PRAKTIKUM PEMAPARAN IDE BISNIS 2

KELOMPOK 3

KELOMPOK 3

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 38

Assalamu'alaikum teman2 mahasiswa,

Silahkan melanjutkan diskusi di forum dengan bahasan yang lebih detail lagi terkait bisnis yang akan disusun dalam proposal kelompok.

Detail bahan diskusi ada di Forum ya, Semangat ***

#Ketua Kelompok tolong dilist nama lengkap anggota beserta NIM nya ya, thank's


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Assalamualaikum temen² selamat pagiiiii😌🌻🌻🌻😁😁😁

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Anggota kelompok 3 :

1. Fuji Padia Ramdani 2010101017

2. Surti Partiningsih 2010101022

3. Tema Widiawati 2010101027

4. Mila Aryani 2010101028

5. Delvianita Anggraeni Bonggili 2010101029

6. Irma Rahmawati 2010101031

7. Naurah Salsabila Anwar 2010101052

Ini nggih ibu🙏😊

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Mari kita diskusikan😊👇👇

- Tentukan NAMA BISNIS KELOMPOK seunik mungkin, contoh : "Jari Mungil" Mom, baby, & kids Spa, "Buah Hatiku" Daycare, Kedai Kopi Kulo, Macaroni Huh-Hah, Toko Alat Kesehatan Medula, Sinergi Bimbel khusus Persiapan Ujian Kompetensi Nasional Bidan & Perawat

- Tentukan dimana bisnis tersebut akan didirikan, contoh : berdekatan dengan kampus, di tengah kota, di pinggiran kota, dengan dengan pasar, pertimbangan lain

- Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?

- Bagaimana ketersediaan bahan bakunya?

- Bagaimana strategi pemasarannya (online : e-commerce, gojek, grap, shopee food, facebook, instagram; offline : poster, flyer, banner, spanduk?

- Darimana sumber modal (pinjam bank, patungan)?

- Siapa karyawannya, bagaimana pembagian pekerjaannya, apa saja kualifikasi karyawan, perkiraan penggajian

- Bagaimana target penjualan dan upaya mencapai target

- Tentukan harga jual produk eceran, grosir, list harga macam2 jasa

 - Kira-kira kapan balik modal

 - Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Mengenai tempat bisnis yang kami dirikan (baby shop) mungkin insyaallah akan kami dirikan di dekat puskesmas, praktek bidan atau tempat kesehatan lainnya.

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Ini untuk hasil dari diskusi pemaparan ide bisnis kita kemarin, bisa ditambahkan Yaa oleh teman teman semua..


1. Ide Bisnis : Baby Store


2. Customer : Sebagian Besar dari kalangan keluarga menengah kebawah ataupun menengah keatas yang memilki bayi/balita.


3. Bahan Baku : Bahan/Barang yang akan dijual adalah bahan yang akan dipasok dari pemasok barang² yang akan dijual

Seperti (Pakaian bayi/balita, Peralatan makan, peralatan mandi, perawatan bayi, dll)


4. Strategi Pemasaran : 

-Memperhatikan kualitas produk

-Melakukan promosi lewat berbagai media

-Memberikan layanan terbaik

-Mengetahui sasaran tujuan pemasaran

-Mengetahui kebutuhan costoumer 


5. Karyawan : Karyawan yang diambil bisa dari lulusan SMA/SMK/Part Time Job bagi yang sedang berkuliah


6. Target Penjualan :

- Mempunyai sistem sales terbaik

- Mempunyai Daftar Periksa Sakti


7. Antisipasi kerugian : memperbanyak penjualan barang² yang banyak dicari dan digunakan orang, memfasilitasi toko dengan menggunakan cctv, dan mengecek data keuangan secara lengkap.


8. Alasan memilih ide bisnis ini : Yaitu karena pada saat ini AKB semakin meningkat dan kebutuhan bayi pun semakin beragam, serta semakin berkembangnya teknologi, maka kebutuhan bayi bisa secara cepat terpenuhi oleh ibu dengan efisien untuk mendukung tumbuh kembang bayi, selain itu baby shop juga merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan dilihat dari tingkat kebutuhan yang ada dan juga ide bisnis ini dapat mencakup Target atau peminat di segala lapisan, mulai dari kalangan ekonomi menengah ke bawah hingga menengah ke atas sehingga usaha ini sangat menguntungkan.  


9. Perbedaan Produk lain yang ditawarkan dengan produk lain : Kami menawarkan produk untuk bayi/balita dengan produk yang lebih modern dan unik, dimana suatu keunikan ini adalah hal yang berbeda dengan yang lain. Selain itu kami juga melayani pemesanan produk melalui media sosial dan beberapa e-commerce agar pembeli yang tidak dapat berkunjung ke store dapat membeli dari rumah.

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Izin berpendapat untuk judul bisnis : 

My Baby Store (MBS)

Alasannya adalah agar supaya owner, para karyawan, dan seluruh tim bisa merasa memiliki store ini sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan sangat baik untuk kemajuan store.

Selanjutnya agar jika ada yang membutuhkan perlengkapan yang disediakan di store ini, para customer langsung memilih store ini dengan kita branding nama.

Terima kasih🙏😊

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Terima kasih mba Surti, izin berpendapat dan menguatkan.

Izin berpendapat dari apa yang kita pelajari pada pagi hari ini..

Karena strategi pemasaran kita pun lewat beberapa e-commerce, oleh karena itu Fuji izin berpendapat dalam tekhnis strategi nya yaitu 

- Membuat akun store official

- Menetapkan admin akun

- Menetapkan Tim Kreatif dan Media (Bertugas mengatur postingan dan story' harian seperti poster, flyer, dsb)

Terima kasih😊

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Yupps, sepertinya saya setuju mbak Fuji untuk pembuatan akun store official, menetapkan tim kreatif, Namun untuk yg akan menjadi admin sepertinya kita semua (owner) bisa mbak Fuji. 


Bagaimana temen².????

In reply to 2010101022 SURTI PARTININGSIH

Re: KELOMPOK 3

by 2010101031 IRMA RAHMAWATI -
Ssaya sependapat dengan mba Fuji dan mba Surti,karena itu lebih tersusun dan juga lebih efektif yah mba.
In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Untuk strategi pemasaran kami juga akan menggunakan metode online dan juga offline, 

Dengan metode online kami akan mempromosikan bisnis kami di shoope, Facebook, Instagram, wa dan media sosial lainnya. 

Dan untuk metode offline sepertinya kami akan membuat dan menempel poster² untuk membantu mempromosikan bisnis kami.

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Saya izin berpendapat untuk sumber modal ini adalah meminjam dari bank.

Karena store ini akan lumayan membutuhkan modal yang besar.

Selanjutnya kapan modal akan kembali, menurut saya dalam waktu penjualan 1-2 tahun, modal harus kembali.

Untuk keuntungan mengambil sekitar 40% dari modal.

Terima kasih🙏😊

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Teman teman, silahkan keluarkan pendapat teman teman yaaa, jika beberapa poin ada yang sudah berpendapat, silahkan teman teman boleh banget untuk menambahkan atau memberikan tanggapan dan saran.

Terima kasih🙏😊


In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101029 DELVIANITA ANGGRAENI BONGGILI -

Mari kita diskusikan😊👇👇

- Tentukan NAMA BISNIS KELOMPOK : Groovy care baby store

- Tentukan dimana bisnis tersebut akan didirikan, contoh : berdekatan dengan kampus, di tengah kota, di pinggiran kota, dengan dengan pasar, pertimbangan lain

- Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?

- Bagaimana ketersediaan bahan bakunya?

- Bagaimana strategi pemasarannya (online : e-commerce, gojek, grap, shopee food, facebook, instagram; offline : poster, flyer, banner, spanduk?

- Darimana sumber modal (pinjam bank, patungan)?

- Siapa karyawannya, bagaimana pembagian pekerjaannya, apa saja kualifikasi karyawan, perkiraan penggajian

- Bagaimana target penjualan dan upaya mencapai target :

  1.memperjelas target kerja

  2.merancang daftar kerja

  3.melakukan riset konsumen.

  4.Memperluas networking bdengan siapa saja, bisa jadi itu supplier, mitra kerja, kreditur, atau investor. 

  5.mengembangkan kompetensi dan terus belajar.

- Tentukan harga jual produk eceran, grosir, list harga macam2 jasa

 - Kira-kira kapan balik modal

 - Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101052 NAURAH SALSABILA ANWAR -

Assalamualaikim wr wb

Saya Naurah salsabila dengan Nim 2010101052

izin berpendapat dan melengkapi jawaban jawaban atas pertanyaan yang di list diatas.

Untuk strategi pemasarannya sendiri bisa dilakukan secara online maupun offline.

Apabila memiliki dana yang cukup untuk membuka store via offline hal itu justru mendukung perkembangan dan perekonomian baby store yang kami buka dikarenakan proses penjualan akan lebih memiliki peluang lebih dikenal masyarakat serta masyarakat yang mengunjungi baby store kami akan lebih mudah leluasa memilih perlangkapan bayi yang diinginakan sesuai dengan budget masing masing.

kemudian untuk penjualan via online sendiri bisa menggunakan media sosial dan jejaring e commerce untuk mempromosikan serta mengenalkan kepada khalayak luas mengenai usaha yang kami rintis,bisa membuka lapak di e commerce seperti shopee,tokopedia,lazada,serta untuk promosi menggunakan media sosial bisa dilakukan via instagram,tiktok,facebook,wa dan lain lain

Untuk sistem pembagian staf atau karyawan nya sendiri di baby store kami dengan cara membagi tugas masing masing untuk mengoptimalisasikan kelancaran penjualan baik online maupun offline.

Diantaranya ada yang bertugas menjadi grafik design dimana tugasnya membuat dan mengedit feed di media sosial supaya toko online kami terlihat lebih menarik disertakan dengan mencantumkan foto dan deskripsi produk yang kami tawarkan.

-Admin,mengkoordinasi penjualan secara online baik mengoperasikan media sosial,membalas pertanyaam costumer mengenail ketersediaan produk yang kami jual,menbalas chat customer yang membeli atau order produk kami dll.

-Tim packing,dibutuhkan untuk membantu mengemas barang2 yang dipesan oleh customer secara online.

Untuk via offline store sendiri kami membutuhkan seorang penjaga/satpam di depan toko supaya dapat menjaga keamanan toko pada proses penjualam offline

-Pekerja parkir,untuk mengatur kendaraan yang digunakan oleh customer dengan memarkirnya di tempat yang kami sediakan.

-Store keeper atau penjaga toko/Pelayan toko,Bisa memperkerjakan orang lain atau bahkan kami sendiri yang melayani customer yang datang untuk membeli

-Kasir,Diperlukan untuk menota,mendata,serta melayani pembeli yang melakukan transaksi pembelian di store kami.

Sekian tambaham dari saya mengenai project kewirausahaan kami tentang metode penjualan dan staff yang dibutuhkan dalam baby store yang kami rencanakan,sekian terimakasih

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Assalamualaikum temen²

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ibu.

Terima kasih sebelumnya nggih Ibu, hari ini mohon izin untuk menyampaikan pemaparan terkait produk.

Bismillahirrahmanirrahim Radhitu billahi rabba wa bil islamidiina wa bi Muhammadi nabiyyan wa rasuula Rabbi Zidni'ilma warzuqni Fahma Aamiin.

(Membaca surat pendek)

Fuji Padia Ramdani NIM 2010101017 hadir nggih ibu🌻

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: KELOMPOK 3

by 2010101031 IRMA RAHMAWATI -

Waalaikumsalam warihmatullahi wabarokatuh

Bismillahirrahmanirrahim Radhitu billahi rabba wa bil islamidiina wa bi Muhammadi nabiyyan wa rasuula Rabbi Zidni'ilma warzuqni Fahma Aamiin.


Irma Rahmawati 2010101031 hadir ibu

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 3

by 2010101052 NAURAH SALSABILA ANWAR -

Waalaikumussalam wr wb ibu nggih ibu

Bismillahirrohmanirrohim

Rodhitubillahirobba wabilislamidiina wabimuhammadinnabiyyaw warosuula

Robbizidni ilma warzuqni fahma aamiin

Naurah salsabila anwar Nim 2010101052 Hadir nggih bu🙏🏻☺️