Profil Mata Kuliah
Mata
Kuliah ini membahas tentang Sistem Pengendalian Manajemen baik dari segi
struktur maupun proses. Dari segi struktur pembahasan ditekankan pada pusat
pertanggungjawaban dan pengukuran kinerja, perilaku manusia dalam organisasi
dan harga transfer. Sedangkan dari segi proses pembahasan ditekankan pada
strategi perusahaan, penyusunan anggaran, analisis laporan kinerja dan
kompensasi manajemen. Adapun pokok bahasan meliputi : konsep SPM, lingkungan
pengendalian. Proses pengendalian, dan penerapan system pengendalian di
berbagai bidang.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama di forum E Learning .
Selamat datang di mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen Fakultas Ekonomi Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Akuntansi
Mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen memiliki beban SKS sebesar 3 SKS teori dengan kode mata kuliah AKT6035
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Rigel Nurul Fathah, SE., M.Ak., Akt., CA
Membahas mengenai proses sistem pengendalian manajamen yang membahas mengenai bagaimana sistem pengendalian manajemen dibangun untuk mengarahkan dan memotivasi para manajer unit bisnis, atau manajer pusat-pusat pertanggungjawaban dalam mengimplementasikan strategi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pengendalian tersebut dilakukan secara tersistem yang dibangun melalui sistem perencanaan dan pendesainan struktur organisasi
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
PP12
Menguasai konsep dan prinsip tentang Organisasi, tata kelola, manajemen risiko, manajemen strategi, pengendalian internal dan lingkungan bisnis.
PP3
Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang Penghitungan dan pengendalian biaya produk dan jasa, Perencanaan dan penganggaran, Manajemen berbasis aktivitas, Pengukuran dan pengendalian kinerja
KU8
Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
1. Mahasiswa menguasai konsep dan proses sistem pengendalian manajemen yang efektif dan efisien (PP12, PP3)
2. Mahasiswa menguasai perencanaan dan penganggaran (PP3, KU8)
3. Mahasiswa menguasai konsep pusat pertanggungjawaban (PP12,PP3)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Dosen 1 Nama : Rigel Nurul Fathah, SE., M.Ak., Akt NIP : 8809101602337 NIDN : 05110098802 Email : rigelnurul@unisayogya.ac.id HP : 081548123689 http://Silakan mendownload RPS yang sudah disediakan sebagai acuan dalam perkuliahan
Silakan mendownload timeline yang sudah disediakan sebagai acuan dalam perkuliahan
Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
Penilaian Akhir No. Kegiatan Yang DInilai Nilai Persen 1. UTS dan UAS 60 2. Tugas Individu dan Kelompok 20 3. Kedisiplinan, Partisipasi 20 Jumlah 100 - Rincian tugas dan kelompok ada di silabus