Pengantar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Fisika Kesehatan Prodi Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Profesi Bidan Semester III.
Mata kuliah Fisika Kesehatan memiliki beban SKS sebesar 3 SKS dengan kode mata kuliah MID3015
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Suyani, S.ST., M.Keb.
- Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat belajar tentang fisika kesehatan, dengan pokok bahasan : hubungan fisika sebagai ilmu dasar dengan ilmu kebidanan sebagai ilmu terapan dalam pelayanan kebidanan, hukum thermodinamika, Hydrodinamika gaya dan analisa gaya gelombang dan ultrasonic serta cara kerja elektrikal. Untuk mencapai kompetensi pada akhir pembelajaran, maka ada beberapa proses pembelajaran yang akan ditempuh, antara lain kuliah teori, praktikum, praktikum klinik dan TBP (Team Base Project)
1. Prinsip ilmu fisika yang berhubungan dengan ilmu kebidanan
2. Hukum thermodinamika dalam pelayanan kebidanan
3. Hydrodinamika dan penerapannya dalam pelayanan kebidanan
4. Gaya pada tubuh
5. Gelombang ultrasonic dan alat elektronik
1. Mampu menjelaskan temuan baru dalam fisika kesehatan dan perkembangannya dengan tepat berdasarkan nilai kemanusiaan (S2, PP7, KU3)
2. Mampu menjelaskan manfaat fisika dalam bidang kesehatan dan kebidanan dengan tepat sesuai nilai kemanusiaan (S2, PP7, KU1)
Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi,Praktikum, Praktikum klinik, tugas, UTS, UAS, dan Team Base Project (TBP)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan, Praktikum dan praktikum klinik.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan laporan Proyek yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu setelah pelaksanaan.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam perkuliahan, Praktikum dan praktikum klinik.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di perpustakaan dan internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan ,tugas , dan Proyek yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
- Keakftifan dalam mengikuti pembelajaran.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen.
- Kelengkapan pengumpulan tugas dan laporan Proyek yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
Praktikum
1. Praktikum skill di laboratorium dan praktikum klinik dengan instrumen penilaian ceklist ketrampilan
10 %
2.
Hasil Proyek
Team Base Project
Bersama kelompok melakukan pengukuran kebisingan dan pencahayaan di lokasi bekerja, belajar atau perawatan pasien kemudian dianalisis dan didokumnetasikan dalam bentuk laporan proyek saat praktikum klinik di lahan
50%
Sub total
60 %
3.
Kognitif/ Pengetahuan
Tugas
Menganalisis jurnal tentang manfaat thermodinamika dan Biolistrik dalam bidang kebidanan dna menuliskan dalma bentuk laporan review jurnal
10 %
Ujian Tengah Semester
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
15%
Ujian Akhir Semester
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
15%
Sub total
40 %
Total
100 %
Nama : Suyani, S.ST., M.Keb
NIDN : 0507038002
Email : suyanibasyar@unisayogya.ac.id
No HP: 087739211677
Tim Dosen Pengampu :
Menik Sri Daryanti, S.ST., M.Kes : 085647000543
Elika Puspitasari, S.ST., M.Keb : 087738254864
Sholaikhah S, S.ST., M.Keb. : 085728673138Nurul Shoimah, S.ST., MH.Kes : 085725200451
Dita Kristiana, S.ST., MH.Kes : 085643525655
Alfieta Rohmatul A, S.Pd., M.Sc : 081542796762
dr. Hanum Enggar P, M.MR : 085727720202A. Utama
1. Jati (2020) Pengantar Fisika Kedokteran. Yogyakrata:Gadjah Mada University Press : https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Fisika_Kedokteran/hKzqDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=fisika+kesehatan&printsec=frontcover
2. Nana (2021) Fisika Kesehatan.Klaten: Penerbit Lakeisha : https://www.google.co.id/books/edition/FISIKA_KESEHATAN/Du8qEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=fisika+kesehatan&printsec=frontcover
3. Jumini (2018) Fisika Kedokteran. Wonosobo: Penerbit Mangkubumi : https://www.google.co.id/books/edition/FISIKA_KEDOKTERAN/SteFDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=fisika+kesehatan&printsec=frontcover
4. Asriawati (2017) Fisika Kesehatan Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Deepublish : https://www.google.co.id/books/edition/Fisika_Kesehatan_dalam_Keperawatan/OUI9DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=fisika+kesehatan&printsec=frontcover
B. Tambahan
1. Akhadi (2020) Sinar-X Menjawab Masalah Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish: https://www.google.co.id/books/edition/Sinar_X_Menjawab_Masalah_Kesehatan/HFPXDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=fisika+kesehatan&printsec=frontcover
2. Gabriel (1996) Fisika Kedokteran. Jakarta: EGC: https://www.google.co.id/books/edition/Fisika_Kedokteran/GTKs1gjkmD8C?hl=en&gbpv=1&dq=fisika+kesehatan&printsec=frontcover
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
1. Suyani (2020) Pengaruh kompres panas terhadap intensitas nyeri persalinan kala 1fase aktif. Jurnal Kebidanan Unimus Vol 9 No 1