Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by NALURI HELDA E 1610301096 -
Number of replies: 1

Setelah melaksanakan shalat tahajud alhamdulillah hati saya selalu tenang,sepert saat melakukan shalat wajib dan sunnah lainnya,hanya saja shalat tahajud ini benar-benar harus mengumpulkan niat saya untuk bangun lebih awal sebelum azan shubuh berkumandang.nah itu masih menjadi kendala saya karena disatu sisi saya takut bangun kalau orang pada belum bangun,apalagi saya ngekos,suasana sunyi-sunyi nya adakala membuat saya takut tidak seperti biasanya. shalat tahajud ini juga biasa saya lakukan tetapi tidak saya lakukan setiap hari.harapan nya semoga saya lebih istiqamah dalam pendekkatan diri kepada Allah,tidak hanya semerta-merta meminta tetapi juga harus bersyukur apa yang diberikan dan mengharapkan pengampunan dan Ridha-Nya.Aamiin

Assigment 

1.Kalimat reflektif

- keimanan, yakni keyakinan yang pasti bahwa Allah adalah Rabb dan pemilik segala sesuatu, Dialah satu-satunya pencipta, pengatur segala sesuatu, dan Dialah satu-satunya yang berhak disembah, tidak ada sekutu bagi-Nya. 

-Keinsyafan diri, Berkah terindah yang telah diberikan kepada kita adalah kesempatan untuk bertaubat. Jadi tunggu apa lagi?Sekelam apapun masa lalu kita, selagi kita masih bernyawa, kita tetap berpeluang menjadi ahli surga. Jangan pernah berputus asa untuk berubah dan mencari ampunan dari Allah Yang Maha Esa.

-Kesyukuran,Bersyukur itu jauh lebih mulia daripada mengeluh tanpa rasa senang sedikitpun. Bersyukur membebaskan diri dari belenggu kecemasan atas kesalahan.

-Istiqamah,Istiqomah itu berat, yang ringan namanya istirahat,Dibalik kata istiqomah ada perjuangan yang kuat, pengorbanan yang banyak, dan doa yang tidak pernah berhenti

-Sabar,Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup.bersabarlah,karena bersabar adalah sebuah pilar keimanan.

In reply to NALURI HELDA E 1610301096

Re: Muhasabah

by NALURI HELDA E 1610301096 -

2.Rencana Untuk memperbaiki diri

 memperbaiki diri merupakan sebuah proses mengubah diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.Karena sejatinya, manusia adalah tempat salah dan khilaf.saya ingin memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. ,mungkin langkah awal yang saya lakukan menghilangkan semua kebiasaan buruk yang dapat menyakiti orang lain. Jika  saya  sudah tau dimana letak kesalahannya, maka say berusaha untuk tidak lagi mengulangi kesalahan tersebut. saya harus berkomitmen untuk terus menjalankan semua kebiasaan baik, sehingga orang tidak tersakiti karena perbuatan yang saya lakukan baik disengaja maupun tidak disengaja,

3.daftar mimpi dan cara menggapai

-Ingin selalu isitiqamah dijalan Allah,

-Ingin menjadi anak berbakti kepada orang tua,

-Ingin mendapatkan pembimbing yang mampu menuntun saya tiak didunia tetapi diakhirat juga,

-ingin menjadi pengusaha dan orang yang sukses dan membanggakan kedua orang tua

-ingin menjadi kan diri sebagai orang yang sabar dan pemaaf

Cara menggapainya adalah dengan selalu mendekatkan diri Kepada Allah Swt dan selalu meminta restu dan ridha mak dan apak saya(orang tua) agar dimudahkan semua dan dilancarkan segala hal yang baik baik dan manjauhkan hal yang buruk.jadi rindu orang tua ;( Dan yang pastinya berikhtiar selagi saya masih diberi kesempatan.

Terimakaasih senang sekali mengerjakan kuis ini,membantu saya melepaskan semua apa yang saya ingin  katakan.