Forum Muhasabah

Rizka Kurniawan Dwi Saputra

Rizka Kurniawan Dwi Saputra

by RIZKA KURNIAWAN DWI SAPUTRA 1610201109 -
Number of replies: 0

perasaan tenang, dan nyaman.

1. Siap kan  5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

-Keimanan keyakinan kepada Allah

saya pasrah kepada allah. Saya tawakal kepada allah. Saya berprasangka baik kepada allah. Saya ikhtiar kepada allah. Dan saya percaya pada apa yang allah berikan kepada saya. 

-Keinsyafan atau pertaubatan

kesalahan dating dari manusia, dan allah adalah maha pengampun kepada hambanya. Allah maha mengetahui apa yang dilakukan umatnya. Allah maha agung untuk menerima taubat. 

-Kesyukuran

menerima takdir allah. Ikhlas dalam menjalankan perintah. Selalu merasa cukup. Selalu apa yang diberikan adalah dari allah.

-Istiqomah

tetap berada dijalan allah. Tetap berjuang dan konsisten kepada allah.

-Sabar

lapang dada menerima ujian dari allah. Sabar hati malam melaksanakan kehidupan. 

-Doa dll

hanya kepada allah lah kita berdoa dan meminta petunjuk atau pertolongan.

-Kalimat boleh kata-kata  mutiara atau puisi reflektif

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan

Bukannya rencana seseorang itu tidak boleh di beritahu oleh siapapun ya pak. Karena menurut saya ketika kita bercerita kepada orang lain tentang rencana kita maka Saat kita membicarakan tujuan kita ke orang lain dan mereka tahu apa yang ingin kita capai, kita mendapatkan kepuasan sosial dan membangun bayangan dalam otak kita bahwa kita sudah bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut. Karena sudah ada bayangan tersebut di dalam otak kita, kita menganggap diri sudah bekerja keras, padahal belum melakukan kerja keras yang sesungguhnya.

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkandiri pada Allah agar mimpi tercapai..

untuk mimpi yang ingin dicapai rahasia ya pak. Heheh cukup peluk hangat doa terkuat. Semoga mimpi mimpi saya, anda atau orang lain dapat tercapai.

4.Peserta melaksanakan solat lail pada pukul 03.00

oke bapak. Laksanakan !!!