Weekly outline

  • Profil Mata Kuliah

    Mata Kuliah ini membahas tentang Sistem Pengendalian Manajemen baik dari segi struktur maupun proses. Dari segi struktur pembahasan ditekankan pada pusat pertanggungjawaban dan pengukuran kinerja, perilaku manusia dalam organisasi dan harga transfer. Sedangkan dari segi proses pembahasan ditekankan pada strategi perusahaan, penyusunan anggaran, analisis laporan kinerja dan kompensasi manajemen. Adapun pokok bahasan meliputi : konsep SPM, lingkungan pengendalian. Proses pengendalian, dan penerapan system pengendalian di berbagai bidang.

  • Hakikat Sistem Pengendalian Manajemen

  • Konsep Strategi

    Capaian Pembelajaran : 

    1. Menjelaskan  konsep strategi
    2. Menjelaskan  strategi tingkat korporat
    3. Menjelaskan  strategi tingkat unit bisnis


  • Perilaku Dalam Organisasi

    Presentasi kelompok 3 dan 4 

    1. Sesi pertama kelompok yg presentasi mengupload materi ke WAG kemudian didiskusikan bersama
    2. Kelompok yg tidak presentasi tetap menilai sesuai format word yang sudah diberikan dan mengirimkan ke assignment setelah sesi 2 berakhir
    3. Kelompok yg presentasi mengirimkan makalah dan ppt ke rigelnurul@unisayogya.ac.id

  • Pusat Pertanggungjawaban

    http://


    Pusat pertanggungjawaban merupakan organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggungjawab terhadap aktivitas yang dilakukan.

    Pada hakikatnya, perusahaan merupakan sekumpulan pusat pusat pertanggungjawaban yang masing-masing diwakili oleh sebuah kotak dalam bagan organisasi


  • Pusat Laba

    Pusat laba (profit center) merupakan pusat pertanggungjawaban yang memiliki kewenangan untuk mengendalikan biaya-biaya dan menghasilkan pendapatan tetapi tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan tentang investasi. Pusat laba hanya bertanggungjawab terhadap tingkat laba yang harus dicapai. Misalnya: pimpinan anak perusahaan atau manajer divisi yang tidak diberi hak untuk mengambil keputusan tentang investasi. Laba merupakan ukuran kinerja yang berguna karena laba memungkinkan manajemen senior untuk dapat menggunakan satu indicator yg komprehensif, dibandingkan jika harus menggunakan beberapa indicator.

    Banyak keputusan manajemen melibatkan usulan untuk meningkatkan beban dengan harapan bahwa hal itu akan menghasilkan peningkatan yang lebih besar dalam peningkatan penjualan keputusan semacam ini disebut sebagai pertimbangan biaya/pendapatan (expense/revenue trade-off). Tambahan beban iklan adalah salah satu contohnya. Untuk dapat mendelegasikan keputusan trade-off semacam ini dengan aman ke tingkat manajer yang lebih rendah, maka ada dua kondisi yang harus dipenuhi.
    1) Manajer harus memiliki akses ke informasi relevan yang dibutuhkan dalam membuat keputusan serupa.
    2) Harus ada semacam cara untuk mengukur efektifitasnya suatu trade-off yang dibuat oleh manajer.

    Langkah utama dalam membuat pusat laba adalah menentukan titik terendah dalam organisasi dimana kedua kondisi diatas terpenuhi.

    Seluruh pusat tanggung jawab diibaratkan sebagai suatu kesatuan rangkaian yang mulai dari pusat tanggung jawab yang sangat jelas merupakan pusat laba sampai pusat tanggung jawab yang bukan merupakan pusat laba. Manajemen harus memutuskan apakah keuntungan dari delegasi tanggung jawab laba akan dapat menutupi kerugiannya, sebagaimana dibahas berikut ini. Seperti halnya pilihan-pilihan desain system pengendalian manajemen, dalam ini tidak ada batasan-batasan yang jelas.


  • Harga Transfer

    Transfer pricing didefenisikan sebagai suatu harga jual khusus yang dipakai dalam pertukaran antar divisional untuk mencatat pendapatan unit penjual (selling division)dan unit divisi pembeli (buying divi son). Pada penjelasan ini pengertian harga transfer dibatasi pada nilai yang diberikan atas suatu transfer barang atau jasa dalam suatu transaksi yang setidaknya salah satu dari kedua pihak yang terlibat adalah pusat laba. Harga transfer yang terjadi antar unit harus mencapai beberapa tujuan, antara lain:

    1) Memberi informasi yang relevan kepada masing-masing unit usaha untuk menentukan imbal balik yang optimum antara biaya dan pendapatan perusahaan.

    2) Menghasilkan keputusan yang selaras dengan cita-cita (meningkatkan laba unit usaha namun juga dapat meningkatkan laba perusahaan).

    3) Membantu pengukuran kinerja ekonomi dari unit usaha individual.

    4) Sistem tersebut harus mudah dimengerti dan dikelola.

  • Pengukuran dan Pengendalian Asset

    Sub Materi : 
    • PENGUKURAN DAN PENGENDALIAN ASET YANG DIKELOLA
    • -PENGUKURAN PEMAKAIAN ASET
    • - EVA vs ROI
    • - PENDEKATAN ALTERNATIF EVALUASI
    •   MANAJER
    • - EVALUASI KINERJA EKONOMIK ENTITAS
  • UTS SPM


    Tata tertib :
    Ujian dilakukan secara daring (online) tanggal 19 Mei 2022
    Waktu Ujian 13.00-15.00
    Format pengumpulan : PDF
    Format penamaan file : NIM_NAMA_ UTSSPM21-22

  • Perencanaan Strategi

    Karakteristik dari Perencanaan Strategis Perencanaan strategis adalah proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan kesetiap program selama beberapa tahun kedepan.

  • Penyusunan Anggaran

    Bahan Kajian :
    PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS ANGGARAN
    ·  PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN
    ·  ASPEK PERILAKU
    ·  TEKNIK KUALITATIF
    ·  IKHTISAR

  • Pengukuran Kinerja

  • Pengendalian atas Strategi yang Terdiferensiasi

    Bab ini membahas tentang implikasi strategi korporat yang berbeda terkait 

    1. Industri tunggal, diversifikasi yang berhubungan, diversifikasi yang tidak berhubungan bagi desain sistem pengendalian manajemen. 
    2. Hubungan antara perbedaan strategi tingkat bisnis dan berbagai misi (membangun, mempertahankan, memanen) dan keunggulan kompetititf ( rendah, diferensiasi) serta struktur sistem pengendalian. 
    3. Implikasi gaya manajemen terhadap desain dan operasi sistem pengendalian.


  • Manajemen Kompensasi

    Pemberian kompensasi akan selalu dikaitkan dengan kuantitas, kualitas, dan manfaat jasa yang dipersembahkan oleh karyawan bagi organisasi/perusahaan tempatnya bekerja. Pemberian kompensasi kepada karyawan tersebut akan mempengaruhi tujuan organisasi dapat dicapai, bahkan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup organisasi/perusahaan tersebut.

  • UAS SPM

    1. Tata Tertib :
    2. Berdoalah sebelum mengerjakan UAS
    3. UAS Sistem Pengendalian Manajemen  dimulai pukul 13.00 dan selesai pukul 14.40
    4. .Ujian bersifat closebook

    https://forms.gle/7AyUfbsL6cynLeho8

    • STRATEGI BISNIS

      Strategi bisnis bertujuan untuk :

      1.Untuk meningkatkan posisi bersaing produk berupa barang atau  jasa perusahaan di dalam suatu industri atau segmen pasar tertentu.
      2.Untuk  mengembangkan suatu bisnis yang akan memungkinkan Perusahaan memperoleh keunggulan kompetitif atas pesaingnya dalam suatu pasar atau industri.

    • Organisasi Multinasional

    • Pertemuan 14 : Organisasi Nirlaba

      Capaian Pembelajaran :

      1.   Menjelaskan hal yang menjadi pembeda antara organisasi nirlaba dengan perusahaan bisnis secara umum.
      2. Menjelaskan dampak perbedaan yang ada pada perbedaan sistem pengendalian manajemen yang diterapkan pada organisasi nirlaba dan perusahaan bisnis.
      3. Menjelaskan sistem pengendalian yang lebih tepat untuk diterapkan pada organisasi nirlaba