Diskusi Pengantar Biokimia

Kelas B

Kelas B

by 2110101096 IMELDA OKTAFIANI -
Number of replies: 0

SIFAT KIMIA
1. Sifat Mereduksi 
    Monosakarida dan beberapa disakarida memiliki sifat yang dapat direduksi, terutama dalam suasana basa. Sifat sebagai reduktor ini dapat digunakan untuk keperluan mencari karnivora maupun analisis kuantitatif. Sifat mereduksi ini disebabkan oleh adanya gugus aldehida atau keton bebas dalam karbohidrat.

2. Pembentukan Furfular
    Furfular ad alah Senyawa organik siklik dengan lima atom kartu sebagai penyusun utama kerangkanya. Furfural termasuk dalam sakarida        dan membangkitkan saraf lidah mersakan manis.Karena banyak dipakai dalam industri pangan, kosmetika, dan obat-obatan, senyawa yang terutama diperoleh dari sisa panen pertanian serealia ini menjadi komoditas dagangan penting. 

3. Pembentukan Osazon
   Pemanasan karbohidrat yang memiliki gugus aldehida atau keton bersama fenilhidrazi berlebihan akan membentuk hidrazon atao                osazon.

4. Pembentukan Ester
   Ester m erupakan suatu senyawa organik dengan sifat-sifat tertentu yang terbentuk melalui penggantian atom hidrogen pada gugus                      karboksil dengan suatu gugus organik (dilambangkan dengan R'). Senyawa ester paling banyak diturunkan dari suatu asam karboksil dan alkohol.

5. Isomerisasi 
 Isomerisasi adalah proses penataan ulang suatu molekul menjadi molekul baru dengan rumus empiris tetap. Pada umumnya reaksi isomerisasi memiliki energi aktivasi yang tinggi.

6. Pembentukan Glikosida 
    Glikosida dibentuk oleh eliminasi udara antara hidroksil anomerik dari monosakarida siklik dan gugus hidroksil dari senyawa lain.Gugus hidroksil pada karbon anomerik dapat mengalami perubahan orientasi dari posisi. Perubahani ini disebut mutarotasi. 

SIFAT FISIKA


7. Rumus Fischer
    Rumus Fischer adalah senyawa yang termasuk karbohidrat terdapat gugus fungsi, yaitu gugus -OH,gugus aldehida atau gugus keton. 

8. Aktivitas Optik
    Aktivitas optik adalah suatu kemampuan. memutar bidang terpolarisasi ketika melewati kristal, zat cair, atau larutan. Senyawa optik aktif akan memunculkan suatu respons berupa perubahan sudut putar polarisasi bila dikenai medan listrik luar (E) [5].

9. Konfigurasi Molekul
    Pengaturan molekul adalah susunan elektron-elektron pada sebuah atom, molekuler, atau struktur fisik lainnya.Sama seperti partikel elementer lainnya, elektron patuh pada hukum mekanika kuantum dan menampilkan sifat-sifat        bak-partikel maupun bak-gelombang.

10. Rumus Haworth
 Proyeksi Haworth adalah cara umum menggambarkan struktur lingkar monosakarida dengan perspektif tiga dimensi sederhana.