PRAKTIKUM => FORUM DISKUSI STRATEGI PEMASARAN 2

KELOMPOK 10

KELOMPOK 10

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 12

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Bagaimana kabarnya pagi ini, semoga semua dalam keadaan sehat semuanya nggeh.

Sebelum mulai praktikum mari kita baca do'a belajar dahulu, dilanjutkan membaca surat pendek.

Selanjutnya diskusi kelompok melalui forum dengan bahan yang dicantumkan di atas, silahkan anggota kelompok dapat memberi masukan yang lebih detail lagi terkait "Strategi Pemasaran 2" yang akan dimasukkan dalam proposal bisnis kelompok.

*** Semangat ***


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101006 SELVIA INDRI FATIKA -

Waalaikumsallam wr wb

Alhamdulillah baik ibu

Bismillahirrahmanirrahim

Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahma aamiin.

Nama : Selvia Indri Fatika 

Nim: 2010101006

Hadir bu


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101015 TIKA ELIYANTI -

Waalaikumsallam wr wb

Alhamdulillah baik ibu

Bismillahirrahmanirrahim

Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahma aamiin.

Nama : Tika Eliyanti

Nim: 2010101015

Hadir bu


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101004 RESA NUR AZIZAH -

Waalaikumsallam wr wb

Alhamdulillah baik ibu

Bismillahirrahmanirrahim

Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahma aamiin.

Nama : Resa Nur Azizah

Nim: 2010101004

Hadir bu


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Waalaikumsallam wr. wb.

Alhamdulillah baik ibu 😊🙏🏻. Bismillahirrahmanirrahim Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahma aamiin.🤲🏻

Nama : Safira Nurul Aini

Nim : 2010101043

Hadir bu 😊


 


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101011 INTAN NUR AULIA DEWI -

Waalaikumsallam wr wb

Alhamdulillah baik ibu

Bismillahirrahmanirrahim

Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahma aamiin.

Nama : Intan Nur Aulia Dewi 

Nim: 2010101011

Hadir bu


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101011 INTAN NUR AULIA DEWI -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya intan nur aulia dewi 2010101011 izin menjawab pertanyaan nomor 2 yaitu Apakah akan ada sistem reseller dan dropship?

Setelah yang saya dan kelompok saya diskusikan, kelompok 10 akan menggunskan disistem reseller dan dropship. Kenapa kita akan menggunakan sistemn reseller dan dropship karena menurut saya  dan teman-teman saya Cara kerja sistem dropship cukup sederhana. Dropshipper bertugas memasarkan dan mempromosikan barang milik supplier, kemudian apabila ada yang memesan ia harus menginformasikan pesanan tersebut kepada supplier untuk selanjutnya dipersiapkan dan dikirim langsung oleh supplier kepada pembeli. Selain sistem kerjanya yang sederhana, sistem reseller dan dropship juga memiliki keuntungan yang sangat besar di antaranya yaitu 

1. Margin yang sangat besar karena kita sebagai supplier Anda memiliki kendali utama dalam hal penjualan dan penetapan harga jual. Kita bisa bekerja sama dengan para reseller atau dropshipper untuk mendapatkan persentase keuntungan yang lebih besar.  


2. Menjangkau pelangan yang lebih luas karena Jika reseller dan dropship yang bekerja sama berasal dari berbagai daerah, produk Anda akan lebih dikenal luas dibandingkan hanya memasarkan produk sendiri. Hal ini tentu akan berdampak pada profit usaha yang kita kembangkan. 


3. Mengheman biaya promosi 

karena pemasar membantu mempromosikan produk Anda dengan strategi yang mereka miliki. Merek/brand produk Anda tersebar ke pasar yang lebih luas. Akan tetapi kita juga harus tetap Bangun profile digital yang kuat melalui berbagai platform online yang relevan dengan apa yang kita jual.  


4. Membangun komunitas Komunitas yang terbentuk akan membangun sebuah ikatan dan relasi. Bentuk komunitas pun beragam, baik itu komunitas online maupun komunitas offline. Dari komunitas tersebut, tidak menutup kemungkinan akan melahirkan kerjasama bisnis jangka panjang. Karena secara tidak langsung Secara tidak langsung, komunitas berperan sebagai penggerak roda penjualan. 

Terimakasih 

Wassalamualaikum wr.wb 


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101006 SELVIA INDRI FATIKA -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya Selvia Indri Fatika 2020101006, izin menjawab pertanyaan nomor 1 “Bagaimana cara kelompok melakukan riset pasar dan pelanggan untuk memastikan calon konsumen?”

Setelah yang saya dan kelompok saya diskusikan, kelompok 10 akan menggunakan sistem riset pasar dan calon konsumen nya adalah mahasiswa atau masyarakat yang berada di sekitar kampus unisa.

Riset pasar ini dilakukan seiring dengan kegemaran masyarakat mengkonsumsi makanan yang praktis, makanan ringan bisa menjadi pilihan bagi mereka terutama untuk mahasiswa yang suka jajan dan lebih memilih untuk membeli makanan dari pada harus memasaknya sendiri. Oleh karena itu kami akan memberikan solusi yaitu dengan membeli “JANMAWA (Jajanan mahasiswa)” ini. Disini kami menyedikan berbagai macam makanan ringan dan minuman. Makanan yang kami sajikan di sini tidak mengandung pengawet dan juga MSG. Survei atau riset ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat jika produk kuliner kami tidak menggunakan pengawet ataupun MSG. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan kuesioner kepada mahasiswa atau masyarakat yang berada di sekitar kampus unisa.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101072 NAURA SYAHIDA MASYITOH -

Waalaikumsallam wr wb


Alhamdulillah baik ibu


Bismillahirrahmanirrahim


Rodhitu billahi-robba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawarasulla rabbi zidni ilma wa zuqni fahma aamiin.


Nama : Naura Syahida


Nim: 2010101072


Hadir bu

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Assalamu'alaikum ibu, saya Safira Nurul Aini 2010101043 izin menjawab pertanyaan 4,

"Bagaimana rencana pemasaran secara online? (akankah menggunakan social media (shopee, tokopedia, instagram, facebook), blog), mungkin perlu menyiapkan video promosi (skenario, siapa yang merekam dan menyunting video), rancangan brosur, logo bisnis, apakah akan ada endorsement influencer juga?"


Jawab :


Untuk pemasaran secara online untuk media sosial kami memakai instagram dan GoFood. Alasan kami memakai kedua medsos tersebut adalah selain mudah untuk di aplikasikan / dijalankan, instagram dan GoFood adalah medsos yang serin dipakai masyarakat sekitar dengan demikian tidak hanya dari segi pemasaran tapi juga promosi online pun dapat dengan mudah tersebar di kalangan masyarakat.

Untuk promosi kami tidak memakai video melainkan hanya sebuah gambar yang mana kami buat sedemikian rupa secara unik untuk dapat menarik perhatian konsumen. Mengingat bisnis kami tidak terlalu besar jadi bentuk media promosi yang kami bentuk bukanlah video tapi brosur. Untuk design brosur mungkin masih menyusul. 

Kemudian untuk logo bisnis kami adalah sebagai berikut :

logo

Makna Logo “JANMAWA” : 

1) Background masyarakat bertingkat, mempunyai makna dimana JANMAWA sebagai salah satu jenis bisnis yang bergerak dalam bidang jasa (Food Service) menggambarkan bahwasannya kami menjangkau semua kalangan dalam masyarakat. 

2) Angka 7 yang terbalik menjadi huruf J, mempunyai makna bahwa bisnis JANMAWA di dirikan oleh kami yang beranggotakan 7 orang, dengan kelebihan kami masing - masing dalam bidangnya.

3) Huruf N yang terbelah dengan panjang seimbang antara kanan dan kiri, mempunyai makna dimana produk JANMAWA memiliki keseimbangan dalam segi nutrisi dan rasanya. 

4) Huruf M aga membulat, mempunyai makna kekuatan mahasiswa, mahasiswa yang tidak hanya unggul dalam akademik tetapi juga dapat menghasilkan sesuatu yang baru. 

5) Huruf W tegas, mempunyai makna dimana kami membuktikkan bahwa perempuan adalah Wonder Woman yang mana bisa setara dengan laki - laki. Dimana perempuan pun dapat berkarya dan kami pun dapat menjadi pemimpin.


Untuk endorsement influencer kami hanya promosi hand to hand saja dikarenakan budget kami yang minim dan dalam membangun bisnis ini pun kami patungan jadi kami memutuskan untuk tidak memakai endorsment dari influencer.

Terimakasih, mohon maaf jika ada yang kurang mungkin teman - teman yang lain dapat menambahkan 😊🙏🏻

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101019 HANISA -
izin menjawab nomor 8,

cara mengevaluasi strategi pemasaran yang dimana Hasil evaluasi marketing atau pemasaran, harus dapat meningkatkan kinerja dari aktivitas penjualan di masa depan. yang dimana mengidentifikasi peluang dan juga masalah agar dapat dimasukkan ke dalam evaluasi strategi marketing atau pemasaran. Perubahan besar dalam fokus usaha seperti membuat produk baru, atau masuk ke target pasar baru, atau mengakuisisi pangsa pasar kompetitor, akan memerlukan evaluasi strategi marketing atau pemasaran yang cukup detail. Hal ini tidak hanya akan mengidentifikasi peluang usaha,, tetapi juga dapat mengungkapkan beberapa blindspots yang berpotensi menjadi penyebab tidak tercapainya target pemasaran usaha

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101015 TIKA ELIYANTI -

Assalamualaikum saya Tika Eliyantan Nim 2010101015 Izin menjawab No 7. 

Bagaimana cara kelompok mengetahui strategi pemasaran dari pihak kompetitor?

  1. AMATI PASAR DAN KENALI PESAING ANDA Dalam menghadapi KOMPETITOR, terlebih dulu lihatlah potensi pasar yang ada. Cari tau siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi.  Dengan mengetahui siapa pesaing Anda, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara menghadapinya. Perubahan minat dan kebutuhan para konsumen, tentunya menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan.
  2. CIPTAKAN PRODUK YANG BERBEDA Inovasi sangat penting. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada dipasaran, maka produk Anda memiliki nilai lebih dimata konsumen. Produk yang unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk Anda, dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.
  3. TONJOLKAN KEUNGGULAN PRODUK ANDA Dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima selama ini maka  Anda dapat menawarkan produk kepada konsumen, sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda, akan semakin meningkat.
  4. PELAJARI KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PESAING Dengan mengetahui  ilustrasi menghadapi persaingan pasar kelebihan apa yang dimiliki pesaing Anda, dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing Anda, atau berikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing Anda. Sebab dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki pesaing, maka peluang Anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.
  5. MEMPERTAHANKAN KEKUATAN PRODUK Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda, ada baiknya bila Anda mempertahankan kekuatan produk yang Anda miliki untuk menjaga loyalitas para konsumen. Kunci inilah yang mengantarkan produk Pepsodent sampai hari ini berhasil menguasai pasar dan menjadi salah satu merek pasta gigi yang banyak dipilih para konsumen.
  6. TAWARKAN HARGA BERSAING Memberikan harga yang bersaing, bukan berarti Anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Strategi ini bisa Anda lakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing Anda menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya Anda bisa menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”.
  7. PROMOSIKAN PRODUK ANDA Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha, karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Lihat saja event diskon besar-besaran sepatu dan sandal merk crocs, yang tahun 2010 ini berhasil membuat salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta penuh antrian konsumen.
  8. BERANI AMBIL RESIKO Untuk menarik minat konsumen, banyak pelaku usaha yang mengambil tantangan besar untuk meningkatkan daya saing bisnisnya. Strategi ini bisa dijalankan para konsumen dengan menawarkan inovasi-inovasi baru yang belum pernah ditemui para konsumen. Misalnya saja seperti memproduksi barang atau jasa unik yang belum ada di pasaran, atau bisa juga mengadakan event promosi besar-besaran yang melibatkan para konsumen

Terima kasih 


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 10

by 2010101072 NAURA SYAHIDA MASYITOH -

Saja Naura Syahida bom 2010101072 ijin menjawab pertanyaan tentang Bagaimana rancangan pemasaran secara offline? (rencana lokasi gerai yang dinilai strategis, gambaran rancangan desain interior-eksterior) 

Untuk rancangan pemasaran secara ofline cara yang terfikir dan ada pandangan sekarang ini adalah membuka gerai kecil yang masi masuk kedalam standar kami atau uang mahasiswa, kami mencari lokasi yang strategis untuk gerai yang akan kami buka yaitu disekitar kampus yang banyak mahasiswa melakukan transaksi jual beli dan mungkin saat ada event besar di beberapa tempat kami akan buka gerai kecil yang tidak permanen namun kami fokuskan pada penataan daerah trmpt jualan kami sehingga dapat menatik pelangggan, dimana pada jaman sekrng orng berbondong bondong datang ke tempat yang dapat dijadikan sebagai objek foto