

Pernah, contohnya seperti wedhang jahe. Jahe adalah salah satujenis tanaman obat yang sudah tidak asing lagi. Apalagi, terdapat kandungan gingerol yang merupakan zat antiradang dan antioksidan tinggi. Beberapa manfaat jahe  untuk kesehatan tubuh adalah membantu mengatasi sakit perut, mual, muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, nyeri haid, hingga meredakan rematik dan osteoarthritis .Walaupun tergolong aman, sebaiknya tidak mengonsumsinya lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh setiap harinya.Mengonsumsi jahe secara berlebihan berisiko meningkatkan berbagai efek samping, seperti perut kembung, sakit perut, heartburn, hingga iritasi pada mulut.

3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Narkotika dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

Narkotika Golongan I: Adalah Narkotika yang paling berbahaya. Karena daya adiktifnya paling tinggi. Golongan ini digunakan unutk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Heroin, ganja, kokain, morfin, dan opium.

Narkotika Golongan II: Adalah Narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Benzetidin, petidin dan betametadol

Narkotika Golongan III: Adalah Narkotika yang memiliki daya adiktif yang ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah kodein dan turunannya.

Psikotropika dibagi menjadi empat golongan, yaitu :

Psikotropika Golongan I: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.

Psikotropika Golongan II: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.

Psikotropika Golongan III: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina

Psikotropika Golongan IV: Merupakan psikotropika yang memiliki daya adiktif ringan dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Nitrazepam (BK, modadon, dumolid) dan diazepam.

Terima kasih


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101025 GALUH CANDRA DEWI -

Assalamualaikum Ibu, Saya Galuh Candra Dewi 2010101025 izin menjawab pertanyaan dari Tugas 1. 

SOAL

  1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!
  2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami
  3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawaban 

  1. Website yang dapat membantu searching keamanan obat2an 

    a. http://healthychildren.org/

    b. http://consumermedsafety.org/

    c. National Institute on Aging

    d. http://knowyourdose.org/

  2. Pernah, seperti Jamu Kunir asem yang biasa saya konsumsi sebelum maupun saat terjadi haid untuk Mengatasi Nyeri Haid dan Melancarkan Siklus Haid. Manfaat kunyit asam untuk wanita yang pertama yaitu mengatasi nyeri haid. Kunyit asam telah dikenal sejak dulu ampuh mengatasi nyeri haid. Hal ini karena kunyit mengandung curcumin yang bekerja mengurangi produksi prostaglandin. 
  3. Golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya
Obat narkotika adalah obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan. Contoh : Morfin, Petidin 


Golongan Narkotika

  1. Golongan I             : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan      tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin
  2. Golongan II           : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau     dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin
  3. Golongan III          : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak    dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein
Obat psikotropika adalah obat keras baik alamiah maupun sintetis bukan narkotik, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Golongan Psikotropika
  1. Golongan I        : yaitu psikotropika yang di pergunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan   dan tidak dipergunakan untuk terapi dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh: Extasi
  2. Golongan II      : yaitu psikotropika yang dipergunakakn untuk pengobatan dan dapat digunakan     sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh : Amphetamine
  3. Golongan III     : yaitu psikotropika yang digunakan sebagai obat dan banyak digunakan sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketrgantungan sedang, contoh : Phenobarbital
  4. Golongan IV     : yaitu psikotropika yang dipergunakan sebagai pengobatan dan dan banyak dipergunakan untuk terapi serta digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memilikisindroma ketergantungan ringan, contoh : Diazepem, Nitrazepam
Terima Kaih.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101018 PENY ALVIONITA -

Assalamualaikum

Nama : Peny alvionita

Nim : 2010101018

Izin menjawab pertanyaan Ibu

1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat obatan?

 Jawab :

a. Healthychildren.org

b. Consumermedsafety.org

c.  National Institute on Aging

d. Knowyourdose.org

2. Apakah anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara kalium, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami.

Jawab :

Obat tradisional yang mungkin bisa dibilang sering saya konsumsi minimal 1 bulan sekali adalah jamu tradisional racikan bude saya. Biasanya saya meminum jamu itu untuk mengatasi keluhan sakit perut sindrom prahaid pada saat datang bulan dan untuk mengurangi bau badan.

Dan untuk jenis jamu yang biasa saya minum adalah jamu kunyit asam dan jamu kunyit asam sirih. Kita sangatlah tahu kunyit bukan hannya biasa di gunakan untuk salah 1 pokok dari bahan masakan tetapi juga menjadi bahan pokok untuk pembuatan jamu.

 

Manfaat dari kunyit


a. Membantu Meredakan Nyeri Haid. Kunyit memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh.

b. Membantu Mencerahkan Kulit.

c. Membantu Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

d. Diyakini Mampu Menghambat Penuaan

e. Meredakan Gejala Depresi.

 

Manfaat asam jawa

 

a. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

b. Menjaga kesehatan jantung.

c. Membantu mengontrol gula darah.

d. Membantu menurunkan berat badan.

e. Membantu melindungi organ hati.

f. Menjaga kesehatan gigi.

g. Mencegah infeksi jamur.

h. Meredakan mual.

 

Manfaat daun sirih

 

a. Menghilangkan aroma kurang sedap pada area intim. Antioksidan, eugenol, dan chavicol pada sirih memiliki kegunaan membunuh mikroba penyebab peradangan yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

b. Mengurangi keputihan.

c. Mengurangi nyeri haid.

d. Menghilangkan rasa gatal di area intim.

Dan alhamdulillah sejauh ini, selama saya mengkonsumsi jamu tersebut sangat bisa membantu saya untuk meredakan nyeri haid dan manfaatnya sangat sangat baik saya rasakan efeknya untuk tubuh saya.

3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab :

Narkotika dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

  • Narkotika Golongan I: Adalah narkotika yang paling berbahaya. Karena daya adiktifnya paling tinggi. Golongan ini digunakan unutk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Heroin, ganja, kokain, morfin, dan opium.
  • Narkotika Golongan II: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Benzetidin, petidin dan betametadol
  • Narkotika Golongan III: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif yang ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah kodein dan turunannya.

Psikotropika dibagi menjadi empat golongan, yaitu :

  • Psikotropika Golongan I: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan sedang diteliti manfaatnya. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.
  • Psikotropika Golongan II: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.
  • Psikotropika Golongan III: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina
  • Psikotropika Golongan IV: Merupakan psikotropika yang mempunyai daya adiktif ringan dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Nitrazepam (BK, modadon, dumolid) dan diazepam








In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101021 TINIK HARTINI -

Assalamualaikum Ibu, Saya Tinik Hartini 2010101021 izin menjawab pertanyaan dari Tugas 1. 

SOAL

  1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!
  2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami
  3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawaban 

  1. Website yang dapat membantu searching keamanan obat2an 

    a. http://healthychildren.org/

    b. http://consumermedsafety.org/

    c. National Institute on Aging

    d. http://knowyourdose.org/

  2. Pernah, seperti Jamu Kunir asem yang biasa saya konsumsi sebelum maupun saat terjadi haid untuk Mengatasi Nyeri Haid dan Melancarkan Siklus Haid. Manfaat kunyit asam untuk wanita yang pertama yaitu mengatasi nyeri haid. Kunyit asam telah dikenal sejak dulu ampuh mengatasi nyeri haid. Hal ini karena kunyit mengandung curcumin yang bekerja mengurangi produksi prostaglandin,dan saya hampir sebelum haid mengkonsumsi jamu kunir untuk mengatasi nyeri haid.
  3. Golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya
Obat narkotika adalah obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan. Contoh : Morfin, Petidin 


Golongan Narkotika

  1. Golongan I             : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan      tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin
  2. Golongan II           : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau     dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin
  3. Golongan III          : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak    dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein
Obat psikotropika adalah obat keras baik alamiah maupun sintetis bukan narkotik, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Golongan Psikotropika
  1. Golongan I        : yaitu psikotropika yang di pergunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan   dan tidak dipergunakan untuk terapi dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh: Extasi
  2. Golongan II      : yaitu psikotropika yang dipergunakakn untuk pengobatan dan dapat digunakan     sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh : Amphetamine
  3. Golongan III     : yaitu psikotropika yang digunakan sebagai obat dan banyak digunakan sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketrgantungan sedang, contoh : Phenobarbital
  4. Golongan IV     : yaitu psikotropika yang dipergunakan sebagai pengobatan dan dan banyak dipergunakan untuk terapi serta digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memilikisindroma ketergantungan ringan, contoh : Diazepem, Nitrazepa terimakasih.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101027 TEMA WIDIAWATI -

Ijin menjawab ibu🙏

1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat-obatan ? 

Jawaban : Www.pom.go.id , saya menggunakan itu karna memang kita dapat melihat 

daftar obat yang keamanannya terjamin dan telah disahkan oleh bpom.

2. Apakah anda pernah mengonsumsi obat tradisional ? Biasanya untuk keluhan apa ? 

Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna 

kesembuhan keluhan yang dialami ! 

Jawaban : pernah, untuk keluhan atau penyakit ringan saja contohnya demam dan 

batuk pilek, untuk website yang saya gunakan biasanya halodok, halo sehat, dan hello 

sehat, disana ada penjelasan terkait definisi penyakit, penyebab, tanda dan gejala, 

pencegahan serta pengobatan. 

3. Fentanil dan diazepam, obat tersebut adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan untuk penghilang kecemasan. 

Obat tersebut termasuk obat yang di dalamnya mengandung narkotika dan psikotropika, obat tersebut tidak boleh sembarangan digunakan harus dengan resep dokter dan penggunaan yang secukupnya saja.

Terima kasih 

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Nama : Fuji Padia Ramdani

NIM : 2010101017

Kelas : A2


Jawaban

Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!

1. healthychildren.org : Situs ini terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam makanan, dan informasi kesehatan untuk tingkatan usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. 

2. consumermedsafety.org : Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien.

3. National Institute on Aging : Pemerintah Amerika Serikat mempunyai situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat meriset informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan cardiovascular.

4. knowyourdose.org : Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi untuk konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan menguji pengetahuannya tentang acetaminophen. 

5. https://cekbpom.pom.go.id/ : Beberapa jenis produk, seperti makanan, obat-obatan, suplemen, dan kosmetik harus mengantongi izin edar dan nomor dari BPOM. Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan konsumen dari produk yang tidak sesuai standar atau produk palsu.

6. https://www.bayer.com/id : Bayer meluncurkan SafeTrack – Pelaporan secara On-line untuk Kejadian Tidak Diinginkan (KTD) bagi Publik. SafeTrack adalah suatu plaform online untuk pelaporan KTD dengan cara mudah, cepat dan nyaman bagi publik terkait obat-obatan Bayer.

7. https://farmaplus.kemkes.go.id/  : Farmaplus ini bisa diakses dengan mudah. Kita bisa ketahui di apotek mana obat yang sedang kita cari berada.

8. https://kimiafarma.co.id/ : Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Nama perusahaan ini pada awalnya adalah NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Berdasarkan kebijaksanaan nasionalisasi atas eks perusahaan Belanda di masa awal kemerdekaan, pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi).

9. https://www.halodoc.com/ : di halodoc, terdapat Katalog Obat A-Z, lengkap dengan fungsi, efek samping, anjuran dosis dan cara mengonsumsinya.

10.  https://www.alodokter.com/ : Alodokter Shop merupakan platform yang bekerja sama dengan partner terpercaya untuk menyediakan obat-obatan.

 

Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami

Iya, pernah. Saya mengonsumsi obat tradisional yaitu diantaranya :

1.      Larutan Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan tak terlepas dari kandungan zat kurkumin. Sebagai contoh, membantu menjaga sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2.      Larutan Lidah Buaya

Beberapa manfaat lidah buaya, antara lain menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati jerawat.Umumnya, penggunaan lidah buaya pada kulit aman dilakukan untuk jenis luka yang tergolong ringan. Jika Anda mengonsumsi secara langsung, perhatikan apakah muncul tanda-tanda alergi.

3.      Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

4.      Daun Mint

Daun mint (peppermint) adalah salah satu jenis tanaman obat dengan aroma yang begitu khas. Saat dicampurkan ke dalam minuman seperti teh, daun mint bisa meredakan gangguan pencernaan dan juga rasa mual.

5.      Jahe

Jahe adalah salah satujenis tanaman obat yang sudah tidak asing lagi. Apalagi, terdapat kandungan gingerol yang merupakan zat antiradang dan antioksidan tinggi.Beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh adalah membantu mengatasi sakit perut, mual, muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, nyeri haid, hingga meredakan rematik.


Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

1. NarkotikaNarkotika  adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman maupun bukan dari tanaman baik itu sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran,  mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, (UU RI No 22 / 1997). Narkotika terdiri dari tiga golongan, yaitu :

Golongan I  : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu   pengetahuan dan    tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin

Golongan II : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau    dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin

Golongan III : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak  dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein

2. Psikotropika : Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah ataupun sintesis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan prilaku dan perubahan khas pada aktifitas mental dan di bagi menjadi beberapa golongan, yaitu :

Golongan I        : yaitu psikotropika yang di pergunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan   dan tidak dipergunakan untuk terapi dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh: Extasi

Golongan II      : yaitu psikotropika yang dipergunakakn untuk pengobatan dan dapat digunakan  sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh : Amphetamine

Golongan III     : yaitu psikotropika yang digunakan sebagai obat dan banyak digunakan sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketrgantungan sedang, contoh : Phenobarbital

Golongan IV     : yaitu psikotropika yang dipergunakan sebagai pengobatan dan   dan banyak dipergunakan untuk terapi serta digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memilikisindroma ketergantungan ringan, contoh : Diazepem, Nitrazepam.

Sekian, terima kasih Ibu, mohon maaf jika terdapat kekeliruan.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101015 TIKA ELIYANTI -

Assalamualaikum Ibu, Saya Tika Eliyanti NIM 2010101015 izin untuk menjawab.

  1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat-obataan! 

    Jawab : healthychildren.org, consumermedsafety.org,  National Institute on Aging, dan knowyourdose.org

  2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami. Jawab : saya pernah mengkonsumsi obat tradisional, saya menggunakan jeruk nipis saat sedang mengalimj batu. Jeruk nipis dapat membantu mengatasi serangan batukd an mengencerkan dahak di tenggorokan. Jeruk nipisdapat mengurangi rasa sakit akibat batuk karena buah ini mengandung vitamin C dan minyak atsiri pada daging buahnya.
  3. Golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya ?
Jawab :  Obat narkotika adalah obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan. Contoh : Morfin, Petidin  Golongan Narkotika 
  • Golongan I   : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan      tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin
  • Golongan II  : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau     dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin
  • Golongan III : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak    dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein
Obat psikotropika adalah obat keras baik alamiah maupun sintetis bukan narkotik, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Golongan Psikotropika

  • Golongan I   : yaitu psikotropika yang di pergunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan   dan tidak dipergunakan untuk terapi dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh: Extara
  • Golongan II      : yaitu psikotropika yang dipergunakakn untuk pengobatan dan dapat digunakan     sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh : Amphetamine
  • Golongan III     : yaitu psikotropika yang digunakan sebagai obat dan banyak digunakan sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketrgantungan sedang, contoh : Phenobarbital
  • Golongan IV     : yaitu psikotropika yang dipergunakan sebagai pengobatan dan dan banyak dipergunakan untuk terapi serta digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memilikisindroma ketergantungan ringan, contoh : Diazepem, Nitrazepam


Terima kasih 😊

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101016 NIKEN DAYU FARASATI -
assalamualaikum wr.wb
niken dayu farsati
nim 2010101016

1. BPOM Badan Pengawas Obat dan Makanan (National Agency of Drug and Food Control)

2.jahe untuk mengurangi nyeri saat menstruasi/mual
secara keilmuan : Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual. Di samping itu, masih banyak manfaat jahe lainnya yang bisa kita dapatkanenis zat gizi dan nilai gizi rimpang jahe mentah Jenis zat gizi
Energi Karbohidrat Serat Protein Sodium
Zat besi Potasium Vitamin C Jahe dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal karena mengandung minyak atsiri dengan senyawa kimia aktif, seperti: zingiberin, kamfer, lemonin, borneol, shogaol, sineol, fellandren, zingiberol, gingerol, dan zingeron yang berkhasiat dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

3.Narkotika golongan I : opium mentah, tanaman koka, daun koka, kokain mentah, heroina, metamfetamina, dan tanaman ganja;

Narkotika golongan II : ekgonina, morfin metobromida, dan morfina;

 Narkotika golongan III : etilmorfina, kodeina, polkodina, dan propiram.

Contoh jenis psikotropika golongan ini adalah diazepam, nitrazepam, estazolam, dan clobazam. Efek kecanduan yang timbul akibat penggunaan obat psikotropika bisa berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga menimbulkan ketergantungan.
In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101026 ANGGY SELVIANA DEVI -
Assalamualaikum ibu saya Anggy Selviana Devi NIM 2010101026 izin mengumpulkan tugas 1


1. 1. healthychildren.org

Situs ini terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam makanan, dan informasi kesehatan untuk tingkatan usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.


2. consumermedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang pasien gunakan. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.


3. National Institute on Aging

Pemerintah Amerika Serikat mempunyai situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat meriset informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan cardiovascular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis. Terdapat banyak pula sumber yang dapat dipesan atau diunduh.


4. knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi untuk konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan menguji pengetahuannya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan acetaminophen pada anak-anak, seperti tingkaatn dosis sesuai usia. Konsumen dan apoteker juga dapt memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.

2. Saya pernah mengonsumsi obat tradisional pada saat terjadi keluhan asam lambung secara keilmuan biasa kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa pemberi warna kuning pada kunyit yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Berkat senyawa ini, kunyit juga dapat meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung.

3. 1. Narkotika


Narkotika  adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman maupun bukan dari tanaman baik itu sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran,  mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, (UU RI No 22 / 1997). Narkotika terdiri dari tiga golongan, yaitu :


Golongan I             : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu   pengetahuan dan      tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin


Golongan II           : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau     dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin


Golongan III          : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak    dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein


2. Psikotropika


Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah ataupun sintesis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan prilaku dan perubahan khas pada aktifitas mental dan di bagi menjadi beberapa golongan, yaitu :


Golongan I        : yaitu psikotropika yang di pergunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan   dan tidak dipergunakan untuk terapi dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh: Extasi


Golongan II      : yaitu psikotropika yang dipergunakakn untuk pengobatan dan dapat digunakan     sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh : Amphetamine


Golongan III     : yaitu psikotropika yang digunakan sebagai obat dan banyak digunakan sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketrgantungan sedang, contoh : Phenobarbital


Golongan IV     : yaitu psikotropika yang dipergunakan sebagai pengobatan dan   dan banyak dipergunakan untuk terapi serta digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memilikisindroma ketergantungan ringan, contoh : Diazepem, Nitrazepam

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101014 DEWI YANTI -

Asalamualaikum ibu saya Dewi Yanti 2010101014 izin mengumpulkan tugas teori 1

1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!

  • https://cekbpom.pom.go.id/

BPOM adalah lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. Pengawasan cek produk BPOM bertujuan untuk mengetahui bahan, manfaat, dan dampak produk bagi kesehatan. obat dan makanan yang dimaksud berupa obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekusor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan. 


  • healthychildren.org

Situs ini terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam makanan, dan informasi kesehatan untuk tingkatan usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.o

  • Consumermedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang pasien gunakan. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.


  • National Institute on Aging

Pemerintah Amerika Serikat mempunyai situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat meriset informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan cardiovascular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis. Terdapat banyak pula sumber yang dapat dipesan atau diunduh.


  • knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi untuk konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan menguji pengetahuannya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan acetaminophen pada anak-anak, seperti tingkaatn dosis sesuai usia. Konsumen dan apoteker juga dapt memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.

2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami

Iya benar saya pernah mengkonsumsi obat tradisional, biasanya untuk keluhan sebagai berikut

1. Demam panas saya mengkonsumsi kelapa muda, kelapa dikenal dan digunakan sebagai penurun panas alami yang cukup efektif. Minum air kelapa dapat membantu badan agar terus terhidrasi dan segar.


Selain itu, kelapa juga mengandung vitamin, mineral serta elektrolit yang dapat membantu mengembalikan kadar air yang hilang dari tubuh.


Kemudian selain kelapa saya juga biasanya mengkonsumsi lemon dan madu. Lemon yang dicampurkan dengan madu memiliki khasiat yang efektif dalam menurunkan panas tubuh. Biasanya mencampurkan 1 sendok makan (sdm) madu dalam jus lemon yang kamu buat, Hasilnya tubuh akan jauh terasa lebih segar dan panas tubuh akan turun.


2. Batuk dan pilek

Saya biasanya mengkonsumsi Teh jahe tidak hanya rasanya enak tetapi juga membantu mengobati pilek dan batuk. Teh membantu mengeringkan hidung yang berair, sehingga mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Di antara berbagai manfaat kesehatan jahe dikenal dapat meredakan flu biasa dan mempercepat proses pemulihan.


3.susah buang air besar

Biasanya saya mengkonsumsi minyak zaitun Menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat membuat tinja lebih lunak, sehingga buang air besar lebih lancar. Anda bisa mencampur satu sendok makan extra virgin olive oil pada segelas air jeruk untuk kemudian diminum.

Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran salad. Namun, perlu diingat bahwa minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk mengatasi masalah susah buang air besar dalam jangka panjang.


3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab :

menurut Undang-undang narkotika dibagi menjadi 3 golongan, diantaranya:

  • Narkotika Golongan I merupakan narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan. Dilarang untuk diproduksi serta digunakan pada proses produksi kecuali dalam jumlah sangat terbatas demi kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, produksi untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diawasi secara ketat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan. yang termasuk Narkotika Golongan I adalah opium mentah, tanaman koka, heroin, amfetamin, dan lain-lain.


  • Narkotika Golongan II merupakan narkotika berkhasiat pengobatan digunakan sebagai pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan. Narkotika Golongan II yang berupa bahan baku, baik alami maupun sintetis yang digunakan sebagai produksi obat diatur dengan Peraturan Menteri. yang termasuk Narkotika Golongan II adalah Alfentanil, metadon, petidin, dan lain-lain.


  • Narkotika Golongan III merupakan narkotika berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan. Sama seperti Narkotika Golongan II pada Narkotika Golongan III yang berupa bahan baku, baik alami maupun sintetis yang digunakan sebagai produksi obat diatur dengan Peraturan Menteri. yang termasuk Narkotika Golongan III adalah kodein, norkodein, propiram, dan lain-lain


Berbeda dengan Narkotika, hukum mengenai Psikotropika diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika. Menurut undang-undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika yang dimaksud dengan psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoatif melalui pangaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Psikotropika hanya dapat diproduksi oleh pabrik obat yang telah memiliki izin sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berbeda dengan Narkotika, psikotropika dibagi menjadi 4 golongan, diantaranya :

  • Psikotropika Golongan I merupakan psikotropika yang hanya dapat digunakan untuk ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dapam terapi, serta mempunyai potensi amat kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan. yang termasuk Psikotropika Golongan I diantaranya Brolamfetamina, Katinona, Mekatinona, dan lain-lain.


  • Psikotropika Golongan II merupakan psikotropika yang berkasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan. yang termasuk Psikotropika Golongan II diantaranya Amfetamina, Metakualon, Zipepprol, dan lain-lain.


  • Psikotropika Golongan III merupakan psikotropika yang berkasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi sedang mengakibatkan sindroma ketergantungan. yang termasuk Psikotropika Golongan III diantaranya Katina, Amobarbital, Pentazosina, dan lain-lain.


  • Psikotropika Golongan IV merupakan psikotropika yang berkasiat pengobatan dan sangat luas digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan sindroma ketergantungan. yang termasuk Psikotropika Golongan IV diantaranya Diazepam, Estazolam, Etinamat, dan lain-lain.


Selain empat golongan diatas, masih terdapat psikotropika lain yang tidak mempunyai potensi yang mengakibatkan sindroma ketergantungan, namun masih digolongkan sebagai obat keras. Karenanya, peraturan, pembinaan, serta pengawasannya tunduk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang obat keras.


Meskipun memiliki ada golongan yang memiliki potensi ketergantungan yang ringan, penyalahgunaan narkotika serta penyalahgunaan psikotropika tetap memberi dampak buruk bagi kesehatan, mari jalani hidup sehat diawali dengan berhenti atau mencegah penyalahgunaan Narkoba.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A2

by 2010101004 RESA NUR AZIZAH -

Nama : resa nur azizah
Nim : 2010101004 

1. BPOM Badan Pengawas Obat dan Makanan (National Agency of Drug and Food Control)

2.jahe untuk mengurangi nyeri saat menstruasi/mual 
secara keilmuan : Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual. Di samping itu, masih banyak manfaat jahe lainnya yang bisa kita dapatkanenis zat gizi dan nilai gizi rimpang jahe mentah Jenis zat gizi
Energi Karbohidrat Serat Protein Sodium
Zat besi Potasium Vitamin C Jahe dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal karena mengandung minyak atsiri dengan senyawa kimia aktif, seperti: zingiberin, kamfer, lemonin, borneol, shogaol, sineol, fellandren, zingiberol, gingerol, dan zingeron yang berkhasiat dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

3.Narkotika golongan I : opium mentah, tanaman koka, daun koka, kokain mentah, heroina, metamfetamina, dan tanaman ganja; 

Narkotika golongan II : ekgonina, morfin metobromida, dan morfina;

 Narkotika golongan III : etilmorfina, kodeina, polkodina, dan propiram.

Contoh jenis psikotropika golongan ini adalah diazepam, nitrazepam, estazolam, dan clobazam. Efek kecanduan yang timbul akibat penggunaan obat psikotropika bisa berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga menimbulkan ketergantungan.