Forum Muhasabah

Jawaban Muhasabah

Jawaban Muhasabah

by RAHAYU DAMAYANTI 1610201049 -
Number of replies: 0

Perasaan saya menjadi lebih tenang dan rileks setelah melakukan sholat tahajud karena telah mencurahkan isi hati saya kepada Allah lebih dalam. InsyaAllah saya akan mengamalkan solat qiyam al-lail ini agar kelak saya menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Setealh melakukan shalat tahajud saya akan berdzikir dan membaca Al-Qur'an sembari menunggu shalat subuh.


Jawaban Assignment Muhasabah :

1.      1. Tidak ada kata lelah, yang ada hanyalah lillah. Takkan menyerah sebab adanya billah. Ringanlah masalah, teringat Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta. Teruslah melangkah, semata-mata fillah. Tetaplah Istiqomah, aku percaya takdir Allah pastilah yang terbaik untukku dan untukmu juga.

2.      2. Rencana untuk memperbaiki diri :

1.      Menerima kritikan dengan hati terbuka yaitu mendengarkan, mengontrol perasaan untuk menerima kritikan, selanjutnya sampaikan permohonan maaf kepada orang yang telah dirugikan serta mengucapkan terimakasih kepada pengkritik (pemberi saran) karena telah menginatkan saya untuk memperbaiki diri.

2.      Membiasakan diri untuk disiplin dan menghargai waktu

3.      Dapat dipercaya dan selalu menepati janji

4.      Berusaha mengendalikan kemarahan dan iri hati

5.      Menjadi Pemaaf

3.      3. Daftar mimpi yang ingin dicapai:

1.      Mempunyai usaha sendiri di bidang desain dan fashion

2.      Mempunyai pekerjaan tetap sebagai dosen fakultas kesehatan di Indonesia dan mengembangkannya menjadi dosen di luar negeri juga.

3.      Mempunyai produk (app atau website) yang saya buat sendiri dan digunakan oleh banyak orang,

4.      Mempunyai klinik kesehatan atau rumah sakit yang dapat membantu masalah kesehatan di masyarakat.

5.      Melakukan rukun islam yang ke-5 bersama keluarga

Cara saya untuk mencapai mimpi saya tersebut :

Saya belajar untuk berbisnis, negosisasi, komunikasi, dan menguasai bahasa Inggris (atau bahasa lain) serta belajar memasarkan produk yang akan dijual di masyarakat. Saat ingin mencapai mimpi, saya tetap bertawakal kepada Allah SWT karena di dalam Q.S Ar-Ra’du ayat 28 artinya : “Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang” dengan mendirikan Shalat, membaca Al-Qur’an, Selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan, dan berzdikir serta mengerjakan As-Sunnah.