Kelas 6C

SSP6

SSP6

by Veni Fatmawati -
Number of replies: 65

Assalamualaikum silahkan baca materi dan jika ada pertanyaan bisa kita diskusikan

In reply to Veni Fatmawati

Re: SSP6

by 1810301131 MAYA SHYNTYA DEWI -

Mohon maaf,  izin bertanya bu,  untuk pemeriksaan spesifik,  dippt ada Clinical Test of Sensory Interaction of Balance (CTSIB),  nah yang dimaksud dengan CTSIB itu apa,  dan bagaimana   cara melakukan tes tersebut ya bu,  terima  kasih

In reply to 1810301131 MAYA SHYNTYA DEWI

Re: SSP6

by 1810301181 MIA AGUSTINA -

Izin berdiskusi

Clinical Test of Sensory Interaction of Balance (CTSIB)

Tipe pengukuran:
pengukuran terhadap kemampuan mempertahankan posisi berdiri pada keadaan berkurang atau berselisihnya-nya petunjuk sensorik.

Alat yang dibutuhkan : stop watch, foam padat, dome

Waktu tes:
6 jenis tes, masing-masing 30 detik

Prosedur tes:
Berdiri tegak tanpa alas kaki dengan kedua kaki terpisah 10 cm atau rapat. Berikan penjelasan atau contoh kepada pasien tentang tes yang akan dilakukan. Pasien berdiri tegak dan mempertahankan posisi tersebut dengan kedua tangan di samping tubuh. Fisioterapis memberikan aba-aba “mulai” bersamaan dengan menghidupkan stopwatch dan “stop” bersamaan dengan mematikan stopwatch setelah 30 detik atau saat pasien kehilangan keseimbangannya.

Jenis tes :
1. Mata terbuka; berdiri di permukaan yang keras
2. Mata tertutup; berdiri di permukaan yang keras
3. Konflik visual (memakai dome); berdiri di permukaan yang keras
4. Mata terbuka; berdiri di atas foam
5. Mata tertutup; berdiri di atas foam
6. Konflik visual (memakai dome); berdiri di atas foam

Skor normal
Umur 25-44 : mampu melakukan semua tes sesuai dengan waktu (30 detik)
Umur 45-64 : mampu melakukan semua tes sesuai dengan waktu (30 detik) dengan sedikit
penurunan pada jenis tes nomor 6
Umur 65-84 : mampu melakukan/mempertahankan

30 detik untuk 3 tes pertama
29 detik untuk tes nomor 4
17 detik untuk tes nomor 5
19 detik untuk tes nomor 6
Reliabilitas : retes bagus pada pasien stroke (DiFabio R, 1990)
Validitas signifikan untuk menilai perkembangan pasien stroke (Hill K, 1997)

Keunggulan dan kelemahan:
- Bermanfaat untuk menentukan jenis kelainan pada sistem sensorik, vestibular dan visual
- Merupakan tes statis dan tidak fungsional.

Mohon maaf jika ada kekeliarun

 


In reply to Veni Fatmawati

Re: SSP6

by 1810301191 DINDE GITA DAULATI -

Izin menjawab pertanyaan pada ppt bu, mohon maaf bila keliru 

Soal : Seorang fisioterapi Akan melakukan pemeriksaan pada reflek tendon seorang pasien Stroke dengan posisi pasien dilakukan dengan duduk. Lengan bawah harus beristirahat longgar di pangkuan pasien kemudian ketukan pada tendon otot brakioradialis (Tendon melintasi (sisi ibu jari pada lengan bawah) jari-jari sekitar 10 cm proksimal pergelangan tangan. posisi lengan fleksi pada sendi siku dan sedikit pronasi. • Pertanyaan : Reflek tendon apakah yang doperiksa 

Jawab : c. Tendon Brachioradialis

Pmeriksaan ini untuk melihat refleks fisiologis pada C5 &C6 tepatnya pada nerve radialis