TUGAS TEORI 1

KELOMPOK A5

KELOMPOK A5

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 9

Jawaban langsung diketik pada forum yang disediakan

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101053 LYLAND WILUJENG -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Lyland Wilujeng 

Nim : 2010101053 


Izin menjawab 

SOAL. 

1.Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!

Jawab : Badan Pengawas Obat dan Makanan (disingkat BPOM) alamat 'https://cekbpom.pom.go.id/' pada browser. 

healthychildren.org

Situs ini terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam makanan, dan informasi kesehatan untuk tingkatan usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.


consumermedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang pasien gunakan. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.


National Institute on Aging

Pemerintah Amerika Serikat mempunyai situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat meriset informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan cardiovascular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis.


knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi untuk konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan menguji pengetahuannya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan acetaminophen pada anak-anak, seperti tingkaatn dosis sesuai usia. Konsumen dan apoteker juga dapt memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.


2.Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami

Jawab : Ya pernah, saya pernah mengkonsumsi jamu beras kencur. Meredakan batuk berdahak

Merasa tersiksa dengan batuk berdahak yang tak kunjung reda? Minum segelas jamu beras kencur mungkin dapat membantu mengatasinya. Ramuan tradisional kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak. Bantu meningkatkan nafsu makan pada anak

Manfaat jamu beras kencur lainnya yaitu membantu meningkatkan nafsu makan anak. Bila si kecil sedang susah makan, Anda bisa memberinya segelas jamu beras kencur hangat atau dingin. 


3.Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab : 

Narkotika Golongan 1

Golongan narkotika ini hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan. Contoh: Heroin, Kokain, Daun Kokain, Opium, Ganja, Jicing, Katinon, MDMDA/Ekstasi, dan lebih dari 65 macam jenis lainnya.


Narkotika Golongan 2

Golongan narkotika ini berkhasiat untuk pengobatan, namun digunakan sebagai pilihan terakhir. Selain itu, dapat digunakan untuk terapi dan/atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan. Mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan. Contoh: Morfin, Petidin, Fentanil, Metadon.


Narkotika Golongan 3

Golongan narkotika ini berkhasiat untuk pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan, serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan. Contoh: Kodein, Buprenorfin, Etilmorfina, Nikokodina, Polkodina, Propiram, dan ada tiga belas macam termasuk beberapa campuran lainnya.


Psikotropika Golongan I: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan sedang diteliti manfaatnya. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.

Psikotropika Golongan II: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.

Psikotropika Golongan III: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina

Psikotropika Golongan IV: Merupakan psikotropika yang mempunyai daya adiktif ringan dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Nitrazepam (BK, modadon, dumolid) dan diazepam

Terima kasih.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101055 Mandala Rahayu -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Mandala Rahayu 

Nim : 2010101055

Izin menjawab 

SOAL

1.Sebutkan website yang dapat membantu pencarian keamanan obat2an!

Jawab : Badan Pengawas Obat dan Makanan (disingkat BPOM)

alamat 'https://cekbpom.pom.go.id/' pada browser

anak sehat.org

Situs terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam, dan informasi kesehatan untuk tingkat usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.


konsumenmedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang digunakan pasien. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.


Institut Nasional Penuaan

Pemerintah Amerika Serikat memiliki situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat memperoleh informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan kardiovaskular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis.


knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi kepada konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen yang terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan mengujinya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan asetaminofen pada anak-anak, seperti dosis sesuai usia. Konsumen dan apoteker juga dapat memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.


2.Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? biasanya untuk keluhan apa? Secara ilmiah, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna penyembuhan keluhan yang dialami

Jawab : Ya pernah, saya pernah mengkonsumsi jamu kunyit asam. 

Mengatasi Kram Perut dan Nyeri Haid

Untuk mengurangi kram, ada baiknya mencoba minum jamu kunyit asam menjelang menstruasi. Materi aktif kurkumin berfungsi sebagai inflamasi yang mampu merekam rekaman. Selain perut, tubuh juga akan terasa nyeri.


3.Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab :

Narkotika Golongan 1

Golongan Narkotika ini hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam, serta memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menghasilkan terapi. Contoh: Heroin, Kokain, Daun Kokain, Opium, Ganja, Jicing, Katinon, MDMDA/Ekstasi, dan lebih dari 65 macam jenis lainnya.


Narkotika Golongan 2

Golongan obat ini berkhasiat untuk pengobatan, namun digunakan sebagai pilihan terakhir. Selain itu, dapat digunakan untuk terapi dan/atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan. Memiliki potensi yang tinggi produktifitas. Contoh : Morfin, Petidin, Fentanil, Metadon.


Narkotika Golongan 3

Golongan ini bermanfaat untuk pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi hasil yang ringan dan bergantung. Contoh: Kodein, Buprenorfin, Etilmorfina, Nikokodina, Polkodina, Propiram, dan ada tiga belas macam termasuk beberapa campuran lainnya.


Psikotropika Golongan I : 

Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.


Psikotropika Golongan II : 

Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.


Psikotropika Golongan III : 

Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina


Psikotropika Golongan IV :

Psikotropika lanjutan yang memiliki daya adiktif ringan dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Nitrazepam (BK, modadon, dumolid) dan diazepam.


Terima kasih.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101056 TIWI RAHMAYANTI -
1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat-obatan!

Jawab :

1. healthychildren.org

https://healthychildren.org/English/Pages/default.aspx 

2. consumermedsafety.org

http://consumermedsafety.org/

3. National Institute on Aging

4. knowyourdose.org

http://knowyourdose.org/ 


2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami

Jawab :

Saya belum pernah mengkonsumsi obat tradisional dalam jangka waktu yang lama, hanya pernah sesekali mengkonsumsi tolak angin dan rebusan air jahe untuk meredakan masuk angin dan juga rebusan air jahe selain untuk mengatasi masuk angin dapat juga meredakan nyeri haid. Saya juga pernah mengkonsumsi air rebusan biji alpukat untuk memperlancar siklus menstruasi. Dan air rebusan biji alpukat ini selain memperlancar haid, juga terdapat manfaat lainnya yaitu sebagai antioksidan serta dapat mengurangi rambut rontok.


3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab : 

1. Narkotika

Golongan I , berpotensi sangat kuat dalam menimbulkan ketergantungan dan dilarang untuk pengobatan. Contoh : opium, heroin, dan ganja.

Golongan II, berpotensi kuat dalam menimbulkan ketergantungan dan digunakan secara terbatas untuk pengobatan. Contoh : petilidin, candu, dan betametadol.

Golongan III , berpotensi ringan dalam menimbulkan ketergantungan dan banyak digunakan untuk pengobatan. Contoh : asetil dihidrocodeina, dokstroproposifen, dan dihidrocodeina.

2. Psikotropika

Golongan I , mempunyai potensi yang sangat kuat dalam menyebabkan ketergantungan dan dinyatakan sebagai barang terlarang. Contoh : ekstasi (MDMA= 3,4-methylenedeoxy methamfetamine), LSD (lysergic acid diethylamid), dan DOM.

Golongan II , mempunyai potensi yang kuat dalam menyebabkan ketergantungan. 

Contoh : amfetamin, metamfetamin (sabu), dan fenetilin.

Golongan III , mempunyai potensi sedang dalam menyebabkan ketergantungan, dapat digunakan untuk pengobatan tetapi harus dengan resep dokter. 

Contoh : amorbarbital, brupornorfina, dan magadon (sering disalahgunakan).

Golongan IV, mempunyai potensi ringan dalam menyebabkan ketergantungan, dapat digunakan untuk pengobatan terapi harus dengan resep dokter. 

Contoh : diazepam, nitrazepam, lexotan (sering disalahgunakan), pil koplo (sering disalahgunakan), obat penenang (sedativa), dan obat tidur (hipnotika).

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101057 QONI' HIKAYA -

Assalamualaikum 

Nama: Qoni' Hikaya

Nim: 2010101057

Izin menjawab pertanyaan

1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat obatan?

 Jawab :

a. Healthychildren.org

b. Consumermedsafety.org

c.  National Institute on Aging

d. Knowyourdose.org

2. Apakah anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara kalium, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami.

Jawab :

Obat tradisional yang mungkin bisa dibilang sering saya konsumsi minimal 1 bulan sekali adalah jamu tradisional racikan bude saya. Biasanya saya meminum jamu itu untuk mengatasi keluhan sakit perut sindrom prahaid pada saat datang bulan dan untuk mengurangi bau badan.

Dan untuk jenis jamu yang biasa saya minum adalah jamu kunyit asam dan jamu kunyit asam sirih. Kita sangatlah tahu kunyit bukan hannya biasa di gunakan untuk salah 1 pokok dari bahan masakan tetapi juga menjadi bahan pokok untuk pembuatan jamu.

Manfaat dari kunyit

a. Membantu Meredakan Nyeri Haid. Kunyit memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh.

b. Membantu Mencerahkan Kulit.

c. Membantu Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

d. Diyakini Mampu Menghambat Penuaan

e. Meredakan Gejala Depresi.

Manfaat asam jawa

a. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

b. Menjaga kesehatan jantung.

c. Membantu mengontrol gula darah.

d. Membantu menurunkan berat badan.

e. Membantu melindungi organ hati.

f. Menjaga kesehatan gigi.

g. Mencegah infeksi jamur.

h. Meredakan mual.

Manfaat daun sirih

a. Menghilangkan aroma kurang sedap pada area intim. Antioksidan, eugenol, dan chavicol pada sirih memiliki kegunaan membunuh mikroba penyebab peradangan yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

b. Mengurangi keputihan.

c. Mengurangi nyeri haid.

d. Menghilangkan rasa gatal di area intim.

Dan alhamdulillah sejauh ini, selama saya mengkonsumsi jamu tersebut sangat bisa membantu saya untuk meredakan nyeri haid dan manfaatnya sangat sangat baik saya rasakan efeknya untuk tubuh saya.

3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab :

Narkotika dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

  • Narkotika Golongan I: Adalah narkotika yang paling berbahaya. Karena daya adiktifnya paling tinggi. Golongan ini digunakan unutk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Heroin, ganja, kokain, morfin, dan opium.
  • Narkotika Golongan II: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Benzetidin, petidin dan betametadol
  • Narkotika Golongan III: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif yang ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah kodein dan turunannya.

Psikotropika dibagi menjadi empat golongan, yaitu :

  • Psikotropika Golongan I: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan sedang diteliti manfaatnya. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.
  • Psikotropika Golongan II: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.
  • Psikotropika Golongan III: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina
  • Psikotropika Golongan IV: Merupakan psikotropika yang mempunyai daya adiktif ringan dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Nitrazepam (BK, modadon, dumolid) dan diazepam
In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101061 LULU HUSNIATUL AISY -

Assalamualaikum, Ibu. Saya Lulu Husniatul Aisy 2010101061 izin menjawab beberapa pertanyaan pada Tugas Teori 1.


1. Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!

Jawab:

a. http://healthychildren.org/ : merupakan situs yang terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam makanan, dan informasi kesehatan untuk tingkatan usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Situs ini juga menyediakan saran dan rekomendasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.

b. consumermedsafety.org : Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medication Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi keselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang pasien gunakan. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.

c. National Institute on Aging: pemerintah Amerika Serikat mempunyai situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat meriset informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan cardiovascular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis. Terdapat banyak pula sumber yang dapat dipesan atau diunduh.

d. knowyourdose.org : Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi untuk konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan menguji pengetahuannya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan acetaminophen pada anak-anak, seperti tingkaatn dosis sesuai usia. Konsumen dan apoteker juga dapt memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.


2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami

Jawab: Pernah, ramuan jambu biji dan madu saya konsumsi ketika saya terkena DBD saat itu. Secara keilmuan, kandungan jambu biji yang dapat membantu penderita DBD adalah flavonoid jenis kuersetin. Zat tersebut dapat menghambat virus dengue untuk memperbanyak diri, sehingga dapat mencegah pendarahan akibat rusaknya trombosit. Masyarakat telah terbiasa mengonsumsi jus jambu, ketika mengalami DBD. Penularan demam berdarah dengue (DBD) kembali marak terjadi.


3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab: 

Narkotika dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

  • Narkotika Golongan I: Adalah narkotika yang paling berbahaya. Karena daya adiktifnya paling tinggi. Golongan ini digunakan unutk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Heroin, ganja, kokain, morfin, dan opium.
  • Narkotika Golongan II: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Benzetidin, petidin dan betametadol
  • Narkotika Golongan III: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif yang ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah kodein dan turunannya.

Psikotropika dibagi menjadi empat golongan, yaitu :

  • Psikotropika Golongan I: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan sedang diteliti manfaatnya. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.
  • Psikotropika Golongan II: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.
  • Psikotropika Golongan III: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina

Sekian jawaban dari saya, wassalamualaikum Wr. Wb
In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101063 RINA NOVIANTI -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rina Novianti

Nim : 2010101063

Izin menjawab 


1.Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!

Jawab : 1. healthychildren.org

https://healthychildren.org/English/Pages/default.aspx 

2. consumermedsafety.org

http://consumermedsafety.org/

3. National Institute on Aging

4. knowyourdose.org

http://knowyourdose.org/ 


2.Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami

jawab: saya pernah mengkonsumsi beras  kencur,Sesuai dengan namanya, jamu ini dibuat dari ekstrak atau sari kencur dan beras. Namun, ditambahkan pula sari jahe dan sari asam.Jamu beras kencur rasanya manis dan segar, cocok untuk diminum anak-anak dan orang dewasa.Manfaat jamu ini adalah untuk menambah nafsu makan, menambah tenaga, menghilangkan pegal-pegal di tubuh.


3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab :

Narkotika dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

Narkotika Golongan I: Adalah narkotika yang paling berbahaya. Karena daya adiktifnya paling tinggi. Golongan ini digunakan unutk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Heroin, ganja, kokain, morfin, dan opium.

Narkotika Golongan II: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Benzetidin, petidin dan betametadol

Narkotika Golongan III: Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif yang ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah kodein dan turunannya.

Psikotropika dibagi menjadi empat golongan, yaitu :

Psikotropika Golongan I: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif yang paling kuat, belum diketahui manfaat untuk mengobati dan sedang diteliti manfaatnya. Contohnya: LSD, MDMA, STP, dan Ekstasi.

Psikotropika Golongan II: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif kuat dan juga berguna untuk pengobatan serta penelitian. Contohnya adalah: Metamfetamin, amfetamin, dan mekualon.

Psikotropika Golongan III: Merupakan psikotropika dengan daya adiktif sedang dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Lumiball, Fleenitrazepam, dan buprenorsina

Psikotropika Golongan IV: Merupakan psikotropika yang mempunyai daya adiktif ringan dan juga bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah: Nitrazepam (BK, modadon, dumolid) dan diazepam


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101060 Riski Eka saputri -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya Riski Eka Saputri 

Nim 2010101060

Izin menjawab soal Bu. 


1.Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!

Jawab : 

1. healthychildren.org

Situs ini terafiliasi dengan American Acedemy of Pediatrics dan situs ini dapat menjadi rujukan bagi orang tua dalam menyediakan obat bagi anak. Situs ini memuat berita-berita terkini tentang obat-obatan, seperti rekomendasi vaksin, fakta-fakta tentang kandungan nutrisi dalam makanan, dan informasi kesehatan untuk tingkatan usia yang berbeda dari bayi hingga remaja. Selain itu, situs ini juga menyediakan saran dan rekomdasi perawatan untuk berbagai penyakit seperti demam, diare, mual muntah, dan batuk flu.


2. consumermedsafety.org

Situs satu ini terhubung dengan Institute for Safe Medicatiob Practice. Situs ini adalah one-stop-shop untuk informasi ekselamatan pengobatan pasien. Sumber informasi tersebut berupa artikel, info terbaru dari FDA (US Food and Drugs Administration), dan tata cara melaporkan kesalahan pengobatan yang dialami pasien. Personalisasi pengobatan terbaru adalah satu di antara hal terbaik yang disediakan situs ini, membuat pasien mendapatkan peringatan tentang keamanan obat yang pasien gunakan. Peringatan tersebut meliputi tingkat keamanan, interaksi antarobat, dan efek samping.


3. National Institute on Aging

Pemerintah Amerika Serikat mempunyai situs ini dan terafiliasi dengan National Institutes of Health. Konsumen dapat meriset informasi dalam berbagai topik tentang penyakit dan obat-obatan, seperti gejala Alzaimer, depsi, menopause, dan kesehatan cardiovascular. Topik lain yang juga disediakan adalah tentang makanan sehat, olah raga, dan pencegahan hipotermia. Pasien juga dapat mencari informasi dengan mengikuti percobaan klinis. Terdapat banyak pula sumber yang dapat dipesan atau diunduh.


4. knowyourdose.org

Situs ini terafiliasi dengan Acetaminophen Awarness Coalition, dan menyediakan edukasi untuk konsumen tentang keamaan penggunaan produk yang mengandung acetaminophen. Acetaminophen terkandung dalam lebih dari 600 pengobatan. Edukasi konsumen sangat penting dalam penggunaan acetaminophen agar terhindar dari efek buruk dari kandungan tersebut seperti kelebihan dosis misalnya. Situs ini juga menyediakan gim interaktif di mana seseorang dapat memilih karakter dan menguji pengetahuannya tentang acetaminophen. Situs ini mengajarkan konsumen untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebalum menggunakan suatu obat. Ada banyak sumber untuk menjamin keamaan penggunaan acetaminophen pada anak-anak, seperti tingkaatn dosis sesuai usia. Konsumen dan apoteker juga dapt memesan peralatan edukasi acetaminophen secara gratis.


2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? Biasanya untuk keluhan apa? Secara keilmuan, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna kesembuhan keluhan yang dialami

Jawab : Salah satu obat alami batuk yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita ialah jeruk nipis dan kecap. Racikan tersebut dapat menghasilkan suatu senyawa yang konon sangat mujarab untuk mengatasi batuk dan sampai saat ini pun masih sering di pakek oleh sebagian kalangan, tidak hanya itu, racikan jeruk nipis dan kecap juga dianggap efektif untuk mengobati batuk tanpa adanya efek samping yang merugikan kesehatan.


3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya

Jawab : 

Narkotika golongan I : opium mentah, tanaman koka, daun koka, kokain mentah, heroina, metamfetamina, dan tanaman ganja; 

Narkotika golongan II : ekgonina, morfin metobromida, dan morfina; Narkotika golongan III : etilmorfina, kodeina, polkodina, dan propiram.

Golongan ini digunakan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contoh : ganja, heroin, kokain, morfin, dan opium. Narkotika golongan II adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : petidin, benzetidin, dan betametadol


Obat psikotropika golongan 1

Psikotropika golongan satu merupakan obat-obatan dengan daya adiktif, yang memiliki potensi tinggi menyebabkan kecanduan.  Selain itu, obat-obatan psikotropika golongan ini masuk dalam obat terlarang yang penyalahgunaannya bisa dikenakan sanksi hukum. Psikotropika golongan satu contohnya adalah ekstasi, STP, dan LSD.  


Obat psikotropika golongan 2

Psikotropika golongan dua merupakan obat-obatan yang memiliki risiko ketergantungan di bawah psikotropika golongan satu. Obat yang masuk dalam golongan ini biasa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit, sehingga jika penggunaan psikotropika golongan dua tidak sesuai dengan resep dokter dapat menimbulkan kecanduan. Psikotropika golongan dua contohnya adalah sabu, amfetamin, ritalin, dan metilfenidat.


Obat psikotropika golongan 3

Psikotropika golongan tiga merupakan obat-obatan dengan daya adiktif sedang dan umumnya digunakan untuk penelitian dan pengobatan. Psikotropika golongan tiga contohnya adalah pentobarbital, flunitrazepam, buprenorsina, dan lumibal.


Obat psikotropika golongan 4

Psikotropika golongan empat merupakan obat-obatan dengan daya adiktif ringan yang biasanya digunakan untuk pengobatan. Psikotropika golongan empat contohnya adalah diazepam, nitrazepam, lexotan, pil koplo, obat penenang, dan obat tidur.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101062 SULISTYANING NUR INDAHSARI -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya Sulistyaning Nur Indahsari dengan NIM 2010101062 ijin menjawab Ibu 


1.Sebutkan website yang dapat membantu searching keamanan obat2an!


Jawab : 1. healthychildren.org


https://healthychildren.org/English/Pages/default.aspx 


2. consumermedsafety.org


http://consumermedsafety.org/


3. National Institute on Aging


4. knowyourdose.org




secara gratis.


2. Apakah Anda pernah mengkonsumsi obat tradisional? biasanya untuk keluhan apa? Secara ilmiah, apakah ada penjelasan terkait manfaat obat tersebut guna penyembuhan keluhan yang dialami?


Pernah, yaitu Daun Binahong.

Salah satu manfaatnya mengobati penyakit maag. 


Daun binahong atau dikenal juga dengan daun madeira vine memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang penting untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini didukung oleh berbagai kandungan senyawa alami di dalamnya, meliputi flavonoid, saponin, dan tanin. Berkat kandungan dan khasiat tersebut, manfaat daun binahong bagi kesehatan sangatlah banyak.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:


1. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun binahong dalam mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar, diduga berasal dari kandungan flavonoid, saponin dan taninnya.


Saponin dapat berperan sebagai antiseptik, sehingga dapat mencegah infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pembentukan kolagen.


Flavonoid dalam daun binahong juga terbukti efektif mengurangi peradangan pada luka. Sementara itu, tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit luka, menghentikan produksi nanah, dan menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka jadi lebih cepat menutup.


2. Mencegah diabetes

Rebusan daun binahong sudah turun-menurun digunakan sebagai obat diabetes di masyarakat. Penelitian mendukung manfaat daun binahong yang satu ini dengan memperlihatkan kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah setelah makan.


Senyawa aktif flavonoid, steroid, dan kumarin dalam daun binahong menjadi pemeran utama dalam khasiat ini. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.


3. Mengobati hipertensi dan mencegah penyakit jantung

Selain mencegah diabetes, kandungan dalam ekstrak daun binahong juga memiliki efek menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urine. Kedua efek ini sama seperti efek obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Oleh karena itu, ekstrak daun binahong diduga bisa bermanfaat untuk penderita hipertensi.


Selain itu, ekstrak daun binahong juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Gabungan efek antihipertensi dan penurun kolesterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, misalnya gagal jantung atau serangan jantung.


4. Meningkatkan fungsi ginjal

Ekstrak daun binahong juga berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi gagal ginjal kronis. Manfaat daun binahong ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah pemberian ekstrak daun binahong.


5. Mengobati asam urat

Manfaat daun binahong sebagai obat asam urat telah didukung oleh banyak penelitian. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan flavonoid yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.


 3. Sebutkan golongan obat narkotika dan psikotropika, serta berikan contohnya



Golongan I             : Narkotika yang hanya digunakan untuk kepentingan ilmu   pengetahuan dan      tidak dipergunakan untuk terapi, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya: Cocain, Ganja, dan Heroin


Golongan II           : Narkotika  yang dipergunakan sebagai obat, penggunaan sebagai terapi, atau     dengan tujuan pengebangan ilmu pengetahuan, serta memiliki potensi ketergantungan sangat tinggi, contohnya : Morfin, Petidin


Golongan III          : Narkotika yang digunakan sebagai obat  dan penggunaannya banyak    dipergunakan untuk terapi, serta dipergunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki potensi ketergantungan ringan, contoh: Codein


Golongan I        : yaitu psikotropika yang di pergunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan   dan tidak dipergunakan untuk terapi dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh: Extasi


Golongan II      : yaitu psikotropika yang dipergunakakn untuk pengobatan dan dapat digunakan     sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketergantungan kuat, contoh : Amphetamine


Golongan III     : yaitu psikotropika yang digunakan sebagai obat dan banyak digunakan sebagai terapi serta untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki sindrom ketrgantungan sedang, contoh : Phenobarbital


Golongan IV     : yaitu psikotropika yang dipergunakan sebagai pengobatan dan   dan banyak dipergunakan untuk terapi serta digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memilikisindroma ketergantungan ringan, contoh : Diazepem, Nitrazepam



In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A5

by 2010101058 WAN TAZKYA AULIA SILVIA ANANDA -

Assalamu'alaikum wr..wb.. izin menjawab pertanyaan mengenai:

1. Website yang dapat membantu searching keamanan mengenai obat-obatan

Jawab: untuk mencari informasi-informasi mengenai keamanan dalam mengkonsumsi obat-obatan,saya biasa melakukan searching di:

https://www.alodokter.com

https://www.gooddoctor.co.id

https://hellosehat.com

biasanya 3 website tersebut saya gunakan dalam mencari informasi mengenai obat-obatan.padawebsitetersebut telah menyediakan informasi mengenai indikasi,kontra indikasi,manfaat,dan dosis mengenai obat yang akan saya konsumsi.

2. Saya pernah  mengkonsumsi obat tradisional Untuk Menurunkan Panas yaitu daun durian belanda. Secara keilmuan daun durian belanda atau sering disebut dengan daun sirsak , bisa menurunkan panas serta mengatasi infeksi yang terjadi di dalam tubuh. tidak hanya itu masih banyak khasiat yang lain seperti mengobati kanker,kolestrol, dan sebagainya 


3. Obat golongan psikotropika dan narkotika yang saya telah saya pelajari dari satu aplikasi yaitu:

Fentanil (narkotika), diazepam (psikotropika), dan Tramadol (narkotika). 3 obat tersebut memang tergolong obat anti nyeri namun juga tergolong dalam obat psikotropika dan narkotika.