Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by MEILINDA AYU NINGTIAS 1610201032 -
Number of replies: 0

Saya sedang mengalamo haid sehingga tidak melaksanakan tahajud, tetapi saya tetap membaca dzikir dan amalan yg dianjurkan ketika sedang haid.


1. Siapakan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

-Keimanankeyakinankepada Allah

-Keinsyafanataupertaubatan

-Kesyukuran

-Istiqomah

-Sabar

-Doadll

-Kalimat boleh kata-kata  mutiara atau puisi reflektif

Meyakini perintah dan larangan Allah memiliki banyak manfat dan tujuan baik, walau terkadang kita kurang menyukai dalam mengerjakannya

Memperbaiki diri melakukan hal hal yang mendekatkan diri kepada Allah

Mensyukuri yang telah dimiliki, Allah akan memberikan nikmat

Beristiqamah dalam mencintai Allah dan agama islam

Sabar dari yang tidak diinginkan dan sabar untuk menahan diri dari apa yg kau inginkan - ali bin abi thalib

Berdoalah kepada allah dalam keadaan apapun, karena Allah yg memberikan solusi atas segala hal yg terjadi dalam kehidupan. 

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan? 

Berusaha untuk menawan hawa nafsu dalam kemalasan dan menunda pekerjaan.

Memperbaiki sholat fardhu ,  dan berusaha shalat di awal waktu. Menambah ibadah ibadah sunah lainnya seperti membaca al quran, puasa sunah, shalat sunah.

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

Merubah diri menjadi lebih baik dengan mendekatkan diri kepada Allah mengikuti aturan dan menjauhi larangan yg terkadang masih sering dilakukan. 

Membahagiakan kedua orang tua adalah point utama dalam kehidupan saya saat ini dan menyelesaikan pendidkan merupakan salah satu cara yg bisa saya lakukan dalam waktu dekat ini, jika dimudahkan bisa segera mendapatkan pekerjaan agar tidak menjadi beban orang tua dan membantu mereka dalam hal ekonomi. Dan sebagai tenakes saya bisa lebih aware dalam membantu meningkatkan kesehatan sosial

Mendapatkan ridha orang tua sama dengan ridha allah, inshallah yg saya kerjakan kedepannya dapat dimudahkan dan bermanfaat bagi orang lain.