PRAKTIKUM IDE BISNIS 2

Kelompok 7

Kelompok 7

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 19

anggota :

1. Yulisa Widia wulandari
2. Apriliana andin
3. Fauziah
4. Mila Dewi Susanti
5. Vita
6. Nana
7. Revita

In reply to Elika Puspitasari

Re: Kelompok 7

by 2010101005 MILA DEWI SUSANTI -

Ini topik untuk kita diskusi ya teman teman

  1. Gambaran ide bisnis yang akan dikembangkan dijelaskan secara singkat di forum kelompok masing2, meliputi :
  •  Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?
  •     Bagaimana ketersediaan bahan bakunya?
  •     Bagaimana strategi pemasarannya?
  •     Darimana sumber modal?
  •     Siapa karyawannya, bagaimana pembagian pekerjaannya, apa saja kualifikasi karyawan
  •     Bagaimana target penjualan dan upaya mencapai target
  •     Kira-kira kapan balik modal
  •     Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi

In reply to Elika Puspitasari

Re: Kelompok 7

by 2010101001 ELLA APRILLYANA -

Assalamualaikum Wr wb ibu tementemen izin mendiiskusikan pemaparan ide bisnis yang kami sepakati yakni bisnis makanan ringan/Cemilan yang tentunya low fat and healthy foods😊💖🎉

1. Ide bisnis : Pocky Stik Ubi

2. Customer : Konsumen utama kami adalah mahasiswa, akan tetapi tidak memandang kelas atas ataupun bawah semua masyarakat dapat membelinya.

3. Bahan Baku : ubi jalar

4. Strategi Pemasaran : 

     - Memperhatikan kualitas produk

     - Melakukan promosi lewat berbagai media

5. Karyawan : Karyawan yang diambil bisa dari lulusan SMA/SMK/Part Time Job bagi yang sedang berkuliah

6. Target Penjualan :

     - Mempunyai sistem sales terbaik

     - Mempunyai Daftar Periksa Sakti

     - Mempunyai nama di masyarakat 

7. Antisipasi kerugian : Untuk mengantisipasi kerugian kami menstok barang ready hanya sedikit serta menggunakan sistem Pre-Order, demi tidak terbuangnya makanan yang tidak terjual habis. Dan tidak mengambil keuntungan besar demi tercapainya penjualan yang banyak

8. Alasan memilih ide bisnis ini : Selain dalam modal yang tidak memerlukan dana yang begitu banyak, sisi lain dalam penjualan kami menyentuh berbagai kalangan dalam masyarakat. Bahan baku pun juga tidak sulit untuk didapatkan.

9. Perbedaan Produk lain yang ditawarkan dengan produk lain : produk kami mengolah ubi dengan kreativitas yang berbeda dari yang lainnya,lebih menampilkan gaya kekininian yang di sukai banyak kalangan,dari segi tampilan dan varian rasapun berbeda dari olahan ubi biasanya tetapi tetep dengan harga yang terjangkau

In reply to 2010101001 ELLA APRILLYANA

Re: Kelompok 7

by 2010101002 APRILIANA ANDIN -

boleh mba nanti pemasarannya bisa lewat online jasa delif

In reply to 2010101002 APRILIANA ANDIN

Re: Kelompok 7

by 2010101001 ELLA APRILLYANA -

betul mba andin, jadi tujuan pemasaranya dari bisis kita salah satunya juga olshop, dan kalau selama pandemi take away agar tetap menjaga prokes

In reply to 2010101001 ELLA APRILLYANA

Re: Kelompok 7

by 2010101034 YULISA WIDIA WULAN DARI -

Baik mba mungkin juga bisa kita promosikan dalam bentuk vidio semenarik mungkin dan bisa kita uplod di tik tok ,karna pada zaman ini merata orang banyak aktif di aplikasi tik tok jadi kita bisa menarik pelanggan dari sana dengan harga yang tarjangkau dan juga pastinya berkualitas

In reply to 2010101001 ELLA APRILLYANA

Re: Kelompok 7

by 2010101005 MILA DEWI SUSANTI -

2. Customer : Konsumen utama kami adalah mahasiswa, akan tetapi tidak memandang kelas atas ataupun bawah semua masyarakat dapat membelinya.

3. Bahan Baku : ubi jalar

    -Ketersediaan bahan : kita bisa ngesuplay langsung dari petaninya,atau bisa langsung di pasar

4. Strategi Pemasaran : 

     - Memperhatikan kualitas produk

     - Melakukan promosi lewat berbagai media

5. Karyawan : Karyawan yang diambil bisa dari lulusan SMA/SMK/Part Time Job bagi yang sedang berkuliah

6. Target Penjualan :

     - Mempunyai sistem sales terbaik

     - Mempunyai Daftar Periksa Sakti

     - Mempunyai nama di masyarakat 

7. Antisipasi kerugian : Untuk mengantisipasi kerugian kami menstok barang ready hanya sedikit serta menggunakan sistem Pre-Order, demi tidak terbuangnya makanan yang tidak terjual habis. Dan tidak mengambil keuntungan besar demi tercapainya penjualan yang banyak

8. Alasan memilih ide bisnis ini : Selain dalam modal yang tidak memerlukan dana yang begitu banyak, sisi lain dalam penjualan kami menyentuh berbagai kalangan dalam masyarakat. Bahan baku pun juga tidak sulit untuk didapatkan.

9. Perbedaan Produk lain yang ditawarkan dengan produk lain : produk kami mengolah ubi dengan kreativitas yang berbeda dari yang lainnya,lebih menampilkan gaya kekininian yang di sukai banyak kalangan,dari segi tampilan dan varian rasapun berbeda dari olahan ubi biasanya tetapi tetep dengan harga yang terjangkau


In reply to Elika Puspitasari

Re: Kelompok 7

by 2010101001 ELLA APRILLYANA -

Assalamualaikum Wr wb ibu tementemen izin mendiiskusikan pemaparan ide bisnis yang kami sepakati yakni bisnis makanan ringan/Cemilan yang tentunya low fat and healthy foods😊💖🎉


ANGGOTA KELOMPOK 7 dari bisnis kami :

  - Ella aprillyana                   2010101001

  - Apriliana andin                 2010101002

  - Fauziah syah putri           2010101003

  -  Mila dewi susanti            2010101005

  - Tri revita                            2010101007

  - Yulisa widia wulandari    2020202043

  - Novita chandara Aprilia 2010101054


lets start the presentasion of bussiness ideas ✨✨✨ 

1. Ide bisnis : Pocky Stik Ubi ( sweet potato stick )

2. Customer : Konsumen utama kami adalah mahasiswa, akan tetapi tidak memandang kelas atas ataupun bawah semua masyarakat dapat membelinya.

3. Bahan Baku : ubi jalar

4. Strategi Pemasaran : 

     - Memperhatikan kualitas produk

     - Melakukan promosi lewat berbagai media

5. Karyawan : Karyawan yang diambil bisa dari lulusan SMA/SMK/Part Time Job bagi yang sedang berkuliah

6. Antisipasi kerugian : Untuk mengantisipasi kerugian kami menstok barang ready hanya sedikit serta menggunakan sistem Pre-Order, demi tidak terbuangnya makanan yang tidak terjual habis. Dan tidak mengambil keuntungan besar demi tercapainya penjualan yang banyak

7. Alasan memilih ide bisnis ini : Selain dalam modal yang tidak memerlukan dana yang begitu banyak, sisi lain dalam penjualan kami menyentuh berbagai kalangan dalam masyarakat. Bahan baku pun juga tidak sulit untuk didapatkan.

8. Perbedaan Produk lain yang ditawarkan dengan produk lain : produk kami mengolah ubi dengan kreativitas yang berbeda dari yang lainnya,lebih menampilkan gaya kekininian yang di sukai banyak kalangan,dari segi tampilan dan varian rasapun berbeda dari olahan ubi biasanya tetapi tetep dengan harga yang terjangkau

 trimaksi 🥰

In reply to 2010101001 ELLA APRILLYANA

Re: Kelompok 7

by 2010101005 MILA DEWI SUSANTI -

Untuk target penjualan kita sebisa mungkin minimal menjual 100pcs/minggunya. Dan untuk bisa mencapai  target tersebut kita bisa kasih hadiah kepada karyawan yang bisa melampaui target di setiap bulannya agar para karyawan lebih semangat lagi dalam mempromosikan dan menjual produk kita tersebut