Pengantar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Ilmu Kebidanan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Semester III.
Mata kuliah Ilmu Kebidanan memiliki bebas SKS sebesar 4 SKS dengan kode mata kuliah MID3016, yang terbagi 2,5 SKS Teori, 1 SKS Tutorial, 0,5 SKS Seminar yang semuanya direncanakan secara daring.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nidatul Khofiyah
Mata Kuliah Ilmu Kebidanan ini mempelajari reproduksi perempuan sepanjang daur kehidupan. Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami tentang ilmu kebidanan dan kandungan dengan penekanan pada anatomi fisiologi ibu dan janin, kehamilan, neonatus, persalinan dan proses kelahiran, masa nifas, kelainan dan gangguan pada sistem reproduksi.
Topik-topik dalam perkuliahan ini diharapkan dapat digunakan atau diaplikasikan sebagai dasar dalam pengelolaan atau manajemen kasus asuhan-asuhan kebidanan selanjutnya.
Pengalaman belajar meliputi kuliah teori, FGD melalui kuliah tutorial, Case Base Learning (CBL), pembelajaran seminar dan penugasan melalui elearning.Bahan Kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. Gambaran umum ilmu kebidanan dan anatomi fisiologi ibu
2. Antepartum, janin, neonatus
3. Persalinan, kelahiran dan masa nifas
4. Kelainan kongenital pada organ reproduksi
5. Gangguan atau masalah pada sistem reproduksi
1. SIKAP (CP S)
Menghargai martabat perempuan sebagai individu dan memiliki hak-hak, potensi, privasi, keragaman budaya/etnik dan keyakinan/agama (S17)
2. PENGUASAAN PENGETAHUAN (PP)
a. Menguasai konsep teoritis ilmu obstetri dan ginekologi, serta ilmu kesehatan anak secara umum (PP2)
b. Menguasai konsep umum terkait patofisiologi yang terkait dengan asuhan kebidanan (PP10)
3. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Setelah mempelajari dan menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
CPMK 1 : Mampu menggambarkan dan menjelaskan kembali anatomi fisiologi ibu-janin masa antepartum (S17, PP2, PP10)
CPMK 2 : Mampu menguraikan mengenai proses persalinan dan masa nifas (S17, PP10)
CPMK 3 : Mampu mendeteksi mengenai kelainan kongenital pada organ reproduksi dan gangguan/masalah pada sistem reproduksi (S17, PP2)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian dimulai materi Sub CPMK 1, Sub CPMK 2, Sub CPMK 3, Sub CPMK 4, dan Sub CPMK 5.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan teori, seminar dan tutorial secara daring
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan teori, seminar dan tutorial secara daring
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
- Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan komponen penilaian sebagai berikut :
No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi
Description
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
- Penilaian diskusi tutorial
- CBL (Case Based Learning)
- Seminar
- Tutorial, menggunakan instrumen penilaian rubrik penilaian tutorial
- CBL, instrumen penilaian menggunakan rubrik penilaian CBL
- Seminar, instrumen penilaian menggunakan rubrik penilaian seminar
- Tutorial, using the tutorial scoring rubric assessment instrument
- CBL, using the CBL scoring rubric assessment instrument
- Seminar, using the seminar scoring rubric assessment instrument
25
20
12,5
2.
Hasil Proyek
Pembuatan Video Pembelajaran
Proyek individu, membuat video pembelajaran tentang siklus menstruasi (upload ke https://lensa.unisayogya.ac.id/)
Individual project, making a learning video about the menstrual cycle (upload to https://lensa.unisayogya.ac.id/)
5
Sub total
60
3.
Kognitif/ Pengetahuan
Tugas
Membuat resume artikel jurnal tentang kehamilan, persalinan dan nifas abnormal pada masa pandemic covid
Make a resume of journal articles about abnormal pregnancy, childbirth and postpartum during the covid pandemic
5
Kuis
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di https://lensa.unisayogya.ac.id/)
Multiple choice questions (upload to https://lensa.unisayogya.ac.id/)
5
Ujian Tengah Semester
Soal pilihan ganda (A-E)/essay (soal diupload di https://lensa.unisayogya.ac.id/)
Multiple choice/essay questions (upload to https://lensa.unisayogya.ac.id/)
15
Ujian Akhir Semester
Soal pilihan ganda (A-E)/essay (soal diupload di https://lensa.unisayogya.ac.id/)
Multiple choice/essay questions (upload to https://lensa.unisayogya.ac.id/)
15
Sub total
40
Total
100
1. Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb (081325903830)
2. Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., M.P.H (085729500882)
3. Suyani, S.ST., M.Keb (087739211677)
4. Dewi Rokhanawati, S.SiT., MPH (081236093816)
5. Luluk Khusnul Dwihestie, S.ST., M.Kes (085647064764)
6. Yekti Satriyandari, S.ST., M.Kes. (085727366729)
7. Dr. Farida Kartini, S.SiT., M.Sc. (08562954521)
8. dr. Ide Pustaka, M.Sc., Sp.OG.
Modul Ilmu Kebidanan
Beberapa Buku rujukan yang dapat digunakan
3. Oxford handbook Of Midwifery
4. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan
5. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Neonatal Esensial
Kenali dulu sistem reproduksi perempuan
A. Rujukan Utama
1. Leveno, K. J., Spong, C. Y., Dashe, J. S., Casey, B. M., Hoffman, B. L., Cunningham, F. G., & Bloom, S. L. (2018). Williams Obstetrics, 25th Edition. McGraw-Hill Education.
2. Pulungan, P. W., Sitorus, S., Amalia, R., Ingrit, B. L., Hutabarat, J., Sulfianti, S., Anggraini, D. D., Pakpahan, M., Aini, F. N., Wahyuni, W., & others. (2020). Ilmu Obstetri dan Ginekologi Untuk Kebidanan. Yayasan Kita Menulis.
3. Sarwono Prawirohardjo. (2015). Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Pustaka
4. Sarwono Prawirohardjo. (2015). Ilmu Kandungan. Yayasan Bina Pustaka
5. Jane Coad and Melvyb Dunstall. (2005). Anatomy and Physiology for Midwives. Elsevier Mosby
6. Annamma Jacob. (2012). Textbook of Midwifery and Gynaecological Nursing. Jaypee Brothers Medical Publisher
7. Jainee E Marshal, Maureen D Raynor. (2014). Myles Textbook for Midwives. Elsevier.
B. Rujukan Tambahan
1. Manuaba, I. B. G. (2001). Kapita selekta penatalaksanaan rutin obstetri, ginekologi, dan KB. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
2. Gerald J Tortora and Bryan Derrickson. (2012).Prinsiples of Anatomy & Physiologi 13th Edition. John Wiley&Sons.Inc
3. R Putz and R Pabst. (2007). Atlas anatomi manusia Sobotta. EGC
4. Thibodeau Patton. (2002). Structure and Fuction Of The Body. Mosby
5. Helen Godfrey. (2004). Understanding The Human Body. Churchill Livingstone
6. Fran H Netter. (2011). Atlas Of Human Body. Saunder
7. Spalteholz-Spaner. (2014). Atlas Anatomi Manusia. EGC
8. Evelyn C Pearce. (2018). Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Gramedia Pustaka Utama.
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
1. Apriliana, A., Putri, I. M., Suyani, S., & Utami, I. (2019). The higher reading interest of pregnant mother improves the utilization of MCH book. International Journal of Health Science and Technology, 1(1), 114–119. https://doi.org/10.31101/ijhst.v1i1.953
Suyani, S. (2020). Pengaruh kompres hangat terhadap intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif. Jurnal Kebidanan, 9(1), 39. https://doi.org/10.26714/jk.9.1.2020.39-44