Deskripsi Mata Kuliah

Lambang Garuda Pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan pendidikan dasar yang bertujuan untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, bersikap serta berperilaku cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan yang berkebangsaan, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri mahasiswa sebagai calon ilmuan dan sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sedang mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, yang berlandaskan pada nilai-nilai pancasila.

Dalam materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini akan membahas topik-topik perkuliahan yang meliputi:

  1. Sejarah Indonesia dan Muhammadiyah: Sejarah Pancasila dalam Konstruksi Negara; Negara Pancasila sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah. 
  2. Nilai Pancasila dan Dasar Negara: Pancasila dalam perspektif Islam, Filsafat dan Dasar Negara; Antikorupsi sebagai Nilai dan Kebijakan. 
  3. Warga Negara dan Warga Muhammadiyah: Kewarganegaraan dan Warga Muhammadiyah; Demokrasi dalam perspektif Islam, Hukum dan HAM. 
  4. Strategi Ketahanan Nasional: Geopolitik dan Geostrategi Nasional.
  5. Projek Implementasi kewarganegaraan: Proyek I: Peran warga negara dan warga Muhammadiyah; Proyek II: Dinamika Masyarakat Islam dalam politik kebangsaan; Proyek III: Partisipasi Politik Masyarakat dalam Demokrasi; Proyek IV: Persepsi Multikulturalisme Masyarakat terhadap Hukum dan HAM; Proyek V: Kontribusi Masyarakat dalam Penegakan Anti Korupsi; Proyek VI: Perjuangan Hak Asasi Perempuan dalam Politik; Proyek VII: Persepsi Masyarakat Kontemporer dalam Negara Pancasila.

Last modified: Thursday, 8 June 2023, 11:25 AM