Profil Mata Kuliah
PETUNJUK PENGGUNAAN TEMPLATE:
Berhubungan karakteristik tiap MK berbeda-beda maka template ini menjadi panduan secara umum. Tujuan untuk memudahkan pengisian rumah e learning (tidak menyusun dari 0).
Silahkan di edit: bisa dirubah, diganti atau dihapus yang tidak dipakai sesuai kebutuhan/karakteristik MK masing-masing.
Setelah digunakan di MK, BAGIAN TULISAN INI MOHON DIHAPUS.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Dasar Pemograman jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Teknologi Informasi.
Mata kuliah Dasar Pemograman memiliki bebas SKS sebesar 3 SKS dengan kode mata kuliah TIK1004.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sadr Lufti Mufreni
Mata Kuliah Dasar Pemrograman mengajarkan tentang cara membuat algoritma sederhana, flowchart,dan pseudo-code sehingga memberikan pengantar kepada mahasiswa untuk berpikir sistematis dalam membuat program yang dapat dieksekusi oleh komputer. Materi yang akan dibahas antara lain
- Pengantar Pemograman
- Notasi Algoritmik, pseudo-code, dan flowchart
- Tipe, tipe bentukan, ekspresi dasar pemograman
- Ekspresi Kondisional
- Keyword dan Library
- Aksi Sekuential
- Perulangan
- Array
- File
- Mahasiswa mampu menguasai konsep dan teori pemrograman untuk menerapkan, membangun dan mengembangkan sistem aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. ( PP 19,S1, S9 )
- Mahasiswa mampu menguasai penggunaan berbagai pendekatan pemrograman dalam pengembangan sistem aplikasi TIK ( S10, S 12, PP13)
- Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi (S9, KU10, PP 19)
- Mahasiswa mampu menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer (S1, S12, PP14)
- Mahasiswa mampu menguasai dan memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning) (S1,KU 10, KU9)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, tugas, kuis, UTS, dan UAS
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahj dengan penilaian sebagai berikut :
Penilaian Akhir No. Kegiatan Yang DInilai Nilai Persen 1. UTS dan UAS 50 2. Tugas 20 3. Praktikum 30 Jumlah 100 Selamat untuk mengerjakan Pra Tes. Dikerjakan dalam waktu 30 menit untuk beberapa soal dibawah ini :
- soal 1
- soal 2
Selamat mengerjakan!Dosen 1 Nama : Sadr Lufti Mufreni, S.Kom., M.Sc. NIP : 8002071706424 NIDN : 0502028002 Email : sadr@unisayogya.ac.id HP : 087828265341 Berisi ebook, video, dan link yang bersifat global bukan specific per pertemuan
Buku Rujukan
Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bahagian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separo harta. Dan untuk dua orang ibu-bapak, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapaknya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar utangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. QS An-Nisaa : 11
Perhitungan warisan merupakan hal yang krusial dalam Islam. Penggunaan aplikasi dapat meminimalisir kesalahan perhitungan. Ini menjadikan inspirasi untuk MK Dasar Pemrograman