Pertemuan E-Learning 5 - Hipotesis dan Survei I 3 Januari 2020 I 08.00 - 20.00 WIB I Drs. Subagio, M.A.

Penyampaian Materi PPT

Penyampaian Materi PPT

by Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali -
Number of replies: 0

1

Mengingat kembali, teori adalah sekumpulan pernyataan yang saling terkait (dengan fenomena) logis dan sistematis. Kaidah-kaidah yang ada di dalam teori akan sangat berbeda dengan hipotesis

2

Hipotesis bukan hanya sekedar pernyataan yang sistematis, namun fakta yang sudah terjadi walaupun belum teruji. Hipotesis menggunakan asas praduga (bersifat dugaan) yang harus dibuktikan kebenarannya.

3

Perhatikan macam-macam hipotesis untuk dapat mengetahui jenis dari hipotesis itu sendiri. Ada yang bersifat deskriptif, komparatif dan aosiasi. Oleh karenanya pemilihan hipotesis ini juga bergantung pada rumusan masalah yang dipaparkan diawal. Pemilihan ini juga akan mempengaruhi metode apa yang akan digunakan untuk langkah-langkah ilmiah.

Dalam investigasi, mohon diperhatikan langkah-langkah berikut 

4

Langkah-langkah ini disebut dengan investigasi = "wabah". Diartikan sebagai wabah, karena investigasi bersifat indepth (mendalam), tidak hanya mendiagnosis penyakitnya saja, namun sampai kepada wabah yang dihasilkan oleh penyakit tersebut. Wabah ini tetap bertumpu pada kedua aspek yaitu hipotesis dan teori. Biasanya metode ilmiah yang membedakan karya jurnalistik investigasi dengan karya lainnya.

4

5

Oleh kareanya dalam memberikan hipotesis maka akan mengarah pula pada penggunaan metode ilmiah. Jika dia kualitatif maka akan menggunakan ukuran objektif, berbeda dengan kuantitatif akan menggunakan metode teknis yaitu survei. Metode ini adalah metode yang paling sering digunakan dalam metode penelitian kuantitatif