Forum Muhasabah

Muhasabah_1610301031

Muhasabah_1610301031

by ROSA ARISKA SARI 1610301031 -
Number of replies: 0

1. a.keimanan dan Keyakinan pada allah adalah suatu raikaian dalam diri kita bagaimana cara kita menyakini adanya allah dan kitap suci al qur'an adalah wahyu dari allah dengan adanya Keyakinan ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita dalam melakukan segala sesuatu dan pegangan untuk diri kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

keimanan Unsur pokok yang harus dimiliki oleh setiap penganutnya. Jika kita ibaratkan dengan sebuah bangunan, keimanan adalah pondasi yang menopang segala sesuatu yang berada diatasnya, kokoh tidaknya bangunan itu sangat tergantung pada kuat tidaknya pondasi tersebut .. Meskipun demikian, keimanan saja tidak cukup. Keimanan harus diwujudkan dengan perbuatan yang baik, yang sesuai dengan ajaran agama.

b. keinsyafan atau pertaubatan Pertaubatan adalah lebih bersedia hanya memiliki kesalahan. Ia adalah perubahan minda dan hati. Ia termasuk berpaling dari pada dosa dan meminta kepada allah untuk mengampuni. dimotivasikan oleh diri dan keinginan ikhlas untuk mengikut perintah allah.

c. Kesyukuran, pada hakikatnya, merupakan konsekwensi logis bagi seorang manusia sebagai makhluk, kepada Allah, sebagai kholiq yang telah menciptakan dan melimpahkan berbagai nikmat yang tak terhingga. Terlebih lagi bersyukur akan mendatangkan berbagai macam rasa dan kenikmatan lainnya, ditambah lagi banyak pahala yang telah dipersiapkan Allah  Y  bagi orang-orang yang bersyukur. 

d.istiqomah sebagai tetap di dalam ketaatan. Sehingga istiqomah sendiri memiliki pengertian bahwa seseorang senantiasa ada di dalam ketaatan dan di atas jalan lurus di dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt.

e. adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

2. merencanakan memperbaiki diri adalah di awali dengan niat yang tulus iklas yh harus di perbaiki cara kita dapat dengan allah dengan melakukan sholat, dengan cara lisan agar tidak mudah menyakiti hati orang lain, sikap dalam diri 

3. Impian dalam diri adalah membahagiakan orang tua, menjadi orang yang mampu menolong sesama dengan ilmu yang di miliki, cara mencapainya adalah dengan berusaha dan di imbangi dengan kita memohan ke allah dengan melakukan kewajiban kita sholat dan sunnahnya.