Diskusi : Pengukuran dan Pengendalian Asset

Pengukuran dan Pengendalian Asset

Pengukuran dan Pengendalian Asset

by Rigel Nurul Fathah -
Number of replies: 25

  1. Sebutkan tujuan Penggunaan Aset
  2. Menurut anda apa perbedaan ROI vs EVA?
  3. Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701033 ALFIA DAMARIYANTI -

Izin menjawab bu :

1. Tujuan penggunaan Asset :

-Memastikan status kepemilikan suatu aset. 

-Menginventarisasi kekayaan dan masa pakai aset yang dimiliki. 

-Melindungi nilai aset agar lebih awet. 

-Meminimalisasi biaya selama umur suatu aset.

2. Perbedaan ROI dan EVA :

ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang dikeluarkan. EVA adalah ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen.

3. Alasan mengapa perusahaan harus membuat analisis varian :

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701018 SITI SULISTYOWATI -

Izin menjawab bu, mohon maaf jika ada yg kurang 🙏

1. Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset yaitu :

a. Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik. 

b. Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi. 


2. Perbedaan ROI dengan EVA yaitu Return On investment (ROI) atau return on asset menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan. ROI ini juga memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan. Sedangkan Economic Value Added (EVA) adalah sistem manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih/net operating profit.


3. Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Pengendalian biaya produksi sebagai suatu fungsi memperbandingkan biaya produksi yang sebenarnya dengan standar biaya produksi. Adanya perbandingan tersebut dapat dievaluasi apakah telah terjadi penyimpangan baik yang merugikan maupun yang menguntungkan. Penyimpangan biaya yang terjadi, baik itu yang bersifat menguntungkan atau merugikan perusahaanperlu dianalisis supaya lebih informatif dan akurat dalam pemakaiannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar biaya produksi yang digunakan dapat seefisien mungkin. Pengendalian biaya produksi sangat diperlukan untuk mengetahui apakah produksi berjalan secara efisien.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701020 WAFIQ DWI KURNIA -

1. Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset:

   -   Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik

   -   Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi

2. Perbedaan ROI dan EVA

   -   ROI = Return On Investment (Tingkat pengembalian investasi) adalah suatu rasio perbandingan. Pembilangnya (numerator) adalah pendapatan yang dilaporkan pada laporan keuangan. Dan penyebutnya (denominator) adalah aset yang digunakan.

   -   EVA = Economic Value Added (Nilai tambah ekonomi) adalah jumlah uang, bukan rasio. EVA dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal (capital charge) dari laba bersih operasi (net operating profit)

3. Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Proses produksi yang dilakukan perusahaan manufaktur mulai dari mengelolah bahan baku sampai menjadi produk jadi yang siap dijual melalui beberapa tahapan yaitu pengadaan, produksi, penyimpanan produk selesai, dan penjualan produk selesai. Dalam pengendalian biaya dengan menggunakan biaya standar akan menimbulkan selisih biaya dari biaya sesungguhnya. Selisih yang akan timbul antara lain adalah selisih menguntungkan dan selisih biaya merugikan, dan tidak ada selisih. Apabila terjadi perbedaan antara biaya anggaran dengan realisasinya, maka selisih (varians) ini perlu dianalisis lebih lanjut, untuk menemukan penyebab terjadinya selisih dan pihak yang bertanggung jawab atas penyimpangan tersebut. Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan biayanya di periode selanjutnya sehingga efisiensi penggunaan biaya produksi dapat dicapai.

In reply to 1910701020 WAFIQ DWI KURNIA

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701027 PUTRI SEPTIAWATI -

Izin Menjawab

  1. Sebutkan tujuan Penggunaan Aset ?

1. Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi.

2.   Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik

  1. Menurut anda apa perbedaan ROI vs EVA?

ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang dikeluarkan,

Sedangkan EVA yaitu ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen.

  1. Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Pengendalian biaya produksi sebagai suatu fungsi memperbandingkan biaya produksi yang sebenarnya dengan standar biaya produksi. Adanya perbandingan tersebut dapat dievaluasi apakah telah terjadi penyimpangan baik yang merugikan maupun yang menguntungkan. Penyimpangan biaya yang terjadi, baik itu yang bersifat menguntungkan atau merugikan perusahaanperlu dianalisis supaya lebih informatif dan akurat dalam pemakaiannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar biaya produksi yang digunakan dapat seefisien mungkin. Pengendalian biaya produksi sangat diperlukan untuk mengetahui apakah produksi berjalan secara efisien.


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1810701007 SRIYATI -

Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?Perencanaan yang baik dapat membantu manajemen untuk mengadakanpengawasan terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Disamping itu, dengan perencanaan dapat digunakan sebagai pengendalian biaya-biaya yang terjadi di perusahaan. Umumnya, pada perusahaan manufaktur biaya yang dikendalikan adalah biaya-biaya produksi membandingkan biaya standar yang telah ditetapkan dengan biaya produksi yang sesungguhnya terjadi. Sehingga dari analisis ini dapat diketahui selisih. Salah satu alat analisis yang dapat digunakan untuk pengendalianbiaya produksi adalah analisis varian. Biaya yang dianalisis adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Salah satu cara untuk mengendalikan biaya produksi adalah dengan menggunakan analisis varian untuk mencari penyebab terjadinya selisih antara biaya standar dengan biaya produksi yang sesungguhnya. Analisis varian penting dan perlu dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada saat proses produksi berlangsung. Pengendalian biaya produksi sebagai suatu fungsi memperbandingkan biaya produksi yang sebenarnya dengan standar biaya produksi. Adanya perbandingan tersebut dapat dievaluasi apakah telah terjadi penyimpangan baik yang merugikan maupun yang menguntungkan. Penyimpangan biaya yang terjadi, baik itu yang bersifat menguntungkan atau merugikan perusahaanperlu dianalisis supaya lebih informatif dan akurat dalam pemakaiannya.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701029 FENI PIRANI -

1. Tujuan penggunaan aset

a. Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik.

b. Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi.

2. Perbedaan ROI dan EVA

Return On investment (ROI) atau return on asset menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan. Dengan mengetahui rasio ini,kita akan mengetahui apakah perusahaan telah efisien dalam memanfaatkan aktivanya dalam kegiatan operasional perusahan atau belum? Rasio ROI  ini juga memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan. Sedangkan, Economic Value Added (EVA) adalah sistem manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih/net operating profit

3. Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

Karena analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.







In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701006 SITI BAROKAH -

Izin menjawab

1.      Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset :

-         Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik.

-         Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi

2.      Perbedaan ROI vs EVA :

-         ROI merupakan salah satu rasio profitabilitas, yang menghubungkan keuntungan yang diperoleh dari operasi bersih perusahaan dengan jumlah investasi atau aktiva yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan operasi tersebut.

-         Sedangkan EVA adalah pengukuran kinerja perusahaan yang dihitung dengan mengurangkan NOPAT (Net Operating Profit after Tax ) dengan biaya modal sehingga akan menghasilkan laba ekonomis. 

3.      Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Proses produksi yang dilakukan perusahaan manufaktur mulai dari mengelolah bahan baku sampai menjadi produk jadi yang siap dijual melalui beberapa tahapan yaitu pengadaan, produksi, penyimpanan produk selesai, dan penjualan produk selesai. Dalam pengendalian biaya dengan menggunakan biaya standar akan menimbulkan selisih biaya dari biaya sesungguhnya. Selisih yang akan timbul antara lain adalah selisih menguntungkan dan selisih biaya merugikan, dan tidak ada selisih. Apabila terjadi perbedaan antara biaya anggaran dengan realisasinya, maka selisih (varians) ini perlu dianalisis lebih lanjut, untuk menemukan penyebab terjadinya selisih dan pihak yang bertanggung jawab atas penyimpangan tersebut. Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan biayanya di periode selanjutnya sehingga efisiensi penggunaan biaya produksi dapat dicapai.


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701016 LAYLI RAHMAH SULISTIANINGTYAS -

1.       Tujuan :

  • Memastikan status kepemilikan suatu aset;
  • Melakukan inventarisasi kekayaan dan masa pakai aset yang dimiliki;
  • Menjaga agar nilai aset tetap tinggi dan memiliki usia hidup yang panjang;
  • Memastikan suatu aset dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal;
  • Mencapai penggunaan dan pemanfaat aset secara optimal;
  • Meminimalisasi biaya selama usia suatu aset;
  • Sebagai keperluan untuk pengamanan aset; dan
  • Sebagai acuan dalam menyusun neraca dalam laporan akuntansi.

 2.    ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang dikeluarkan . sedangkan EVA adalah ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen.

Terlepas dari perbedaan antara EVA dan ROI, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan lebih disukai oleh berbagai manajer dengan cara yang berbeda. Manajer yang lebih suka menggunakan metode langsung yang memungkinkan perbandingan yang mudah dapat menggunakan ROI.

 3.       Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.

 

 


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701035 MEITASARI WIDYANINGGAR -

izin menjawab:

1.     Sebutkan tujuan Penggunaan Aset

Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset:
    -   Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan
        dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk
        mengambil keputusan yang baik
    -   Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi

2.     Menurut anda apa perbedaan ROI vs EVA?

-          Return On Investment (ROI) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja sebuah pusat investasi yang merupakan rasio perbandingan antara pendapatan yang dilaporkan dalam laporan keuangan dengan aktiva yang digunakan (Anthony dan Govindrajan, 2007).

-          Economic Value Added (EVA) adalah suatu system manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengn mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih / net operating profit (Anthony dan Govindrajan, 2007).

 

3.     Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701041 ROSANA UTAMI -

Izin menjawab

1.Tujuan pengukuran penggunaan aset merupakan analogi dari tujuan pusat laba yaitu:

1.Untuk memberikan informasi yang berguan dalam membuat keputusan yang bagus mengenai aset yang digunakan dan untuk memacu para manajer.

2.Untuk mengukur kinerja unit usaha sebagai suatu entitas ekonomi.

2.Return On investment (ROI) atau return on asset menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan. Dengan mengetahui rasio ini maka kita dapat mengetahui apakah perusahaan telah efisien dalam memanfaatkan aktivanya dalam kegiatan operasional perusahan atau belum.Rasio ROI ini juga memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan. Sedangkan, Economic Value Added (EVA) adalah sistem manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih/net operating profit.

3.Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Proses produksi yang dilakukan perusahaan manufaktur mulai dari mengelolah bahan baku sampai menjadi produk jadi yang siap dijual melalui beberapa tahapan yaitu pengadaan, produksi, penyimpanan produk selesai, dan penjualan produk selesai. Dalam pengendalian biaya dengan menggunakan biaya standar akan menimbulkan selisih biaya dari biaya sesungguhnya. Selisih yang akan timbul antara lain adalah selisih menguntungkan dan selisih biaya merugikan, dan tidak ada selisih. Apabila terjadi perbedaan antara biaya anggaran dengan realisasinya, maka selisih(varians) ini perlu dianalisis lebih lanjut, untuk menemukan penyebab terjadinya selisih dan pihak yang bertanggung jawab atas penyimpangan tersebut. Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan biayanya di periode selanjutnya sehingga efisiensi penggunaan biaya produksi dapat dicapai.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701030 TRI WAHYU NINGRUM -

Izin mencoba menjawab bu.

1. Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset:
    -   Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan
        dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk
        mengambil keputusan yang baik
    -   Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi


2. ROI/Return On Investment (Tingkat pengembalian investasi) adalah suatu rasio perbandingan. Pembilangnya (numerator) adalah pendapatan yang dilaporkan pada laporan keuangan. Dan penyebutnya (denominator) adalah aset yang digunakan.

EVA/Economic Value Added (Nilai tambah ekonomi) adalah jumlah uang, bukan rasio. EVA dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal (capital charge) dari laba bersih operasi (net operating profit).

3. Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Proses produksi yang dilakukan perusahaan manufaktur mulai dari mengelolah bahan baku sampai menjadi produk jadi yang siap dijual melalui beberapa tahapan yaitu pengadaan, produksi, penyimpanan produk selesai, dan penjualan produk selesai. Dalam pengendalian biaya dengan menggunakan biaya standar akan menimbulkan selisih biaya dari biaya sesungguhnya. Selisih yang akan timbul antara lain adalah selisih menguntungkan dan selisih biaya merugikan, dan tidak ada selisih. Apabila terjadi perbedaan antara biaya anggaran dengan realisasinya, maka selisih (varians) ini perlu dianalisis lebih lanjut, untuk menemukan penyebab terjadinya selisih dan pihak yang bertanggung jawab atas penyimpangan tersebut. Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan biayanya di periode selanjutnya sehingga efisiensi penggunaan biaya produksi dapat dicapai.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701002 ANISA TRI ASTUTI -

izin menjawab bu

1. tujuan penggunaan aset

  • Memastikan status kepemilikan suatu aset;
  • Melakukan inventarisasi kekayaan dan masa pakai aset yang dimiliki;
  • Menjaga agar nilai aset tetap tinggi dan memiliki usia hidup yang panjang;
  • Memastikan suatu aset dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal;
  • Mencapai penggunaan dan pemanfaat aset secara optimal;
  • Meminimalisasi biaya selama usia suatu aset;
  • Sebagai keperluan untuk pengamanan aset; dan
  • Sebagai acuan dalam menyusun neraca dalam laporan akuntansi.
2. perbedaan ROI vs EVA :

  •  Return On Investment (ROI) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja sebuah pusat investasi yang merupakan rasio perbandingan antara pendapatan yang dilaporkan dalam laporan keuangan dengan aktiva yang digunakan (Anthony dan Govindrajan, 2007).
  • Economic Value Added (EVA) adalah suatu system manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengn mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih / net operating profit (Anthony dan Govindrajan, 2007).

3. Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701034 NIDIA -


izin menjawab:

1.     Sebutkan tujuan Penggunaan Aset

Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset:

    -   Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk

        mengambil keputusan yang baik

    -   Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi


2.     Menurut anda apa perbedaan ROI vs EVA?

-          Return On Investment (ROI) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja sebuah pusat investasi yang merupakan rasio perbandingan antara pendapatan yang dilaporkan dalam laporan keuangan dengan aktiva yang digunakan (Anthony dan Govindrajan, 2007).

-          Economic Value Added (EVA) adalah suatu system manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengn mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih / net operating profit (Anthony dan Govindrajan, 2007).


3.     Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701021 ILMA RIZKIANA -

1. Tujuan Penggunaan Aset :

1. Memastikan status kepemilikan suatu aktiva agar tidak diakui pihak lain.

2. Menginventarisasi kekayaan dan masa pakai aktiva yang dimiliki.

3. Menjaga agar nilai aktiva tetap tinggi dan memiliki usia pakai atau hidup yang panjang.

4. Meminimalkan biaya selama umur aktiva itu masih ada atau belum rusak. Biaya di sini diartikan sebagai anggaran yang harus dikeluarkan untuk kerusakan, perawatan, atau servis.

5. Memastikan suatu aset dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

6. Mencapai penggunaan dan pemanfaatan aset secara optimal.

7. Pengamanan kekayaan yang dimiliki perusahaan.

8. Acuan dalam menyusun neraca pada pembukuan akuntansi.


2. Perbedaan ROI dan EVA

EVA adalah ukuran untuk menilai seberapa efektif aset perusahaan digunakan untuk menghasilkan pendapatan, ROI menghitung pengembalian dari investasi sebagai persentase dari jumlah asli yang diinvestasikan.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701026 CITA JUNITA -

Izin menjawab bu :

1.      Tujuan pengukuran penggunaan aset merupakan analogi dari tujuan pusat laba yaitu:

1)      Untuk memberikan informasi yang berguan dalam membuat keputusan yang bagus mengenai aset yang digunakan dan untuk memacu para manajer.

2)      Untuk mengukur kinerja unit usaha sebagai suatu entitas ekonomi.

2.      Tingkat pengembalian atas investasi (ROI) adalah suatu rasio perbandingan. Pembilangnya (numerator) adalah pendapatan yang dilaporkan pada laporan keuangan. Penyebutnya (denominator)adalah aset yang digunakan.

Nilai tambahan ekonomi (EVA) adalah jumlah uang, bukan rasio. EVA dapat diperoleh dengan mengurangkan beban moral (capital charge) dari laba operasi bersih (net operating profit). Beban moral diperoleh dari perkalian antara jumlah aset yang digunakan dengan suatu tingkat tarif (rate).

 Untuk alasan-alasan yang akan dijelaskan nanti, EVA lebih unggul dibandingkan dengan ROI dari sisi konsep, dan oleh karenaitu, EVA akan digunakan dalam contoh-contoh yang ada. Tetapi, sangat jelas dari survei-survei yang ada bahwa ROI lebih luas digunakan dalam bisnis dibandingkan dengan EVA.  

3.      Pentingnya analisis varian bagi perusahaan

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Proses produksi yang dilakukan perusahaan manufaktur mulai dari mengelolah bahan baku sampai menjadi produk jadi yang siap dijual melalui beberapa tahapan yaitu pengadaan, produksi, penyimpanan produk selesai, dan penjualan produk selesai. Dalam pengendalian biaya dengan menggunakan biaya standar akan menimbulkan selisih biaya dari biaya sesungguhnya. Selisih yang akan timbul antara lain adalah selisih menguntungkan dan selisih biaya merugikan, dan tidak ada selisih. Apabila terjadi perbedaan antara biaya anggaran dengan realisasinya, maka selisih (varians) ini perlu dianalisis lebih lanjut, untuk menemukan penyebab terjadinya selisih dan pihak yang bertanggung jawab atas penyimpangan tersebut. Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan biayanya di periode selanjutnya sehingga efisiensi penggunaan biaya produksi dapat dicapai.


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701015 ANDINI LARASATI WIDODO -
Izin menjawab

1.tujuan manajemen aset

Tujuan utama dari manajemen aset suatu perusahaan adalah demi mengelola aset lebih efektif dan efisien agar pengambilan keputusan lebih cepat dan tepat. Adapun beberapa tujuan lain untuk perusahaan adalah : Memastikan status kepemilikan suatu aset.

2.perbedaan ROI VS EVA

ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang dikeluarkan (Sutrisno 2000). EVA adalah ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen

3.mengapa perlu analisis varians?

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan biayanya di periode selanjutnya sehingga efisiensi penggunaan biaya produksi dapat dicapai

Terimakasih

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701037 SIKKA MUTIARA SILMI -

1. Tujuan Penggunaan Aset

  • Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik
  • Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu enititas ekonomi

2. Perbedaan POI dengan EVA adalah jika ROI adalah rasio perbandingan, tetapi EVA adlah jumlah uangnya, dan bukan rasionya. 

3. Perusahaan harus membuat analisis varians karena analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.  


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701042 RAHMAWATI ALIF UTAMI -

Izin Menjawab:

1. Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset :

  • Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik.
  • Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi
  • Memastikan status kepemilikan suatu aset
  • Menginventarisasi kekayaan dan masa pakai aset yang dimiliki
  • Melindungi nilai aset agar lebih awet
  • Meminimalisasi biaya selama umur suatu aset.

2. Return On investment (ROI) atau return on asset menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan. Rasio ROI ini memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan.. 

Sedangkan, Economic Value Added (EVA) adalah sistem manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih/net operating profit.

3. Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701013 AMARA MULIA LUMAKU -

Tujuan penggunaan aset

  • Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik.
  • Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi.


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701036 CHALISTIA HILMA NISABELLE -

  1.  tujuan Penggunaan Aset :
    -  Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan
        dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk
        mengambil keputusan yang baik
    -   Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi.

      2. perbedaan ROI vs EVA

    -ROI Return On Investment (Tingkat pengembalian investasi) :
        
 adalah suatu rasio perbandingan. Pembilangnya (numerator)
         adalah pendapatan yang dilaporkan pada laporan keuangan.
         Dan penyebutnya (denominator) adalah aset yang digunakan.

    -EVA Economic Value Added (Nilai tambah ekonomi) :

         adalah jumlah uang, bukan rasio. EVA dapat diperoleh dengan
         mengurangkan beban modal (capital charge) dari laba bersih
         operasi (net operating profit).

     3. Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

          karena : agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yg dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701003 PEBRY PRASTYO S ADIL -

1. Tujuan penggunaan Aset :

- Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manejer untuk mengambil keputusan yang baik.

- Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi

2.  

 - Return On Investment (ROI) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja sebuah pusat investasi yang merupakan rasio perbandingan antara pendapatan yang dilaporkan dalam laporan keuangan dengan aktiva yang digunakan , sedangkan

-   Economic Value Added (EVA) adalah suatu system manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengn mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih / net operating profit 

3. karena Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan biayanya di periode selanjutnya sehingga efisiensi penggunaan biaya produksi dapat dicapai.

In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1810701008 MARLELA WATI -
Tujuan penggunaan Asset • Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi. • Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik Perbedaan ROI dan EVA : ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang dikeluarkan.Sedangkan EVA adalah ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen.
In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701012 EVI MULYATI -

Izin menjawab bu 

1. Tujuan Pengukuran Penggunaan Aset yaitu :

a. Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan dalam pemakaian aset dan memotivasi manajer untuk mengambil keputusan yang baik. 

b. Mengukur kinerja unit bisnis sebagai suatu entitas ekonomi. 

2. Perbedaan ROI dengan EVA yaitu Return On investment (ROI) atau return on asset menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan. ROI ini juga memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan. Sedangkan Economic Value Added (EVA) adalah sistem manajemen keuangan untuk mengukur laba ekonomi dalam suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa kesejahteraan hanya dapat tercipta jika perusahaan mampu memenuhi semua biaya operasi dan biaya modal. EVA merupakan jumlah uang dan dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih/net operating profit.

3. Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung. Pengendalian biaya produksi sebagai suatu fungsi memperbandingkan biaya produksi yang sebenarnya dengan standar biaya produksi. Adanya perbandingan tersebut dapat dievaluasi apakah telah terjadi penyimpangan baik yang merugikan maupun yang menguntungkan. Penyimpangan biaya yang terjadi, baik itu yang bersifat menguntungkan atau merugikan perusahaanperlu dianalisis supaya lebih informatif dan akurat dalam pemakaiannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar biaya produksi yang digunakan dapat seefisien mungkin. Pengendalian biaya produksi sangat diperlukan untuk mengetahui apakah produksi berjalan secara efisien.




In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1810701005 KUSNIANTI SAMPULAWA -

1. Tujuan penggunaan Asset :

-Memastikan status kepemilikan suatu aset. 

-Menginventarisasi kekayaan dan masa pakai aset yang dimiliki. 

-Melindungi nilai aset agar lebih awet. 

-Meminimalisasi biaya selama umur suatu aset.

2. Perbedaan ROI dan EVA :

ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang dikeluarkan. EVA adalah ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen.

3. Alasan mengapa perusahaan harus membuat analisis varian :

Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung


In reply to Rigel Nurul Fathah

Re: Pengukuran dan Pengendalian Asset

by 1910701008 ISWARA SUKMA WINDHYAKIRANA -

Izin menjawab ibu

1. Sebutkan tujuan Penggunaan Aset

1. Untuk Memahami Status dan Kondisi Aset yang Ada

Untuk tujuan diadakannya sebuah tindakan pengelolaan atau manajemen sebuah aset yang pertama untuk memahami status dan kondisi aset itu sendiri.

Misalnya saja apakah aset yang digunakan sebagai media kekayaan untuk jangka waktu tertentu ini relevan dan masih memiliki nilai tinggi atau tidak. Melakukan pengelolaan berarti melakukan tindakan pengecekan dan juga pemahaman kondisi aset berkelanjutan.

2. Guna Menjaga Nilai Aset dalam Jangka Panjang

Dengan melakukan pengelolaan aset yang dimiliki baik dalam bidang jasa, bangunan, emas atau lainnya bisa menjaga nilai aset jangka panjang.

Pengelolaan ini dijamin memberikan kesadaran bagi pemilik untuk menjaga asetnya tetap terpelihara. Mengapa demikian? Karena didalam pengelolaan aset tentu pemilik akan belajar mengenai nilai aset yang bisa saja mengalami pengembangan di waktu kedepan.

3. Memilih Investasi Aset yang Benar

Mengetahui jenis aset yang tepat untuk diinvestasikan akan mendorong pemilik dana memahami bahwa menjaga kekayaan salah satunya adalah dengan memiliki aset yang tepat.

Tujuan melakukan pengelolaan aset adalah juga bisa menjadi pembatas untuk memberikan alokasi keuangan pada hal yang benar. Seperti misalnya tinggal di perkotaan maka bisa memilih jenis aset apartemen, toko atau tempat hiburan yang tengah hits hingga menabung emas.

4. Untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimum Dari Aset yang Ada

Kemudian tujuan diadakannya pengelolaan aset adalah untuk mendapatkan keuntungan maksimum dari aset yang ada.

Berbicara investasi maka tidak mungkin tentang melakukan pembelian dan penjualan barang jangka pendek. Aset yang menguntungkan identik dengan masa waktu pengelolaan yang panjang karena nilainya yang semakin besar setelah pengelolaan beberapa waktu lamanya.

5. Sebagai Bagian Penting Penyusunan Neraca Akuntansi Jika Dibutuhkan

Pengelolaan aset juga bisa dijadikan alat penyusun neraca akuntansi jika memang dibutuhkan. Misalnya saja pemilik aset adalah seorang pebisnis atau akutan maka pengelolaan aset yang dimiliki bisa dicatat dan dijadikan perhitungan keuangan.

Namun misalnya saja tidak membutuhkan data rinci mengenai nilai aset guna penyusunan neraca akuntansi juga tidak masalah, karena hal ini akan memberikan data yang faktual tentang kekayaan Anda.

6. Sebagai Bentuk Pengamanan Aset dan Dana

Dengan melakukan kegiatan pengelolaan aset maka tentu saja itu merupakan satu bentuk upaya pengamanan aset juga dana.

Dana yang dimiliki mampu dialokasikan pada penggunaan yang baik dan berjangka panjang. Contohnya dengan memilih membeli perkebunan setelah mendapat dana warisan tentu akan membuat dana Anda lebih berguna dibandingkan dengan tour luar negeri yang singkat.

7. Menurunkan Angka Kerugian

Tujuan sekaligus keuntungan dari pengelolaan aset yang terakhir adalah mampu menurunkan angka kerugian. Tentu dibandingkan membelanjakan keuangan pada barang praktis dan bisa habis tiba-tiba maka membelanjakan pada aset akan menurunkan kerugian. Semisal seperti melakukan pembelian tanah,rumah, gedung, perkebunan dan lain sebagainya.

2. Menurut anda apa perbedaan ROI vs EVA?

ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi yang dikeluarkan.

Sedangkan EVA adalah ukuran nilai tambah ekonomis yang dihasilkan perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen.

3. Mengapa perusahaan harus membuat analisis varian?

Karena, Analisis varians penting dilakukan agar manajemen dapat menilai kembali penetapan biaya standar yang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi berlangsung.