Diskusi Pengantar Biokimia

Kelas B

Kelas B

by 2110101096 IMELDA OKTAFIANI -
Number of replies: 0

1. Enzim Sebagai Katalisator 

    Enzim mempunyai sifat – sifat yang berperan            sebagai katalisator. Enzim merupakan katalis            yang bisa digunakan untuk melakukan                        perubahan terhadap suatu laju reaksi tanpa              berperan langsung atau pun ikut serta dalam            proses bereaksi. 

2. Enzim Bekerja Secara Spesifik dan Selektif

    Cara kerja enzim cenderung lebih spesifik,                  maksudnya suatu enzim hanya bisa melakukan        proses pengubahan terhadap zat – zat tertentu        saja.

3. Enzim Mempunyai Sifat Bolak – Balik

    Sifat-sifat yang terdapat pada enzim berikutnya        ialah untuk membantu pekerjaan secara bolak-        balik dengan alasan bisa ikut melakukan reaksi          tanpa adanya suatu pengaruh terhadap hasil            akhir dan akan melakukan pembentukan                    kembali    terhadap hasil reaksinya yakni sebagai      enzim.

4. Enzim Bisa Dikatakan Seperti Protein

    Enzim mempunyai sebagian besar dari sifat yang      ada pada protein yakni sehingga sangat                      dpengaruhi oleh pH dan juga suhu. Pada suhu          yang relatif rendah protein enzim akan                        berlangsung suatu proses yang disebut dengan        koagulasi dan pada suhu yang relatif tinggi                protein enzim akan berlangsung suatu proses            yang disebut dengan denaturasi.

5. Enzim Mempunyai Sifat Termolabil

    Suhu merupakan salah satu komponen yang bisa      mempengaruhi aktivitas enzim. Apabila suhu            relatif rendah, maka kerja enzim akan berubah          menjadi semakin lambat. Semakin tingginya              kondisi suhu yang ada saat proses terjadinya            reaksi kimia dan dipengaruhi oleh enzim, maka        kerja enzim akan menjadi semakin cepat. Namun      apabila kondisi suhu terlalu tinggi, maka enzim          secara otomatis akan mengalami proses                      denaturasi.


6. Hanya diperlukan dalam jumlah sedikit

    Karena enzim mempunyai fungsi yang digunakan      sebagai katalisator, namun tidak ikut serta dalam      proses reaksi, maka jumlah yang akan digunakan      sebagai bahan katalis tidak membutuhkan                  terlalu banyak. Biasanya satu molekul enzim bisa      melakukan aktivitas kerjanya secara berulang            kali, selama kondisi molekul tersebut tidak                  mengalami kerusakan.

7. Enzim Merupakan Koloid

    Karena enzim pada dasarnya terbentuk dari              komponen – komponen protein, maka sifat-sifat        yang ada pada enzim masuk ke dalam kategori          koloid. Enzim mempunyai bagian permukaan            antar partikel yang tentunya sangat besar yang          menyebabkan bidang aktivitasnya secara                    otomatis menjadi ikut besar. 


8. Enzim Mampu Menurunkan Energi Aktivasi

    Suatu proses reaksi kimia bisa terjadi apabila            molekul yang ikut andil di dalamnya mempunyai      energi internal yang cukup untuk digunakan              membawanya ke bagian puncak bukit energi dan      selanjutnya menuju ke bentuk reaktif yang                  dinamakan sebagai tahap transisi.