MODEL ASESMEN

Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :

Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu

  1. Menggunakan referensi yang tersedia.
  2. Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
  3. Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
  4. Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
  5. Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
  6. Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, diharapkan peserta didik dapat mengatur intensitas belajarnya sendiri.

Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti

  1. Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
  2. Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
  3. Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
  4. Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
  5. Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
  6. Hasil UTS dan UAS.

Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.

Model Asesmen
Nilai HurufKonversi AngkaArti NilaiKeterangan
A4.00Sangat IstimewaInteraksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik
A-3.75IstimewaInteraksi yang lengkap dengan kualitas yang baik
AB3.50Sangat BaikInteraksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik
B+3.25BaikInteraksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik
B3.00Cukup BaikInteraksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik
B-2.75Kurang CukupInteraksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik
BC2.50KurangInteraksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik
C2.00Sangat KurangInteraksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik
C-1.75Sangat Kurang SekaliHanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik
CD1.50BurukHanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik
D1.00Buruk SekaliHanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik
E0.00Tidak Ada NilaiHampir tidak ada interaksi sama sekali


Last modified: Wednesday, 5 September 2018, 9:43 AM