Diskusi Praktikum 1 Pemeriksaan Amilum

A1 Bu Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb

Re: A1 Bu Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -
Number of replies: 0

Assalamu'alaikum warrahmatulahi wabarakatuh.

Sebelumnya, saya mohon izin mendokumentasikan pemeriksaan amilum beserta keterangannya 

pada Praktikum Biokimia - 1 ini.

Nama : Amira Exfena Navisa

NIM : 2110101013

  1. Nasi : Ketika nasi ditetesi larutan yodium/lugol, maka nasi akan berubah menjadi warna ungu pekat/biru kehitaman. Hal itu menunjukkan bahwa nasi mengandung karbohidrat (amilum). 
  2. Margarine : Ketika mentega/margarine ditetesi larutan yodium/lugol, margarine tsb tidak berubah warna melainkan tetap. Hal itu menunjukkan bahwa margarine tidak mengandung karbohidrat (amilum).
  3. Gula Pasir : Ketika gula pasir ditetesi larutan yodium/lugol, maka gula pasir akan berubah warna menjadi kecoklatan. Hal itu menunjukkan bahwa gula tidak mengandung karbohidrat (amilum). 
  4. Tahu Putih/Lumat : Ketika tahu putih yg dilumat/diiris kecil2 ditetesi larutan yodium/lugol, maka tahu akan berubah warna menjadi putih kecoklatan. Hal itu menunjukkan bahwa tahu tidak mengandung karbohidrat (amilum). 
  5. Biskuit : Ketika biskuit yg dipotong kecil2 ditetesi larutan yodium/lugol, maka biskuit akan berubah warna menjadi hitam. Hal itu menunjukkan bahwa biskuit mengandung karbohidrat (amilum).

Kesimpulan : Uji amilum/karbohidrat kompleks ini digunakan untuk mengecek ada tidaknya kandungan karbohidrat di dalam zat makanan. Dan, dari hasil praktikum diatas terlihat bahwa bahan-bahan yg mengandung karbohidrat (amilum) akan memberikan perubahan warna. Tes ini hanya digunakan sebagai uji kualitatif dan tidak bisa digunakan untuk mengukur (kadar) kandungan karbohidrat yg ada dalam makanan tersebut.


Terima kasih ibu, wassalamu'alaikum wr. wb.

Attachment Amira Exfena Navisa_2110101013_Dokumentasi Praktikum 1 (Pemeriksaan Amilum) - Biokimia.jpeg