DISKUSI METABOLISME LIPID

KELAS A

KELAS A

by Belian Anugrah Estri -
Number of replies: 130

Assalamualaikum

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101052 ANISAH -

Assalamualaikum ibu dan teman teman mohon izin bertanya Anisah 2110101052

Mengapa lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh? Terima kasih 

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: KELAS A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -
Assalamu'alaikum wr.wb

Saya Firsta Fadhlila Putri dengan NIM 2110101060, izin menjawab pertanyaan mba Anisah

Kereaktifan trigliserida dipengaruhi oleh kereaktifan ester dan juga ketidakjenuhan rantai hidrokarbon . Lemak tidak jenuh memiliki ikatan hidrokarbon tidak jenuh artinya ada ikatan rangkap . Ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh mudah bereaksi dengan oksigen (mudah teroksidasi). Semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi. Jadi, lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh karena terdapat ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya yang menjadikan lemak tidak jenuh lebih reaktif terhadap oksidasi.

Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan. Wassalamu'alaikum wr.wb


In reply to 2110101052 ANISAH

Re: KELAS A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr wb. 

Saya Azira Syiffa Ramadhani dengan NIM 2110101009 izin menjawab pertanyaannya mba 🙏

Semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi. Jadi, lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh karena terdapat ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya yang menjadikan lemak tidak jenuh lebih reaktif terhadap oksidasi.

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: KELAS A

by Belian Anugrah Estri -
 wasslamualaikum , 



Jadi Mengapa lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh???


Karena  Semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi. Jadi, lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh karena terdapat ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya yang menjadikan lemak tidak jenuh lebih reaktif terhadap oksidasi.


atau dengan kata laian  Karena lemak tidak jenuh memiliki ikatan rangkap, sehingga ikatan rangkap tsb mudah melepaskan elektron (ikatan rangkap nya putus)

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: KELAS A

by 2110101001 SHAFIRDA INAYATI -

Assalamualaikum saya Shafirda Inayati dengan Nim 2110101001 izin menjawab pertanyaan mba Anisah 

Karena tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi itu, faktor-faktor seperti, adanya logam berat dan cahaya, tekanan udara, enzim dan adanya senyawa peroksida juga mempercepat berlangsungnya oksidasi dan demikian akan semakin cepat terjadi ketegikan. Berlangsungnya proses oksidasi tersebut dapat diamati dengan beberapa cara salah satunya dengan mengamati jumlah senyawa hasil penyerapan senyawa per (asam, alkohol, ester, aldehid, keton, dsb).

Semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi. Jadi, lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh karena terdapat ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya yang menjadikan lemak tidak jenuh lebih reaktif terhadap oksidasi.

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: KELAS A

by 2110101002 JASMIN LINADI YULIA PUTRI -

Assalamualaikum wr wb. Saya jasmin linadi yulia putri dengan nim 2110101002 ingin menjawab pertanyaan dari mba Anisah

Karena lemak Kereaktifan trigliserida dipengaruhi oleh kereaktifan ester dan juga ketidakjenuhan rantai hidrokarbon . Lemak tidak jenuh memiliki ikatan hidrokarbon tidak jenuh artinya ada ikatan rangkap . Ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh mudah bereaksi dengan oksigen (mudah teroksidasi). Semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi. Jadi, lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh karena terdapat ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya yang menjadikan lemak tidak jenuh lebih reaktif terhadap oksidasi.

Sekian dari jawaban saya jika ada yang kurang silahkan ditambahkan🙏🏻


In reply to 2110101052 ANISAH

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam izin menjawab pertanyaan mba anisah

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Karena semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi selain itu, faktor-faktor seperti suhu, adanya logam berat dan cahaya, tekanan udara, enzim dan adanya senyawa peroksida juga semakin mempercepat berlangsungnya oksidasi dan demikian akan semakin cepat terjadi ketegikan. Berlangsungnya proses oksidasi tersebut dapat diamati dengan beberapa cara salah satunya dengan mengamati jumlah senyawa hasil penyerapan senyawa peroksida (asam, alkohol, ester, aldehid, dan keton)

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: KELAS A

by 2110101005 RHANI ROSALINA -

Assalamualaikum wr wb. 

Nama :Rhani rosalina 

NIM : 2110101009

izin menjawab pertanyaannya mba  Anisah

Semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi. Jadi, lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi daripada lemak jenuh karena terdapat ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya yang menjadikan lemak tidak jenuh lebih reaktif terhadap oksidasi. Karena semakin tidak jenuh asam lemaknya akan semakin cepat teroksidasi selain itu, faktor-faktor seperti suhu, adanya logam berat dan cahaya, tekanan udara, enzim dan adanya senyawa peroksida juga semakin mempercepat berlangsungnya oksidasi dan demikian akan semakin cepat terjadi ketegikan. Berlangsungnya proses oksidasi tersebut dapat diamati dengan beberapa cara salah satunya dengan mengamati jumlah senyawa hasil penyerapan senyawa peroksida (asam, alkohol, ester, aldehid, keton,) 


In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh Ibu dan teman-teman, saya mohon izin bertanya 

Nama : Azira Syiffa Ramadhani 

NIM : 2110101009

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi lemak merupakan cadangan energi utama di dalam tubuh manusia, apakah pada penderitaan obesitas pun demikian ? Tetapi mengapa pada penderitaan obesitas lebih cenderung cepat merasakan kelelahan ketika beraktivitas? 

Sekian dari saya 🙏🏻

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: KELAS A

by Belian Anugrah Estri -

 Pada  orang yang obesitas memiliki Kondisi ketika lemak yang menumpuk di dalam tubuh sangat banyak. Akibatnya, penderita memiliki berat badan yang jauh dari ideal. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami keterbatasan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


dengan kata lain  tubuh membutuhkan energi berbentuk kalori yang bisa didapatkan dari makanan. Kalori akan makin banyak digunakan oleh tubuh apabila seseorang aktif bergerak atau rutin berolahraga. Sebaliknya, kalori akan tersimpan sebagai lemak jika tubuh tidak digunakan untuk beraktivitas.


Akan tetapi pada penderita  obesitas , kondisi tumpukan lemak  sudah cukup banyak. Mengenai cepat lelah pada orang dengan obesitas, hal ini disebabkan karena orang dengan obesitas memiliki bobot tubuh yang berlebih, sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan suatu kegiatan akan bertambah, dan kebutuhan oksigen pada jaringan tubuh pun akan meningkat, sehingga organ sepert paru-paru, jantung dan otot akan bekerja lebih keras. Hal tersebut lah yang menyebabkan orang dengan berat badan obesitas menjadi cepat lelah.

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: KELAS A

by 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY -

Aslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

saya ELivya Putri Melsany NIM 2110101011 

Izin menjawab pertanyaan mba azira..

Kenapa seseorang yang mengalami obesitas lebih mudah lelah padahal lemak adalah sumber energi yang di simpan dalam tubuh.. jawabanya adalah dengan bertambahnya berat badan kitaa maka banyak jugaaa energi yang perlukan dan kita kluarkan, tidakk hanya energi tetapi oksigen yabg kita butuhkan juga lebih meningkat, dan itulah alasan kenapa sesorang obesitas lebih mudah lelah..

Sekian jawaban dari saya , semogaa bisa membantu 🙏

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum saya Monika Jumarnis 2110101006 izin bertanya.

Pada proses pencernaan lipid terdapat salah satu proses yaitu asam lemak rantai panjang dan asam lemak rantai pendek. Yang dimaksud asam lemak rantai panjang itu rantai karbonnya lebih dari 12. Nah pertanyaannya contoh dari makanan yang akan diserap pada rantai karbon panjang dan rantai karbon pendek ini apa saja?

Terima Kasih

In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: KELAS A

by Belian Anugrah Estri -

1. Rantai pendek (C2-C6) : mentega, lemak susu.

 2. Rantai sedang (C8-C12) : minyak kelapa, minyak kayu manis. Efek Perbedaan Sumber. (Sulis et. al) 

 3. Rantai panjang (G14-C24) : rninyak kelapa sawit, coklat, daging sapi, lemak babi

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA -

Assalamualaikum ibu dan teman- teman semua saya anggita izin bertanya

Mengapa  ya bu peredaran rantai karbon antara lemak dan minyak menyebabkan perbedaan titik didih dan titik beku antara lemak dan minyakk ?

terimakasih

In reply to 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA

Re: KELAS A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Assalamualaikum wr. wb

saya izin menjawab pertanyaan dari mba Anggita

Nama: pita aningsih

NIM: 2110101008


   Mendidih dan membeku adalah sifat fisik yang berkebalikan dilihat dari proses terjadinya. Mendidih terjadi proses perenggangan molekul-molekul sedangkan membeku adalah merapatnya molekul-molekul. Semakin mudah direnggangkan semakin kecil titik didihnya. Semakin sulit dirapatkan semakin kecil titik bekunya.

Titik didih dan titik beku lemak dan minyak dipengaruhi oleh rantai karbonnya. Lemak mempunyai gugus alkil dengan rantai hidrokarbon jenuh (rantai karbon tunggal). Minyak mempunyai gugus alkil dengan rantai hidrokarbon tak jenuh (rantai karbon rangkap). Perbedaan struktur minyak dan lemak dapat dilihat dibawah ini. Rantai karbon jenuh pada lemak membuat struktur menjadi lebih kompak (padat) dan sulit direnggangkan. Sehingga, lemak berbentuk padat dan titik lelehnya lebih tinggi dari minyak. Begitu pula untuk dibekukan, karena struktur lebih kompak maka titik bekunya juga semakin besar.

Dengan demikian, makin jenuh molekul asam lemak dalam trigliserida, makin tinggi titik beku atau titik didih lemak/minyak tersebut.  Jadi, lemak mempunyai titik didih dan titik beku lebih besar daripada minyak karena lemak tidak mempunyai karbon rangkap pada strukturnya.

Mohon maaf kalau kurang lengkap dan Mohon dikoreksi, Terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

In reply to 2110101008 PITA ANINGSIH

Re: KELAS A

by Belian Anugrah Estri -

Tepat sekali mb untuk penjelasnya  diakrenakan   lemak tidak  memiliki  karbon rangkap pada susunan nya sehingga  titik didih dan titik beku lemak dan minyak dipengaruhi oleh rantai karbonnya. 

In reply to 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam izin menjawab pertanyaan mba anggita

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Karena mendidih dan membeku adalah sifat fisik yang berkebalikan dilihat dari proses terjadinya. Mendidih terjadi proses perenggangan molekul-molekul sedangkan membeku adalah merapatnya molekul-molekul. Semakin mudah direnggangkan semakin kecil titik didihnya. Semakin sulit dirapatkan semakin kecil titik bekunya.Titik didih dan titik beku lemak dan minyak dipengaruhi oleh rantai karbonnya. Lemak mempunyai gugus alkil dengan rantai hidrokarbon jenuh (rantai karbon tunggal). Minyak mempunyai gugus alkil dengan rantai hidrokarbon tak jenuh (rantai karbon rangkap). Perbedaan struktur minyak dan lemak dapat dilihat dibawah ini. Rantai karbon jenuh pada lemak membuat struktur menjadi lebih kompak (padat) dan sulit direnggangkan. Sehingga, lemak berbentuk padat dan titik lelehnya lebih tinggi dari minyak. Begitu pula untuk dibekukan, karena struktur lebih kompak maka titik bekunya juga semakin besar.Dengan demikian, makin jenuh molekul asam lemak dalam trigliserida, makin tinggi titik beku atau titik didih lemak/minyak tersebut. Jadi lemak mempunyai titik didih dan titik beku lebih besar dari pada minyak karena lemak tidak mempunyai karbon rangkap pada strukturnya.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb


In reply to 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA

Re: KELAS A

by 2110101001 SHAFIRDA INAYATI -

Assalamualikum saya Shafirda dengan Nim 2110101001 izin menjawab pertanyaan mba Anggita putri 

Karena Mendidih dan membeku adalah sifat fisik yang berkebalikan dilihat dari proses terjadinya. Mendidih terjadi proses perenggangan molekul-molekul sedangkan membeku adalah merapatnya molekul-molekul. Semakin mudah direnggangkan semakin kecil titik didihnya. Semakin sulit dirapatkan semakin kecil titik bekunya.

Titik didih dan titik beku lemak dan minyak dipengaruhi oleh rantai karbonnya. Lemak mempunyai gugus alkil dengan rantai hidrokarbon jenuh (rantai karbon tunggal). Minyak mempunyai gugus alkil dengan rantai hidrokarbon tak jenuh (rantai karbon rangkap).

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Assalamualaikum Wr.Wb ibu izin bertanya

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Bagaimana jika seseorang kelebihan lemak di dalam tubuh apakah lemak tersebut akan di simpan di dalam tubuh dan di bagian mana?

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: KELAS A

by Belian Anugrah Estri -


  • Anggapan yang salah jika kita mengira bahwa lemak itu jahat dan tidak diperlukan oleh tubuh.
  •  Lemak sama seperti zat gizi makro lainnya, yaitu protein dan karbohidrat. Jumlahnya cukup banyak dibutuhkan di dalam tubuh jika dibandingkan dengan zat gizi mikro. 
  • Lemak berfungsi untuk membantu metabolisme vitamin larut lemak, yaitu vitamin A,D,E,K, berperan dalam sintesis hormon, dan menjadi sumber energi cadangan ketika tubuh kehabisan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama.
  • Hal yang membuat lemak menjadi buruk bagi kesehatan adalah jenis lemak yang kemudian menumpuk di berbagai bagian di tubuh, sehingga membuat Anda kelebihan berat badan, bahkan obesitas--> berbagai bagaian tubuh bisa  di lengan perut paha  , dada   dan lainnya. 



In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: KELAS A

by 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY -
Aslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sayaa.

Elivya Putri Melsany NlM 2110101011 izin menjawab pertanyaan mba Dina Novitalia🙏


Seseorang yang memiliki lemak berlebihan tentu saja tidak mungkin di buang begitu sajaa yaitu adanya penyimpanan lemakk tubuh di bagian organ organ seperti jantung ,lambung, pembuluh darah.. sekian jawaban dari sayaa semoga bisa membantu🙏

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: KELAS A

by 2110101061 ARUM DEA PUSPITASARI -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Saya Arum Dea Puspitasari (2110101061) izin menjawab pertanyaan mba Dina

Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati yang bisadi simpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energy.

Lemak cadangan ini terutama disimpan di bawah kulit di sekitar otot. Selain itu terdapat pula simpanan lemak di sekitar jantung. paru-paru, ginjal dan organ tubuh lainnya. Kumpulan lemak disekitar ginjal ini mempunyai kegunaan khusus yaitu untuk menjaga agar ginjal tidak mudah berpindah tempat. Cadangan lemak seperti ini tidak digunakan sebagai cadangan kalori kecuali dalam keadaan yang benar-benar memaksa. Pada orang gemuk, di sekitar perut dam mamae sering terdapat tumpukan lemak dalam jumlah yang lebih banyak.

Sekian terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA -

Assalamualaikum wr.wb 

Nama ; Izza syifa w.s 

Kelas ; A

NIM ; 2110101032

Izin bertanya 

Apakah penyebab adanya penyakit batu empedu dikarenakan penyumbatan kantung empedu yang  tidak bisa mengemulsi lemak ?

Sekian terimakasih 

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: KELAS A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr wb. Saya izin menjawab pertanyaan dari mba izza

Nama : Azira Syiffa Ramadhani 

NIM : 2110101009

Penyebab batu empedu yang paling sering ditemui adalah kelebihan kolesterol. Pada kondisi ini, cairan empedu tidak mampu melarutkan kelebihan kolesterol yang dikeluarkan dari hati. Akibatnya, kolesterol yang berlebih tersebut menumpuk dan mengendap di dalam kantung empedu. Secara bertahap, endapan kolesterol dalam empedu bisa terkumpul dan membentuk batu empedu. Endapan kolesterol ini bisa membentuk 1 batu saja atau bisa juga membentuk beberapa batu pada saat yang bersamaan.

Kelebihan bilirubin juga bisa menjadi penyebab batu empedu. Bilirubin itu sendiri adalah produk akhir dari pemecahan sel darah merah (hemolisis) di organ hati. Beberapa penyakit dapat menyebabkan proses pemecahan sel darah merah meningkat, sehingga jumlah bilirubin dalam empedu meningkat. Penyakit tersebut antara lain:

  • Sirosis
  • Infeksi saluran empedu
  • Hepatitis kronis
  • Anemia bulan sabit
  • Thalasemia

Ketika konsentrasi bilirubin terlalu tinggi, bilirubin tidak dapat larut dalam cairan empedu. Lama-kelamaan, kelebihan bilirubin akan mengkristal dan mengendap menjadi batu empedu. Batu empedu yang terbentuk dari bilirubin biasanya berwarna cokelat tua atau hitam.


In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba izza

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Penyebab batu empedu yang paling sering ditemui adalah kelebihan kolesterol. Pada kondisi ini, cairan empedu tidak mampu melarutkan kelebihan kolesterol yang dikeluarkan dari hati. Akibatnya, kolesterol yang berlebih tersebut menumpuk dan mengendap di dalam kantung empedu.

Secara bertahap, endapan kolesterol dalam empedu bisa terkumpul dan membentuk batu empedu. Endapan kolesterol ini bisa membentuk 1 batu saja atau bisa juga membentuk beberapa batu pada saat yang bersamaan.

Kelebihan kolesterol dalam empedu bisa disebabkan karena beberapa hal, yaitu:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Diabetes
  • Konsumsi makanan atau minuman tinggi kolesterol, tinggi lemak, dan rendah serat, seperti gorengan, fast food, dan susu tinggi lemak
  • Konsumsi makanan atau minuman tinggi gula
  • Konsumsi obat penurun kolesterol darah golongan fibrat, misalnya gemfibrozil, dalam jangka panjang
  • Konsumsi pil KB
Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb
In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: KELAS A

by 2110101045 NADIA PUTRI ANGGRAHENI -

waalaikumsalam, izin menjawab mb izza 

saya Nadia Putri Anggraheni (2110101045)


Penyebab batu empedu belum diketahui secara pasti

Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan terjadi ketika cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Beberapa faktor juga dapat memengaruhi seseorang terkena batu empedu, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.


In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: KELAS A

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum saya Monika Jumarnis 2110101006 izin menjawab pertanyaan mba Izza. 

Batu empedu bisa terjadi karena adanya kolesterol yang mengeras dan tertimbun dalam cairan empedu. Ini terjadi karena ada ketidakseimbangan antara senyawa kimia dan kolesterol dalam cairan tersebut. Ketika seseorang memiliki batu empedu, penanganan khusus tidak dibutuhkan, karena pada umumnya batu empedu tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, apabila batu empedu menyumbat saluran empedu, maka pengidap batu empedu akan mengalami rasa sakit pada bagian kanan perut yang datang secara tiba-tiba atau disebut juga kolik bilier. 

Terima Kasih 

In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: KELAS A

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -

Saya Dinda Fatikasari 2110101003 izin menjawab pertanyaan dari mba Izza Syifa 

Batu empedu bisa terjadi karena adanya kolesterol yang mengeras dan tertimbun dalam cairan empedu. Ini terjadi karena ada ketidakseimbangan antara senyawa kimia dan kolesterol dalam cairan tersebut.

Mohon maaf apabila ada kekurangannya 

Terimakasih 🙏



In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: KELAS A

by 2110101005 RHANI ROSALINA -

Assalamualaikum wr wb. 

Nama :Rhani rosalina 

NIM : 2110101009

izin menjawab pertanyaannya mba Izza 


Sebagian besar batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang akhirnya mengeras dan membentuk batu. Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan terjadi ketika cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Beberapa faktor juga dapat memengaruhi seseorang terkena batu empedu, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.



In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH -
Assmualaikum wr. Wb 

Nama :irma misbahul jannah 

Nim :2110101044 

Ijin bertanya jika seorang kelebihan lemak itu lemak nya akan di simpan dimana sekian terimakasih🙏

In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: KELAS A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr wb. Saya izin menjawab pertanyaan dari mba Irma

Nama : Azira Syiffa Ramadhani 

NIM : 2110101009

Di dalam tubuh terdapat jaringan yang disebut jaringan adiposa. Jaringan ini adalah jaringan yang berfungsi untuk menampung lemak-lemak yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah sel adiposa tergantung dengan dengan jumlah lemak yang masuk, semakin banyak lemak masuk maka semakin banyak sel adiposa yang terbentuk untuk menampung lemak. Ketika lemak-lemak tersebut tidak digunakan sebagai cadangan energi, maka lemak tersebut akan terakumulasi dan menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaliknya, jika Anda melakukan diet yang baik dan menerapkan olahraga teratur, lemak akan terpakai dan tidak terkumpul di dalam sel adiposa. Lemak tidak hanya didapatkan dari berbagai makanan yang berlemak saja. Makanan yang mengandung karbohidrat bisa diubah menjadi lemak di dalam tubuh jika jumlahnya terlalu banyak.

Jaringan adiposa tersebar di berbagai bagian di dalam tubuh, seperti di jaringan kulit, di antara otot-otot, di sekitar ginjal dan hati, di belakang bola mata, dan di sekitar perut dan dada. Tetapi pada dasarnya, distribusi jaringan adiposa tergantung dengan gender atau jenis kelaminnya. Pada laki-laki, jaringan adiposa lebih banyak terakumulasi di perut dan pinggang, sedangkan perempuan lebih banyak terkumpul di pinggul dan pinggang.

In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: KELAS A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

waalaikum salam wr.wb

nama : Dina bela setiawati

NIM : 2110101037

ijin menjawab 

sel adiposa, tempat penyimpanan lemak di tubuh

Di dalam tubuh terdapat jaringan yang disebut jaringan adiposa. Jaringan ini adalah jaringan yang berfungsi untuk menampung lemak-lemak yang masuk ke dalam tubuh.


In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba irma

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Kelabihan lemak akan disimpan sebagai cadangan makanan. Dilansir dari biology libretexts, kelebihan lemak dari makanan akan disimpan sebagai trigliserida atau badan keton dalam jaringan adiposa.


In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: KELAS A

by 2110101056 ALIYA PUSPITA RIZWANI -

izin Menyawab pertanyaan mba Irma.

Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi, berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses  metabolisme tubuh. lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energy.

lemak cadangan ini terutama disimpan di bawah kulit, disekitar otot. selain itu, terdapat juga simpanan lemak di sekitar jantung, paru-paru, ginjal dan organ tubuh lainnya. kumpulan lemak disekitar ginjal ini mempunyai kegunaan khusus, yaitu untuk menjaga agar ginjal tidak mudah berpindah tempat. cadangan lemak seperti ini tidak digunakan sebagai cadangan kalori, kecuali dalam keadaan yang benar-benar memaksa. pada orang gemuk, di sekitar perut sering terdapat tumpukkan lemak dalam jumlah yang lebih banyak. 

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A Monica dwi putri Nim 2110101029

by 2110101029 MONICA DWI PUTRI -

Izin bertanya bu🙏 

Nama Monica dwi putri

Nim 2110101029

Mengapa asam lemak trans dianggap tidak sehat?



In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: KELAS A Monica dwi putri Nim 2110101029

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Izin menjawab pertanyaan mba monica

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Karena lemak trans menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Penelitian menunjukkan bahwa lemak trans buatan memiliki efek yang lebih buruk terhadap kesehatan dibandingkan lemak trans dari sumber alami. Beberapa efek buruk dari lemak trans ini adalah:

Menyebabkan penyakit jantung koroner

LDL dan trigliserida yang meningkat dapat menumpuk dan membentuk plak di dalam pembuluh darah jantung. Kondisi ini membuat pembuluh darah tersebut menyempit, sehingga aliran darah ke jantung terhambat, dan lama kelamaan akan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Menyebabkan stroke

Selain penyakit jantung, asupan lemak trans berlebih juga bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. Stroke bisa terjadi bila plak yang terbentuk pada pembuluh darah terlepas, kemudian mengalir ke pembuluh darah otak dan mengakibatkan sumbatan.

Ketika hal ini terjadi, aliran darah yang mengirimkan oksigen ke jaringan otak akan terhambat, sehingga jaringan tersebut rusak atau mati. Akibatnya, terjadilah stroke.

Memperburuk penyakit diabetes tipe 2

Sejauh ini, penelitian yang mengkaji kaitan antara lemak trans dan penyakit diabetes masih belum menunjukkan data yang konsisten. Namun, diketahui bahwa pola makan tinggi lemak jenuh dan lemak trans berkaitan dengan meningkatnya resistensi insulin dan naiknya kadar gula darah.


In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: KELAS A Monica dwi putri Nim 2110101029

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

nama : Dina bela setiawati

NIM : 2110101037

Ijin menjawab


Lemak trans adalah lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Lemak yang juga dikenal sebagai trans fat atau asam lemak trans ini terdiri atas dua macam, yakni asam lemak yang terbentuk secara alami dan asam lemak buatan.

karena -  meningkat kan kolestrol jahat

- meningkatkan resiko diabetes

- memeperparah peradangan

In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: KELAS A Monica dwi putri Nim 2110101029

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh, saya izin menjawab pertanyaan dari mba Monica

Nama : Azira Syiffa Ramadhani 

NIM : 2110101009

Lemak trans adalah lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Lemak yang juga dikenal sebagai trans fat atau asam lemak trans ini terdiri atas dua macam, yakni asam lemak yang terbentuk secara alami dan asam lemak buatan. Trans fat alami terbentuk dalam usus hewan pemamah biak seperti sapi, kambing, dan domba. Lemak terbentuk ketika bakteri usus hewan mencerna rumput. Itulah mengapa produk daging dan susu mengandung sedikit trans fat. Sementara itu, trans fat buatan dihasilkan dari proses industri. Produsen membuat lemak ini dengan menambahkan hidrogen ke dalam minyak sayur yang menyebabkan minyak berubah bentuk menjadi padat pada suhu ruangan.

Asam Lemak trans dianggap tidak sehat sebab dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: KELAS A Monica dwi putri Nim 2110101029

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -

Saya Dinda Fatikasari 2110101003 izin menjawab pertanyaan mba Monica Dwi 

Lemak trans menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL)

Terimakasih 🙏

In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: KELAS A Monica dwi putri Nim 2110101029

by 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA -

saya Nadila Hellena Imanda(2110101047) izin menjawab pertanyaan dari mba monica. J

adi lemak trans  dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Penelitian menunjukkan bahwa lemak trans buatan memiliki efek yang lebih buruk terhadap kesehatan dibandingkan lemak trans dari sumber alami. contoh efek buruk dari lemak trans yaitu menyebabkan penjakit jantung koroner, stroke, dan memperburuk penyakit diabetes.

sekian, mohon maaf apabila ada jawaban yang kurang tepat. terimakasih


In reply to 2110101029 MONICA DWI PUTRI

Re: KELAS A Monica dwi putri Nim 2110101029

by 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr,wb izin menjawab pertanyaan dari mbak monika

Nama : Fitrilia Rahmawati

Nim : 2110101015

Kelas : A

Karena Menurut penelitian yang luas telah menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak trans, terutama asam lemak trans yang dihasilkan dari hidrogenasi parsial, secara positif terkait dengan tingginya insiden penyakit kronis tertentu. Para ahli sepakat bahwa asam lemak trans meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) dan menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol “baik”). Bukti ini membuktikan bahwa dalam hal ini, asam lemak trans lebih buruk daripada asam lemak jenuh.

Beberapa efek buruk dari lemak trans ini adalah :

1. Menyebabkan penyakit jantung koroner

LDL dan trigliserida yang meningkat dapat menumpuk dan membentuk plak di dalam pembuluh darah jantung. Kondisi ini membuat pembuluh darah tersebut menyempit, sehingga aliran darah ke jantung terhambat, dan lama kelamaan akan menyebabkan penyakit jantung koroner.

2. Menyebabkan stroke

Selain penyakit jantung, asupan lemak trans berlebih juga bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. Stroke bisa terjadi bila plak yang terbentuk pada pembuluh darah terlepas, kemudian mengalir ke pembuluh darah otak dan mengakibatkan sumbatan.Ketika hal ini terjadi, aliran darah yang mengirimkan oksigen ke jaringan otak akan terhambat, sehingga jaringan tersebut rusak atau mati. Akibatnya, terjadilah stroke.

3. Memperburuk penyakit diabetes tipe 2

Sejauh ini, penelitian yang mengkaji kaitan antara lemak trans dan penyakit diabetes masih belum menunjukkan data yang konsisten. Namun, diketahui bahwa pola makan tinggi lemak jenuh dan lemak trans berkaitan dengan meningkatnya resistensi insulin dan naiknya kadar gula darah. Hal ini dialami terutama oleh penderita obesitas dengan diabetes dan kolesterol tinggi. Pola makan yang kurang sehat, termasuk yang tinggi lemak trans, diduga dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh sehingga risiko diabetes turut meningkat. Hal ini juga diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya batu empedu.

Sedangkan contoh makanan yang mengandung banyak lemak trans adalah:

  • Kue-kue yang dipanggang, donat, cookies, dan pie yang biasanya terbuat dari minyak sayur yang telah dipadatkan (partially hydrogenated oils).
  • Keripik kentang, keripik jagung, dan popcorn microwave yang biasanya dimasak dengan lemak trans untuk menyedapkan rasa dan membuatnya lebih awet.
  • Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng dan kentang goreng. Kadang minyak yang digunakan adalah minyak sayur biasa, namun proses menggoreng dengan temperatur tinggi dapat menyebabkan terbentuknya lemak trans, terutama bila minyak tersebut sudah digunakan berulang kali.
  • Margarin, mentega, dan creamer kopi yang sering digunakan sebagai pengganti produk susu dalam membuat kopi.
  • Piza, crackers, dan biskuit kalengan.

Sekian jawaban dari saya, apabila ada jawaban yang kurang tepat saya minta maaf, terimakasih


 


In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101034 LIA AGUSMARLINA -
Assalamualaikum ibuk saya lia Agusmarlina ingin bertanya, apakah seseorang yang memiliki cadangan lemak banyak,akan berpengaruh terhadap tingkat suhu di tubuhnya dibandingkan dengan seseorang yang memiliki lemak nya sedikit? Terima kasih
In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: KELAS A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

nama : Dina bela setiawati

NIM : 2110101037

ijin menjawab

sederhananya, karena lemak adalah sumber energi yang dipakai tubuh untuk menghangatkan tubuh, maka orang yang banyak lemak akan lebih tahan dingin.

Walaupun banyak lemak memungkinkan orang gemuk lebih tahan dingin, namun orang gemuk juga bisa merasa lebih kedinginan daripada orang dengan berat badan normal. Hal ini bisa terjadi pada kondisi tertentu ketika otak menggabungkan dua sinyal, untuk menghangatkan tubuh bagian dalam dan di permukaan kulit. Sinyal ini akan memerintah tubuh untuk menyempitkan pembuluh darah dan memicu tubuh merasa menggigil  Kedua mekanisme ini bertujuan untuk membuat tubuh tetap hangat.



In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: KELAS A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

baik saya bisyarotul walidah/2110101031 izin sedikit membantu menjawab ya tapi nanti bisa diperjelas oleh ibu bahwa banyak lemak dapat mempengaruhi suhu tubuh seperti yang dipaparkan dalam hellosehat.id lemak adalah sumber energi yang dipakai tubuh untuk menghangatkan tubuh, maka orang yang banyak lemak akan lebih tahan dingin. Hubungan ini pun telah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Salah satunya adalah penelitian pada perenang yang dilakukan tahun 2006. Penelitian tersebut membuktikan bahwa perenang dengan indeks massa tubuh yang besar atau mempunyai berat badan lebih besar memiliki risiko terkena hipotermia yang lebih rendah. terimaksih mungkin bisa sedikit membantu


In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Assallamualaikum ibu dan teman teman,saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan NIM 2110101051 izin bertanya.

Apa perbedaan lemak baik dan lemak tak baik?Apakah lemah tak baik itu tidak baik bagi tubuh kita?

Sekian pertanyaan dari saya.

In reply to 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waaalaikumsalam izin menjawab pertanyuaan mba tjahya

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059


1. Lemak Baik

Lemak baik biasanya dikenal dengan sebutan lemak tak jenuh. Datang dalam dua bentuk: tunggal dan ganda, termasuk omega-3 dan omega-6, lemak ini juga dikenal sebagai asam lemak esensial. Cara kerja lemak tak jenuh dalam tubuh adalah dengan membantu menjaga arteri tetap bersih. Lemak ini membantu menghasilkan kolesterol baik (HDL) dan bergerak di sekitar tubuh sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

"Makanan berlemak yang baik untuk kesehatan jantung adalah yang mengandung lemak tidak jenuh (unsaturated fat). Sumber makanan tersebut antara lain minyak zaitun, minyak jagung, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan yang mengandung omega-3 tinggi (salmon, haring, kembung, tuna, sarden)," jelas dr. Vienna. Diet dengan lemak tak jenuh dapat membantu menghindari masalah jantung di kemudian hari.


2. Lemak Jahat

Lemak jahat biasa disebut lemak jenuh dan lemak trans. Dampak konsumsi lemak jahat adalah meningkatnya kolesterol jahat (HDL), dan dapat mengurangi kolesterol baik (LDL) di tubuh. Kedua jenis lemak inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh yg relatif tinggi, di antaranya terdapat pada makanan yang digoreng dengan minyak berlebih (gorengan), lemak dari daging merah dan margarine. Sedangkan lemak trans bisa kamu temui dalam produk kue dan biskuit, makanan cepat saji, beberapa margarin, makanan ringan seperti keripik.



In reply to 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI

Re: KELAS A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb

Saya Amalia Zidny, NIM 2110101023. 

Izin menjawab pertanyaan dr Mb Tjahya,

Secara singkat lemak baik memberikan energi bagi tubuh kita, sedangkan lemak jahat membuat tubuh kita memproduksi kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Sedangkan penjelasan lebih lengkapnya yaitu,

1. Lemak Baik

Lemak baik biasanya dikenal dengan sebutan lemak tak jenuh. Datang dalam dua bentuk: tunggal dan ganda, termasuk omega-3 dan omega-6, lemak ini juga dikenal sebagai asam lemak esensial. Cara kerja lemak tak jenuh dalam tubuh adalah dengan membantu menjaga arteri tetap bersih. Lemak ini membantu menghasilkan kolesterol baik (HDL) dan bergerak di sekitar tubuh sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

"Makanan berlemak yang baik untuk kesehatan jantung adalah yang mengandung lemak tidak jenuh (unsaturated fat). Sumber makanan tersebut antara lain minyak zaitun, minyak jagung, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan yang mengandung omega-3 tinggi (salmon, haring, kembung, tuna, sarden)," jelas dr. Vienna. Diet dengan lemak tak jenuh dapat membantu menghindari masalah jantung di kemudian hari.

 

2. Lemak Jahat

Lemak jahat biasa disebut lemak jenuh dan lemak trans. Dampak konsumsi lemak jahat adalah meningkatnya kolesterol jahat (HDL), dan dapat mengurangi kolesterol baik (LDL) di tubuh. Kedua jenis lemak inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh yg relatif tinggi, di antaranya terdapat pada makanan yang digoreng dengan minyak berlebih (gorengan), lemak dari daging merah dan margarine. Sedangkan lemak trans bisa kamu temui dalam produk kue dan biskuit, makanan cepat saji, beberapa margarin, makanan ringan seperti keripik.

Wassalamualaikum wr wb
In reply to 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI

Re: KELAS A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -
Assalamu'alaikum wr.wb

Saya Firsta Fadhlila Putri dengan NIM 2110101060 izin menjawab pertanyaan Tjahya

Lemak baik biasanya dikenal dengan sebutan lemak tak jenuh. Datang dalam dua bentuk: tunggal dan ganda, termasuk omega-3 dan omega-6, lemak ini juga dikenal sebagai asam lemak esensial. Cara kerja lemak tak jenuh dalam tubuh adalah dengan membantu menjaga arteri tetap bersih. Lemak ini membantu menghasilkan kolesterol baik (HDL) dan bergerak di sekitar tubuh sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Sementara itu, lemak tak baik dapat ditemukan pada banyak makanan, bahkan yang terkesan sehat sekalipun seperti kacang-kacangan.

Bila sering mengonsumsi lemak tak baik sebagai makanan sehari-hari, dapat mengakibatkan terkena kolesterol total. Hal ini bisa berujung pada meningkatnya kolestrol LDL berbahaya yang dapat memicu penyumbatan arteri jantung.

Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan. Wassalamu'alaikum wr.wb
In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb

Perkenalkan saya Amalia Zidny, NIM 2110101023.

Izin bertanya, tanda pada C16 pada gambar di bawah ini artinya apa ya?


Itu saja. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH -

Assalamu'alaikum wr.wb, izin bertanya

Nama : Ardelia Azmi F
Kelas  : A
Nim     : 2110101039

Bagaimana jika kita kelebihan lemak di dalam tubuh akan di simpan dan dibagian mana?


In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba ardelia

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Kelabihan lemak akan disimpan sebagai cadangan makanan. Dilansir dari biology libretexts, kelebihan lemak dari makanan akan disimpan sebagai trigliserida atau badan keton dalam jaringan adiposa.


In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: KELAS A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb

Perkenalkan nama saya Amalia Zidny dengan NIM 2110101023.

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Dina,

Di dalam tubuh terdapat jaringan yang disebut jaringan adiposa. Jaringan ini adalah jaringan yang berfungsi untuk menampung lemak-lemak yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah sel adiposa tergantung dengan dengan jumlah lemak yang masuk, semakin banyak lemak masuk maka semakin banyak sel adiposa yang terbentuk untuk menampung lemak. Ketika lemak-lemak tersebut tidak digunakan sebagai cadangan energi, maka lemak tersebut akan terakumulasi dan menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaliknya, jika Anda melakukan diet yang baik dan menerapkan olahraga teratur, lemak akan terpakai dan tidak terkumpul di dalam sel adiposa. Lemak tidak hanya didapatkan dari berbagai makanan yang berlemak saja. Makanan yang mengandung karbohidrat bisa diubah menjadi lemak di dalam tubuh jika jumlahnya terlalu banyak.

Jaringan adiposa tersebar di berbagai bagian di dalam tubuh, seperti di jaringan kulit, di antara otot-otot, di sekitar ginjal dan hati, di belakang bola mata, dan di sekitar perut dan dada. Tetapi pada dasarnya, distribusi jaringan adiposa tergantung dengan gender atau jenis kelaminnya. Pada laki-laki, jaringan adiposa lebih banyak terakumulasi di perut dan pinggang, sedangkan perempuan lebih banyak terkumpul di pinggul dan pinggang.

Wassalamualaikum wr wb
In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: KELAS A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Wallaikumsallam wr wb saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan NIM 2110101051 izin menjawab pertanyaan dari Mba Ardelia.

Disimpan di sel adiposa.

Di dalam tubuh terdapat jaringan yang disebut jaringan adiposa. Jaringan ini adalah jaringan yang berfungsi untuk menampung lemak-lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika lemak-lemak tersebut tidak digunakan sebagai cadangan energi, maka lemak tersebut akan terakumulasi dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Sekian Terima kasih

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: KELAS A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

baik saya bisyarotul walidah izin menjawab pertanyaannya mbak ardelia bahwa Kelebihan lemak dalam tubuh akan disimpan di jaringan adiposa. Akan tetapi orang yang lemaknya berlebihan berisiko tinggi untuk mengalami sakit jantung, stroke dan diabetes melitus terimakasih mohon koreksinya

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wb 

Nama : Syarah Khairunnisa R

Kelas  : 2110101021

Izin bertanya ibu

Bagaimana cara penyerapan lemak yang tidak larut dalam air?

Terimakasih🙏

In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: KELAS A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh, Perkenalkan nama saya Azira Syiffa Ramadhani dengan NIM 2110101009, izin menjawab pertanyaan dari mba Syarah

Umumnya zat yang larut dalam air  akan lebih mudah diserap melalui penyerapan pasif. Lemak tidak larut dalam air. Maka setela dicerna dengan bantuan enzim lipase lemak akan dipecah menjadi gliserol + asam lemak. Gliserol yang larut dalam air dapat langsung diserap melalui dinding usus melalui vena porta kehati. Asam lemak akan berkatan dengan garam empedu (disebut macellar compound). Setelah masuk melalui dinding usus, asam lemak melepaskan lagi ikatannya denga empedu, berkaitan kembali dengan gliserol dan jumlah kecil protein, disebut khilomikron diserap kedalam lacteal dibawa melalui pembulu limfe ke Ductus Thoracicus terus ke jantung kemudian ke seluruh tubuh.

Sekian dari saya, maaf apabila masih kurang tepat 🙏

In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: KELAS A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Wallaikumsallam saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan Nim 2110101051 izin menjawab pertanyaan dari Mba Syarah.

Lemak tidak dapat larut dalam air, maka proses emulsifikasi (pencampuran) lemak sangat diperlukan.

Di bagian atas usus kecil, lebih tepatnya duodenum, proses emulsifikasi lemak secara mekanik berlanjut dengan bantuan asam empedu yang dihasilkan dari kantung empedu. Asam empedu adalah zat yang mampu mengemulsi lemak dan merubah ukurannya menjadi beratus-ratus kali lipat lebih kecil dari ukuran normalnya.

Sekian terima kasih.
In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba syarah

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Penyerapan lemak cukup berbeda dengan penyerapan karbohidrat dan protein karena masalah lemak yang tidak larut air. Lemak harus dipindahkan dari kimus yang cair melalui cairan tubuh yang mengandung banyak air walaupun lemak tidak larut air. Lemak harus menjalani serangkaian transformasi untuk mengatasi masalah ini. Lipid utama dalam makanan adalah triasillgliserol, dan dalam jumlah yang lebih sedikit, yaitu fosfolipid. Keduanya adalah molekul hidrofobik dan harus dihidrolisis dan diemulsifikasi menjadi butiran yang sangat halus (misel) sebelum dapat diserap. Vitamin larutlemak A,D,E, dan K serta berbagai lipid lain (termasuk kolesterol) diserap dalam bentuk larut dalam misel lipid. Lemak membantu tubuh kita dalam penyerapan vitamin A, D, E, dan K.

Lemak juga berperan melindungi organ vital, sel-sel saraf, dan otak. Selain itu, lemak membantu membangun sel serta memproduksi hormon, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik. Keberadaan lemak dapat membantu mengatur suhu tubuh dan membuat tubuh menjadi hangat.

Lemak adalah molekul yang tidak larut dalam air atau hanya sedikit sekali larut dalam air.

Karena lemak tidak larut dalam air, maka proses emulsifikasi lemak atau pencampuran sangat diperlukan. Sebagian besar lemak yang kita makan dan cerna adalah lemak dalam bentuk trigliserida. Penambahan lemak dalam makanan dapat memberikan efek rasa lezat dan tekstur makanan menjadi lembut serta gurih. Namun, perlu diketahui lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain dan waktu yang dibutuhkan untuk mencernanya bervariasi berdasarkan jenis lemak.


In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: KELAS A

by 2110101014 DEA RESITA -

assalamualaikum

nama: dea resita

nim: 2110101014

izin menjawab pertanyaan mb syarah

jadi,Umumnya zat yang larut dalam air  akan lebih mudah diserap melalui penyerapan pasif. Lemak tidak larut dalam air. Maka setelah dicerna dengan bantuanenzim lipase lemak akan dipecah menjadi gliserol + asam lemak. Gliserol yang larut dalam air dapat langsung diserap melalui dinding usus melalui vena porta kehati. Asam lemak akan berkatan dengan garamempedu (disebut macellar compound). Setelah masuk melalui dinding usus, asam lemak melepaskan lagi ikatannya denga empedu,berkaitan kembali dengan gliserol dan jumlah kecil protein, disebut khilomikrondiserap kedalam lacteal dibawa melalui pembulu limfe ke Ductus Thoracicus teruske jantung kemudian ke seluruh tubuh.

terima kasih maaf jika jawaban nya kurang tepat dan mohon untuk dikoreksi


In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: KELAS A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb

Perkenalkan nama saya Amalia Zidny dengan NIM 2110101023.

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Syarah.

Lemak (fat) yang diserap dari makanan dan lipid yang disintesis dari hati harus diangkat ke berbagai jaringan dan organ untuk digunakan dan disimpan. Karena lipid tidak larut dalam air, masalah cara pengangkutan lipid dalam plasma darah yang berbahan dasar air dipecahkan dengan cara menggabungkan lipid non polar (trigliserid dan ester kolesteril) dengan lipid amfipatik (fosfolipid dan kolesterol) serta protein untuk menghasilkan lipoprotein yang dapat bercampur dengan air.

Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101014 DEA RESITA -

assalamualaikum

nama: dea resita

nim: 2110101014

kelas: A

izin bertanya ibu, ketika ada seseorang yang kekurangan karbohidrat, bagaimana tubuh menyesuaikan diri bila terjadi kekurangan karbohidrat dalam diri nya? apakah yang digunakan tubuh untuk memperoleh energi?

terima kasih ibu wasalammualaikum wr.wb

In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: KELAS A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb

Perkenalkan nama saya Amalia Zidny dengan NIM 2110101023.

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Dea,

Saat tubuh kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan memanfaatkan lemak dan juga protein untuk memperoleh energi.

Lemak dibongkar menjadi gliserol. Kemudian, gliserol diubah ke bentuk dihidroaseton fosfat. Selanjutnya, dihidroaseton fosfat diubah menjadi fosfogliseraldehid yang merupakan zat antara pada peristiwa glikolisis dan daur Krebs. Sedangkan jika karbohidrat maupun lemak tidak ada lagi, maka protein dibongkar menjadi asam amino dengan proses hidrolisis. Kemudian, asam amino dioksidasi sehingga dibebaskan energi.

Wassalamualaikum wr wb
In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waaalaikumsalam izin menjawab pertanyaan mba dea

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Tubuh akan kehilangan energi dan menjadi lemas ketika tubuh kekurangan karbohidrat maka disini akan terjadi penurunan gula darah dan semakin lama kita kekurangan karbohidrat akan terjadi penurunan berat badan, ini disebabkan oleh karena tidak adanya karbohidrat sebagai energi tubuh maka lemak lah yang menggantikan fungsinya. Maka dari itu lemak disebut sebagai cadangan energi tubuh.

Lemak dibongkar menjadi gliserol. Kemudian, gliserol diubah ke bentuk dihidroaseton fosfat. Selanjutnya, dihidroaseton fosfat diubah menjadi fosfogliseraldehid yang merupakan zat antara pada peristiwa glikolisis dan daur Krebs. Sedangkan jika karbohidrat maupun lemak tidak ada lagi, maka protein dibongkar menjadi asam amino dengan proses hidrolisis. Kemudian, asam amino dioksidasi sehingga dibebaskan energi.

In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: KELAS A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Assalamum'alaikum wr.wb

Saya Firsta Fadhlila Putri dengan NIM 2110101060 izin menjawab pertanyaan Dea

Apabila tubuh kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan memanfaatkan zat gizi protein dan lemak sebagai energi. Kondisi ini disebut dengan ketosis.

Bila dibiarkan, kondisi ketosis akan menghasilkan penumpukan senyawa keton yang merupakan produk sisa dari metabolisme lemak. Kadar keton yang berlebihan dapat memicu dehidrasi dan mengganggu keseimbangan senyawa kimia dalam darah.

Akibatnya, kadar glukosa dan keton dalam aliran darah pun meningkat, atau biasa disebut dengan ketoasidosis. Ketoasidosis mengubah sifat darah menjadi asam yang dapat membahayakan kesehatan.
In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: KELAS A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

NAMA : Dina bela setiawati

nim : 2110101037

ijin menjawab

ubuh akan kehilangan energi dan menjadi lemas ketika tubuh kekurangan karbohidrat maka disini akan terjadi penurunan gula darah dan semakin lama kita kekurangan karbohidrat akan terjadi penurunan berat badan, ini disebabkan oleh karena tidak adanya karbohidrat sebagai energi tubuh maka lemak lah yang menggantikan fungsinya. Maka dari itu lemak disebut sebagai cadangan energi tubuh

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101064 MAULIDYA PUTERI -

Assalamu'alaikum wr.wb saya Maulidya Puteri (2110101064) izin bertanya, jika seseorang kekurangan lemak, apa yang akan terjadi pada tubuhnya bu? 

Terimakasih, Wassalamualikum wr.wb

In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: KELAS A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba maulidya

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIM     : 2110101059

Akibat kekurangan lemak berdampak pada produksi sel imun tubuh dan sel darah merah dapat sering mengalami infeksi dan memiliki penyembuhan luka yang lambat. Selain itu kurangnya asupan lemak dapat mengganggu sistem saraf dan penglihatan.

Efek seseorang kekurangan lemak diantaranya yaitu :

1. Sulitnya penyerapan vitamin Lemak sangat berperan dalam penyerapan vitamin A, D, E dan K dalam tubuh. Oleh karenanya, kekurangan lemak juga dapat berdampak pada proses penyerapan vitamin-vitamin dalam tubuh.
2. Menurunkan energi tubuh Akibat kekurangan lemak juga dapat menurunkan energi dalam tubuh. Ini karena selain karbohidrat, lemak juga merupakan salah satu sumber energi dalam tubuh. Baca juga: Diet Rendah Lemak Pengaruhi Sistem Reproduksi Pria.
3. Mengganggu fungsi sel Salah satu jenis lemak, yaitu asam lemak sangat berguna dalam pembentukan membran dan struktur sel dalam tubuh. Tak hanya itu, lemak juga berguna untuk kelangsungan fungsi sel dalam tubuh. Oleh karenanya konsumsi lemak yang tidak cukup dapat mengganggu fungsi sel.
4. Melemahkan sel imun Akibat kekurangan lemak berdampak pada produksi sel imun tubuh dan sel darah merah. Anda dapat sering mengalami infeksi dan memiliki penyembuhan luka yang lambat. Selain itu, kurangnya asupan lemak dapat mengganggu sistem saraf dan penglihatan.
5. Risiko penyakit jantung Meskipun lemak selalu dituding sebagai penyebab dari penyakit jantung, uniknya salah satu akibat kekurangan lemak adalah meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Oleh karenanya penting untuk tetap mengonsumsi lemak baik dalam kadar yang secukupnya.
6. Meningkatkan risiko demensia Selain penyakit jantung, akibat kekurangan lemak lainnya adalah kenaikan dalam risiko mengalami sindrom metabolisme dan meningkatnya peluang menderita demensia, seperti penyakit Alzheimer.
In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: KELAS A

by 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam wr, wb

izin menjawab pertanyaan dari mbak maulidya

Nama : Fitrilia Rahmawati

Nim : 2110101015

Kelas : A

Lemak merupakan zat gizi makro yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Zat gizi yang satu ini dibagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki efek tersendiri bagi kesehatan. Bila tubuh tidak mendapatkan lemak makanan yang cukup, beberapa fungsi tubuh mungkin tidak akan berjalan dengan baik. Berikut ini ada sejumlah efek apabila kekurangan lemak pada tubuh, yaitu :

  1. Kekeringan pada Kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi dari kulit adalah untuk mendukung terjaganya kesehatan kulit. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa ketika seseorang tak mencukupi kebutuhan lemak di dalam tubuhnya, kulit pun akan terkena efeknya di mana akan menjadi kering dan kusam tampak kurang menarik. Hal ini juga akan menurunkan rasa percaya diri, terutama bagi para wanita yang memedulikan penampilan. Kekeringan bisa terjadi pada kulit apabila tubuh tak memiliki cukup lemak sehat, bahkan pada kulit juga akan muncul gatal-gatal serta sisik.

  1. Sulit Fokus dan Konsentrasi

Lemak pun dibutuhkan oleh sistem otak supaya dapat berfungsi dengan baik, maka ketika tubuh tak mendapat cukup lemak, otak pun terkena imbasnya. Kekurangan lemak akan membuat seseorang lebih sulit dalam berfokus pada suatu hal dan mustahil rasanya untuk berkonsentrasi dengan baik. Terkadang kesulitan berkonsentrasi juga bisa dipicu oleh kurangnya kualitas tidur, tapi jika terlalu sering, sebaiknya segera periksakan kadar lemak sehingga jika diketahui memang kurang, asupannya bisa ditambah dengan mengonsumsi sumber makanan tepat.

  1. Lemas dan Cepat Lelah

Sudah disebutkan juga sebelumnya bahwa sumber energi datangnya dari lemak selain dari protein serta karbohidrat, maka ketika lemak berkurang di dalam tubuh, tubuh akan kekurangan energi. Bila energi kurang, otomatis tubuh tak bisa diajak berkompromi untuk lebih semangat karena rasanya akan sangat lemas dan mudah lelah. Kondisi seperti inilah yang juga akan memicu kemalasan untuk bergerak dan juga melakukan segala kegiatan.

  1. Kedinginan

Perlu diketahui bahwa sumber produksi panas yang ada di dalam tubuh asalnya dari lemak dan lemak jugalah yang memiliki tanggung jawab sebagai penghangat tubuh. Orang yang memiliki lemak cukup tak akan mudah kedinginan, dan sebaliknya orang yang tak mencukupi kebutuhan lemak maka meski saat cuaca dan suhu tak begitu dingin pun akan lebih mudah merasa kedinginan.

  1. Ketidakstabilan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang ada di dalam tubuh akan dibantu untuk lebih stabil oleh lemak. Jadi apabila kadar gula darah di dalam tubuh tak stabil dan cenderung tinggi, hal ini bisa juga dikarenakan kurangnya lemak di dalam tubuh. Kadar gula darah yang cenderung tinggi dapat berpotensi diabetes sehingga sangat perlu untuk memeriksakan dan rajin mengecek kadar lemak dan gula darah ke dokter.

Sekian jawaban dari saya, apabila ada kekurangan mohon dikoreksi, terimakasih






In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: KELAS A

by 2110101053 FITRIYANTI JAYA -

Wallaikumsallam wr. Wb 


Saya izin menjawab pertanyaan dari mba maulidya Putri Lemak merupakan zat gizi makro yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Zat gizi yang satu ini dibagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki efek tersendiri bagi kesehatan. Jika tubuh kekurangan lemak makanan. Ada beberapa kondisi yang membuat Anda mengalami resiko seperti:

gangguan makan,

penyakit radang usus,

reseksi usus besar (kolektomi),

fibrosis kistik, dan

diet yang sangat rendah lemak.

In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: KELAS A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

nama : Dina bela setiawati

NIM : 2110101037

ijin menjawab

kekurangan lemak berdampak pada produksi sel imun tubuh dan sel darah merah. Anda dapat sering mengalami infeksi dan memiliki penyembuhan luka yang lambat. Selain itu, kurangnya asupan lemak dapat mengganggu sistem saraf dan penglihatan

yang terjadi

menyebabkn depresi, sulit konsentrasi, autis, cepat lelah, daya ingat lemah, dan melemahnya fungsi otak

In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: KELAS A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Assalamu'alaikum wr.wb

Saya Firsta Fadhlila Putri dengan NIM 2110101060 izin menjawab pertanyaan Maulidya

Bila tubuh tidak mendapatkan lemak makanan yang cukup, beberapa fungsi tubuh mungkin tidak akan berjalan dengan baik. Berikut ini ada sejumlah dampak yang bisa terjadi ketika tubuh kekurangan lemak.

1. Kekurangan Vitamin

Salah satu fungsi lemak yaitu membantu tubuh menyerap vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan K. Jika tubuh kekurangan vitamin, hal ini dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit, yaitu:

  • rabun senja,
  • gusi bengkak,
  • mudah memar,
  • rambut kering,
  • nyeri otot,
  • depresi, hingga
  • darah menggumpal dibawah kuku.

Oleh sebab itu, defisiensi lemak berpengaruh pada tubuh karena lemak penting untuk menyerap vitamin. Artinya, asupan lemak yang tidak cukup bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin dan kekurangan mineral yang dibutuhkan.

2. Dermatitis

Selain kekurangan vitamin, asupan lemak yang tidak cukup bisa menimbulkan kondisi dematitis atau peradangan pada kulit. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Clinical Nutrition.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa lemak termasuk bagian penting dari pembentukan struktur sel kulit. Zat gizi makro ini juga membantu kulit menjaga tingkat kelembapannya.

Bila tubuh tidak mendapatkan lemak yang cukup, kesehatan kulit bisa bermasalah dan mungkin memicu dermatitis. Dermatitis merupakan kondisi ketika kulit yang meradang dan sering ditandai dengan kulit keringdan bersisik.

3. Memperlambat proses penyembuhan luka

Menurut studi yang sama, tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan molekul penting yang berperan mengendalikan respons peradangan tubuh. Diet yang sangat rendah lemak dapat mengganggu respons tersebut. Alhasil, proses penyembuhan luka pun melambat. Tak hanya itu, kekurangan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin C dan vitamin D, pun membuat luka sembuh lebih lama.

4. Depresi

Asupan lemak yang kurang bisa memicu depresi pada seseorang. Pasalnya, lemak berperan penting dalam sintesis hormon dan neurotransmitter, salah satunya yaitu serotonin. Serotonin merupakan zat pada neurotransmitter dan berfungsi menghasilkan perasaan tenang dan damai. Bila defisiensi lemak terjadi, Anda berisiko mengalami depresi dan berbagai gangguan kesehatan mental lainnya.


5. Mudah Sakit

Membatasi asupan lemak secara ekstrim ternyata bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, Anda menjadi lebih mudah sakit. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan lemak untuk memproduksi molekul yang merangsang aktivitas sel kekebalan. Tak hanya itu, asam lemak esensial juga berguna dalam pertumbuhan sel imun, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6.

6. Cepat Lapar

Sudah tidak diragukan lagi bila mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dan sesuai dengan kebutuhan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Bahkan, hal ini juga membantu mengatur nafsu makan.

Lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh ganda dan tunggal, dianggap sebagai sumber lemak yang baik untuk menahan rasa lapar. Akibatnya, asupan kalori yang dibutuhkan serta gizi lainnya mungkin akan berlebihan karena ingin memenuhi rasa lapar. Hal tersebut membuat berat badan naik secara drastis.

7. Rambut Rontok

Salah satu penyebab rambut rontok yang mungkin tidak Anda sadari yaitu tubuh yang kekurangan lemak. Lemak memiliki molekul yang disebut prostaglandin. Molekul lemak pada tubuh ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan lemak yang cukup, tekstur rambut ternyata bisa berubah.


In reply to 2110101064 MAULIDYA PUTERI

Re: KELAS A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

nama : Dina bela setiawati

NIM : 2110101037

ijin menjawab 

menyebabkn depresi, sulit konsentrasi, autis, cepat lelah, daya ingat lemah, dan melemahnya fungsi otak.

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101053 FITRIYANTI JAYA -

Assallamuallaikum wr.wb. Saya fitriyanti jaya nim 2110101053 dari kelompok A4. Izin bertanya bu, apa kelebihan lemak yang disimpan dilapisan jaringan adiposa dan beri penjelasan tentang jaringan tersebut. Terimakasih bu

In reply to 2110101053 FITRIYANTI JAYA

Re: KELAS A

by 2110101019 ARIS FATMALA -

assalamualaikum wr wb saya

Nama : Aris fatmala

Nim : 2110101019

Izin menjawab pertanyaan dari mba fitriyanti jaya bahwa lapisan dibawah kulit yaitu jaringan adiposa Pada metabolisme lemak, setelah lemak digunakan oleh seluruh bagian tubuh yang memerlukan, kelabihan lemaknya akan disimpan sebagai cadangan makanan. Dilansir dari Biology LibreTexts, kelebihan lemak dari makanan akan disimpan sebagai trigliserida atau badan keton dalam jaringan adiposa. Cadangan lemak ini sangat berguna saat tubuh mengalami kelaparan, dimana tubuh akan masuk kedalam mode bertahan hidup. Saat tubuh kelaparan, tidak ada karbohidrat yang masuk dan tidak terjadi proses glikolisis sehingga otak kehilangan energi untuk berpikir, dan tubuhpun tidak memiliki energi untuk bergerak.

Terimakasih

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

baik saya bisyarotul walidah/2110101031 izin bertanya ibu dan temen temen seperti yang diejlaskan ibu bahwasanya lemak dapat diperoleh sebagian besar dari makanan nah pertanyaanya jika dippt disebitkan kebanyakan lemak yang didapat itu dari daging dan minyak dls nah untuk orang vegetarian atau yang hanya makan sayur tanpa minyak dan daging maka cara memperoleh lemak itu dari mana dan apakah vegetarian lebih sentitif terhadap dingin atau tidak karena dari faktor makanan saja sudah dikit kadar lemak sekian terimakasih

In reply to 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH

Re: KELAS A

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum wr.wb

Disini saya, Amira Exfena (NIM 2110101013) izin menjawab pertanyaan mb lidya seputar bagaimana cara memperoleh lemak yg diperuntukkan bagi orang2 vegetarian?

Jadi begini mba lidya yang kita ketahui makanan 4 sehat 5 sempurna itu ada, susu, buah, sayur, ikan,  lauk pauk dsb. Nah, salah satu contohnya bagi orang vegetarian yg mengkonsumsi produk susu itu bukanlah sumber lemak yang sehat. Sehingga para vegetarian harus mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhan lemak mereka. Disebutkan oleh para ahli gizi, para vegetarian untuk bisa mengonsumsi kacang dan biji-bijian seperti biji labu, walnut, flaxseed, chia seed dan almond yang kaya akan Omega-3 namun tidak sebaik yang diperoleh dari ikan berminyak. Omega-3 biasanya diperoleh dari daging dan minyak ikan

Karena yang sering kita ketahui para vegetarian ini sukar makan daging2an, para vegetarian juga bisa mendapatkannya dari kacang dan biji-bijian tersebut, terutama biji labu. Saat lapar, para vegetarian bisa mengonsumsi makanan ini sebagai makanan ringan sekaligus memenuhi kebutuhan lemak.

Sumber lainnya bisa didapatkan pada sayur dan buah-buahan seperti ubi jalar, alpukat, apel, dan mangga. Namun, para ahli gizi menyarankan agar para vegetarian menghindari mangga jika mereka memiliki riwayat diabetes. Selain itu, susu kedelai dan tahu adalah dua sumber lemak yang sehat.

"Bisa juga jika ingin memasak makanan, bisa menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak kacang seperti minyak enzim/purified oil,"  kata ahli nutrisi,  Menggunakan satu sendok makan minyak tidak akan memberikan efek samping yang buruk. Jadi, para vegetarian tidak perlu khawatir lagi mereka akan kekurangan lemak. Beberapa buah, sayuran, serta kacang-kacangan bisa menjadi makanan yang kaya lemak.

Semoga menjawab ya mba, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum warrahmatulahi wabarakatuh, selamat pagi ibu & teman2 kelas A, 

Nama : Amira Exfena

NIM : 2110101013

Sebelumnya disini saya mau izin bertanya ibu, di ppt metabolisme lipid disitu disebutkan bahwa "lemak (triasil gliserol/TAG) yang masuk kedalam tubuh akan dicerna didalam usus halus". Pertanyaan saya disini, apakah ada lemak yang tidak dapat dicerna oleh tubuh? dan, apa dampak/efek dari lemak yang tidak dapat dicerna oleh tubuh tersebut? seandainya iya, lalu lemak tsb dibuang kemana? Mohon penjelasannya ibu.

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr. wb.

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI -

assalamualaikum

nama: nabila aulia zwageri 

nim: 2110101004

izin bertanya didalam tubuh manusia terdapat lemak yang akan dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol, pertanyaan nya adalah enzim apa yang berperan dalam itu, mohon penjelasannya

terima kasih wasalammualaikum wr.wb

In reply to 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI

Re: KELAS A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Assalamualaikum wr wb

Perkenalkan,

Nama : Amalia Zidny

NIM    : 2110101023

Izin menjawab pertanyaan dr Mb Nabila,

Enzim yang berperan dalam itu adalah enzim lipase. Dimana enzim lipase berfungsi untuk memecah lemak menjadi molekul lebih kecil yang disebut asam lemak dan gliserol

Wassalamualaikum wr wb

In reply to 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI

Re: KELAS A

by 2110101014 DEA RESITA -

assalamualaikum

nama: dea resita

nim: 2110101014

izin menjawab pertanyaan mb nabila Lemak dalam makanan biasanya berbentuk dari trigliserol atau tiga asam lemak yang menempel pada gliserol. Lemak dari makanan akan masuk kedalam usus kecil mengaktifkan pankreas untuk mengeluarkan enzim lipase.
Enzim lipase kemudian masuk ke usus kecil, dan memecah trigliserol lemak menjadi tiga asam lemak dan gliserol. jadi yang berperan dalam ini adalah enzim lipase

terima kasih, maaf jika ada kekurangan dalam jawaban saya

wasalammualaikum wr.wb

In reply to 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI

Re: KELAS A

by 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH -

Assalamualaikum, izin menjawab ya mba 🙏

Enzim Lipase adalah enzim yang memiliki tugas memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (zat gula yang mengandung alkohol). Organ tubuh yang berperan dalam menghasilkan enzim ini adalah pankreas dan lambung. Enzim lipase juga ditemukan di dalam ASI, fungsinya untuk membantu bayi mencerna molekul lemak saat menyusu.

Terima kasih, mohon maaf apabila kurang tepat

In reply to 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI

Re: KELAS A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya izin menjawab pertanyaan mba Nabila 

Nama : Rike Yulianti 

Nim : 2110101043 

Lipase adalah enzim yang berfungsi untuk mencerna dan menggunakan lemak ASI sepenuhnya. Enzim bekerja dengan memecah lemak susu, dan memisahkannya menjadi asam lemak bebas serta gliserol. Proses ini berlangsung hingga pankreas bayi dapat menghasilkan lipase secara alami. 

Lipase adalah enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas untuk memecah makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu, tubuh dapat mencerna nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan tersebut.

In reply to Belian Anugrah Estri

Re: KELAS A

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum wr wb.

Sebelumnya saya mohon maaf bertanya pada jam seginii karena dari tadi sinyal buruk dan untuk mengirim di lensa lama sekali, Ibu.

Saya Baita Awiktamara Nisa denga NIM 2110101038

Mohon izin bertanya, Jika Kita mengalami penurunan berat badan maka lemak  kita sebelumnya akan kemana?

Terima kasih.



In reply to 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA

Re: KELAS A

by Belian Anugrah Estri -

Ketika lemak tubuh dipecah untuk energi melalui proses kompleks di dalam sel, dua produk sampingan utama dilepaskan yakni, karbon dioksida dan air.

 Karbon dioksida dihembuskan saat bernafas, dan air dibuang melalui urin, keringat, atau udara yang dihembuskan. Pembuangan ini sangat meningkat selama olahraga, dipicu peningkatan pernapasan dan berkeringat.